10 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik 2022

di dukung hampir 100 bahasa didalamnya. Aplikasi kamus bahasa inggris untuk android ini mampu menerjemahkan kata, kalimat, frasa, bahkan halaman web.

Bahasa Inggris menjadi bahasa universal di seluruh penjuru dunia yang banyak digunakan untuk berbagai hal. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah bagi seseorang. Aplikasi kamus bahasa Inggris dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Di zaman yang serba canggih ini, Anda harus lebih jago dalam berbahasa Inggris untuk kebutuhan pendidikan atau pekerjaan. Berikut adalah aplikasi penerjemah bahasa inggris online dan offline yang bisa dimanfaatkan tanpa harus mengikuti les bahasa untuk meningkatkan kemampuan Anda maupun untuk menerjemahkan naskah bahasa inggris.

Daftar Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik

1. Google Translate

aplikasi kamus bahasa inggris

Aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik yang satu ini sangat populer karena banyak digunakan. Aplikasi terjemahan keluaran Google ini hanya dapat diakses dengan internet melalui pc atau hp. Jika ingin menggunakan offline, Anda dapat mengunduh beberapa bahasa didalamnya.

Fitur terjemahannya tergolong lengkap karena terdiri dari hampir semua bahasa di seluruh dunia, yaitu didukung hampir 100 bahasa didalamnya. Aplikasi kamus bahasa inggris untuk android ini mampu menerjemahkan kata, kalimat, frasa, bahkan halaman web secara cepat.

Kelebihan dari google translate adalah mampu menerjemahkan teks suatu bahasa dari tulisan tangan, gambar atau foto, dan suara melalui fitur audionya. Adanya fitur audio dapat membantu pengguna untuk melatih kemampuan lain dalam belajar bahasa Inggris, yaitu kemampuan listening.

2. Kamusku

Aplikasi kamus bahasa inggris ini berasal dari developer lokal asal Bandung yaitu Kodelokus Cipta Aplikasi, yang juga menciptakan aplikasi Quranku, yaitu aplikasi Al-Quran dalam bahasa Indonesia.

Fitur utama aplikasi ini adalah fitur terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Beruntungnya aplikasi ini bisa diakses pengguna secara offline. Namun, apliaksi bisa juga digunakan secara online jika ingin menemukan kata dalam bahasa Inggris yang belum tersedia di aplikasi jika dilakukan secara offline.

Fitur lain Kamusku yaitu menyediakan fitur sinonim dan antonim yang berfungsi untuk membantumemperluas kosa kata Anda sambil mempelajari arti kata yang mirip dengan kata yang sedang dicari dalam bahasa Inggris.

Cek Aplikasi

3. U-Dictionary

U-Dictionary merupakan aplikasi penerjemah bahasa inggris dengan kamera serta banyak fitur canggih dan tingkat akurasi yang tinggi. Hal tersebut karena aplikasi ini mengambil terjemahan langsung dari Oxford Dictionary.

Keunggulan fitur didalamnya jangan dipertanyakan lagi. Aplikasi ini tidak hanya mampu menerjemahkan dari bentuk teks, tetapi juga sanggup menerjemahkan dalam bentuk gambar.

Fitur didalamnya dapat mendeteksi tulisan dari bentuk teks yang Anda ketik atau dari gambar yang berisi suatu kata-kata.

Fitur Grammar Check dapat mendeteksi cara penulisan yang salah, sehingga akan lebih mudah bagi Anda. Yang lebih menyenangkan, fitur Word Games juga telah disediakan agar Anda lebih mudah dalam memahami kata-kata baru dalam bahasa Inggris.

4. Kamus Bahasa Inggris-Indonesia

aplikasi kamus bahasa inggris dan cara pengucapannya

Bravolol sebagai developer telah menciptakan aplikasi Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dengan fitur yang tidak kalah bagus seperti cara pengucapannya. Penggunaannya bisa dilakukan secara offline.

Dalam terjemahannya, terdapat fitur pilihan gaya bahasa menggunakan American English atau British English. Jadi, Anda bisa sekalian belajar perbedaan dari gaya bahasa Inggris tertentu. Fitur pengubah font tulisan juga tersedia agar penggunaannya bisa lebih nyaman memilihnya sesuai keinginan.

Cek Aplikasi

5. Indonesian English Dictionary

aplikasi kamus inggris

Sedikit berbeda dengan daftar sebelumnya, aplikasi ini dikembangkan oleh AllDict dengan fungsi terjemahan kamus Indonesia-Inggris lengkap secara offline.

Fitur menarik dari aplikasi kamus bahasa inggris ini yaitu fitur Exercise, yang berguna untuk memberikan pertanyaan kepada Anda berdasarkan kata-kata dalam aplikasi yang pernah dicari atau digunakan.

Cek Aplikasi

6. Kamus Offline ENG-IND

aplikasi kamus bahasa inggris offline

Tampilan aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik offline ini mirip dengan kamus bentuk buku. Terdapat beberapa kata yang tersusun sesuai abjad, dan fitur Suggested Word di dalamnya. Jadi, jika Anda mengetik awalan huruf dari kata yang ingin dicari atau diterjemahkan, maka otomatis akan muncul beberapa kata dengan awalan huruf yang sama.

Aplikasi ini bisa digunakan secara offline, sehingga Anda tidak membutuhkan sambungan internet. Selain itu, juga terdapat fitur audio untuk menerjemahkan melalui suara.

Jika ingin menerjemahkan dalam kalimat, maka penerjemahannya akan dilakukan per kata. Batasnya sendiri hingga 4000 kata. Fitur tambahan seperti reguler verb, irreguler verb, dan tenses dengan penjelasan, rumus, dan contohnya pun akan memudahkan Anda dalam belajar bahasa Inggris yang benar menggunakan aplikasi ini.

Cek Aplikasi

7. Indonesian English Translator

indonesian english translator app

Fungsi aplikasi kamus bahasa inggris ini sama dengan yang lain, yaitu untuk menerjemahkan kata per kata dalam bahasa Indonesia-Inggris atau dari Inggris-Indonesia. Tampilan atau desain aplikasi sangat simpel. Hanya ada kolam kata yang ingin ditejemahkan dan kolom penerjemah.

Tidak hanya tampilan, penggunaan aplikasi kamus tersebut cukup sederhana. Anda tinggal mengetikkan kata

yang ingin diterjemahkan, kemudian akan muncul suggested words yang dapat dipilih sesuai keinginan. Interface yang digunakan dalam aplikasi pun tidak rumit.

Cek Aplikasi

8. Kamus Penerjemah Semua Bahasa

aplikasi penerjemah semua bahasa

Melihat namanya saja, sepertinya ini menjadi salah satu aplikasi penerjemah yang komplit setelah google translate dan kamus offline ENG-IND. Sudah dapat pahami pastinya jika aplikasi ini mampu menerjemahkan kata dari semua bahasa, tidak hanya Indonesia-Inggris saja.

Aplikasi kamus bahasa inggris tersebut didukung kurang lebih 50 bahasa di dunia yang dapat diterjemahkan. Jika ingin menggunakan kamus online untuk menerjemahkan, maka harus terhubung dengan koneksi internet.

Anda tinggal mengetik kata yang dicari dan akan muncul hasilnya.

Fitur pendukung di dalamnya antara lain adalah fitur audio untuk penerjemahan kata melalui suara, fitur bagikan, dan fitur salin teks. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur riwayat terjemahan, sehingga akan ditampilkan beberapa kata yang telah diterjemahkan sebelumnya dan Anda bisa melihatnya kembali.

Cek Aplikasi

9. Kamus Indonesia Inggris

Selanjutnya adalah aplikasi kamus bahasa Inggris yang mirip dengan bentuk hard copy yang banyak dijumpai seperti kamus berbentuk buku. Aplikasi bernama Kamus Indonesia Inggris ini diakses secara online.

Cara kerjanya tinggal menuliskan kata yang ingin diterjemahkan. Kemudian, pilih petunjuk perubahan bahasa yang diinginkan, yakni bisa dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau kebalikannya.

10. LINE Kamus Inggris

Selain sebagai platform chatting dan video call, LINE juga menyediakan aplikasi terjemahan bahasa, khususnya bahasa Inggris. Penggunaannya bisa dilakukan secara offline dan aplikasi ini mampu menerjemahkan dalam beberapa kalimat yang cukup banyak. Singkatnya, cara kerjanya hampir mirip seperti google translate.

LINE kamus Inggris pengembangan Naver Corporation dari perusahaan induk Line Plus Corporation ini dapat dipasang pada android maupun iOS.

Untuk memudahkan penggunaan secara optimal, fitur Text To Speech (TTS) ditambahkan ke dalamnya. Ini adalah fitur yang dapat mengubah atau mengkonversi perintah teks yang diketikkan menjadi audio agar pengguna bisa memanfaatkannya secara lebih optimal.

LINE kamus Inggris menyediakan banyak fitur menarik untuk dicoba. Fitur menarik pada aplikasi ini antara lain adalah pronounciation training, koversasi, pendiktean, kuis, serta latihan speaking dan listening.

Kesimpulan

10 rekomendasi aplikasi kamus bahasa Inggris terbaik versi Phonesable di atas bisa Anda gunakan ketika membutuhkan terjemahan bahasa secara cepat dan mudah. 

Anda bisa memasang satah satunya di gadget android. Apalagi jika anda memang sering menerjemahkan bahasa atau sedang dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.