Kode Remot TV Samsung Tabung, LCD dan Cara Settingnya

Bisa di pakai untuk semua jenis merk. Saat membeli item baru Anda hanya perlu memasukan kode remot TV Samsung sesuai tipenya yaitu tipe tabung dan LCD
kode remot tv samsung

Saat ini TV adalah masih menjadi salah satu media hiburan di mana hampir setiap rumah memilikinya, seperti salah satu merk terkenal yaitu Samsung. Untuk bisa menggunakan tv tersebut tentu harus memasukan kode remot TV Samsung terlebih dahulu supaya bisa langsung digunakan.

Di Indonesia sendiri selain merk Samsung juga masih banyak pilihan merk lainnya tapi kali ini akan membahas kode TV Samsung. Karena memang masyarakat banyak sekali memakai TV dengan merk tersebut sehingga selain awet juga memiliki model sangat modern.

Oleh karena itu sudah banyak tersebar di Indonesia toko yang menjual perabotan elektronik dengan merk Samsung termasuk juga remot TV. Remot sendiri merupakan barang paling sering digunakan saat menonton tv oleh sebab itu juga paling rentan dan sering mengalami kerusakan.

Memang jika membeli remot sesuai dengan merk digunakan saat itu harganya cukup menghabiskan kantong karena itu harus memiliki alternative lain.

Tapi karena sudah banyaknya toko yang menjual per itemnya atau satuan seperti menjual remot TV dimana bisa di pakai untuk semuanya. Jika remot tv Anda rusak tidak perlu khawatir lagi karena bisa membeli remot baru dan bisa di pakai untuk semua jenis merk.

Saat membeli item baru Anda hanya perlu memasukan kode remot TV Samsung sesuai tipenya yaitu tipe tabung atau LCD.

Cara Mengatur Remot TV Samsung Tipe Tabung

kode remot tv samsung tabung

TV jenis tabung memang masih dipakai oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah di Indonesia. Walaupun saat ini banyak pilihan yang lebih modern, tapi tipe tabung masih menjadi pilihan utama karena harganya jauh lebih murah.

Selain itu juga tipe tabung dari segi modelnya jauh lebih mudah dipahami oleh masyarakat kebawah walau lebih besar dan kecil.

Saat membeli TV dengan merk Samsung biasanya akan mendapatkan satu item remot bawaan dan antena jenis payung sangat besar sekali. Lalu saat menyalakan untuk pertama kalinya masih dalam kondisi kosong dan Anda harus memasukan kode remot TV Samsung untuk menggunakannya.

Anda hanya perlu memasukan kode tv Samsung tersebut dengan mengikuti buku panduan bawaan yang sudah tersedia di dalamnya, tapi lebih mudahnya ikuti cara di bawah ini.

Cara Menghidupkan Remot TV

  1. Pertama, hidupkan TV Samsung Anda kemudian tekan tombol SET dan Power untuk beberapa lama sampai lampu indikator menyala.
  2. Jika lampu indikator remot tersebut sudah menyala maka bisa memasukan kode yang ada dibawah ini.
  3. Selanjutnya yaitu Anda bisa menginput kode sesuai dengan digit mengikuti nomernya, dan pastikan nomer diinput secara berurutan.
  4. Jika lampu indikator tersebut padam atau mati itu tandanya remot tersebut sudah siap dipakai dan Anda bisa menyaksikan TV.

Berapa Kode Remot TV Samsung Tabung?

Tidak rumit mengikuti cara memasukan kode sebagai berikut, karena jauh lebih simpel dan mudah di ikuti dari pada buku panduan. Kode tersebut bisa digunakan untuk jenis remot baru atau jenis remot yang bersifat universal dimana bisa di pakai untuk semua merk.

Kodenya yaitu: 008, 011, 016, 021, 024, 025, 033, 037, 039, 040, 043, 050, 051, 091, 113, 123, 375, 376.

Memasukan Kode Remot TV Samsung Tipe LCD

Dewasa ini jaman semakin modern barang elektronik banyak mendapat pembaruan baik dari segi model hingga fungsi di dalamnya lebih meningkat. Jika dilihat dari pertama kali TV muncul di dunia dulu hanya memiliki gambar hitam putih bahkan gambarnya masih banyak semutnya.

Tapi seiring bertambahnya tahun ke tahun TV menjadi lebih berwarna yaitu masih dengan model tabung dan masih mengAndalkan antena besi.

Tapi setelah masuk tahun 2010 TV mengalami pembaruan cukup significant yaitu mengusung tema minimalis serta lebih langsing dari model sebelumnya. Seperti merk TV Samsung yang mengusung tema minimalis dan lebih modern dengan tipe LCD bahkan sekarang ada tipe jenis LED.

Tipe LCD ini juga masih menggunakan remot untuk memasukan kode untuk mencari program acara TV tapi kodenya tidak sebanyak tabung.

Untuk menyalakan remot TV dan memasukan kode masih sama dengan jenis Samsung TV tabung, tapi LCD jauh lebih mudah digunakan.

Untuk kode remot TV Samsung LCD ini hanya dua kode nomer yaitu 005, 024 jauh lebih simpe dan mudah dihapal.

Tapi jika remot TV bawaan tersebut rusak Anda bisa membeli remot baru yang bisa digunakan untuk semua jenis merk TV.

Juga membeli remot universal jauh lebih murah ketimbang membeli remot dengan merk yang sama seperti misalnya membeli remot Samsung lagi. Tapi tidak perlu khawatir jika tidak ingin membeli remot universal karena takut terjadi sesuatu pada TV Anda ada alternative lainnya.

Yaitu bisa menginstall aplikasi remot TV di HP berbasis Android melalui playstore atau google home biasanya sudah tersedia.

Cara Memakai Remot Samsung TV Di HP Android

Samsung merupakan sebuah merk barang elektronik berasal dari Negara korea selatan dimana memiliki berbagai macam tipe jenis barang selain TV. Barang lainnya sangat terkenal yaitu HP Android dimana menjadi salah satu perusahaan raksasa memiliki customer hampir di seluruh penjuru dunia.

Oleh karena itu Samsung juga menyediakan aplikasi bawaan yang bisa digunakan sebagai pengganti remot TV dirumah melalui smartphone berbasis android.

Jika Anda memiliki hp android keluaran terbaru dengan merk Samsung juga pastikan bisa terkoneksi satu sama lain yaitu dengan TV. HP Samsung keluaran terbaru biasanya sudah memiliki fitur remot TV bawaan jadi tidak perlu kode remot TV Samsung lagi.

Untuk mengetahuinya bisa di cek dengan mengikuti langkah dibawah.

  1. Pertama yaitu pastikan bahwa HP tersebut memiliki fitur infra-red untuk cara mengetahuinya yaitu bisa dial-up dengan menekan tombol *#0*#. Setelah itu perhatikan semua laman yang muncul jika terdapat tulisan IR-LED maka sudah dipastikan bahwa hp tersebut bisa menjadi remot.
  2. Kedua yaitu bisa memasang aplikasi yang tersedia di google playstore, Anda bisa mengetikkan nama IR Remot di kolom pencarian.
  3. Setelah itu instal dan tunggu sampai bisa terpasang lalu buka jika sudah selesai.
  4. Saat membuka aplikasi akan terbuka halaman utama dan akan dihadapkan dengan beberapa pilihan bisa untuk dipilih. Kemudian memilih jenis merek yang digunakan seperti misalnya merk Samsung maka tinggal mencarinya lalu tekan OK.
  5. Setelah memilih tipe TV digunakan maka tampilan aplikasi tersebut akan berubah menjadi remot TV mengikuti tampilan seperti remot aslinya. Kemudian aplikasi tersebut sudah bisa digunakan sebagai pengganti remot yang sudah rusak.

Kesimpulan

Itulah cara menginstal aplikasi remot TV Samsung menggunakan IR remot, tapi tidak hanya jenis itu saja karena masih banyak pilihannya. Remot pihak ketiga bisa Anda cari di playstore dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan TV dirumah yang terpenting adalah tersambung.

Karena tidak semua aplikasi ketika sudah terinstal bisa tersambung dan digunakan sebagai remot apalagi dibuat untuk mencari kode program acara.

Saat menginstal aplikasi remot TV juga pastikan bisa membedakan antara kode remot TV Samsung dengan kode untuk service. Karena kedua hal tersebut berbeda dari segi fungsi dan penggunannya seperti jika memakai kode service hanya bisa dilakukan oleh teknisi.

Sedangkan jika setting kode remot tv samsung bisa dilakukan oleh umum atau Anda sendiri di dalam rumah tanpa memanggil teknisi untuk memasukannya.

Mencari kode remot tv samsung memang mudah saat ini karena sudah tersebar luas di internet dan bisa dengan mudah ditemukan. Bahkan tidak hanya kode remot TV merk Samsung saja semua kode dengan berbagai merk juga tersedia di berbagai platform seperti artikel.

Anda hanya perlu mencari kata kunci menyangkut cara memasukan kode remot tv semua merk maka akan banyak sekali muncul artikel yang membahas seperti ini.

Jika di bandingkan dengan dulu, mencari program acara TV memang lebih sulit karena jarang yang mengetahui kodenya walau ada bukunya. Tidak semua bisa membaca kode dalam buku panduan karena masih ada beberapa merk TV luar masih menggunakan bahasa aslinya.

Tapi juga ada sudah banyak di translate ke dalam bahasa internasional yaitu Inggris tapi tidak semua masyarakat mengerti bahasa tersebut. Oleh karena itu dengan adanya artikel seperti ini dari phonesablesemoga bisa membantu.