Cara Membuat Stiker WA dalam 1 Menit, Sesuai Kreasi Sendiri



Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena banyaknya pengguna, Whatsapp memperbarui beberapa fiturnya, seperti fitur story serta stiker. 

Fitur stiker yang ada di Whatsapp tidak terlalu berbeda dengan aplikasi chat lain. Anda dapat mengunduh stiker yang sudah disediakan oleh Whatsapp, bedanya Anda dapat mengkreasikan stiker Whatsapp sesuai dengan keinginan Anda. Apabila Anda tidak tertarik mengunduh stiker Whatsapp yang sudah ada, 

Anda dapat membuat stiker menggunakan video, foto yang Anda inginkan. Menarik bukan? Jika Anda ingin mencoba, berikut cara membuat stiker WA dalam 1 menit yang dapat Anda coba. Simak penjelasan lengkapnya! 

Cara Membuat Stiker WA dengan Foto 

  • Download Aplikasi Whatsapp 
Langkah pertama yang harus Anda lakukan, tentu saja dengan mendownload WA di ponsel Anda. Setelah berhasil mendownload dan membuat akun, Anda harus memiliki setidaknya 3 foto yang ingin Anda jadikan sebagai stiker. Jumlah foto tersebut, merupakan jumlah minimal untuk dapat membuat stiker sesuai dengan kreasi Anda. 

  •  Download Aplikasi ‘Personal Sticker for Whatsapp’ dan ‘Background Sticker’ 
Setelah aplikasi WA terpasang, Anda perlu mengunduh aplikasi Personal Sticker for Whatsapp dan Background Sticker. Kedua aplikasi tersebut, akan membantu proses editing foto untuk stiker WA Anda. Aplikasi tersebut dapat Anda unduh melalui Play Store maupun App Store. 

Anda boleh menggunakan aplikasi editing lain, pastikan aplikasi editing pilihan Anda dapat digunakan untuk menghapus background foto yang ingin Anda jadikan sebagai stiker WA. 

  • Hapus Latar Belakang Foto 
Langkah ketiga, adalah menghapus latar belakang foto Anda. Dengan aplikasi editing foto Anda, pilihlah foto yang ingin Anda jadikan sebagai stiker WA. Agar lebih mudah untuk menghapus latar belakang, sebaiknya Anda memilih foto dengan latar belakang yang polos. Lakukan dengan hati-hati, karena proses ini akan mempengaruhi hasil stiker Anda. Apabila Anda tidak menghapus latar belakang foto dengan rapi, maka hasil stiker Anda juga akan menjadi tidak rapi. Setelah menghapus latar belakang, Anda perlu mengganti format foto ke PNG. 

  • Menambahkan Stiker WA 


Setelah selesai dengan proses editing foto, Anda dapat menambahkan foto tersebut menjadi stiker WA. Pastikan WA Anda, merupakan WA dengan versi terbaru, minimal versi 2.18 agar mendukung penggunaan stiker.  Setelah memastikan WA Anda mendukung fitur stiker, Anda dapat menambahkan stiker WA dengan cara berikut :

  1. Pilih opsi menambahkan emoji yang ada di sebelah kiri kolom untuk mengetik pesan. 
  2. Lalu, pilihlah, ikon ‘Stickers’ yang terletak di bagian kanan ikon ‘GIF’. 
  3. Setelah memilih ikon stiker, Anda akan melihat tampilan stiker yang sudah pernah diunduh. 
  4. Pada halaman tersebut, klik tanda (+) atau tambah pada pojok kanan atas untuk menambahkan stiker. 
  5. Scroll ke bawah, hingga Anda menemukan teks ‘Get more stickers’, kemudian pilihlah opsi tersebut untuk menambahkan stiker kreasi Anda. 
  6. Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan dibawa ke halaman Play store atau App Store yang berisi aplikasi dengan kata kunci ‘WAStickerApp’. 
  7. Pilih aplikasi ‘Personal Sticker for Whatsapp’, lalu install aplikasi tersebut. Setelah proses install selesai, buka aplikasi dan Anda akan melihat gambar yang telah Anda edit. Aplikasi ini hanya mendeteksi gambar dengan format *.PNG saja. 
  8. Jadi, jika foto hasil editan Anda tidak terlihat di aplikasi tersebut, maka format foto belum Anda rubah ke *.PNG. 
  9. Langkah terakhir, Anda hanya perlu menambahkan foto tersebut dengan mengklik tombol ‘Add’. 

Cara Membuat Stiker WA Gambar Bergerak (GIF) 

Selain membuat stiker WA dengan foto, Anda juga dapat membuat stiker WA dengan menggunakan GIF. Sehingga stiker yang Anda buat akan bergerak. 
Fitur GIF ini dapat Anda unduh pada bagian kolom stiker. Whatsapp telah menyediakan beberapa GIF yang dapat Anda unduh, atau Anda dapat mengkreasikan sendiri GIF sesuai selera Anda. 

Simak beberapa cara mendownload stiker WA bergerak seperti GIF berikut ini : 
  1. Buka aplikasi WA di ponsel Anda, kemudian bukalah salah satu chat room yang ada pada akun
  2. Pilih ikon emoji yang terletak pada samping kiri chat bar.  WA Anda. 
  3. Kemudian, pilih tab stiker yang ada pada bagian kanan, samping tab GIF. 
  4. Pilih tanda (+) atau tambah pada bagian kanan atas tab stiker. 
  5. Setelah mengklik tanda tambah tersebut, Anda dapat melihat banyak pilihan stiker WA bergerak dan stiker tidak bergerak. 
  6. Selanjutnya, Anda perlu mendownload stiker bergerak WA. 
  7. Pastikan, Anda memilih stiker WA yang terdapat tanda Play. 
  8. Setelah memilih stiker GIF, pilih tombol download yang ada pada samping gambar stiker. 
  9. Ketika proses download selesai, Anda dapat menggunakan stiker GIF tersebut. 

Selain menggunakan stiker GIF yang disediakan oleh WA, Anda juga dapat mengkreasikan stiker GIF sesuai dengan keinginan Anda. Simak cara membuat stiker WA GIF berikut ini : 
  1. Download serta install aplikasi iSticker di Play Store. Aplikasi tersebut, Anda unduh dan gunakan secara gratis. 
  2. Setelah aplikasi tersebut terpasang, buka situs ezgif.com 
  3. Pilihlah opsi GIF Resizer, pada situs ezgif.com tersebut. 
  4. Carilah file GIF yang ingin Anda jadikan sebagai stiker bergerak di WA. 
  5. Lalu, ubahlah ukuran file tersebut menjadi width : 512 serta height 512. 
  6. Kemudian, pilih Resize images. 
  7. Convert file tersebut ke WebP dan klik Convert to WebP. 
  8. Setelah proses convert selesai, download GIF. 
  9. Klik lama pada gambar tersebut, kemudian pilihlah opsi download image. 
  10. Buka aplikasi iStiker dan buka gambar yang telah kamu download melalui web ezgif.com tersebut. 
  11. Crop gambar dan save. 
  12. Bukalah file manager yang ada di ponsel serta cari folder iSticker. 
  13. Cari stiker yang telah Anda buat, lalu salin nama stiker tersebut. 
  14.  Rename file stiker dengan nama lain. 
  15.  Ganti nama file dengan nama yang sudah Anda copy pada file gambar GIF tadi. 
  16. Setelah itu, copy gambar ke folder iSticker. 
  17. Buka lagi aplikasi iSticker, lalu tekan tombol Add to Whatsapp. 
  18. Kemudian, buka aplikasi WA Anda. 
Setelah stiker GIF selesai Anda buat, dan Anda menambahkan stiker tersebut ke WA, Anda dapat mengecek keberhasilan stiker GIF kreasi Anda dengan cara mengirimkan stiker GIF tersebut ke salah satu kontak Anda. 

Apabila tidak berhasil, bisa jadi Whatsapp Anda tidak mendukung stiker GIF karena versi yang Anda gunakan belum Anda perbarui. Anda dapat mengatasinya dengan cara memperbarui aplikasi Whatsapp di Play Store maupun App Store Anda. 

Nah, itulah beberapa cara membuat stiker WA dalam 1 menit. Mudah bukan? Anda hanya perlu memastikan, bahwa aplikasi WA Anda merupakan versi terbaru. Selain itu Anda juga perlu memiliki aplikasi editing latar belakang dan aplikasi Personal Sticker for Whatsapp. Tak kalah penting, jangan lupa untuk memastikan format foto Anda adalah *.PNG dan pastikan pula, Anda menggunakan foto yang sopan untuk dibagikan ke kontak WA Anda. Selamat mencoba!