Cara Menonaktifkan IG Sementara dan Permanen Terlengkap!

Bagi kamu yang ingin tahu cara menonaktifkan IG baik secara permanen atau sementara. Bisa lewat hp atau laptop, simak tutorial ini.
cara menonaktifkan ig

Saat ini, Instagram menjadi sosial media yang banyak digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. para pengguna IG pun bisa melihat foto dan video milik siapapun yang kalian bagikan melalui aplikasi ini. Namun, sebagian orang memilih untuk menonaktifkan akun IG lantaran berbagai alasan. Salah satu alasan yang sering dijumpai karena kenyamanan privasi. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai mencari tahu cara menonaktifkan IG atau Instagram.

Kian hari jumlah pengguna IG bertambah dan menjadi semakin banyak. Hal ini memungkinan bahwa tingkat privasi seseorang menjadi lebih mudah terakses oleh siapapun. Meski demikian, pihak Instagram telah menyediakan fitur yang bisa menjaga privasi para pengguna IG, yaitu dengan cara akun privat.

Akun privat adalah akun IG yang terkunci dan hanya orang tertentu saja yang bisa kamu pilih untuk bisa melihat postingan akun kamu.

Namun, nyatanya tidak semua orang puas dengan adanya fitur akun privat tersebut. Sebagai solusinya, banyak pengguna IG yang memilih untuk menonaktifkan akun IG baik secara permanen maupun sementara. Bahkan, ada juga yang memilih untuk menghapus akun IG nya.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara menonaktifkan IG baik secara permanen atau sementara, ada cara mudah dan sederhana yang bisa kalian lakukan. Lantas, bagaimanakah caranya? simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menonaktifkan IG Sementara

Jika kamu hanya ingin berhenti menggunakan IG dalam jangka waktu pendek, maka sebaiknya nonaktifkan akun IG kamu untuk sementara waktu saja. Dengan demikian, kamu bisa berhenti mengakses akun IG tanpa harus kehilangan akun tersebut.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan IG sementara di hp Android maupun iPhone?

Berikut cara menonaktifkan akun Instagram untuk sementara waktu:

  1. Pertama kamu harus masuk ke situs  instagram.com, kamu bisa mengakses situs tersebut di PC ataupun smartphone kamu.
  2. Langkah selanjutnya yaitu ‘Login’ dengan menggunakan Username dan Password akun.
  3. Masuk halaman profile akun instagram kamu.
  4. Selanjutnya, pilihlah menu ‘Edit Profile’. Setelah kamu berhasil masuk ke halaman ‘Edit Profile
  5. Kemudian scroll halaman tersebut hingga ke bagian bawah.
  6. Nah, setelah itu kamu akan menemukan opsi ‘Temporariliy Disable My Account’ atau ‘Nonaktifkan sementara Akun Saya’ jika pengaturan IG kamu dalam Bahasa Indonesia.
  7. Klik opsi tersebut dan pilih satu alasan mengapa kamu memilih untuk menonaktifkan akun IG
  8. Langkah terakhir, masukkan kata sandi akun IG kamu dan klik opsi ‘Temporarily Disable Account’. Dengan mengklik opsi tersebut, maka akun IG kamu akan nonaktif untuk sementara waktu.

Cara Menonaktifkan IG Permanen Melalui Browser

Sama halnya dengan cara menonaktifkan akun IG secara sementara, cara menonaktifkan IG secara permanen juga bisa dilakukan lewat browser, baik browser di smartphone maupun PC. Langkah pertama, bukalah browser yang ada di PC atau smartphone milik kamu. Kemudian, lakukan ‘Login’ ke akun IG kamu dengan memasukkan username IG dan kata sandi.

Setelah itu, bukalah link https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/. Selajutnya, pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun IG. Setelah selesai, maka tahap selanjutnya adalah memasukkan kata sandi akun IG kamu.

Lalu, langkah terakhir adalah mengklik opsi 'Permanently Delete My Account' untuk menonaktifkan akun IG selamanya.

Cara Menonaktifkan IG Permanen Melalui Ponsel

Selain bisa menonaktifkan akun IG melalui browser, kamu juga bisa menonaktifkan akun IG melalui ponsel. Cara menonatifkan IG melalui ponsel ini tetap memerlukan aplikasi browser karena kamu perlu mengakses Instagram versi web.

  • Pertama, bukalah aplikasi Instagram melalui smartphone.
  • Kemudian, masuklah ke bagian profil Instagram.
  • Setelah itu, silahkan pilih ikon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih menu ‘pengaturan’ atau pengaturan yang berada di bagian paling bawah dan pilihlah opsi ‘bantuan’ lalu pusat bantuan yang ada di menu settings tersebut.
  • Setelah itu kamu akan terhubung langsung dengan situs Instagram yakni di help.instagram.com. Di situs ini, kalian perlu memilih menu ‘Mengelola Akun Anda.
  • lalu pilih opsi Hapus Akun Anda’. Jika kalian tidak menemukannya, kalian harus mengetikan kolom pencarian dengan kata "hapus" maka akan keluar opsi hapus akun anda.
  • Selanjutnya, kamu perlu mengklik opsiBagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya?
  • Setelah itu, scroll ke ke bawah dan klik menuHalaman hapus Akun Anda’.
  • Langkah selanjutnya adalah Login jika belum dan memilih alasan mengapa kamu ingin menghapus atau menonaktifkan akun IG.
  • Step terakhir, pilih opsi ‘Hapus Permanen Akun Saya’. Dengan demikian, akun IG kamu sudah berhasil dihapus secara permanen.

Cara Mengaktifkan Akun IG yang Nonaktif Sementara

Jika akun IG kamu sudah berhasil nonaktif untuk sementara waktu, kamu tetap bisa mengaktifkan akun IG kembali dengan cara yang mudah. Cara reactive Instagram yang sudah kamu nonaktifkan sementara waktu yaitu dengan cara ‘Login’ ke akun IG kamu seperti biasanya.

Setelah berhasil login, maka otomatis akun IG bisa kembali digunakan seperti biasanya. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengaktifkan kembali akun IG karena caranya sangat mudah.

Namun, perlu dicatat bahwa menonaktifkan akun Instagram tidak bisa kamu lakukan secara berkala. Secara berkala artinya melakukan reactive IG secara berulang dalam waktu dekat. Kamu hanya mempunyai waktu seminggu dari masa mengaktifkan akun, apabila kamu ingin menonaktifkan akun IG kembali.

Akun IG yang Terhapus Permanen Apa Bisa Aktif Lagi?

Ada kebijakan baru dari Instagram bahwa akun IG tidak langsung terhapus secara permanen dalam rentang waktu kurang lebih 1 bulan. Hal ini dapat terlihat dari notifikasi yang akan kamu dapatkan saaat proses penghapusan akun.

Notifikasi nya adalah pihak Instagram menyatakan bahwa kamu dapat ‘login’ kembali sebelum tanggal penghapusan berakhir dan memilih untuk menyimpan akun kamu.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa melakukan Login kembali setelah menghapus akun IG secara permanen. Pihak IG juga memberikan keterangan bahwa kamu meminta akun untuk dihapus ketika kamu mencoba untuk proses login.

Nah, hal ini bisa terjadi kerena 2 kemungkinan. Pertama, hal ini bisa terjadi karena sistem Instagram perlu waktu lebih untuk menyelesaikan permintaan tersebut. Kedua, akun IG yang kamu proses untuk menghapusnya secara permanen sudah terhapus, sehingga tidak bisa kembali lagi.

Dampak Menonaktifkan Akun IG Sementara?

Sebelum kalian memutuskan untuk menonaktifkan akun IG sementara waktu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang terjadi jika akun Instagram dinonaktifkan sementara waktu.

Nah, dampak yang pertama yaitu postingan, pesan, story, dan aktivitas IG kamu yang lain akan disembunyikan. Selain itu, akun IG kamu juga tidak bisa orang lain temukan.

Namun, menonaktifkan akun IG sementara tidak mempengaruhi jumlah following dan followers akun IG kamu. Data akun IG kalian juga tetap tersimpan di server Instagram dan tidak terhapus.

kalian juga masih bisa masuk atau login kembali untuk mengaktifkan akun IG seperti semula.

Penutup

Baiklah, sekian penjelasan tentang cara menonaktifkan IG baik secara permanen atau sementara melalui ponsel dan PC. Jika kamu tidak terlalu yakin untuk menghapus IG secara permanen, maka sebaiknya nonaktifkan akun IG untuk sementara waktu saja.