10 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Gratis dan Terbaik di 2022

Inilah rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran.
aplikasi pengatur keuangan terbaik

Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan, tak terkecuali dalam hal keuangan. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi pengatur keuangan yang bisa membuatmu lebih peduli dan berhemat.

Jika dulu keuangan bisnis atau pribadi ditulis dalam buku, kini dengan adanya aplikasi untuk mengatur keuangan, kita jadi lebih mudah memantau pemasukan dan pengeluaran. Sehingga financial freedom akan cepat terealisasi.

Sebagai generasi milenial, sudah seharusnya kita punya target untuk masa depan. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus memiliki aplikasi pengatur keuangan terbaik agar stabilitas keuangan terjamin.

Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Nah, bagi yang sering merasa pengeluaran lebih besar dari pemasukan, sudah saatnya menggunakan aplikasi yang bisa mengatur keuangan dengan ragam fitur dan keunggulan. Simak daftar-daftarnya di bawah ini.

1. Bluecoins

Bluecoins bisa jadi pilihan utama untuk mengatur keuangan pribadi maupun bisnis. Selain gratis, aplikasi ini dilengkapi fitur yang sangat lengkap. Kamu bisa membuat laporan pengeluaran dan pemasukan dengan lebih efektif.

Selain itu, Bluecoins juga dibekali UI yang ringan dan sederhana. Sehingga, kamu akan dimudahkan ketika hendak menyusun anggaran harian, bulanan, maupun tahunan. Terlebih, aplikasi ini sangat aman karena memiliki fitur fingerprint.

Hebatnya, Bulecoins juga memiliki fitur yang mendukung cryptocurrency. Sangat cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi Bitcoin maupun Ethereum.

2. AndroMoney (Expense Track)

Selanjutnya ada AndroMoney yang dibekali fitur penyimpanan cloud, dukungan mata uang lengkap, dan bisa menggunakan banyak akun dalam satu aplikasi. Meskipun namanya AndroMoney, tapi aplikasi ini juga bisa kamu unduh di App Store.

Sebagai aplikasi pengatur keuangan terbaik, tentunya AndroMoney berusaha memberi rasa nyaman untuk pengguna. Salah satunya dengan tampilan user friendly dan tata letak yang sederhana.

Untuk rating, AndroMoney mendapatkan 4,5 bintang di App Store dan 4,7 bintang di Google Play. Dengan ini, tentunya hampir semua pengguna merasa puas dengan kinerja aplikasi dan fitur yang ditawarkan.

3. Wallet: Budget Tracker

wallet budget tracker

Melihat perkembangan e-commerce saat ini, kita pasti sering khilaf checkout barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Oleh sebab itu, kamu wajib memiliki aplikasi aplikasi pengatur keuangan gratis yang bisa jadi solusi masalah keuanganmu.

Salah satunya Wallet: Budget Tracker. Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk menghubungkan transaksi dan saldo rekening bank yang digunakan. Disamping itu, ada juga fitur yang memungkinkan kamu berbagi rekening ke sesama pengguna.

Hadirnya Wallet membuat keuangan dapat diatur dengan sangat mudah. Dan tentunya, kamu tak perlu bingung lagi ke mana dan untuk apa saja uang yang kamu keluarkan

4. Fast Budget – Manajer Pengeluaran

fast budget aplikasi pengelola keuangan

Fast Budget bisa jadi pilihan yang tepat kalau kamu mencari aplikasi pengatur keuangan pribadi. Aplikasi ini sangat memanjakan penggunanya dengan tampilan elegan, navigasi, serta kumpulan ikon menu yang menarik.

Selain itu, kamu dapat membuat kategori pengeluaran dan pemasukan yang nantinya bisa dilihat atau diedit sesuai keinginan. Tertarik menggunakan Fast Budget? Silahkan unduh gratis di App Store dan Google Play.

5. 1Money

Tak jarang, ketika gajian tiba kita tanpa sadar membeli sesuatu yang tidak penting. Sehingga, gaji yang baru diterima habis begitu saja dalam beberapa hari. Oleh sebab itu, 1Money bisa jadi solusi untuk mengatur keuanganmu.

Dengan tampilan tampilan ringan dan fungsional, 1Money sangat mudah digunakan. Meskipun fiturnya tidak terlalu lengkap, tapi aplikasi ini bisa diandalkan untuk mengelola pengeluaran dan membuat target keuangan bulanan atau tahunan.

Kalau tertarik dengan aplikasi pengelola keuangan rumah tangga dan pribadi yang satu ini, kamu bisa mengunduhnya gratis di Google Play.

6. Money Lover – Money Manager

money lover pengatur keuangan apk

Aplikasi Money Lover sangat cocok bagi kamu yang selama ini sulit mengatur keuangan dengan baik. Tinggal catat apa saja pengeluaran kamu berdasarkan kategori, misalnya transportasi, hiburan, makan, dan lain sebagainya.

Dengan menawarkan fitur dan tampilan aplikasi yang simpel, Money Lover jadi andalan banyak orang yang ingin mengelola keuangan. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan yang wajib terpenuhi dan menyisihkan sebagian untuk ditabung.

Tak jauh berbeda dari rekomendasi sebelumnya, cara menggunakan aplikasi catatan keuangan Money Lover cukup simpel. Kamu akan terbantu dengan adanya fitur budgeting, savings, dan event.

7. Monefy – Money Manager

monefy

Financial freedom atau merdeka secara finansial hanya dapat dicapai bila kamu pandai mengelola keuangan. Yang paling dasar, pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pemasukkan, dan tentunya harus punya tabungan untuk kondisi darurat.

Dalam prosesnya, kamu bisa menggunakan Monefy sebagai aplikasi pengatur keuangan Android yang ringan dan dapat dijalankan tanpa koneksi internet.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Monefy menawarkan ragam fitur unggulan, seperti anggaran, daftar catatan, dan sinkronisasi data yang memungkinkan kamu mengelola keuangan dengan sangat mudah.

8. Money Manager Expense & Budget

Money Manager juga masuk jajaran aplikasi pengatur keuangan terbaik yang wajib kamu coba. Dengan lambang Rp di logonya, aplikasi besutan Realbyte Inc. ini tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga sangat mudah dipahami.

Selain itu, dengan dukungan fitur yang lengkap dan tampilan aplikasi yang informatif, Money Manager bisa membantu kamu mengelola pengeluaran dan pemasukkan. Tak heran kalau Money Manager mendapatkan rating 4,7 bintang dari 290.000 ulasan.

9. TemanBisnis

Sesuai namanya, TemanBisnis adalah aplikasi catatan keuangan harian yang dibuat khusus untuk pebisnis. Di aplikasi ini, kamu bisa mencatat serta mengelola keuangan dengan lebih mudah tanpa memerlukan buku dan pena lagi.

TemanBisnis sangat cocok bagi kamu yang punya penghasilan dari beberapa sumber. Nantinya, ada fitur yang bisa membagi keuangan kamu menjadi beberapa kategori dan menghitungnya secara otomatis.

Dengan ukuran hanya 13MB, aplikasi TemanBisnis sangat kompatibel dengan berbagai perangkat Android maupun iPhone. Jadi, kamu tak perlu khawatir aplikasi ini jadi beban ruang penyimpanan.

10. Manajer Uang, Expense Tracker

Dikembangkan oleh Draw Puzzle Game, Manajer Uang termasuk aplikasi keuangan terbaik yang gratis dengan berbagai fitur menguntungkan. Aplikasi ini dapat membantu kamu melacak pengeluaran dan pemasukan secara efisien.

Dengan desain yang simpel, cara menggunakan Manajer Uang hanya perlu satu klik dan beberapa detik untuk mengetahui jumlah dan tujuan uang yang kamu keluarkan.

Ada beberapa fitur utama di Manajer Uang, yaitu visualisasi gambar pada satu tempat, bagan yang informatif sesuai kategori, hingga alarm sebagai pengingat transaksi yang kamu lakukan setiap hari.

Kesimpulan

Sekarang kamu tidak perlu bingung mengelola keuangan untuk masa depan. Ada banyak aplikasi yang bisa dipilih sesuai keinginan. Kalau butuh aplikasi ringan dengan banyak fitur unggulan, kamu bisa mencoba Monefy atau AndroMoney.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan  yang memungkinkan kamu mengelola keuangan bisnis, pribadi, maupun keluarga. Langsung saja buka Google Play atau App Store, dan install aplikasi pilihanmu. Semoga bermanfaat!