Aplikasi Trading Saham Terbaik dengan Banyak Keunggulan

Berinvestasi saham merupakan kegiatan yang semakin disukai banyak masyarakat. Apa lagi dengan adanya pandemi yang membuat kita perlu bekerja di rumah. Pandemi itu sendiri sempat membuat kondisi pasar saham berubah-ubah. Di sisi lain, hal tersebut membuat para investor ritel banyak yang masuk dalam salah satu instrumen investasi satu ini.

Banyak sebenarnya kesempatan atau peluang untuk para investor pemula agar bisa menjajal peruntungannya dalam investasi saham. Investasi saham cukup menjanjikan dengan potensi imbal keuntungan besar. Keuntungan berinvestasi saham melalui aplikasi trading saham terbaik bahkan bisa lebih besar jika dibandingkan dengan berbagai instrumen investasi yang lainnya.

Meski memang investasi saham itu cukup menjanjikan, tetapi jangan salah kaprah juga, imbal hasil tinggi juga akan sebanding dengan risiko investasi saham tersebut yang besar. Seorang investor perlu mempertimbangkan kembali peluang profil dan risiko pada saat memilih instrumen investasi termasuk investasi saham. Bila sudah siap untuk memasuki dunia saham, investor masih juga perlu melakukan berbagai hal.

Baik itu riset dan juga kajian mendalam sangat penting dalam investasi saham terutama dalam memilih saham itu sendiri. Terdapat salah satu metode investasi saham paling mudah yaitu dengan memakai aplikasi saham. Cara satu ini tentu simple dan bisa memudahkan mereka yang baru dalam berinvestasi saham. Aplikasi tersebut disediakan perusahaan sekuritas, dan oleh perusahaan tertentu yang bekerja dengan sekuritas.

Beberapa Pilihan Aplikasi Investasi Saham Populer yang Layak Digunakan

Tentu agar semakin aman, pastikan aplikasi investasi harus dengan izin OJK. Bagi para investor saham yang baru atau pemula, adanya aplikasi saham sangat membantu meski ada cukup banyak sekarang ini jumlahnya. Hanya dengan aplikasi ponsel saja, kamu dapat melakukan pendaftaran, analisis, jual-beli saham dan lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi saham yang bisa kalian pilih.

1.      MOST Mandiri



Salah satunya adalah MOST Mandiri, MOST ini merupakan aplikasi untuk trading saham dan disediakan dari Mandiri Sekuritas yang merupakan broker saham berskala besar di Indonesia. Tentunya Mandiri Sekuritas merupakan anak badan usaha Bank Mandiri Tbk. Aplikasi MOST ini hadir dengan tampilan user interface yang ramah untuk para pengguna baru. Di MOST Mandiri, fee penjualan saham adalah 0,28 persen untuk setiap transaksi. Sementara fee untuk pembelian saham sekitar 0,18 persen untuk tiap transaksi.

Beberapa Kelebihan MOST Mandiri

Berikut ini kelebihan yang dipunyai MOST sebagai salah satu aplikasi trading saham terbaik lebih jelasnya:

l  Mandiri Sekuritas mampu menghadirkan pelatihan online atau pun tatap muka untuk para investor saham

l  Pendaftaran akun dapat dilakukan secara full online

l  Terdapat akses penuh menuju riset harian yang dilakukan para analisis handal di Mandiri Sekuritas

2.      IPOT



IPOT merupakan singkatan dari “Indo Premier Online Technology”. IPOT ialah salah satu pilihan aplikasi saham paling populer se-Indonesia. Aplikasi ini merupakan suatu ekosistem online berbasis trading yang dibuat oleh Indo Premier Sekuritas. Kalian bisa memakai IPOT tersebut untuk keperluan berinvestasi saham, ETF dan reksadana.

IPOT juga hadir dengan berbagai fitur yang dirasa cukup lengkap untuk keperluan berinvestasi. Ada salah satu hal yang menjadi unggulan teknologi yang ditawarkan oleh IPOT yaitu adanya mekanisme canggih Robo Trading serta Fund Evaluator. Fitur IPOT tersebut secara otomatis dapat menjalankan setiap instruksi order penjualan dan pembelian pada saham serta harga yang sudah kamu tentukan.

Fasilitas ini bisa membuat pengguna IPOT tidak kehilangan momen dalam melakukan trading saham pada tingkat harga yang diharapkan. Para investor juga dapat menentukan opsi investasi di instrumen reksadana memakai bantuan layanan Fund Evaluator tersebut.

Beberapa Keunggulan IPOT

Bisa disimpulkan, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki IPOT:

l  Tersedia berbagai fitur lengkap yang memudahkan para investor bertransaksi saham

l  Pendaftaran akun IPOT bisa dilakukan via online, tanpa harus tatap muka

l  Fee untuk jual saham 0,29 persen/ transaksi, sedangkan fee pembelian saham yaitu 01,9 persen/ transaksi.

l  Charting Fund dan Stock cukup lengkap

l  Tak ada minimum nilai deposit pada saat membuat akun saham

l  Dilengkapi dengan fitur riset dan berita yang mendalam dari tim yang handal

l  Integrasi investasi reksadana dan saham bisa pada satu aplikasi ini

l  Tampilan antarmuka bisa memudahkan para pengguna baru

3.      Stockbit



Ada juga aplikasi trading saham terbaik yang bernama Stockbit, Stockbit ini pada awalnya hadir untuk sebagai forum komunitas trading saham saja atau social trading. Dari adanya forum tersebut, mampu menawarkan banyak sekali manfaat karena investor-investor bisa bertukar informasi seputar emiten, rekomendasi saham dan sebagainya.

Lalu Stockbit tersebut semakin dikenal dikarenakan saham sendiri ialah instrumen investasi dengan pergerakan harga yang cukup dipengaruhi sentimen pasar. Tentunya tidak lepas juga karena rumor, pemberitaan atau sebagainya. Dengan forum Stockbit, investor saham yang senior dapat memberikan analisisnya seputar sentimen pasar dan bagaimana dampak hal tersebut kepada emiten tertentu.

Untuk investor saham yang pemula, tentunya informasi seperti itu sangat berharga. Walau tidak akurat hingga 100 persen, informasi dan juga analisis ini bisa berguna sebagai pertimbangan sebelum kita melakukan transaksi.

Stockbit menyediakan juga fasilitas untuk jual & beli saham seiring waktu berlalu. Stockbit bekerja bersama Sinarmas Sekuritas, tetapi kalian perlu ingat kalau Stockbit bukan merupakan broker saham. Stockbit ialah aplikasi seputar investasi saham yang membuat kamu bisa berdiskusi, melakukan analisis, dan juga trading saham pada aplikasi mobile.

Beberapa Keunggulan Stockbit

Berikut ini beberapa nilai plus yang ada pada Stockbit:

l  Selain bisa trading saham via online, bisa juga mempelajari saham lebih jauh. Pengguna Stockbit bisa mempelajari saham dengan memakai virtual trading/ simulasi jual-beli instrumen saham via online. Sehingga bisa memudahkan kamu dalam mempelajari investasi saham tersebut.

l  Terdapat forum diskusi khusus bersama mengenai saham. User Stockbit bisa menganalisis berbagai informasi mengenai saham dengan para trader dan investor dalam komunitas. 100.000 trader dan investor lebih yang bergabung lalu saling berbagi info dan tips saham dalam komunitas Stockbit tersebut. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi saham dari sekuritas atau lembaga tertentu secara gratis.

l  Terdapat technical indicator dan chart saham. Pengguna Stockbit dapat melakukan kegiatan charting saham berbasis Cloud dengan memakai Chartbit yang merupakan charting platform online untuk mendukung trading kamu. Terdapat signal saham, misalnya foreign flow, data bandar dan sebagainya. Ada juga technical indicator yang lengkap dengan terdapat Foreign Flow, Darva Box, Bandarmology, MACD, Ichimoku Cloud, RSI, dan banyak lagi.

l  Tersedia data fundamental yang diperlukan untuk seorang investor dengan penuh perhitungan. Misalnya seperti Debt Equity, PE Ration, Dividend Yield, ROE dan lainnya.

l  Stockbit bisa membantu investor memakai prinsip value atau pun trader yang ingin melakukan swing trading.

4.      BIONS

BIONS merupakan singkatan dari “BNI Sekuritas Innovative Trading System”. BIONS ini cukup mirip dengan MOST, BIONS merupakan program dari BNI yang merupakan BUMN perbankan besar di Indonesia. Aplikasi BIONS mampu menampilkan interface yang menarik sehingga ramah terhadap setiap investor pemula. Jika kamu berminat investasi saham memakai BIONS, perlu disediakan setoran awal Rp1 juta minimal.

Beberapa Keunggulan BIONS

Terdapat berbagai keunggulan yang dimiliki BIONS antara lain yaitu seperti di bawah ini:

l  Tampilannya mudah dimengerti investor pemula

l  Terdapat akun trial BIONS yang bisa dibuat untuk para calon investor terutama yang ingin mencoba tanpa memakai uang. Fasilitas BIONS satu ini membuat calon investor dapat membiasakan diri mereka dengan aktivitas trading saham online

l  Berbagai fitur yang tersedia cukup lengkap, order list otomatis, watch list, research, sector trade, fundamental, dan corporate action. Selain itu, BIONS menghadirkan berita beserta informasi terkini juga dan hasil riset BNI Sekuritas

5.      RTI Bussiness



RTI Bussiness merupakan aplikasi yang bisa dibilang mampu membantu investor saham untuk merancang strategi untuk jual-beli saham. Di dalam RTI Bussiness ini, tersaji berbagai informasi seputar IHSG, data keuangan, charts, berita dari masing-masing emiten, hingga kurs.

Pengguna RTI Bussiness juga dapat melihat informasi seputar kinerja perusahaan pada kurun waktu 5 tahun lewat income statement, balance sheet, cash flow, earnings, profitability, dan sebagainya.

Lebih menariknya lagi, RTI Bussiness menyediakan fitur IDX online trading virtual yang cocok bagi kamu yang pemula dalam berinvestasi saham. Fitur tersebut bisa membuat kita lebih dulu belajar seluk beluk kegiatan trading saham.

6.      Ajaib



Mungkin aplikasi trading saham terbaik satu ini sudah semakin populer karena belakangan ini, Ajaib dikenal menghadirkan aktor ternama yang berperan dalam serial Start Up. Ajaib ini sendiri bisa dibilang pemain baru yang menyediakan akses trading saham. Ajaib dimiliki Ajaib Group dengan dua perusahaan yang dikelolanya yaitu Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksadana.

Ajaib menghadirkan pilihan investasi baik itu reksadana atau pun saham, tentunya bisa sekaligus dua-duanya juga. Dengan fasilitas Ajaib ini, seorang nasabah tak perlu pusing memakai dua aplikasi berbeda untuk berinvestasi reksadana beserta saham. Kelebihan lain yang dimiliki Ajaib yaitu bisa menghadirkan tampilan interface yang mudah dikuasai investor pemula.

7.      POEMS ID Philips



POEMS ini ialah aplikasi trading dari Philips Securities. Aplikasi POEMS bisa memberikan layanan untuk membuka rekening dana RDN untuk nasabah yang beragam. Bisa membuka untuk bank BCA, Permata, Mandiri, atau Sinarmas sebagai akun konvensional. Ada juga BCA Syariah sebagai akun syariah.

Layanan yang Dimiliki POEMS ID

Terdapat dua macam layanan unggulan POEMS ID yaitu sebagai berikut.

l  Pro Stock

Layanan POEMS ID ini membuat berinvestasi saham bisa secara realtime, mudah dan aman. Dengan ProStock dalam POEMS, investor bisa menganalisa fundamental yang disupport dengan laporan yang lengkap serta selalu update. Kalian bisa memakai layanan ini untuk menganalisa teknikal juga dengan charting Trading View.

l  Pro Funds

Ada pun juga layanan POEMS ID yang bisa dipakai untuk berinvestasi lewat reksa dana via online, dan terdapat 100 produk lebih untuk memilih reksa dana yang tepat. Biayanya juga sangat terjangkau dengan biaya mulai Rp 50.000, maka kalian bisa berinvestasi. Investor bisa melihat informasi lengkap untuk memantau tumbuhnya reksa dana mereka secara realtime.

Fitur Unggulan pada Aplikasi POEMS

Di dalam aplikasi trading saham terbaik ini terdapat berbagai fitur yang bisa diandalkan untuk para investor/ trader.

Fitur SmartPlan

Kalian bisa menabung saham otomatis yang bisa membantu kegiatan berinvestasi rutin dengan penentuan tanggal pembelian sahamnya. Termasuk juga berapa jumlah saham yang ingin dibeli.

Fitur SmartStart

POEMS ID mampu menyediakan fitur yang bisa memberikan rekomendasi untuk paket reksadana yang sangat bermanfaat bagi investor pemula. Isinya juga disesuaikan dengan peluang keuntungan, risiko konservatif, agresif dan moderat.

Fitur SmartSafe

Ada juga fitur yang secara otomatis mampu menjalankan instruksi pembelian atau penjualan saham, sesuai price based, post trading dan time based. SmartSafe bisa membantu Anda menerapkan cut loss atau profit taking sesuai rencana tetapi tanpa Anda tak perlu takut juga kehilangan momentum.

Fitur AutoSweep

Ada pun juga fitur yang bisa memaksimalkan keuntungan, caranya dengan menjadikan uang atau dana yang mengendap pada RDI bisa bertumbuh maksimal. Fitur tersebut menggunakan layanan auto redeem dan auto subscribe di reksadana pasar uang dan tidak akan mengganggu transaksi setiap harinya.

8.      Mirae HOTS



Mirae HOST merupakan aplikasi yang cukup populer juga untuk kalangan para investor saham. Mirae HOTS dihadirkan Mirae Aset Sekuritas Indonesia yang bisa membantu investor saham untuk melakukan trading baik dari PC atau ponsel. Walau minimum deposit di Mirae HOTS cukup besar, yaitu Rp10 juta, nasabah punya opsi-opsi untuk pembukaan RDN.

Lebih tepatnya terdapat empat bank yang bisa dipilih, dengan begitu maka para investor mempunyai banyak pilihan dalam mentransfer uangnya. Sementara fee untuk jual-beli saham lewat Mirae HOTS cukup rendah. Fee 0,25 persen (penjualan) serta 0,15 persen (pembelian) saham.

9.      BCAS Best



Tidak ketinggalan juga BCA Sekuritas yang mempunyai aplikasi trading saham terbaik dan terpercaya yaitu BCAS Best. Aplikasi tersebut mengedepankan interface yang friendly untuk para pengguna pemula. Saat menggunakan aplikasi BCAS Best ini, fee untuk pembelian ditetapkan 0,18 persen serta 0,28 persen untuk penjualan. Ada pun sejumlah fitur andal yang diusung BCAS Best yaitu antara lain sebagai berikut:

l  Stock Chart

l  Expert Order

l  Real Time Market Data

l  Watchlist

l  Portfolio

l  Stock Info

10.   MNC Sekuritas



MNC Sekuritas merupakan anak usaha dari MNC Group dan di bawah naungan MNC Kapital Tbk. Ada ketentuan bertransaksi lewat MNC Sekuritas, mulai dari fee pembelian 0,18 persen serta fee penjualan 0,28 persen. Sementara setoran awal pembukaan akun cukup dengan Rp 100.000. Bukan hanya itu saja, proses membuka rekening lewat MNC cukup mudah juga.

Kalian bisa membuka secara online tanpa harus tatap muka. Tetapi kamu perlu mempunyai rekening BCA untuk membuka akun khusus saham pada MNC Sekuritas.

Pertimbangan dalam Memilih Aplikasi untuk Investasi Saham

Kalian bisa memilih beberapa aplikasi di atas untuk investasi saham dan pastikan pilih yang paling cocok. Beberapa aplikasi tersebut juga cocok untuk yang pemula. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, lebih baik sesuaikan saja pemilihan aplikasi dengan rekening bank.

Ada beberapa jenis sekuritas yang menyediakan opsi RDN tertentu. Lalu bandingkan juga fee trading-nya dan pastikan nilainya cukup rendah. Hal tersebut bisa memudahkanmu untuk bertransaksi jual beli saham. Meski kamu sering bertransaksi, tak akan banyak fee atau biaya yang perlu dibayar nantinya.

Lebih baik sesuaikan juga dengan tersedianya dana. Terdapat beberapa aplikasi trading saham terbaik mengharuskan dana awal yang cukup tinggi. Lebih baik pilih sekuritas yang mampu menawarkan syarat dana setoran awal yang minim.