6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP, Mudah dan 100% Work

Ingin melihat foto lama tapi tidak sengaja terhapus? Tenang, ikuti panduan cara mengembalikan file yang terhapus di hp berikut ini.
cara mengembalikan file yang terhapus di hp

Ketika tidak sengaja menghapus file di hp, perasaan pasti panik dan kesal, bukan? Apalagi kalau file-nya berisi foto dan video penting. Tapi jangan khawatir, karena mengembalikan file yang terhapus di hp sangatlah mudah.

Sebenarnya saat ini hampir semua merk smartphone sudah dilengkapi cloud storage, seperti Google Driver dan Mi Cloud (khusus Xiaomi). Namun, kebanyakan orang tidak memanfaatkannya untuk mencadangkan file, foto, maupun video.

Nah, kalau segala opsi sudah dicoba tapi file masih belum dapat dipulihkan, simak panduan lengkap tentang cara mengembalikan file terhapus di hp beserta aplikasi yang digunakan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP

Apapun alasannya, kehilangan file pasti sangat menyebalkan. Namun, untungnya kita berada di era digital, dimana segala masalah dapat diatasi dengan mudah. Untuk kasus ini, ada aplikasi yang memungkinkan kita memulihkan file yang hilang.

Tapi perlu diketahui, tidak semua file dapat dikembalikan. Biasanya, sistem hanya memulihkan foto maupun video yang masih fresh atau belum lama dihapus.

Ada banyak metode atau cara mengembalikan file yang terhapus di hp dengan kelebihan dan kekurangan berbeda. Di bawah ini, silahkan coba satu per satu hingga semua file di Android kamu berhasil dipulihkan.

1. Memulihkan File di HP dengan Aplikasi DiskDigger

cara mengembalikan file yang terhapus di hp 4

DiskDigger bisa jadi opsi pertama untuk mengembalikan file yang terhapus di hp Xiaomi, Vivo, hingga OPPO. Selain cara penggunaannya yang mudah, aplikasi ini bisa kamu unduh gratis di Google Play tanpa perlu root.

Meskipun file tidak di-backup di cloud storage, DiskDigger mengklaim bisa memulihkan semua data yang hilang, termasuk foto dan video.

Cara kerja aplikasi DiskDigger cukup simpel, kamu tinggal menjalankan aplikasi dan sistem akan mencari file yang terhapus pada memori eksternal dan insternal. Setelah prosesnya berakhir, data akan otomatis di-restore ke File Manager.

Dibanding aplikasi sejenis, DiskDigger punya banyak fitur unggulan. Salah satunya mampu memisahkan data sesuai size dan tanggal. Terlebih, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan karena ukuran aplikasi kurang dari 50MB.

2. Dengan Software Recuva File Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus di hp 2

Berbeda dari cara sebelumnya, untuk melakukan metode ini kamu butuh laptop/PC dan software Recuva File Recovery. Banyak yang menganggap file ini sangat ampuh dalam mengembalikan file yang terhapus permanen di hp.

Untuk langkah-langkahnya, download dulu Recuva File Recovery dan install di laptop kamu. Setelah itu, ikuti panduan berikut ini.

  • Buka software-nya, dan hubungkan hp kamu ke laptop melalui kabel USB
  • Selanjutnya pilih opsi All Files untuk memulihkan semua jenis file yang terhapus
  • Kemudian pilih folder tempat file tersebut sebelum terhapus
  • Jika sudah, klik tombol OK untuk memulai scanning atau pencarian
  • Setelah selesai, semua file yang hilang akan muncul kembali

Langkah terakhir tinggal simpan ke galeri hp kamu. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya backup ke cloud storage agar kamu tidak perlu menggunakan Recuva File Recvery ketika file-nya tak sengaja terhapus lagi.

3. Dengan Aplikasi Dumpster – Recycle Bins

cara mengembalikan file yang terhapus di hp 3

Selain DiskDigger, Dumpster juga termasuk aplikasi file recovery yang bisa kamu andalkan untuk mengembalikan file yang terhapus di hp. Singkatnya, cara kerja aplikasi ini sama seperti Recycle Bin pada PC atau laptop.

Jadi, kalau kamu tak sengaja menghapus file di Android, silahkan unduh Dumpster di Google Play. Berdasarkan ulasan pengguna, aplikasi ini punya banyak keunggulan yang mampu memulihkan semua foto dan video dengan mudah dan cepat.

4. Mengembalikan File Terhapus dengan Google Photos dan Drive

Selanjutnya, kalau kamu mencari cara mengembalikan file yang terhapus di hp tanpa aplikasi, coba gunakan Google Photos dan Google Drive. Sebab, kamu tidak perlu mengunduh keduanya karena merupakan aplikasi bawaan di semua merk hp.

Biasanya, Google Photos dan Google Driver akan mencadangkan semua file yang ada di hp secara otomatis, termasuk foto, video, dan PDF.

Namun, cara ini akan berhasil jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan opsi pencadangan otomatis di pengaturan perangkat.

Untuk langkah memulihkan file yang terhapus, kamu bisa masuk ke menu Trash. Nantinya, di sana akan terlihat semua deleted files dalam rentan waktu 60 hari. Kalau lebih dari itu, maka tidak ada cara lain untuk mengembalikannya.

5. Cara Mengembalikan Data Game Free Fire dan Mobile Legends

Selain empat metode di atas, kalau kamu kehilangan data game secara tidak sengaja, ada cara alternatif yang bisa dilakukan. Opsi ini bisa dicoba untuk game online seperti Free Fire, Mobile Legends, hingga PUBG Mobile.

Adapun cara mengembalikan data game yang terhapus, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Play Games dan akun media sosial yang terhubung. Sebab, sistem pasti menyimpan semua file dan data pada penyimbanan berbasis cloud.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot memulai permainan dari awal, tinggal hubungkan Google Play Games ke game yang sedang dimainkan. Jika sudah, secara otomatis data akan dipulihkan kembali tanpa perubahan.

6. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di WA

Kalau foto yang terhapus berasal dari chat Whatsapp, ada beberapa opsi yang bisa kamu coba untuk mengembalikannya. Tapi, cara ini hanya berfungsi bila kamu mengaktifkan fitur pencadangan otomatis.

Pertama, cek backup Whatsapp dengan masuk ke Settings, lalu Chats, dan Chat Backup. Seharusnya di sana kamu bisa melihat informasi file maupun data yang sudah dicadangkan.

Kalau file foto atau video belum lama terhapus, kamu bisa uninstall Whatsapp, dan install kembali versi terbarunya. Cara ini akan memberikan opsi untuk mengembalikan chat dan media lama.

Lantas, bagaimana kalau semua data backup hilang? Jangan khawatir, masih ada cara lain yang bisa dicoba. Sebab, Whatsapp menyimpan semua data di File Manager. Asalkan datanya tidak dihapus, foto dan video pasti dapat dipulihkan.

Simak cara mengembalikan file yang terhapus di WA berikut ini:

  • Pertama buka File Manager
  • Lalu langsung menuju folder Whatsapp
  • Kemudian klik Database
  • Selanjutnya cari file dengan nama seperti ini: msgstore-2021-05-06.crypt12
  • Pastikan tanggalnya sesuai dengan yang terbaru
  • Setelah itu ganti namanya jadi: msgstore-1997.crypt12
  • Terakhir tunggu prosesnya selesai

Pada metode ini Whatsapp akan mengalihkan file backup ke yang terbaru. Selain itu, coba cek media di folder Whatsapp, biasanya di sana foto dan video masih tersimpan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tidak perlu melakukan root pada perangkat. Cukup dengan menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play. Tapi sayangnya, belum ada metode untuk memulihkan file-file lawas.

Jadi, itulah beberapa metode yang bisa kamu lakukan jika tidak sengaja menghapus file foto maupun video. Sekian ulasan tentang cara mengembalikan file yang terhapus di hp yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!