2 Cara Transfer Virtual Account Beda Bank via ATM dan m-Banking

Inilah panduan lengkap cara transfer virtual account beda bank via ATM dan m-Banking beserta keuntungan yang bisa kamu dapatkan.
cara transfer virtual account beda bank

Sejak hadirnya layanan e-commerce dan dompet digital, transfer virtual account beda bank jadi pilihan metode pembayaran paling populer. Namun, meskipun era digital telah berkembang, tak sedikit masyarakat yang belum tahu caranya.

Padahal, layanan virtual account sangat umum digunakan untuk melakukan transaksi, baik ke perorangan maupun perusahaan. Terlebih, metode ini memiliki banyak keuntungan, terutama dari segi efisiensi dan keamanan.

Nah, bagi yang belum paham cara transfer virtual account beda bank, pada ulasan kali ini admin akan menjelaskan langkah-langkahnya melalui ATM dan m-Banking.

Apa Beda Virtual Account dan Transfer Manual?

Apa sih perbedaan virtual account dan transfer biasa atau manual? Secara umum keduanya merupakan metode pembayaran yang sering digunakan masyarakat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, VA sangat diminati karena lebih praktis.

Virtual Account adalah nomor identifikasi nasabah yang terdiri dari beberapa digit nomor dan diberikan khusus oleh bank terkait guna mengamankan transaksi.

Sementara transfer manual biasanya hanya menggunakan nomor rekening tanpa perlu menambahkan kode bank. Namun, metode ini perlahan mulai ditinggalkan sejak menjamurnya bisnis digital.

Untuk sektor e-commerce, transfer ke virtual account beda bank menjadi metode pembayaran yang paling sering digunakan. Selain tidak perlu melampirkan bukti transfer, sistem akan membukukan transaksi secara otomatis.

Setelah mengetahui perbedaan transfer melalui VA dan transfer manual, mungkin kamu ingin tahu apa saja keuntungan menggunakan virtual account saat mengirim uang dari bank lain.

1. Lebih praktis dan nyaman
2. Keamanan transaksi terjamin
3. Proses identifikasi pengirim dan penerima lebih mudah
4. Bisa transfer melalui ATM dan m-Banking
5. Bebas belanja online di e-commerce favorit

Selain poin-poin di atas, virtual account juga sangat menungtungkan dari segi efisiensi waktu karena kita bisa melakukan transaksi melalui m-Banking.

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank

Untuk saat ini, transfer virtual account tersedia untuk semua bank, seperti BCA, Mandiri, BNI, hingga BRI. Selain mudah, prosesnya juga sangat ringkas. Kamu hanya perlu menambahkan kode bank dan diikuti dengan nomor rekening tujuan.

Berikut ini beberapa cara mudah transfer virtual account beda bank melalui ATM dan m-Banking:

1. Cara Transfer VA Melalui ATM

Sebenarnya cara transfer virtual account beda bank melalui ATM tak jauh berbeda dengan transfer uang  pada umumnya. Hanya saja, kamu membutuhkan kode yang mana masing-masing bank punya kode sendiri.

Untuk langkah-langkahnya mungkin akan berbeda antara BNI, BCA, Mandiri, maupun BRI. Jadi, sesuaikan aja dengan bank yang kamu gunakan.

  • Pertama silahkan kunjungi ATM terdekat
  • Setelah sampai, masukkan kartu ATM dan PIN
  • Lalu di tampilan layar tekan Transaksi Lainnya – Transfer – Antar Bank Online
  • Kemudian masukkan kode bank dan nomor VA yang ingin dituju
  • Selanjutnya masukkan nominal uang yang ingin dikirim
  • Jika sudah, cek kembali informasi transaksi dan pastikan tidak ada yang keliru
  • Terakhir, tekan OK atau YES

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil menerapkan cara transfer virtual account beda bank melalui ATM. Sebelum pergi, jangan lupa ambil struk transaksi dan kartu ATM, ya!

2. Cara Transfer VA Melalui m-Banking

Selanjutnya, kalau kamu malas pergi ke ATM, transfer virtual account beda bank melalui m-Banking mungkin bisa jadi pilihan. Selain mudah, prosesnya juga sangat singkat karena hanya perlu smartphone dan koneksi internet.

  • Pertama buka aplikasi m-Banking di hp kamu
  • Kemudian login dengan username dan password
  • Kalau sudah masuk, langsung saja klik Transfer
  • Pilih opsi Bank Lain Dalam Negeri
  • Selanjutnya input kode bank tujuan dan nomor virtual account
  • Setelah itu masukkan nominal uang yang hendak ditransfer
  • Jika semua informasi sudah benar, klik Kirim
  • Terakhir masukkan PIN m-Banking kamu

Kalau muncul notifikasi pembayaran, berarti transfer ke virtual account beda bank via m-Banking sudah berhasil. Selanjutnya tinggal tutup aplikasinya dan konfirmasi ke penjual dengan mengirimkan bukti transaksi.

Karena setiap bank punya kode yang berbeda, kamu bisa mengetahui kode bank tujuan melalui menu yang tertera di ATM atau fitur di apliaksi m-Banking.

Kesimpulan

Mudah, kan? Menggunakan virtual account untuk transfer uang sangat penting kalau bank tujuannya berbeda. Terlebih, saat ini tren belanja online kian berkembang dan hampir semua e-commerce menawarkan metode pembayaran yang beragam.

Jadi, itulah beberapa cara transfer virtual account beda bank dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat. Kamu bisa memilih ingin menggunakan ATM atau m-Banking. Semoga bermanfaat!