7 Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Mudah di HP dan Laptop 2022

Mau akses situs tapi ada notifikasi internet positif? Tenang, berikut beberapa cara buka situs yang diblokir pemerintah dengan mudah.
cara buka situs yang diblokir

Sudah sejak lama pemerintah menerapkan aturan perihal pemblokiran situs atau website yang memuat konten negatif. Namun nyatanya, hal ini masih bisa diakali dengan beberapa metode untuk membuka situs yang diblokir.

Mengingat saat ini teknologi sudah semakin berkembang, pengetahuan masyarakat akan dunia internet juga tak bisa dibendung. Situs yang diblokir masih bisa diakses dengan menggunakan VPN maupun tanpa aplikasi tambahan.

Nah, kalau kamu sedang terkendala dalam mengakses konten di Android maupun laptop, berikut ini deretan cara membuka situs diblokir dengan mudah.

Deretan Cara Buka Situs yang Diblokir

Pemerintah sendiri mengatakan kalau pemblokiran situs dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yakni judi, pelanggaran hak cipta (film/musik ilegal), trading ilegal, konten dewasa, hingga radikalisme.

Namun anehnya, platform hiburan seperti Reddit juga ikut diblokir. Padahal, konten yang disajikan cukup bermanfaat, dimana pengguna bisa berdikusi hingga mencari info tentang topik tertentu.

1. Aplikasi TurboVPN

cara buka situs yang diblokir vpn turbo

VPN atau Virtual Private Network bisa jadi opsi utama jika ingin mengakses situs diblokir pemerintah. Di platform distribusi aplikasi sendiri ada banyak pilihan VPN dengan ragam fitur dan keunggulan, salah satunya TurboVPN.

Selain gratis, cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN Turbo juga sangat mudah. Kamu tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store, lalu pilih negara sesuai keinginan, dan buka situs favorit melalui browser.

2. Dengan Google Translate

Berbeda dari metode sebelumnya yang mengharuskan kamu mengunduh aplikasi, di sini kamu hanya perlu membuka https://translate.google.co.id/ melalui browser, kemudian ketik alamat website, dan klik link-nya.

Meskipun fungsi utamanya sebagai penerjemah bahasa, Google Translate juga bisa jadi salah satu cara membuka situs yang diblokir pemerintah. Namun, dari beberapa ulasan cara ini terkadang tidak berhasil di perangkat tertentu.

3. Ubah DNS Server untuk Buka Situs yang Diblokir

cara buka situs yang diblokir 3

Selanjutnya, kalau ingin membuka situs yang diblokir di laptop, kamu bisa mengubah pengaturan DNS Server pada Control Panel. Metode ini terbukti sangat ampuh dan sering jadi pilihan utama bagi pengguna yang enggan menggunakan VPN.

Untuk langkah-langkahnya, simak penjelasan berikut:

  • Pertama masuk ke Control Panel
  • Lalu buka Network & Sharing Center
  • Klik opsi Change Adapter Setting
  • Kemudian klik kanan pada jaringan yang terhubung dan pilih Properties
  • Double click di opsi “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  • Selanjutnya, klik pada "Use the following DNS..."
  • Isi kolom Preferred DNS server dengan 1.1.1.1
  • Pada baris Alternate DNS server, isi 1.0.0.1
  • Jika sudah, klik OK
  • Setelah itu, kembali ke Properties
  • Lakukan hal yang sama pada “IP Version 6 (TCP/IPv6)
  • Tapi, di kolom pertama isi dengan 2606:4700:4700::1111
  • Sementara di kolom kedua, isi dengan 2606:4700:4700::1001

Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan, dan tutup Control Panel. Sekarang coba buka situs yang diblokir menggunakan browser. Kalau langkah di atas dilakukan dengan benar, notifikasi internet positif pasti tidak akan muncul.

4. Memakai HMA VPN

HMA merupakan platform berbasis Proxy VPN yang menawarkan layanan server terbaik untuk mengakses semua konten website. Didirikan pada 2005, HMA termasuk salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

Selain mudah, kamu bisa menggunakan HMA secara bebas tanpa perlu berlangganan. Selain membuka situs diblokir, platform ini juga akan melindungi kamu dari serangan hacker dan menjaga privasi.

5. Buka Situs yang Diblokir dengan Betternet

cara buka situs yang diblokir 5

Betternet adalah software VPN gratis yang dapat digunakan di semua perangkat, termasuk Windows, Mac, iOS, dan Android. Betternet sangat cocok untuk menjaga privasi, membuka situs dengan internet positif, hingga melakukan streaming.
    
Betternet bisa jadi pilihan bagi kamu yang sedang mencari cara buka situs yang diblokir dengan mudah. Sebab, selain gratis pengguna tidak perlu membuat akun. Kamu tinggal download aplikasinya, dan akses situs sesuai keinginan.

6. Menggunakan Extension di Chrome

Kalau enggan mengunduh aplikasi atau menggunakan Proxy, kamu bisa memanfaatkan extension di browser Chrome. Ini juga termasuk bagian dari cara membuka situs diblokir tanpa aplikasi di Chrome yang paling efektif dan mudah.

Caranya tinggal buka Settings, dan masuk ke laman Extension. Setelah itu cari "Browser VPN", lalu klik "Add to Chrome" untuk memulai proses instalasi. Jika sudah terpasang, pilih server VPN yang paling bagus dan mulai buka situs favoritmu.

7. Browser Opera Mini

cara buka situs diblokir via opera mini

Berbeda dari browser pada umumnya, Opera Mini dilengkapi fitur VPN yang memungkinkan pengguna mengatasi internet positif pada situs. Selain untuk laptop, metode ini juga berlaku di hp Android.

Adapun cara buka situs yang diblokir tanpa VPN dengan Opera Mini sangatlah mudah. Pertama silahkan buka browser-nya, lalu klik garis tiga di pojok atas, kemudian pilih Setting dan cari VPN di kolom pencarian.

Kalau sudah ketemu, aktifkan VPN dan buka tab baru. Terakhir, masukkan alamat URL dari situs yang diblokir. Secara umum, metode ini sering digunakan bagi pengguna yang butuh privasi saat menjelajahi situs di internet.

Kesimpulan

Meskipun domain sudah diblokir pemerintah, kamu dapat membuka situs tersebut untuk mengakses video, audio, maupun konten. Terlebih, semua metode di atas dapat digunakan gratis tanpa biaya langganan.

Jadi itulah cara buka situs yang diblokir dengan mudah melalui VPN atau tanpa aplikasi tambahan. Masing-masing sudah pernah dicoba sebelumnya dan work untuk semua perangkat, termasuk Android, iOS, hingga Windows.