4 Cara Hutang Pulsa Telkomsel via Aplikasi, SMS, UMB, dan Facebook

Inilah panduan lengkap tentang cara hutang pulsa Telkomsel yang sangat bermanfaat kalau kamu sedang kehabisan pulsa di saat-saat penting.
cara hutang pulsa telkomsel

Saat ini hampir semua operator telekomunikasi menawarkan pinjaman pulsa, termasuk Telkomsel. Meskipun layanan ini sudah berlangsung lama, nyatanya masih banyak yang belum tahu cara hutang atau pinjam pulsa Telkomsel.

Singkatnya, pulsa darurat Telkomsel adalah layanan yang memungkinkan kamu mendapatkan pinjaman pulsa. Nantinya, hutang tersebut akan otomatis terbayar setelah pengisian pulsa berikutnya.

Nah, kalau kamu sedang kehabisan pulsa tapi ingin menelepon ataupun sekedar berkirim pesan ke kerabat, simak panduan cara hutang pulsa Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, SMS, hingga *500*5# atau UMB.

Syarat Meminjam Pulsa di Telkomsel

Kalau melihat situs resmi Telkomsel, layanan ini bernama “Paket Darurat” yang mana saat melakukan aktivasi kamu akan dapat satu bundle yang terdiri dari kuota internet, telepon ke sesama, dan kuota SMS.

Tapi sayangnya, tidak semua pelanggan bisa menikmati layanan ini. Sebab, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin pinjam pulsa Telkomsel.

  1. Hanya berlaku untuk pelanggan yang menggunakan jenis kartu PraBayar
  2. Sudah menggunakan Telkomsel lebih dari 60 hari
  3. Sebelumnya tidak ada tunggakan hutang pulsa
  4. Pelanggan harus memenuhi penggunaan rata-rata dan jumlah pengisian pulsa bulanan
  5. Harus sudah pernah mengisi pulsa (tidak termasuk paket data)
  6. Layanan pinjam pulsa Telkomsel hanya berlaku di Indonesia

Lantas, bagaimana kalau gagal pinjam pulsa di Telkomsel, kemungkinan kamu tidak masuk kriteria atau belum memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada poin-poin di atas.

Deretan Cara Hutang Pulsa Telkomsel

Ketika sudah masuk akhir bulan atau malas keluar rumah untuk isi pulsa, memanfaatkan layanan Paket Darurat adalah pilihan terbaik. Terlebih, tidak ada biaya tambahan atau bunga yang dibebankan ke pelanggan.

Berikut ini beberapa cara pinjam pulsa Telkomsel tanpa biaya yang bisa kamu coba:

1. Cara Hutang Pulsa Telkomsel dengan *505#

Metode pertama untuk hutang pulsa Telkomsel bisa dengan dial kode *505# atau sering disebut UMB. Dibanding cara lain, ini lebih mudah dan praktis karena prosesnya hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Untuk langkah-langkah aktivasi Paket Darurat Telkomsel dengan metode UMB, berikut penjelasannya:

  • Pertama buka Kontak dan dial kode *505#
  • Kalau kamu memenuhi kriteria, maka akan muncul pop up menu Paket Darurat
  • Langsung saja ketik angka 1 dan tekan Kirimkan/OK
  • Terakhir, silahkan tunggu SMS dari 5111

Kalau ada keterangan berhasil, maka Paket Darurat sudah aktif dan bisa kamu gunakan. Besaran pinjaman mulai dari Rp1.000 sampai Rp50.000 tergantung kebijakan dari Telkomsel.

2. Aktivasi Paket Darurat Telkomsel via SMS

Selanjutnya, cara pinjam pulsa Telkomsel juga bisa dengan mengirimkan SMS. Sama seperti yang pertama, metode ini juga cukup mudah karena aktivasi sepenuhnya dilakukan oleh operator melalui penawaran saat kamu kehabisan pulsa.

Kalau ada SMS masuk dari 5111, kamu tinggal membalas YES dan tunggu beberapa saat hingga konfirmasi aktivasi Paket Darurat diterima. Namun, kalau kamu belum memenuhi syarat, Telkomsel tidak akan mengirimkan penawaran.

3. Cara Hutang Pulsa Telkomsel via Aplikasi

Selain dua metode di atas, pinjam pulsa 20 ribu Telkomsel juga bisa melalui MyTelkomsel. Ini merupakan aplikasi resmi dari Telkomsel. Bukan hanya 20 ribu saja, kalau memenuhi kriteria, kamu bisa menikmati layanan Paket Darurat hingga 50 ribu.

Berikut ini panduan aktivasi pinjam pulsa Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel:

  • Langkah pertama buka aplikasi MyTelkomsel
  • Kemudian klik menu Belanja atau Buy Package kalau kamu memilih bahasa Inggris
  • Lalu klik opsi “Special for You”
  • Selanjutnya klik “See all” untuk melihat opsi Paket Darurat yang tersedia
  • Biasanya, pelanggan baru akan dapat promo hutang pulsa gratis

Selain pulsa, ini juga termasuk cara hutang kuota Telkomsel karena satu paket sudah termasuk kuota internet, SMS, dan nelpon. Bagaimana, mudah kan?

4. Cara Pinjam Pulsa Telkomsel via Facebook

Metode terakhir untuk pinjam pulsa Telkomsel tanpa biaya bisa kamu lakukan melalui Facebook. Namun, ini termasuk alternatif karena prosesnya sedikit lebih rumit dibanding metode pertama, kedua, dan ketiga.
Berikut langkah-langkah hutang pulsa Telkomsel melalui media sosial Facebook:

  • Pertama buka aplikasi Facebook (bukan yang versi Lite)
  • Kemudian klik opsi Buka Gratis di bagian paling atas
  • Selanjutnya cari status Facebook yang ada fotonya
  • Buka postingan tesebut dan klik Lihat Foto
  • Kalau kamu memenuhi kriteria, penawaran Paket Darurat akan muncul
  • Terakhir, ikuti panduan yang tertera di layar untuk aktivasi

Seperti penjelasan sebelumnya, semua metode di atas tidak dikenakan biaya tambahan. Kamu hanya perlu membayar atau mengganti hutang pulsa sesuai harga kesepakatan awal.

Sementara untuk cara bayar hutang pulsa Telkomsel, kamu tinggal melakukan pengisian pulsa dan sistem akan memotong pulsa secara otomatis. Namun, pembayaran pinjaman tidak bisa dilakukan melalui transfer pulsa.

Rincian Paket Darurat dari Telkomsel

Nah, sudah tahu kan cara pinjam pulsa di Telkomsel? Sekarang kamu tak perlu khawatir kalau ada kebutuhan mendesak tapi pulsa sedang sekarat. Lalu, apa saja pilihan Paket Darurat yang disediakan Telkomsel? Simak pada gambar berikut ini.

pilihan paket darurat telkomsel

Meskipun prosesnya sangat mudah, namun kuota SMS dan nelpon hanya berlaku untuk sesama nomor Telkomsel. Jadi, kamu tidak bisa menghubungi orang lain yang menggunakan provider berbeda.

Kesimpulan

Jadi intinya, layanan Paket Darurat dari Telkomsel ini sangat membantu kalau kamu kehabisan pulsa. Selain aktivasi yang mudah, pulsa yang harus dibayar nominalnya tidak berubah. Kalau kamu hutang Rp5.000, maka bayarnya juga Rp5.000.

Berbeda dari Indosat yang membebankan biaya hingga 30% jika pelanggan ingin pinjam pulsa. Demikian penjelasan tentang cara hutang pulsa Telkomsel beserta syarat dan ketentuannya. Semoga bermanfaat!