3 Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Indosat dan Operator Lain 2022

Mau kirim pulsa ke teman beda operator? Berikut panduan tentang cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat beserta syarat dan ketentuannya.
cara transfer pulsa telkomsel ke indosat

Sebagai provider telekomunikasi terbaik di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan layanan terbaik, salah satunya kirim pulsa. Namun sayangnya, cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat masih banyak yang belum tahu.

Berbeda dari transfer ke provider XL, Axis, atau Tri, prosedur pengiriman pulsa ke Indosat memang jadi topik yang sering dicari pengguna. Pasalnya, tak banyak artikel dan video yang menjelaskan cara dan syaratnya.

Nah, pada ulasan kali ini kami akan membahas panduan lengkap cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat dengan metode mudah, baik melalui UMB maupun aplikasi MyTelkomsel.

Syarat Transfer Pulsa Telkomsel

Berbeda dari operator lain, transfer pulsa Telkomsel sangat menguntungkan karena pelanggan bisa mendapatkan poin. Nantinya, poin tersebut dapat ditukar jadi undian berhadiah iPhone 12 dan pulsa jutaan rupiah setiap bulan.

Adapun cara cek kupon undian Telkomsel bisa dilakukan dengan mengetik kode UMB *858*6# di menu Panggilan, sedangkan cara cek pemenang bisa melalui SMS dengan format MENANG dan kirim ke 777.

Namun, seperti layanan pada umumnya, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk transfer pulsa Telkomsel ke operator lain, khususnya Indosat. Sebab, transaksi akan gagal bila semua syarat yang ada tidak terpenuhi.

Berikut ini beberapa syarat transfer pulsa dari Telkomsel ke Indosat:

  1. Minimal pulsa yang tersisa setelah ditransfer harus Rp2.000
  2. Nominal pulsa yang bisa ditransfer Rp5.000 - Rp1.000.000
  3. Dalam sehari kamu hanya bisa melakukan 250 transaksi pulsa
  4. Biaya transfer mulai dari Rp1.850 - Rp10.000
  5. Kartu Telkomsel yang digunakan harus dalam kondisi aktif
  6. Penerima bisa menerima pulsa meskipun dalam masa tenggang
  7. Masa aktif kartu tidak akan berubah setelah menerima pulsa

Jika kamu sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang tertera di atas, transfer pulsa Telkomsel ke Indosat dan operator lain sudah bisa dilakukan.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Indosat

biaya transfer pulsa telkomsel

Ada tidak metode transfer yang disediakan Telkomsel, yakni melalui UMB (*858#), aplikasi MyTelkomsel, dan menu panggilan. Masing-masing punya kekurangan, jadi silahkan pilih metode mana yang menurut kamu paling mudah.

1. Transfer Pulsa Telkomsel dengan Kode UMB

UMB adalah singkatan dari USSD Menu Browser yang biasa digunakan provider untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Jika ingin menggunakan layanan ini, Anda cukup buka menu Panggilan lalu dial kode *858#.

Berikut langkah-langkah transfer pulsa Telkomsel ke Indosat melalui UMB:

  • Pertama masuk ke menu Panggilan di hp kamu
  • Lalu ketik kode *858# dan klik ikon Call
  • Setelah pop up muncul, terlihat banyak opsi yang tersedia
  • Untuk transfer pulsa, ketik angka 1
  • Kemudian masukkan nomor tujuan
  • Jika sudah, ketik nominal pulsa yang hendak dikirim
  • Kalau muncul pop up konfirmasi, klik saja YA

Sampai di sini kamu sudah berhasil melakukan prosedur UMB untuk transfer pulsa Telkomsel ke operator lain. Selanjutnya tinggal konfirmasi ke penerima bahwa pulsa sudah terkirim.

2. Transfer Pulsa Telkomsel ke Indosat via MyTelkomsel

Selanjutnya, cara kirim pulsa Telkomsel ke Indosat melalui MyTelkomsel juga tak kalah mudah. Selain untuk mengecek pulsa, aplikasi ini juga punya banyak fitur dan layanan menarik yang dapat dinikmati pengguna Android dan iOS.

  • Langkah pertama buka aplikasi MyTelkomsel
  • Kalau belum punya silahkan download di Google Play
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan cari menu Gift atau Hadiah
  • Kemudian masukkan nomor tujuan yang ingin dikirim pulsa
  • Lalu klik opsi "Transfer Pulsa"
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran, dan masukkan kode OTP
  • Terakhir, kamu akan menerima notifikasi pengiriman pulsa berhasil

Sampai tahap ini silahkan konfirmasi ke teman apakah pulsanya sudah masuk. Seharusnya, proses transfer hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.

3. Transfer Pulsa Telkomsel Melalui Menu Panggilan

Selain dua metode di atas, cara transfer pulsa Telkomsel juga bisa melalui menu panggilan. Ini tak jauh berbeda seperti metode UMB. Hanya saja, kamu tinggal mengetikkan kode *858* dan diikuti dengan nomor tujuan.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Panggilan atau ikon gagang telepon
  • Kemudian ketik *858*nomor Indosat*nominal pulsa#
  • Contoh *858*085733224384*10#
  • Setelah itu klik "Call"
  • Lalu klik Ya untuk melanjutkan transaksi

Silahkan tunggu beberapa detik hingga muncul konfirmasi transfer pulsa berhasil. Untuk nominal pulsa, kamu hanya perlu memasukkan angka singkat yakni 5, 10, 20, atau 50.

Solusi Gagal Transfer Pulsa Telkomsel

Lantas, bagaimana kalau transfer pulsa Telkomsel gagal? Untuk masalah ini kemungkinan nominal pulsa tidak mencukupi atau nomor Telkomsel kamu sedang berada dalam masa tenggang. Untuk mengatasinya, silahkan isi pulsa terlebih dahulu.

Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi, transfer pulsa Telkomsel ke Indosat maupun operator lain untuk saat ini masih belum tersedia. Provider telekomunikasi milik BUMN ini hanya menyediakan layanan kirim pulsa ke sesama Telkomsel saja.

Solusinya mungkin kamu bisa menggunakan layanan pihak ketiga, yakni dengan dompet digital, seperti GoPay, OVO, atau DANA. Nantinya, kamu tinggal melakukan pengisian pulsa Indosat melalui akun e-wallet yang kamu miliki.

Kesimpulan

Kalau melihat perkembangan teknologi saat ini, transfer pulsa beda operator memang jadi layanan yang sangat dibutuhkan. Apalagi caranya sangat mudah, bahkan pengguna bisa memilih metode terbaik sesuai keinginan.

Jadi, itulah ulasan tentang cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat yang bisa kamu coba melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *858#. Sangat mudah, kan? Sekarang giliran kamu untuk mengikuti panduan di atas. Semoga bermanfaat!