Cara Cek Penerima Bansos dari Kemensos di Aplikasi Cek Bansos 2021

Berikut ini panduan lengkap tentang cara cara cek daftar penerima bansos dari Kemensos lewat hp melalui aplikasi Cek Bansos.
cara cek penerima bansos

Aplikasi Cek Bansos adalah layanan dari Kemensos yang dibuat dengan tujuan agar penerima bisa melakukan pengecekan tanpa perlu datang ke Dinas Sosial. Selain lebih praktis, masyarakat juga mendapat kemudahan dari aplikasi ini.

Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah sedang menggalangkan program bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu. Bukan hanya di ibukota, program ini menyasar ke seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke.

Nah, kalau ingin mengetahui apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima bantuan sosial di aplikasi Cek Bansos, berikut panduan lengkap yang bisa kamu ikuti.

Apa itu Aplikasi Cek Bansos?

Kementerian Sosial RI menghadirkan aplikasi Cek Bansos sebagai bagian dari digitalisasi birokrasi di ruang lingkup pemerintahan. Selain bisa digunakan untuk cek penerima bansos, aplikasi ini juga punya fitur untuk melacak bansos yang tidak tepat sasaran.

Adapun bansos yang diberikan pemerintah terdiri dari BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), BST (Bantuan Sosial Tunai), dan PKH (Program Keluarga Harapan).

Jika terjadi kesalahan data atau ada penerima yang dianggap tidak layak, masyarakat bisa melaporkan hal tersebut langsung melalui aplikasi.

Disamping itu, masyarakat juga bisa mengusulkan dirinya sendiri ataupun tetangga jika memenuhi syarat dan kriteria penerima bansos.

Untuk saat ini, aplikasi Cek Bansos hanya tersedia di Google Play. Namun, kamu harus jeli jika ingin mengunduhnya. Sebab, ada banyak aplikasi serupa yang dibuat oleh orang tak bertanggung jawab. Agar tidak tertipu, download aplikasi Cek Bansos melalui link ini.

Cara Cek Daftar Penerima Bansos Lewat HP

cara daftar penerima bansos

Berdasarkan keterangan resmi pemerintah, masyarakat kini bisa cek daftar penerima bansos melalui aplikasi. Berbeda dari sebelumnya yang hanya dapat diakses lewat situs https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Nah, di bawah ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui penerima bantuan sosial dari pemerintah, baik BPNT, BST, maupun PKH.

1. Download Aplikasi Cek Bansos

Pertama download aplikasi Cek Bansos melalui Google Play. Pastikan aplikasinya dikembangkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sebab, saat ini banyak oknum tak bertanggung jawab membuat aplikasi tiruan untuk tujuan menipu.

2. Registrasi Akun

Jika aplikasinya sudah ter-install di hp Android kamu, selanjutnya masuk ke tahap registrasi. Sebab, untuk mengakses semua data maupun fitur di dalam aplikasi, dibutuhkan akun yang terdiri dari informasi diri.

Persiapkan berkas-berkas berikut ini:
  • Nomor KK (Kartu Keluarga)
  • Nomor NIK e-KTP
  • KTP asli
  • Foto selfie sambil memegang e-KTP (pastikan jelas dengan pencahayaan cukup)
  • Alamat e-mail
Selanjutnya silahkan isi formulir yang tertera di laman aplikasi. Jika sudah, pihak Kemensos akan mengirimkan kode OTP melalui email, masukkan kode tersebut. Tunggu beberapa saat hingga server menyelesaikan verifikasi.

3. Cek Nama Penerima

Setelah itu, kamu bisa masuk ke akun dan mengecek nama penerima banos. Untuk caranya, silahkan perhatikan navigasi di halaman utama aplikasi, klik menu yang bertuliskan “Cek Bansos”.

4. Masukkan Data

Jika sudah masuk ke halaman Cek Bansos, selanjutnya pilih Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan tempat kamu tinggal. Jika sudah, ketik nama kamu atau orang yang ingin dicek keterdaftaran penerima bansos. Terakhir, klik Cari.

5. Lihat Hasil Pencarian

Kalau nama yang kamu masukkan terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah, maka aplikasi akan menampilkan detail lengkap mulai dari data Provinsi, Nama, Umur, hingga status bansos.

Selain praktis dan mudah, aplikasi Cek Bansos dari Kemensos dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin mencari tahu siapa yang menerima bantuan. Bukan hanya BPNT saja, namun juga BST, PKH, hingga bansos Covid.

Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos

Lantas, bagaimana kalau nama kita tidak terdaftar sebagai penerima manfaat? Tenang, Kementerian Sosial melalui ibu Tri Rismaharini menjelaskan kalau aplikasi ini dilengkapi fitur pengajuan bagi masyarakat yang merasa layak menerima bantuan.

Berikut cara daftar jadi penerima bansos Kemensos lewat hp:
  • Pastikan kamu sudah meng-install aplikasi dan registrasi akun
  • Selanjutnya klik “Daftar Usulan”
  • Lalu pilih Tambah Usulan
  • Kemudian isi formulir sesuai data kependudukan
  • Kalau NIK kamu terdaftar di DTKS maka akan muncul “Pilih Jenis Bansos”
  • Jika data berhasil ditambahkan, akan terlihat NIK hingga kesesuaian Dukcapil
Pada aplikasi ini ada 3 menu yang terdiri dari Profil, Cek Bansos, dan Tanggapan Kelayakan. Masing-masing menu punya fungsi berbeda. Profil untuk mengetahui profil dari penerima bantuan sosial PKH atau BPNT.

Selain itu, di menu ini ada opsi Bukan Keluarga untuk menyanggah apabila ada nama yang bukan anggota keluarga ata tidak layak mendapat bantuan.

Sementara pada menu Cek Bansos berfungsi untuk mengetahui penerima bansos yang berisi informasi seperti nama hingga domisili.

Selanjutnya menu Tanggapan Kelayakan bisa digunakan untuk menanggapi apakah penerima manfaat memenuhi kriteria dengan mengklik tombol “OK” atau “TIDAK”.

Kesimpulan

Jika sebelumnya semua proses dilakukan melalui website, kini pemerintah menghadirkan inovasi berupa aplikasi Cek Bansos yang diharapkan mampu menyederhanakan birokrasi, khususnya dalam hal penyaluran bantuan.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara cek penerima bansos dari Kementerian Sosial melalui aplikasi Cek Bansos yang tersedia di Google Play. Dengan ulasan ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat yang ingin mencari informasi tentang bantuan dana dari pemerintah.