Ini 10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik 2021, Kualitas Tetap Tinggi

Aplikasi kompres PDF adalah solusi yang tepat untuk mengecilkan file PDF. Berikut kami bagikan 10 aplikasi kompres PDF terbaik 2021.


Berkas berbentuk Portable Document Format (PDF) sudah jadi format standar untuk lalu lintas pertukaran dokumen. Pernahkah Anda ingin upload berkas PDF penting tapi terkendala karena file terlalu besar? Atau akan kirim PDF melalui email tapi melebihi kapasitas? Aplikasi kompres PDF adalah solusi yang tepat untuk mengecilkan file PDF namun mempertahankan kualitas dokumen tetap bagus.

Berikut kami bagikan 10 aplikasi kompres PDF terbaik 2021 yang bisa Anda gunakan di PC maupun smartphone untuk mendukung kinerja dan produktivitas Anda.

1.         Compress PDF

Sesuai dengan namanya, Compress PDF adalah aplikasi yang mengkhususkan diri mengecilkan ukuran file PDF. Hasil akhir ukuran berkas setelah dikompres cukup kecil, yaitu sekitar 3.5 MB saja. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses file pun tidak terlalu lama.

Compress PDF tidak hanya bisa mengecilkan file yang tersimpan di penyimpanan internal smartphone Anda, tetapi juga mengimpor berkas dari penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan sebagainya.

Aplikasi kompres PDF ini bisa Anda nikmati secara gratis maupun berbayar. Untuk versi gratis memang agak terbatas fitur-fiturnya, seperti hanya bisa membaca file-file PDF berekstensi tertentu. Namun jika kebutuhan Anda hanya mengecilkan ukuran file PDF standar, tentu Compress PDF adalah salah satu pilihan terbaik.

 


2.         iLovePDF

Selain versi website yang dapat Anda akses dengan peramban di HP Anda, iLovePDF juga punya versi aplikasi mobile yang dapat Anda gunakan secara gratis. Aplikasi kompres PDF yang satu ini sudah didukung oleh 25 bahasa dunia, salah satunya bahasa Indonesia.

iLovePDF memiliki fasilitas mengecilkan file PDF sesuai ukuran yang kita inginkan, yakni extreme compression (kompresi tingkat tinggi, kualitas file diperendah), less compression (kompresi tingkat rendah, kualitas file dipertahankan tinggi), atau recommended compression (kompresi tingkat sedang, kualitas file dipertahankan tinggi).

Selain aplikasi kompres PDF, iLovePDF juga bisa menggabungkan beberapa file PDF jadi satu (merge), mengubah file PDF jadi berkas berformat lain (PDF to Word, PDF to JPG, dan sebagainya), mengubah berkas berformat lain jadi file PDF (Word to PDF, Excel to PDF, dan sebagainya), memisahkan file PDF jadi beberapa bagian (split), serta banyak fitur lain.

Untuk bisa mengakses keseluruhan fitur, Anda diharuskan membeli lisensi iLovePDF, namun harganya pun relatif terjangkau.

3.         PDF Utils

Ini adalah salah satu aplikasi kompres PDF berating tinggi di Google Play Store. PDF Utils merupakan aplikasi paket lengkap karena tidak hanya mampu mengecilkan ukuran file PDF secara maksimal, tetapi juga mengedit berkas PDF, menambahkan gambar dan tulisan ke dalam file PDF, merotasi dokumen, hingga menghapus halaman PDF.

Bobot aplikasinya tidak terlalu berat sehingga tidak begitu membebani memori internal HP Anda. Jika Anda menginginkan aplikasi kompres PDF yang multifungsi dan paling worth it, jawabannya adalah PDF Utils.

Sayangnya aplikasi ini masih diwarnai iklan pada beberapa fiturnya, dan bisa Anda hilangkan dengan meningkatkannya ke versi premium/berbayar.

4.         PDF Tools

Aplikasi kompres PDF yang recommended selanjutnya adalah PDF Tools, di mana dengan ukuran aplikasi 6 MB saja Anda akan mendapatkan 20 fitur olah berkas PDF, selain tentunya fasilitas untuk mengecilkan ukuran berkas.

Fitur-fitur andalan lain misalnya Anda bisa menambahkan tanda air (watermark) pada berkas PDF, memisahkan file PDF ke dalam beberapa berkas, dan menggabungkan beberapa berkas PDF menjadi satu.

5.         All PDF Reader

Namanya adalah All PDF Reader, tapi kemampuannya tidak hanya membaca beragam jenis berkas PDF. Aplikasi kompres PDF ini didukung oleh fitur-fitur premium yang biasanya hanya disematkan pada aplikasi berbayar, namun di aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis. Tidak heran jika ratingnya tinggi di Google Play Store.

Keunggulan All PDF Reader adalah bisa mengecilkan ukuran file PDF menjadi 100KB-200KB saja. Ini sangat membantu Anda yang butuh mengirim file PDF dalam jumlah banyak sekaligus, atau tuntutan upload berkas yang dibatasi maksimal 200KB.

Beberapa fitur lainnya adalah PDF editor untuk mengedit berkas PDF, PDF Converter untuk mengubah berkas PDF menjadi format lain, PDF Split untuk memisahkan berkas PDF, dan lain-lain.

6.         ORPALIS PDF Reducer

ORPALIS PDF Reducer adalah aplikasi kompres PDF yang ditujukan untuk penggunaan di PC. Anda bisa mengunduhnya gratis 100% dengan ukuran file hanya 3 MB.

Di aplikasi ini, Anda bisa mengatur sekecil apa ukuran file hasil kompresan, menghapus bagian di dalam berkas PDF, menyisipkan gambar, dan memecah berkas PDF. Selain itu, Anda bisa melakukan perintah kompres pada beberapa file sekaligus, sehingga menghemat waktu jika berkas yang akan Anda kecilkan berjumlah banyak.

7.         Free PDF Compressor

Dengan user interface yang sangat sederhana, aplikasi kompres PDF yang satu ini cocok buat Anda yang ingin aplikasi pengecil file yang simpel, ringan, dan hemat memori.

Di aplikasi ini Anda bisa memilih pengaturan akan menyimpan hasil kompres dalam versi Screen (resolusi rendah, ukuran file kecil, gambar 72 dpi), Ebook (resolusi sedang, ukuran file sedang, gambar 150 dpi), Printer (resolusi tinggi, warna disesuaikan, gambar 300 dpi), Prepress (resolusi tinggi, warna dipertahankan, gambar 300 dpi), atau Default (resolusi tinggi, ukuran file tinggi).

Sayangnya, perintah yang ada di Free PDF Compressor hanya terbatas pada kompres PDF, belum terdapat fitur-fitur lain seperti merge PDF, split PDF, convert PDF, dan sebagainya.

8.         Free PDF Utilities

Aplikasi kompres Free PDF Utilities mampu mengecilkan file PDF secara ekstrem, dari yang semula berukuran ratusan MB menjadi beberapa MB saja, tanpa mengorbankan kualitasnya. Sangat berguna bagi Anda yang memiliki koleksi ebook sangat banyak dan berukuran besar, agar tidak terlalu memakan ruang penyimpanan Anda.

 


9.         PDF Compressor

Tampilan aplikasi ini sangat sederhana, bobot aplikasinya pun kecil dan ringan digunakan. Aplikasi PDF Compressor dapat mengecilkan ukuran file sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, cukup dengan menggeser bar compress quality di bagian bawah. Semakin ke kanan, kualitas file akan semakin mendekati aslinya namun dengan ukuran file akhir yang masih cukup besar.

Jika berkas PDF Anda memiliki gambar di dalamnya, Anda dapat mengatur besaran dot per inch (dpi) pada hasil akhir file kompresan. Tentunya semakin besar Anda menyetel dpi, semakin besar pula ukuran file akhirnya.

10.     Reduce PDF Size

Satu lagi aplikasi kompres PDF sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan berkas PDF dalam jumlah banyak sekaligus, gratis pula.

Anda bisa mengatur ukuran output file yang Anda hasilkan, mulai dari Default Quality, Screen View, Low Quality (eBook), High Quality (Printer), dan High Quality (Prepress), sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Reduce PDF Size hanya dikhususkan untuk mengompres dokumen PDF saja, belum dapat digunakan untuk menggabungkan, memisah, mengedit, atau mengganti format berkas PDF Anda.

Demikian 10 aplikasi kompres PDF terbaik 2021 yang dapat membantu Anda mereduksi ukuran berkas PDF Anda. Semoga bermanfaat.