10 Aplikasi Resep Masakan Terbaik dan Terlengkap 2022, Bikin Jago Masak!

Aplikasi resep kini banyak tersedia, bisa diakses secara gratis kapanpun dan di manapun melalui ponsel pintar Anda.


Bagi sebagian orang, memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa menghemat uang ketimbang terus-terusan jajan di luar, memasak dapat juga jadi peluang yang menguntungkan, apalagi jika masakan Anda enak dan banyak orang suka. Siapa tahu, dari yang semula hobi dapat dialihkan jadi sumber cuan.

Dulu, resep masakan diwariskan secara turun temurun. Lalu ada pula era buku masakan di mana ratusan resep dirangkum dalam satu buku. Kini, jika ingin jago masak, Anda tak perlu repot berguru pada ahli masak atau membeli buku resep. Aplikasi resep kini banyak tersedia, bisa diakses secara gratis kapanpun dan di manapun melalui ponsel pintar Anda.

Berikut kami kumpulkan 10 aplikasi resep masakan terbaik dan terlengkap yang bisa Anda install di HP Anda.


1.         Cookpad

Pengen bergabung dengan komunitas masak terbesar di dunia untuk belajar resep langsung dari mereka? Cookpad tempatnya. Ada puluhan ribu koki di aplikasi resep ini, baik koki profesional, amatiran, maupun pengguna rumahan biasa.

Tiap pengguna dapat membagikan resep versi mereka. Mulai dari resep sederhana seperti perkedel dan sayur sop, sampai resep yang cukup rumit seperti masakan tradisional. Tidak hanya menu Nusantara, banyak pula makanan-makanan dari belahan dunia yang lain.

Keunggulan Cookpad adalah aplikasi resep ini memuat foto-foto asli hasil masakan penggunanya. Juga, pengguna lain bisa melakukan re-cook (memasak ulang) menu masakan berdasarkan resep pengguna lain, lalu mengunggah fotonya.

Sayangnya, Cookpad belum menyediakan opsi unggah video di aplikasinya sehingga Anda hanya belajar melalui foto-foto yang tersedia di tiap tahapan memasak.

 

2.         Resepedia

Bagi penggemar aneka masakan asli Indonesia, Resepedia adalah aplikasi resep yang cocok untuk Anda. Dengan banyaknya menu-menu makanan sehari-hari, aplikasi resep ini memang ditujukan untuk pengguna rumahan agar tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Tampilan aplikasinya sederhana dan menarik. Fiturnya juga cukup lengkap, memberikan informasi mendetail mulai dari takaran bahan, jumlah porsi, durasi rata-rata memasak, dan sebagainya.

Aplikasi resep ini juga cukup ringan sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan baik meski jaringan internet Anda kurang stabil. Hal ini menguntungkan bagi pengguna yang koneksi internetnya kurang bagus, seperti di pelosok. Sayangnya Resepedia juga belum menyediakan fitur video, kemungkinan agar beban aplikasi tidak terlalu berat.


3.         Tastemade

Sukses dengan versi website-nya, Tastemade meluncurkan aplikasi resep agar pengguna bisa lebih mudah mengakses resep-resep yang mereka inginkan. Tampilan aplikasinya cukup apik dan menarik. Yang paling, instruksi-instruksi setiap menunya simpel, detail, dan gampang diikuti.

Tastemade juga menyediakan video tutorial untuk Anda yang lebih suka belajar memasak langsung melalui video ketimbang membaca resep. Video-video ini juga bisa disimpan di perangkat untuk ditonton kembali saat tidak tersambung ke internet.

Karena banyak pengguna yang mengunggah video resepnya, kadang video-video ini susah terloading atau kurang jernih saat ditonton. Namun jangan khawatir, masih ada versi teks jika video-video resepnya sulit diakses.


4.         Yummly

Yummly adalah aplikasi resep yang amat memudahkan pengguna menyortir menu masakan berdasarkan bahan yang dipunyai. Aplikasi ini juga memiliki kategori menu makanan berdasarkan rasa yang Anda inginkan. Anda punya alergi terhadap bahan makanan tertentu? Jangan khawatir, Yummly bisa memfilternya untuk Anda.

Di Yummly, Anda bisa mendapatkan resep dari chef-chef profesional yang memang banyak di sana. Resep-resepnya juga komplit, mulai dari makanan sehari-hari, camilan, hingga menu untuk jamuan.


5.         Kitchen Stories

Ingin belajar memasak makanan dari berbagai negara? Ingin aplikasi resep yang bersih dengan desain yang ciamik dan fitur lengkap? Install saja Kitchen Stories, aplikasi resep yang memenangkan The Winner of Google Play’s Design Award dan digunakan secara global di seluruh dunia.

Kitchen Stories dilengkapi video berkualitas HD yang bisa menuntun Anda menyiapkan masakan dalam langkah per langkah. Jika kesulitan mengakses videonya, masih ada versi teks di mana resep masakan disajikan dalam instruksi yang mudah dimengerti dan gambar-gambar yang mendetail.

Karena berbasis global, Kitchen Stories hanya menyediakan sedikit pilihan bahasa pengantar, sayangnya bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya. Namun jika Anda ingin belajar memasak sekaligus meningkatkan skill bahasa Inggris, aplikasi resep ini sangat layak dicoba.


6.         Resep Masakan Nusantara

Warisan Nusantara di bidang kuliner memang harus dilestarikan. Aplikasi Resep Masakan Nusantara berusaha menghidupkan kecintaan terhadap makanan asli Indonesia dengan mneyediakan resep-resep masakan asli tanah air. Tersedia ratusan jenis masakan yang bisa Anda coba, mulai dari aneka olahan bebek, ikan, kambing, segala jenis sayur bersantan, hingga kue-kue dan jajanan pasar.

Selain mudah digunakan, aplikasi Resep Masakan Nusantara dilengkapi fitur bookmark dan folder favorit untuk membantu Anda menandai resep yang Anda sukai.


7.         Resep Masakan Padang

Karena rendang dinobatkan CNN sebagai makanan terenak nomor satu di dunia, maka tidak salah jika masakan Padang mendapatkan satu aplikasi resep masakan khusus tersendiri. Masakan Padang banyak sekali ragamnya, dari aneka sayur, aneka lauk, hingga aneka sambal. Semuanya dapat Anda pelajari dalam resep aslinya melalui aplikasi ini.


8.         Korea Resep Gratis

Populernya konten hiburan Korea Selatan yang kerap menyisipkan kuliner khas mereka yang menggugah selera, membuat masakan Korea menjadi salah satu menu yang paling banyak digemari saat ini.

Di aplikasi Korea Resep Gratis ini, Anda bisa mendapatkan resep makanan-makanan populer Negeri Ginseng yang kerap muncul di film atau drama. Ingin membuat kimchi yang sudah jadi makanan wajib di Korea? Ingin mengolah sendiri ayam yangnyeom atau mie dingin naengmyeon? Bisa. Dilengkapi video pula untuk memudahkan Anda belajar.


9.         Big Oven

Bagi Anda yang memasak sudah jadi aktivitas harian, kadang bingung menentukan menu tiap harinya agar tidak membosankan. Aplikasi resep Big Oven dapat membantu Anda merencakan menu masakan mingguan sehingga masakannya tidak itu-itu saja.

Big Oven menyediakan 35 juta resep masakan dari seluruh penjuru dunia, dikemas dengan instruksi yang gampang dipahami. Sayangnya karena ini aplikasi resep internasional, masakan-masakan ala Indonesia tidak terlalu banyak.


10.     300+ Resep Kue Kering dan Basah

Sesuai dengan namanya, aplikasi resep ini ditujukan bagi pemula yang ingin praktek membuat aneka kue basah dan kering. Membuat kue yang kadang terlihat rumit bisa menjadi mudah dan menyenangkan.

Ada ratusan resep kue yang bisa Anda coba, mulai dari camilan hingga kue ulang tahun. Menariknya, resep-resep ini bisa Anda akses secara offline, jadi sangat memudahkan bagi Anda yang terkendala koneksi internet namun tetap ingin eksis memasak.

Demikian rekomendasi 10 aplikasi resep masakan terbaik dan terlengkap 2022, semoga bermanfaat.