Deretan Aplikasi Scan Terbaik dan Gratis di Smartphone

Kini memindai dokumen bisa dilakukan dengan smartphone Anda. Berikut kami rekomendasikan 8 aplikasi scan terbaik.


Salah satu pekerjaan berkaitan dengan pemberkasan yang paling banyak dilakukan adalah scan atau pemindaian dokumen. Dulu kegiatan scan harus dilakukan oleh alat scanner khusus, lalu kemudian teknologinya diadopsi oleh printer sebagai fitur tambahan. Kini, memindai dokumen bisa dilakukan dengan smartphone Anda.

Cukup dengan menginstall aplikasi scan di HP, Anda dapat melakukan kegiatan scanning dengan mudah, kapanpun dan di manapun. Kualitasnya juga tidak kalah dengan scanner asli atau scanner printer. Beberapa aplikasi scan bahkan tersedia secara gratis.

Berikut kami rekomendasikan 8 aplikasi scan terbaik untuk smartphone Anda.
 

1. Adobe Scan
Salah satu aplikasi scan terbaik yang tersedia gratis di Google Play Store. Adobe Scan memungkinkan Anda untuk memindai segala bentuk dokumen dengan output berkualitas tinggi. Tidak hanya dokumen kertas yang bisa Anda scan, bahkan papan tulis atau prasasti pun bisa Anda pindai, karena Adobe Scan dilengkapi fitur pengenal teks yang cukup sensitif.
Setelah pemindaian jadi, Anda dapat memoles hasil scan dengan menghilangkan bagian-bagian yang dianggap tidak perlu, seperti bayangan, noda gelap, coretan, dan sebagainya. Anda juga bisa memotong (crop), memutar (rotate), dan membalik (flip) hasil scan dokumen Anda.
Output scan dapat Anda simpan dalam JPG atau PDF. Aplikasi scan ini mendukung penggabungan beberapa gambar hasil scan menjadi satu berkas PDF tunggal.

 

2. Microsoft Office Lens
Aplikasi scan gratis yang dimiliki Microsoft ini sangat memudahkan pekerja dan pelajar untuk memindah berkas fisik menjadi file digital. Selain scan dokumen, Microsoft Office Lens juga bisa memindai tulisan tangan di papan atau buku tulis dan mengubahnya menjadi format digital yang dapat diedit.
Tidak hanya menjadi JPG dan PDF, output scan dapat langsung di-convert dalam bentuk Word, Excel, dan Power Point. Khusus untuk format Word dan OneNote, Anda bahkan bisa menambahkan notasi atau catatan tersendiri. Juga ada opsi menyimpan hasil scan langsung ke penyimpanan awan seperti Google Drive.

3. Easy Scanner
Aplikasi scan besutan Bfery ini merupakan aplikasi pendukung produktivitas yang multifungsi. Selain memindai dokumen, Easy Scanner juga memiliki fitur pengelolaan dokumen dan berbagi file dengan praktis.
Easy Scanner mampu men-scan berkas dengan ketajaman yang tinggi, menghasilkan teks dan grafis yang jernih terbaca. Aplikasi scan ini dilengkapi OCR (optical character recognition) atau kemampuan untuk mengenali tulisan dalam gambar dan mengekstraknya menjadi teks yang dapat diedit.
Setelah jadi dokumen digital, Anda dapat menambahkan tanda tangan ke hasil scan Anda. Ada opsi untuk mengatur tampilan dokumen serta menghapus halaman yang tidak perlu. Setelah tersimpan dalam format PDF, Anda dapat mengunggahnya di penyimpanan awan atau mengirimnya ke printer terdekat untuk dicetak.

4. Genius Scan
Salah satu aplikasi scan terbaik yang diproduksi oleh The Grizzly Labs, Genius Scan, memang mampu melakukan berbagai kegiatan pemberkasan dengan jenius. Memindai dokumen adalah fitur utamanya, namun disematkan pula berbagai fitur pendukung seperti pembuatan PDF, keamanan output scan, pengelolaan dokumen, ekspor, sampai pengenalan teks tingkat tinggi.
Berkas yang Anda scan dengan Genius Scan dapat dikoreksi dengan cerdas, termasuk penghapusan latar belakang. Output scan yang berupa PDF dapat dikelola lebih lanjut dengan diberi tag, digabung dengan dokumen lain, dihapus mana yang tidak perlu, dan ditambahkan gambar/tulisan. File PDF bahkan bisa diberi enkripsi atau password.
Jika Anda memindai kartu nama, Genius Scan dengan cerdas dapat mengenali nomor telepon dan Anda dapat menyimpannya langsung ke kontak.

5. PhotoScan
Aplikasi scan gambar yang dibuat oleh Google. Sesuai dengan namanya, PhotoScan mengkhususkan diri memindai gambar/foto fisik menjadi file digital. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki koleksi foto-foto lama dan ingin menyimpannya dalam soft file yang bisa bertahan selamanya.
Dengan kamera smartphone, Anda dapat mereproduksi foto-foto yang Anda miliki menjadi file JPG berkualitas tinggi. PhotoScan dilengkapi fitur pemindaian bebas silau, jadi output scan Anda akan bebas dari refleksi cahaya meskipun memindainya di bawah sinar lampu.
Selain itu, aplikasi scan ini juga memiliki fitur rotasi cerdas, sehingga tak peduli semiring apa foto Anda saat diambil scannya, PhotoScan dapat menyulapnya menjadi lurus. Ada juga deteksi tepi foto yang akan langsung membuang latar belakang di luar garis tepi foto.
Setelah scan diambil, Anda dapat memprosesnya lebih lanjut dengan pengeditan foto yang juga disediakan oleh aplikasi ini. PhotoScan tersambung otomatis ke Google Foto sehingga foto-foto Anda akan awet selamanya di penyimpanan awan.

 

6. Cam Scanner
Cam Scanner adalah aplikasi scan dokumen terbaik yang fiturnya mendekati Microsoft Lens, namun dengan bobot aplikasi yang lebih ringan. Aplikasi ini mendukung 41 bahasa di dunia dan jangkauan faks globalnya hingga ke 30 negara.
Cam Scanner mampu memindai dokumen fisik dan menjadikannya file JPG, Word, Excel, Power Point, atau PDF. Fitur OCR sanggup mengenali tulisan yang berada di dalam gambar (misal: baliho) lalu memprosesnya menjadi teks yang dapat diedit lebih lanjut.
Aplikasi scan ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Fitur yang disiapkan untuk versi gratis sudah cukup mendukung produktivitas Anda, seperti scan berkas tak terbatas dengan output JPG dan PDF, serta trial 10x fitur OCR. Versi gratis mendukung file PDF dengan tambahan watermark “scanned with Cam Scanner”.
Sedangkan dengan versi premium, Anda dapat melakukan berbagai pemrosesan dokumen untuk memoles hasil scan. Tidak ada iklan, tidak ada watermark, serta ada opsi proteksi PDF dan fitur terjemahan.

7. Tiny Scanner
Tiny Scanner adalah aplikasi scan ringan namun memiliki fitur berbobot. Pemindaian dengan aplikasi ini dapat mendeteksi tepi halaman secara otomatis. Tidak hanya itu, Anda dapat mengatur 5 level kontras untuk teks monokrom yang tajam.
Tiny Scanner didukung tampilan thumbnail yang dapat mengurutkan hasil scan sesuai tanggal. Anda dapat menambahkan tanda tangan ke dalam output scan ini, sekaligus memberi proteksi password untuk hasil pemindaian berupa PDF.
Khusus untuk versi berbayar, Anda akan menikmati keseluruhan fitur tanpa batas dan tanpa iklan. Selain itu ada fitur OCR yang khusus untuk versi premium, yakni teknologi kecerdasan buatan untuk mengenali teks yang berada di dalam gambar, seperti pada poster atau spanduk.


 8. Turbo Scan Free

Turbo Scan, aplikasi dari Pinksoft Inc, menawarkan tampilan muka yang sederhana namun dengan fitur yang cukup canggih. Aplikasi scan ini mengusung algoritma yang mampu mengenali batas tepi dokumen, meluruskan berkas yang miring, menghilangkan bayangan, dan mengatur kontras. Semua dilakukan secara otomatis.
Anda dapat menambahkan sentuhan lanjutan pada hasil scan dengan pengeditan multi halaman, yakni menambah, menyusun ulang, dan menghapus halaman. Proses scannya terbilang cepat, hanya butuh sekitar 3 detik untuk memindai satu halaman beresolusi tinggi.
Pada versi premiumnya, Anda akan diberi fitur tambahan SureScan, yakni scanner yang teknologinya telah diperbarui. SureScan mampu memindai dokumen dengan sempurna meski dalam kondisi kekurangan cahaya. Fitur ini juga dapat mengoreksi ketajaman sehingga output scan tetap jelas terbaca.

Demikian rekomendasi 8 aplikasi scan terbaik dan gratis di smartphone. Semoga bermanfaat.