10 Aplikasi Terbaik untuk Edit Background Foto di Smartphone

Hanya bermodal smartphone, Anda bisa edit background foto Anda sesuka hati. Berikut 10 aplikasi edit background foto terbaik dan gratis di Android.

Mengganti latar belakang foto kini tidak harus dikerjakan di software khusus editing gambar seperti Photoshop. Hanya bermodal smartphone, Anda bisa edit background foto Anda sesuka hati dengan mudah, cepat, dan gratis.

Ingin mengganti warna background dengan merah atau biru untuk kepentingan formal? Ingin menambahkan lokasi tertentu di belakang foto Anda? Ingin foto Anda terlihat keren dengan special effect? Terdapat banyak sekali aplikasi edit background foto di Android yang akan membantu Anda mewujudkannya.

Berikut kami rekomendasikan 10 aplikasi edit background foto terbaik dan gratis di Android.

 

1. LightX

Aplikasi terbaik untuk edit background foto yang pertama adalah LightX. Aplikasi buatan AndOr Communication ini bisa melakukan hampir segala jenis editing foto, mulai dari mengganti latar belakang, mengganti warna obyek, retouch wajah, membuat karikatur, sampai kolase.

Penghilang background dilengkapi dengan smart tool yang dapat mengenali area yang sama di latar belakang dan menghapusnya. Ada fitur kontrol kehalusan di mana Anda dapat memotong obyek gambar dengan halus dan sempurna, sehingga editing background terlihat lebih asli.

Ada pula fitur blur untuk menghasilkan latar belakang bokeh layaknya dipotret menggunakan teknik kamera tinggi. Mengedit background semakin sempurna dengan tambahan fitur kecerahan, kontras, eksposur, hue, saturasi, intensitas, bayangan, mid tone, highlight, suhu, corak dan warna.

2. Photo Background Changer & Eraser

Aplikasi edit background foto yang dikembangkan vyro.ai ini didukung teknologi AI untuk membantu memisahkan mana obyek utama (manusia, hewan) dengan latar belakang. Anda cukup menyeleksi obyek mana yang akan dijadikan fokus, dan sisanya akan dihapus oleh aplikasi. Setelah itu Anda bisa menggantinya dengan background yang diinginkan, boleh dari template atau menggunakan foto Anda sendiri.

Photo Background Changer & Eraser juga dilengkapi fitur pro editor yang mampu menghasilkan foto dengan berbagai layer dan overlays. Anda bahkan dapat menambahkan bayangan yang sebelumnya tidak ada.

3. MagiCut

Photo Editor BG Eraser MagiCut merupakan aplikasi yang membantu Anda mengedit background foto layaknya profesional. Untuk mengganti latar belakang, Anda cukup menggunakan fitur Smart CutOut untuk menyeleksi obyek yang akan dipotong, lalu menempelkannya (paste) di background yang diinginkan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur magic brush untuk menghasilkan efek blur atau bokeh. Magic brush juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan obyek lain yang tidak Anda inginkan di dalam foto. Jika foto Anda berlatar langit, ada fitur Remove the Sky untuk memotong latar langit secara otomatis dan menggantinya dengan background lain.

Untuk mengedit foto Anda lebih lanjut, ada Selfie Face App yang bertugas memoles wajah Anda. Tidak hanya itu, MagiCut juga mempunyai 3D Cartoon Effects untuk menjadikan wajah Anda seperti karikatur.

4. PickU

Aplikasi yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Meskipun penggunaannya sangat mudah, namun PickU menyajikan fitur-fitur editing gambar yang mumpuni, terutama untuk edit background foto.

Penghapusan background dilakukan dengan teknologi AI untuk menghasilkan perpotongan gambar yang akurat. Langsung tap saja background yang ingin Anda buang lalu tekan opsi delete. Ulangi beberapa kali sampai background terhapus sepenuhnya, dan Anda sudah bisa menggantinya dengan latar belakang lain sesuai keinginan.

PickU didukung lebih dari 100 template coutout yang bisa langsung Anda terapkan ke foto. Yang jadi andalan adalah fitur Double Exposure yang akan menjadikan foto Anda terlihat seperti sebuah karya seni.


5. Cut Cut - CutOut & Photo Background Editor


Aplikasi edit backgroun foto bikinan Glory Passion Network yang disebut Cut Cut ini menawarkan fitur pemotongan gambar yang presisi dan profesional, demi menghasilkan foto editan yang terlihat seakan-akan asli.

Menggunakan fitur utama Smart CutOut, Anda dapat memotong obyek yang Anda inginkan dengan mudah lalu menyematkannya di background lain. Didukung oleh fitur-fitur yang menarik dan template yang kaya untuk memastikan Anda mendapat output foto terbaik.

Jika tak mau repot-repot menghapus dan mengganti background, ada fitur Instant Face Swap di mana Anda bisa menempelkan wajah Anda secara otomatis pada template foto yang sudah tersedia. Ada puluhan template yang bisa Anda pilih.

6. PicsKit Photo Editor

PicsKit Photo Editor adalah aplikasi all-in-one yang tidak hanya mampu mengedit background foto, tetapi juga melakukan retouching pada foto Anda secara profesional.

Mengedit latar belakang dapat dikerjakan dengan mudah menggunakan Eraser & CutOut Tool, Anda tinggal tap-tap pada background untuk menghapusnya secara otomatis. Setelah selesai, tempelkan pada background lain. Jangan lupa tambahkan sentuhan lanjutan seperti coloring dan lighting untuk membuat foto Anda terlihat alami.

Kelebihan aplikasi ini ada pada fitur Body Reshape & Face Tune, yakni tool untuk menjadikan tubuh Anda terlihat lebih proporsional, kulit terlihat lebih halus, dan polesan-polesan khusus pada wajah.

7. Simple Background Changer

Sesuai namanya, Simple Background Changer adalah aplikasi yang mengkhususkan diri mengedit background foto dengan simpel dan gampang. Hanya dengan tool Finger Touch, Anda dapat menyentuh bagian-bagian background yang akan dihilangkan dan aplikasi ini akan menghapusnya dengan akurat.

Selesai menghapus background, Anda bisa memilih template latar belakang untuk menempelkan obyek foto Anda yang telah diseleksi. Anda lebih suka pakai hasil jepretan sendiri? Bisa. Tambahkan efek blur jika perlu, dan lakukan retouching seperti pengaturan cahaya, warna, dan sebagainya.

8. Auto Cut

Satu lagi aplikasi besutan AZ Mobile Software yang sayang Anda lewatkan. Auto Cut menawarkan pengeditan background foto dengan super gampang dan didukung fitur-fitur yang sangat menarik.

Fitur Smart Cutout dan Auto Erase membantu Anda menghilangkan background awal dengan sekali sentuh dan menggantinya dengan background baru, baik itu dari template maupun bidikan Anda sendiri. Suka foto dengan efek-efek luar biasa seperti petir dan semburan lahar? Tinggal tambahkan saja dari filter material yang sudah disediakan aplikasi.

Auto Cut juga mendukung penyimpanan foto dengan background transparan. Caranya, setelah menghapus background, Anda tak perlu menempelkannya ke background lain, cukup simpan apa adanya dengan format PNG.

9. Auto Background Remover - Background Changer

Aplikasi ganti background yang sangat simpel dan mudah digunakan. Anda tinggal memakai tool Auto CutOut untuk mulai mengedit background foto menjadi latar belakang yang lain. Ada lebih dari 50 template background yang siap Anda gunakan.

Auto Background Remover dilengkapi fitur smoothing/refine edge untuk menghaluskan atau mempertajam pinggiran obyek yang telah Anda potong, menjadikannya lebih natural pada backgroun baru. Untuk mempercantik foto, sesuaikan contrast, color, dan brightness & saturation, guna menghasilkan foto yang alami.

10. Remove BG

Aplikasi untuk edit background foto yang terakhir adalah Remove BG. Aplikasi ini menjanjikan mengganti latar belakang foto Anda hanya dalam 5 detik saja.

Fitur background eraser yang dimiliki aplikasi ini mampu menyeleksi obyek secara otomatis dan menghilangkan background-nya. Remove BG sanggup memotong obyek dengan presisi meskipun pada lokasi-lokasi yang sulit seperti pada rambut.

Setelah tinggal obyek dan background transparan, Anda bisa memindahkannya ke template, menempelkannya di gambar Anda sendiri, atau menjadikan background-nya blur.

Demikian rekomendasi 10 aplikasi terbaik untuk edit background foto di smartphone Anda. Selamat berkreasi.