Coba 10 Aplikasi Edit Foto Selebgram Ini untuk Feed Instagram Artistik

Anda mau feed Instagram yang juga artistik layaknya selebgram? Coba 10 aplikasi edit foto selebgram ini.

Instagram adalah media sosial yang identik dengan tampilan visual. Setiap postingan Instagram harus memuat setidaknya satu foto, berbeda dari media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Oleh karena itu, tidak jarang orang berlomba-lomba mengunggah foto versi paling menarik yang mereka miliki.

Selebgram (selebriti Instagram) kerap tampil dengan feed Instagram mereka yang artistik. Tak heran, sebelum diunggah ke akun, foto-foto selebgram biasanya mampir dulu ke aplikasi edit foto agar gambar yang ditampilkan ke hadapan pengikutnya adalah yang terbaik dan paling menarik.

Anda mau feed Instagram yang juga artistik layaknya selebgram? Tidak ada salahnya mencoba 10 aplikasi edit foto yang biasa digunakan selebgram ini, agar feed Anda lebih estetik.

 

1. Adobe Lightroom

Masih saudara dengan Adobe Photoshop, Adobe Lightroom merupakan aplikasi edit foto yang kerap dipakai untuk menghasilkan foto artistik. Untuk efek-efek sederhana, Anda cukup menggunakan fitur Preset untuk langsung mengaplikasikan efek pada foto Anda.

Aplikasi ini dilengkapi fitur edit warna dengan mixer warna untuk melakukan koreksi warna yang ciamik pada foto Anda. Untuk editing lanjutan, ada fitur kejernihan, tekstur dan dehaze yang akan membuat foto Anda lebih sempurna.

Adobe Lightroom juga mendukung pengambilan gambar langsung dengan aplikasi. Ada menu kamera pro yang preset-nya sudah disetel instan untuk menghasilkan foto berkualitas layaknya jepretan DSLR. Di versi premium, Anda bahkan mendapat tool healing brush, masking, dan fitur editing profesional lainnya.

2. Planoly

Didesain khusus untuk posting Instagram, Planoly adalah aplikasi paling tepat untuk Anda yang ingin mempercantik tampilan feed. Tidak hanya mengedit gambar yang akan diunggah, Anda juga bisa menjadwal postingan, membuat stories planner, sampai manajemen hashtag.

Fitur editing yang disediakan Planoly sudah disesuaikan dengan kebutuhan Instagram. Artinya, hanya diperlukan beberapa sentuhan untuk menghasilkan gambar yang estetik. Jika feed Anda lebih fokus pada quote, Planoly menyiapkan berbagai desain tipografi demi menghasilkan feed yang rapi.

3. VSCO

Aplikasi edit foto ala selebgram yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka feed bernuansa fotografi. VSCO menyediakan 10 preset otomatis yang bisa langsung diaplikasikan ke foto. Fitur pengeditan sederhana seperti kontras, saturasi, dan grain akan membantu Anda menghasilkan foto dengan efek film analog.

Jika merasa kurang dengan 10 preset, VSCO telah menyiapkan perpustakaan preset yang dapat diakses dengan menu editing lanjutan. Koleksi presetnya lebih dari 200 opsi. Dengan preset lanjutan, Anda dapat menciptakan feed Instagram yang bernuansa film klasik layaknya bidikan Kodak, Fuji, Agfa, dan lain-lain.

4. PicsArt Photo & Video Editor

Aplikasi editing foto instan yang sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin feed Instagram apik, unik, dan populer, namun tidak punya banyak waktu untuk mengedit. PicsArt akan menolong memberikan sentuhan pada konten-konten Anda sehingga berbeda dari yang lain.

PicsArt memiliki filter gambar yang sedang tren dan menciptakan efek foto populer. Anda dapat melakukan retouch pada selfie dengan menghaluskan wajah, menghapus bagian tertentu, mengganti warna, dan lain-lain. Stiker gambar tersedia melimpah dan Anda dapat membuat stiker sendiri.

PicsArt juga mendukung pembuatan latar belakang blur, menciptakan foto bokeh yang kental kesan artistik. Jika ingin mengganti background foto, PicsArt pun bisa melakukannya.

 

5. Pixlr

Pixlr jagoan dalam menusir foto agar terlihat jauh lebih artistik ketimbang aslinya. Aplikasi edit foto ala selebgram ini bekerja dengan efek, filter dan overlays untuk hasil editan yang keren dan indah.

Dengan overlays, Anda dapat mengatur tone gambar dan memilih efek. Anda bahkan dapat menciptakan kesan surreal pada foto dengan memilih filter-filter artifisial seperti pencil sketch, poster, dan watercolor. Ada fitur double exposure untuk menghasilkan foto yang mendekati karya seni.

Untuk selfie, fitur yang disediakan Pixlr cukup beragam seperti penghalusan kulit, pemutih gigi, penghilang noda wajah, dan memperindah kontur wajah.

6. Lightleap

Lightleap yang dulu bernama Quickshot ini merupakan aplikasi untuk mengambil dan mengedit foto secara profesional, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menciptakan feed Instagram dengan fotografi berkualitas tinggi. Bagaimanapun kondisi foto mentah Anda (miring, buram, tidak fokus, warna pudar, dan lain-lain), Lightleap menjanjikan akan memolesnya maksimal dengan effort yang minimal.

Dimulai dari latar belakang. Dengan sekali sentuh, Anda dapat mengganti background langit dengan 60+ opsi langit berkualitas HD, mulai dari cerah, berawan, berdebu, hingga langit fantasi. Anda juga dapat menghilangkan obyek yang tidak diinginkan di latar belakang Anda.

Pengeditan lanjutan didukung oleh filter dan efek untuk memilih vibe/mood seperti apa yang Anda inginkan untuk foto. Masih ada adjust untuk menyesuaikan kualitas foto menjadi lebih tajam, lebih gelap, dan sebagainya.

7. PicSay

Sesuai namanya, PicSay mengedit foto agar bisa “berbicara” dengan menambahkan teks dan elemen lain agar foto lebih unik dan menarik. Tidak banyak filter editing foto seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, namun dengan PicSay Anda dapat membuat meme-meme lucu dengan tampilan yang apik.

PicSay disupport banyak stiker seperti word balloon dan obyek-obyek lain. Ada efek distort untuk menghasilkan foto yang melengkung-lengkung, marker untuk menandai obyek, pixelize untuk mengaburkan obyek, dan lain-lain. Untuk melakukan koreksi sederhana pada foto, ada menu adjusment untuk mengatur brightness, saturation, dan sebagainya.

8. Afterlight

Aplikasi edit foto ala selebgram yang tampilannya sederhana dan menyajikan fitur editing gambar yang simpel dan instan. Afterlight sesuai untuk Anda yang menginginkan peralatan editing yang langsung dan to the point.

Afterlight melengkapi diri dengan 15 adjustment tools, 59 filter, dan 66 tekstur untuk memoles foto. Ada efek pencahayaan otomatis yang bisa menyetel arah datangnya cahaya. Efek berkabut juga bisa Anda gunakan untuk menciptakan kesan foto ala-ala pegunungan.

9. Unfold

Unfold merupakan aplikasi yang mendedikasikan diri membuat story Instagram yang rapi dan minimalis. Bagi Anda yang suka tampilan Instagram yang simpel namun berkesan, Unfold bisa membantu merealisasikannya.

Aplikasi ini menyediakan koleksi template yang berjumlah besar, terdiri dari beberapa kategori yang bisa Anda pilih seperti Film atau Scrapbook. Fitur editing teks juga sangat stylish dengan berbagai pilihan font berkarakter kekinian.

Foto-foto Anda akan dikelola menggunakan filter dan efek yang bernuansa modern, menciptakan tampilan yang bersih dengan warna-warna lembut. Stiker-stiker yang disediakan pun membuat foto terlihat lebih elegan.


 10. Snapseed


Aplikasi edit foto ala selebgram buatan Google LLC, Snapseed, menawarkan fitur editing lengkap layaknya software edit gambar profesional. Cocok bagi Anda yang menginginkan output foto yang sempurna, dengan sentuhan pada setiap sisinya.

Fitur utama terdiri dari 29 tools dan filter seperti healing, brush, HDR, perspektif, dan sebagainya. Anda dapat mengatur keseimbangan eksposur untuk memastikan foto Anda proporsional dari segi pencahayaan, kontras, hingga kedalaman.

Efek-efek terbaik dapat Anda aplikasikan langsung seperti vintage, retrolux, grunge, dan noir. Fitur-fitur selfie juga cukup banyak dengan tools untuk menyempurnakan tampilan wajah.

Demikian 10 aplikasi edit foto selebgram yang dapat Anda coba. Selamat berkreasi dengan feed artistik Anda!