Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan lewat aplikasi. Sekarang tidak perlu repot lagi datang ke kantor jika ingin melihat saldo BPJS ketenagakerjaan.

 

Cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan lewat aplikasi. Sekarang tidak perlu repot lagi datang ke kantor jika ingin melihat saldo BPJS ketenagakerjaan.

Cukup gunakan saja aplikasi resmi dari BPJS ketenagakerjaan yang bernama BPJSTKU, baik untuk pengguna HP android maupun pengguna iOS.

Hadirnya aplikasi BPJSTKU dapat mempermudah seluruh peserta untuk bisa mengecek saldo kapan saja hanya dari sebuah ponsel. Kemudahan akses informasi ini juga dalam rangka untuk menjangkau lebih banyak lagi calon peserta BPJS ketenagakerjaan.

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk cek saldo maka bisa download dahulu dari play store untuk HP android dan app store untuk iOS.

Cara download dan install aplikasi BPJSTKU untuk cek saldo

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan

 

Pertama silahkan buka dahulu aplikasi google play store untuk mendapatkan BPJSTKU. Adapun aplikasi ini hanya kompatibel dengan HP android minimal versi 5.0 atau yang lebih baru.

Begitu juga untuk pengguna iPhone atau iPod yang memerlukan iOS minimal versi 11.2 atau versi terbaru agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

Jadi pastikan kalau perangkat yang anda gunakan sudah memenuhi syarat yang ditentukan dari pihak developer yang tidak lain adalah BPJS itu sendiri.

Pastikan juga ada memori penyimpanan yang cukup untuk mendownload dan mengunduh file apk yang size nya sekitar 48 MB. Jika sudah selesai install maka anda bisa langsung menjalankan aplikasi BPJSTKU ini untuk memulai menggunakannya.

Cara membuat akun BPJSTKU untuk cek saldo

Jalankan aplikasi BPJSTKU dan klik menu pendaftaran untuk membuat akun baru yang nantinya bisa untuk melakukan cek saldo. Gunakan email yang masih aktif untuk melakukan pendaftaran dan setelah itu lakukan konfirmasi dengan membuka pesan masuk dari email anda.

Salin kode tersebut ke aplikasi BPJSTKU dan klik verifikasi. Jika sudah anda bisa pilih seperti penerima upah atau bukan penerima upah.

Lengkapi semua data-data pendaftaran yang diminta aplikasi ini dengan benar. Contohnya saja seperti nama lengkap, NIK KTP, dan data pribadi anda lainnya.

Masukkan juga nomor BPJS ketenagakerjaan yang tertera di kartu anda serta nomor HP yang masih aktif. Jika sudah maka anda akan menerima SMS dari server BPJSTKU yang isinya berupa kode untuk anda salin ke aplikasi sebagai verifikasi pendaftaran.

Barulah pada tahap ini akun BPJSTKU anda telah aktif dan sudah bisa digunakan untuk melihat cek saldo.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU

Langkah pertama yaitu silahkan login dengan akun yang baru saja anda buat tadi ke aplikasi BPJSTKU. Setelah login anda akan melihat banyak pilihan menu, cari lihat saldo dan ketuk menu tersebut.

Saldo akan segera muncul pada layar HP anda berikut beserta rincian detailnya.

Manfaat menggunakan aplikasi BPJSTKU

Aplikasi serba guna dari pihak BPJS ini tentunya memiliki banyak keunggulan jika anda terus menyimpannya dalam smartphone anda.

Manfaat pertama sudah tentu anda bisa melakukan cek saldo kapan saja hanya dengan mengandalkan koneksi internet dan HP. Lalu manfaat yang kedua dari aplikasi BPJSTKU yaitu bisa untuk melakukan pembayaran online dan memastikan status terkini.

Dengan demikian anda tidak perlu bolak balik lagi ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan seperti dahulu lagi. Fungsi dari aplikasi ini juga bisa anda pakai untuk mengecek berbagai informasi terbaru.

Fitur yang ada juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan simulasi guna mengetahui jumlah yang didapat dari program jaminan hari tua BPJS ketenagakerjaan.

Kegunaan aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai monitoring berkala agar bisa mengetahui info terbaru dan status keanggotaan anda.

Cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi BPJSTKU

Setiap peserta tentunya dapat melakukan klaim untuk mencairkan saldo BPJS ketenagakerjaan apabila telah memenuhi syarat yang telah di tentukan sebelumnya.

Klaim saldo untuk jaminan hari tua bisa saja anda lakukan jika memang sudah berusia 56 tahun keatas dan ingin pensiun. Selain itu bisa juga karena alasan pemutusan hubungan kerja atau sudah ingin mengundurkan diri.

Tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor cabang yang penuh antrian sesak. Terlebih sekarang sedang ada pandemi yang hingga kini juga belum jelas kapan akan berakhir.

Beruntung sekarang sudah ada aplikasi BPJSTKU yang bisa anda pakai untuk mencairkan saldo tanpa perlu tatap muka langsung sama sekali.

Untuk melakukannya pertama silahkan buka dahulu aplikasi BPJSTKU dari HP anda. Siapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Contohnya seperti :

- Foto wajah anda terbaru yang tampak dari posisi depan secara jelas.
- Surat keterangan habis kontrak atau resign.
- Formulir pengajuan JHT
- NPWP
- Nomor rekening Bank
- Kartu BPJS
- KTP

Pastikan semua dokumen ada dan sudah lengkap semua, lalu klik tombol berikutnya. Isi semua data yang diminta dengan benar dan jika sudah selanjutnya tinggal lakukan konfirmasi data pengajuan.

Tunggu prosesnya hingga mendapatkan respon dari admin BPJS ketenagakerjaan untuk di verifikasi. Biasanya petugas BPJS akan memberi tahu anda menggunakan no WA atau email yang telah anda daftarkan sebelumnya.

Jika telah mendapatkan persetujuan maka uang secara otomatis akan langsung cair ke no rekening bank yang telah anda daftarkan sebelumnya.

Tidak bisa install aplikasi karena HP anda bermasalah ?

Untuk saat ini aplikasi BPJSTKU memang mengharuskan HP dengan versi android minimal 5.0 ke atas. Jadi apabila anda belum melakukan upgrade OS maka bisa melakukan cek saldo dari situs resminya langsung.

Cara ini merupakan cara alternatif yang bisa anda lakukan secara online sehingga tetap tidak perlu mendatangi kantor cabang BPJS ketenagakerjaan.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dari web resminya

Silahkan buka dahulu situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ bisa melalui perangkat laptop, desktop, atau HP anda. Buka dengan menggunakan web browser terpercaya seperti google chrome, atau mozilla firefox yang bisa dijalankan dari multi perangkat.

Setelah web tersebut terbuka, anda akan melihat halaman form login dengan kolom alamat email dan password yang harus anda isi.

Silahkan lakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau jika anda belum mempunyai akunnya maka bisa klik menu "buat akun baru" untuk melakukan pendaftaran awal terlebih dahulu.

Barulah setelah itu anda bisa login untuk mengecek saldo BPJS dari website BPJS ketenagakerjaan. Setelah login, tinggal cari saja menu "lihat saldo JHT" untuk mengecek saldo jaminan hari tua anda.

Setelah anda klik maka jumlah saldo akan langsung bisa terlihat. Selesai, hanya seperti itu saja caranya. Cara ini merupakan cara alternatif jika anda ingin melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat aplikasi maupun lewat website resminya. Semoga dengan adanya pembahasan lengkap ini maka anda yang sedang kebingungan bisa menjadi tau caranya untuk mengecek tanpa harus datang ke kantor cabang lagi.