Cara Convert PDF Ke Word Yang Praktis

Bagaimana cara convert pdf ke word yang praktis ? Beberapa pekerjaan memang ada yang membutuhkan dokumen dalam bentuk Microsoft Word

 

Bagaimana cara convert pdf ke word yang praktis ? Beberapa pekerjaan memang ada yang membutuhkan dokumen dalam bentuk Microsoft Word dan ada juga yang dalam bentuk PDF.

Tergantung dari masing-masing tujuan orang itu sendiri karena PDF dan Word memang memiliki fungsi tersendiri. Portable Document Format atau yang disebut format PDF ini memang lebih digemari banyak orang karena tampilan yang lebih rapi.

Baik tulisan maupun gambar bisa tetap terlihat rapi yang bisa anda buka pada berbagai perangkat modern saat ini. Namun ada kalanya format PDF ingin di pindah ke dalam format word yang secara default tidak bisa langsung dipindah semua karena bisa berantakan.

Untuk anda yang sedang mengerjakan tugas dan ingin mengambil data dari PDF ke word maka berikut ini ada beberapa cara praktis yang bisa anda coba.

Cara convert pdf ke word yang praktis

1. Menggunakan Microsoft Word

Cara convert pdf ke word yang praktis

 

Cara pertama untuk bisa convert dari pdf ke word yang praktis yaitu dengan menggunakan software Microsoft Word. Namun perlu anda ketahui bahwa hanya MS Word versi 2013 ke atas yang sudah bisa mengubah dari PDF ke Word.

Sebab pada MS word lama seperti versi 2010 atau bahkan lebih jadul lagi belum memiliki fitur converter PDF ke Word. Jadi buat anda yang masih memakai MS Word versi lama maka bisa lakukan upgrade dahulu minimal ke versi 2013.

Jika sudah barulah anda jalankan software yang masih menjadi bagian dari MS Office ini pada laptop atau komputer Windows anda.

Setelah terbuka silahkan buka file PDF yang ingin anda ubah ke mode teks word. Caranya yaitu klik open other document dan cari file PDF untuk dibuka dahulu ke dalam software MS word ini.

Pada MS word versi 2013 ke atas semua file pdf yang ingin anda buka bisa secara otomatis berubah format menjadi file docx yang menjadi tipe file MS word.

Selesai, setelah itu anda bisa bebas mengedit semua isi file PDF itu dan menyimpannya ke dalam format word.

2. Google Docs


 

Masih menggunakan MS word 2010 atau bahkan 2003 dan malas melakukan update ? Apabila anda tidak ingin menggunakan MS word maka bisa gunakan alternatif aplikasi Google Docs.

Software buatan google ini memang serba bisa sekali karena file PDF bisa dengan mudah anda ubah ke word. Cara menggunakan google docs sangatlah mudah sekali, anda hanya perlu membuka file PDF dari software ini.

Pilih menu upload dan kemudian unduh dengan memilih format docx yang merupakan format milik MS word. Dengan demikian file yang tadinya berformat PDF kini telah berubah menjadi docx.

Barulah setelah itu anda bisa buka dengan MS word untuk di edit lagi sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan web pdf2docx.com


 

Buka web browser anda seperti Google Chrome atau firefox lalu ketik url https://pdf2docx.com/ untuk membuka situs convert PDF ke Word docx.

Melalui situs ini anda bisa menggunakan dengan sangat praktis dan cepat untuk mengubah banyak file PDF ke dalam bentuk docx MS word.

Cara menggunakannya yaitu buka situs pdf2docx.com bisa dari HP maupun komputer dan setelah itu klik tombol upload. Cari dan pilih file pdf yang ingin anda upload ke web ini untuk di ubah ke dalam format docx.

Situs pdf2docx.com ini bisa langsung meng-upload hingga 20 file PDF sekaligus. Jadi jika anda butuh mengkonversi banyak file maka tidak perlu klik satu per satu tetapi langsung saja pilih semua file PDF nya lalu klik open.

Dan setelah tinggal download filenya yang telah berubah menjadi format docx.

Adapun situs pdf2docx.com ini juga memiliki fitur konversi lain seperti PDF JPG, PDF TXT, PDF PNG, dan lainnya.

4. PDF Converter


 

PDF Converter merupakan aplikasi untuk pengguna HP Android yang bisa anda temukan melalui play store. Aplikasi ini sangat cocok sekali untuk anda yang bekerja dari HP sehari-harinya.

Apabila ingin mengubah file PDF menjadi Word maka tinggal pakai saja aplikasi PDF Converter ini yang bisa anda pakai secara gratis.

Cara menggunakan PDF Converter tidaklah sulit karena mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Silahkan download dan install dahulu aplikasi PDF Converter melalui google play store. Setelah selesai install maka jalankan aplikasinya dan anda siap untuk membuat file docx.

Perlu anda ketahui juga bahwa aplikasi PDF Converter ini tidak hanya bisa untuk PDF ke docx saja tetapi bisa juga untuk keperluan lainnya.

Beberapa format yang bisa anda pilih salah satunya yaitu JPG, PNG, WPS, TXT, XLS, dan pastinya docx. Aplikasi converter serba guna ini juga selalu mendapat update berkala dari developernya yaitu Offiwiz.

Dengan demikian jika ada bug maka pada versi yang lebih baru bisa segera di atasi agar performa nya bisa maksimal untuk memberikan pengalaman terbaik.

5. Adobe Acrobat Reader Edit PDF


 

Tidak ketinggalan menariknya, software dari adobe ini juga bisa anda pakai untuk mengubah file pdf jadi word. Aplikasi ini telah tersedia melalui google play store, dan tentunya memiliki banyak fitur ekstra menarik.

Adobe Acrobat Reader Edit PDF bisa mempermudah anda untuk menggabungkan banyak file menjadi satu file PDF. Selain itu apabila ukuran PDF masih dirasa besar maka anda bisa mengkompresnya dengan menggunakan aplikasi ini supaya ukuran lebih kecil.

Melalui aplikasi buatan adobe ini anda juga bisa mengunci file PDF dengan membuat password agar tidak sembarang orang bisa membacanya.

Kehadiran aplikasi Adobe Acrobat Reader ini memang khusus untuk pengguna profesional yang membutuhkan banyak fitur pendukung. Bisa anda lihat sendiri langsung dari play store bahwa aplikasi adobe acrobat ini telah mendapat banyak ulasan positif.

Dengan demikian anda tidak perlu ragu lagi karena Adobe Acrobat Reader Edit PDF ini dapat anda andalkan untuk memenuhi pekerjaan sehari-hari.

6. PDF to Word docs Converter


 

Salah satu keunggulan dari aplikasi converter ini yaitu memiliki tampilan yang sederhana namun mudah untuk dipahami oleh pengguna pemula sekalipun.

Aplikasi PDF to Word docs Converter ini bisa anda pakai secara gratis dan bisa anda dapatkan melalui play store untuk pengguna Android versi 5 ke atas.

Bagi anda yang lebih sering menggunakan HP daripada komputer maka bisa gunakan aplikasi ini untuk mengubah file PDF menjadi file word secara cepat.

Dan yang menariknya lagi aplikasi gratis ini juga masih bebas iklan, sehingga dalam pemakaiannya tidak akan ada pesan pop up yang mengganggu layar HP.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara convert pdf ke word yang praktis dan mudah. Dengan adanya beberapa aplikasi yang telah kita bahas tadi semoga dapat membantu anda supaya bisa mengubah file PDF menjadi file word.