Cara Membuat Barcode yang Mudah dari Smartphone

Cara membuat barcode yang mudah dari smartphone atau PC desktop. Kehadiran barcode tentunya memiliki fungsi penting yang bisa melacak dan

 

Cara membuat barcode yang mudah dari smartphone atau PC desktop. Kehadiran barcode tentunya memiliki fungsi penting yang bisa melacak dan mengidentifikasi suatu barang.

Secara umum barcode sering dijumpai pada tempat seperti supermarket atau minimarket modern. Orang-orang yang belanja ketika membayar maka oleh kasir akan di lakukan scan terlebih dahulu dari setiap barang yang anda beli.

Dengan cara ini pihak toko akan sangat terbantu sekali untuk bisa memonitor ketersediaan stok barang dagangannya. Sehingga dengan demikian akan mudah juga untuk mengetahui barang mana yang cepat terjual atau tidak.

Nah, jika anda sedang mencari tahu bagaimana cara membuat barcode untuk produk yang anda jual maka bisa gunakan beberapa cara berikut ini.

Cara membuat barcode yang mudah dari smartphone

Beruntung saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi untuk membuat barcode yang bisa anda temukan dari google play store. Tinggal pilih saja yang anda suka, dan jika masih bingung memilih maka bisa coba gunakan beberapa aplikasi berikut ini.

1. Barcode Generator

Cara membuat barcode yang mudah

 

Dengan rating yang cukup tinggi mendapat bintang 4,6 dari google play store maka untuk anda yang ingin pakai tidak perlu ragu lagi untuk langsung mencobanya.

Aplikasi yang bernama Barcode Generator ini memang hadir untuk pengguna HP Android. Tidak membutuhkan syarat yang terlalu tinggi karena aplikasi barcode generator ini ternyata sudah bisa berjalan dengan baik pada versi minimal 2.3 saja.

Hingga artikel ini dibuat, setidaknya sudah lebih dari satu juta pengguna aktif yang memakai aplikasi pembuat barcode ini. Adapun fitur dari barcode generator ini tersedia dalam beberapa pilihan.

Fitur pertama sudah pasti bisa membuat barcode yang sama seperti di supermarket gunakan saat ini. Lalu fitur lainnya juga tersedia untuk membuat QR code yang kini juga tidak kalah populer.

Cara menggunakan Barcode Generator juga ternyata sangat sederhana dan mudah sekali. Pertama tentu anda harus sudah download dan install aplikasinya ke dalam HP android anda.

Ukuran filenya terbilang sangat kecil, yaitu tidak lebih dari 2 MB saja. Jadi pastinya cukup untuk HP kelas low end sekalipun yang punya memori internal kecil.

Setelah anda berhasil melakukan install maka selanjutnya jalankan aplikasi barcode generator ini untuk memulai pembuatan barcode yang baru.

Barcode Generator mempunyai 11 pilihan tipe code yang bisa anda pilih. Tinggal pilih salah satu menyesuaikan kebutuhan dan setelah itu lengkapi nomor, deskripsi, dan label.

2. Code39


 

Berikutnya ada aplikasi alternatif yang bernama Code39 untuk membuat barcode baru. Aplikasi ini juga bisa cocok jika anda punya usaha kuliner yang memerlukan barcode pada setiap produknya.

Dengan demikian untuk mengelola usaha makanan dalam skala besar tentunya juga bisa anda monitor secara mudah. Baik sisa stok maupun data penjualan untuk keperluan analisa yang lebih dalam.

Adapun keunggulan dari aplikasi Code39 ini yaitu memiliki data yang lebih lengkap. Sehingga pada hasil cetak barcode nya nanti juga bisa mencantumkan barcode beserta dengan harga jualnya.

Fitur print cepatnya juga dapat mempersingkat waktu para pengguna untuk mencetak secara praktis dan cepat. Sebelum mencetak, anda bisa melihat dahulu gambaran label barcode dari layar HP.

Dengan demikian kesalahan cetak bisa diminimalisir sekecil mungkin. Aplikasi pembuat barcode dari smartphone ini sudah tentu gratis. Selain itu hanya butuh OS Android minimal versi 4.4 saja maka sudah bisa berjalan dengan lancar.

3. Barcode Architect


 

Gratis, mudah dan cepat, itulah yang akan anda dapatkan jika memilih menggunakan aplikasi Barcode Architect. Tinggal buka google play store anda lalu ketik kata kunci Barcode Architect untuk menemukan file apk-nya.

Pastikan minimal versi OS Android 4.4 atau versi yang lebih baru. Ukuran file dari aplikasi Barcode Architect ini juga terbilang sangat kecil sekali yaitu hanya 3,3 MB saja.

Download dan install aplikasi pembuat barcode gratisan ini ke HP android yang anda pakai saat ini. Jika sudah maka bisa mulai jalankan aplikasi ini untuk memulai membuat Barcode.

Hingga update terbaru 2021, aplikasi Barcode Architect ini telah support banyak format code yang bisa anda pilih menyesuaikan kebutuhan.

Contohnya saja format Code 39, Code 128, EAN, UPC-A, UPC-E, MSI, ITF, dan format lainnya. Tinggal pilih saja sesuai yang anda inginkan untuk memberi label produk-produk dari bisnis yang anda jalankan saat ini.

Kemudahan juga terasa saat menggunakan aplikasi Barcode Architect ini karena tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna pemula sekalipun.

Untuk membuat barcode baru dari aplikasi ini maka tinggal ikuti instruksinya saja dengan mengisikan formulir dari aplikasi Barcode Architect.

Anda hanya perlu membuat nomor barcode, deskripsi, dan tipe dari barcode itu sendiri. Adapun fitur pendukungnya bisa anda pakai seperti untuk menyimpan data barcode tertentu.

Sehingga jika ingin cetak lagi maka tidak perlu repot untuk membuatnya dari awal.

4. BarMaker Code and Barcode


 

Pilihan lain yang bisa anda coba untuk membuat barcode dari HP android yaitu aplikasi yang bernama BarMaker Code and Barcode. Aplikasi ini tidak kalah menariknya dengan aplikasi pembuat barcode lain yang telah kita bahas sebelumnya.

Sesuai dengan nama dari aplikasi, anda bisa membuat beberapa macam barcode dengan format yang berbeda. Sebut saja QR Code, Code-39, Code-128, EAN-8, EAN-13,ITF, UPC-A, Codabar, PDF 417, Aztec, DataMatrix.

Semua format itu dapat anda temukan pada aplikasi yang bernama BarMaker Code and Barcode dan sudah tersedia melalui google play store.

Adapun aplikasi ini sudah bisa berjalan dengan baik pada Android versi 4.2 saja. Namun disarankan untuk menggunakan HP android dengan versi yang lebih baru lagi agar ketika ada update terbaru maka masih bisa berjalan dengan lancar.

Developer dari aplikasi BarMaker hingga saat ini juga terlihat saat aktif sekali melakukan pembaruan rutin. Karena itu tidak heran jika ukuran file nya jauh lebih besar dari rata-rata aplikasi serupa yang bisa membuat barcode.

Akan tetapi anda sama sekali tidak perlu khawatir karena meskipun lebih besar dari apk lain namun ukuran filenya hanya sebesar 5,4 MB saja.

Dengan demikian aplikasi ini bisa anda install ke HP anda tanpa takut terjadi kepenuhan memori internal atau eksternal.

5. Barcode Creator


 

Rekomendasi aplikasi berikutnya yaitu Barcode Creator yang juga bisa membuat barcode secara mudah hanya dari HP saja. Aplikasi ini dapat anda download dan install langsung dari HP android anda melalui google play store.

Adapun minimal versi sistem operasi Android yang dibutuhkan yaitu 5.0 atau versi yang lebih atas lagi. Melalui Barcode Creator anda juga bisa membuat QR code baru untuk berbagai macam keperluan.

Setidaknya aplikasi ini sudah mendukung 4 format yaitu Code128, Code39, EAN-8, dan EAN-13. Namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi ketika pihak developer sudah melakukan pembaruan lagi.