Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Bagaimana cara mengembalikan chat wa yang terhapus ? Terkadang saat menggunakan aplikasi Whatsapp bisa saja terjadi secara tidak sengaja menghapus

 

Bagaimana cara mengembalikan chat wa yang terhapus ? Terkadang saat menggunakan aplikasi Whatsapp bisa saja terjadi secara tidak sengaja menghapus pesan akibat terburu-buru.

Namun setelah pesan itu terhapus ternyata anda ingin baca lagi karena berisi pesan penting. Misalnya saja alamat seseorang atau tugas kantor yang merupakan perintah dari atasan dan anda lupa sehingga ingin melihatnya lagi.

Aplikasi Whatsapp sendiri sebenarnya tidak memberikan batasan sama sekali banyaknya chat WA yang dapat tersimpan pada HP. Sebab banyaknya pesan atau chat WA yang dapat disimpan tergantung dari kapasitas memori HP itu sendiri.

Sehingga jika memori internal atau eksternal besar maka bisa menyimpan berbagai chat WA sebanyak apapun. Terlebih jika itu semuanya berupa teks dan tidak ada gambar atau video sama sekali.

Sebab jika hanya pesan teks maka pastinya memori juga akan kecil dan tidak akan memakan banyak tempat. Namun lagi-lagi karena alasan lain sehingga para pengguna WA punya kebiasaan menghapus pesan yang sudah dirasa tidak akan dibaca lagi.

Nah, jika anda secara tidak sengaja mengalami hal serupa maka berikut ini beberapa cara agar chat WA yang terhapus itu bisa balik lagi.

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus


Pihak developer Whatsapp sendiri sebenarnya sudah mengantisipasi terjadinya hal ini terutama pada user yang ceroboh. Pada aplikasi Whatsapp sudah ada fitur bawaan untuk melakukan back up manual atau otomatis

Dan untuk backup otomatis juga bisa anda pilih sendiri kapan waktunya misalkan backup harian, seminggu sekali, atau sebulan sekali.

Dengan demikian jika tidak sengaja terhapus maka fitur backup otomatis ini dapat mengembalikan chat yang ingin anda baca lagi.

1. Menggunakan backup data dari Google drive

Para pengguna HP android pastinya sudah memiliki google drive sebagai tempat berbagai penyimpanan yang multi guna. Salah satu fungsinya yaitu bisa untuk back up chat WA.

Cara ini berlaku untuk anda yang sudah mengaktifkan fitur auto back up saat pertama kali menggunakan aplikasi Whatsapp. Jadi jika fitur ini belum anda aktifkan sama sekali, maka jika ada chat yang terhapus tidak akan bisa kembali lagi.

Nah, untuk anda yang ingin mengaktifkan fitur auto back up google drive ini maka kurang lebih cara nya seperti berikut ini.

Pertama silahkan buka aplikasi Whatsapp seperti biasanya. Setelah itu pada halaman utama aplikasi WA silahkan ketuk atau tap ikon garis tiga untuk membuka sub menu lainnya.

Pilih menu settings dan kemudian pilih menu chat. Selanjutnya cari sub menu yang bernama Chat Backup lalu klik juga menu Back up to Google Drive.

Akan muncul beberapa opsi untuk fitur auto back up. Anda bisa dengan memilih back up data daily, weekly, atau monthly. Sebagai tips jika anda jarang menggunakan WA maka bisa pilih yang monthly.

Namun jika rutinitas anda dalam menggunakan chat WA selalu setiap hari maka sebaiknya pilih yang daily.

Dan jika sewaktu-waktu chat terhapus secara tidak sengaja maka anda bisa mengembalikannya lagi. Adapun cara mengembalikan chat dari google drive seperti berikut ini.

Langkah pertama yaitu silahkan hapus atau uninstall aplikasi WA anda dari HP yang anda gunakan saat ini. Kemudian install kembali guna mengembalikan data-datanya.

Saat baru pertama kali membuka aplikasi WA sejak install ulang maka biasanya akan muncul opsi tawaran "restore data". Klik restore untuk mengembalikan chat yang hilang tersebut agar dapat terbaca lagi, selesai.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Google drive bisa menjadi tempat back up terbaik chat WA anda. Namun untuk anda yang ingin menggunakan cara lain maka bisa memakai aplikasi pihak ketiga yang bernama Recent Notification.

Aplikasi Recent Notification bisa anda temukan dengan mudah melalui google play store. Silahkan unduh aplikasinya terlebih dahulu dan install ke HP android yang sudah terdapat aplikasi Whatsapp.

Adapun aplikasi recent notification membutuhkan OS Android minimal versi 4.4 atau versi yang lebih baru lagi supaya bisa berjalan dengan baik.

Setelah berhasil download dan install maka jalankan aplikasi tersebut. Anda hanya perlu melakukan perubahan pengaturan untuk memberikan semua izin pada aplikasi recent notification ini agar dapat berjalan dengan semestinya.

Nah, jika sudah terpasang dengan benar maka sewaktu waktu jika ada chat WA yang tidak sengaja terhapus, dan ingin anda lihat lagi bisa melakukan backup dari aplikasi ini.

Cara Mengembalikan Chat WA untuk pengguna produk Apple

Secara umum pengguna iPhone hampir sama dengan pengguna HP android yang jika chat WA tidak sengaja terhapus bisa melakukan opsi back up dengan fitur bawaan whatsapp.

Dan tentu saja syarat utama supaya bisa mengembalikan data yang hilang maka sebelumnya fitur back up ini sudah anda aktifkan saat pertama kali menginstall aplikasi Whatsapp.

Jika anda sudah merasa mengaktifkan fitur back up ini maka bisa melakukan install ulang aplikasi WA. Saat baru pertama kali malakukan install kembali pada HP iphone maka biasanya akan muncul opsi restore.

Login dahulu dengan nomor WA anda lalu klik opsi restore. Dan jika berhasil maka semua chat yang hilang tadi dapat muncul kembali.

Tips supaya chat wa tidak cepat terhapus

Untuk aplikasi Whatsapp terbaru kini sudah memiliki fitur archive dengan tampilan yang lebih bagus dari versi sebelumnya. Maksud dari fitur archive ini sudah pasti untuk membantu para pengguna WA agar bisa merapikan arsip chat yang semakin lama semakin banyak.

Khususnya untuk anda yang aktif sekali melakukan chat WA dengan banyak orang setiap hari. Entah itu chat urusan bisnis atau obrolan lainnya, yang pasti sewaktu-waktu chat akan anda butuhkan lagi.

Maka dari itu jika masih ragu apakah chat yang sudah lama tidak terbaca akan berguna lagi atau tidak, anda bisa langsung memindahkan chat tersebut ke folder archive.

Pihak developer Whatsapp sendiri sama sekali tidak memberikan batasan seberapa banyak arsip chat yang bisa disimpan. Dengan kata lain anda bisa dengan bebas menyimpan semua chat WA sebanyak-banyaknya ke arsip.

Adapun semua chat yang telah anda pindahkan ke arsip atau archive WA ini tidak akan memunculkan nada dering atau notifikasi. Sehingga tidak akan mengganggu anda karena banyaknya pesan atau chat WA yang tersimpan.

Dan jika sewaktu waktu chat atau percakapan tersebut kembali aktif maka bisa dengan mudah untuk anda pindahkan kembali ke folder inbox WA.

Penutup

Fitur back up data Whatsapp ini memang mempunyai peran yang sangat penting sekali. Oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadi lagi chat wa yang tidak sengaja terhapus maka pastikan selalu anda sudah melakukan back up baik secara manual atau otomatis.

Demikian pembahasan tentang cara mengembalikan chat wa yang terhapus.