Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks Pakai Aplikasi

Cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi supaya tidak perlu repot-repot lagi menulis ulang. Buat anda seorang pelajar atau yang sering baca

 

Cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi supaya tidak perlu repot-repot lagi menulis ulang. Buat anda seorang pelajar atau yang sering baca buku pastinya pernah menjumpai momen yang di mana harus mencatat banyak tulisan.

Dengan perkembangan teknologi yang sudah pesat maka kualitas kamera HP saat ini juga sudah sangat jernih sekali. Berbagai fitur pendukung yang ada pada kamera bisa membuat tulisan dapat terfoto dengan sejelas-jelasnya.

Terlebih lagi saat ini kecerdasan buatan juga sudah semakin berkembang yang bisa anda lihat sendiri pada kamera HP. Layaknya seperti mata manusia, kini kamera HP bisa membaca tulisan dan mengubahnya dari format foto menjadi teks.

Apabila anda termasuk orang yang sering membutuhkan salinan teks dari buku ke format digital maka bisa gunakan beberapa aplikasi bagus berikut ini.

Cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi

1. Google Lens

Cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi

 

Cara pertama yang bisa anda coba untuk mengubah foto jadi tulisan teks yaitu bisa memulai dari aplikasi yang bernama Google Lens.

Produk atau aplikasi buatan google ini telah memiliki segudang fitur canggih yang diantaranya bisa mengubah foto menjadi format tulisan teks.

Pengguna HP Android tentunya bisa menggunakan aplikasi google lens ini yang secara default sudah terpasang pada sistem. Dan jika seandainya belum terinstall atau terhapus maka anda bisa menginstallnya lagi melalui google play store.

Aplikasi google lens ini membutuhkan OS Android minimal versi 6.0 atau versi yang lebih baru. Jadi pastikan dahulu HP android yang anda miliki sekarang telah memenuhi syarat secara keseluruhan.

Adapun keunggulan Google lens juga tidak hanya bisa mengubah foto jadi tulisan teks saja. Tetapi produk google ini juga bisa menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa yang anda inginkan.

Aplikasi buatan google ini tentunya telah terintegrasi dengan produk google lainnya, sehingga pastinya bisa serba guna yang dapat membantu anda dalam pemakaian sehari-hari.

2. Text Scanner


 

Berikutnya ada text scanner yang dari namanya saja sudah ketahuan kalau fungsi dari aplikasi ini memang berhubungan dengan kamera HP dan teks.

Jika anda perhatikan, aplikasi yang bernama text scanner ini telah mendapat rating tinggi dari play store yang mendekati bintang lima.

Jadi sudah tidak diragukan lagi kalau aplikasi ini memiliki kinerja yang memuaskan jika dilihat dari review para pengguna sebelumnya.

Apabila anda sudah memiliki HP Android dengan kamera yang bagus maka bisa gunakan aplikasi Text scanner ini untuk mengubah foto yang ada di buku menjadi sebuah tulisan.

Bagusnya lagi, aplikasi Text Scanner ini juga sudah terhubung dengan mudah ke google drive. Selain bisa scan tulisan, melalui aplikasi ini anda juga bisa melakukan scan gambar, serta berbagai dokumen lainnya.

3. Office Lens


 

Buat anda pekerja kantoran yang sering butuh menyalin tulisan dari buku ke ponsel maka bisa gunakan aplikasi yang bernama Office lens.

Aplikasi ini sudah tentu tersedia di google play store yang bisa anda pakai secara gratis. Developer office lens yang tidak lain adalah Microsoft ini tentunya memiliki kinerja dan fitur yang dapat diandalkan.

Hingga artikel ini dibuat, sudah lebih dari 10 juta pengguna aktif dan ratingnya pun juga tidak tanggung-tanggung lagi yaitu berhasil mencapai 4,8 atau hampir mendekati 5.

Dengan adanya Office Lens atau Microsoft Lens ini dapat mempermudah anda untuk mengubah foto jadi tulisan. Jadi jika ada buku atau tulisan apa saja yang ingin anda foto lalu bisa langsung anda ubah ke format tulisan seperti PDF.

Dan tentu saja jika anda butuh juga bisa dipindahkan ke MS Word yang tulisan itu tadinya berasal dari foto.

4. Text Fairy


 

Salah satu keunggulan jika anda memilih untuk menggunakan aplikasi Text Fairy yaitu tetap bisa bekerja secara offline. Aplikasi ini mampu mengkonversi secara cepat dari format gambar ke format teks yang bisa anda simpan dalam berbagai format.

Text Fairy juga mempunyai keunggulan multi bahasa, jadi hampir setiap tulisan yang anda foto bisa dikenali dengan baik oleh aplikasi bagus ini.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Text Fairy ini secara gratis melalui google play store. Adapun aplikasi pengubah gambar jadi tulisan ini memerlukan syarat minimal OS Android versi 5.0 atau yang lebih tinggi lagi.

Jadi apabila HP android yang anda gunakan masih menggunakan versi 4 ke bawah maka sebaiknya lakukan upgrade OS terlebih dahulu.

Karena Text Fairy mempunyai banyak fitur maka tidak heran jika ukuran filenya bisa mencapai 50 MB. Jadi sebelum download pastikan anda sudah mempunyai cukup ruangan memori HP agar proses install nanti bisa berjalan sukses.

5. Adobe Scan


 

Untuk urusan foto-memfoto memang tidak bisa kita tinggalkan aplikasi buatan adobe ini. Adobe hingga kini telah mengeluarkan berbagai macam software yang berhubungan dengan gambar foto, dan animasi.

Adobe Scan merupakan aplikasi yang tersedia untuk pengguna HP Android. Fungsi dari aplikasi Adobe scan sudah tentu sesuai dengan namanya, yaitu bisa untuk scan foto lalu mengubahnya menjadi sebuah format tulisan.

Berbagai tulisan yang ada seperti dari buku, dari papan pengumuman atau sumber lainnya bisa dengan mudah anda pindahkan ke ponsel menjadi format PDF atau dokumen lainnya.

Setelah berhasil menginstall aplikasi ini ke HP anda maka saat pertama kali menjalankannya memerlukan izin untuk akses kamera HP.

Keunggulan dari Adobe Scan juga dapat anda rasakan ketika memakai fitur-fiturnya seperti bisa melakukan banyak scan dalam satu kali ketuk saja.

Jadi baik itu untuk keperluan kantor atau anda yang seorang pelajar maka bisa gunakan aplikasi ini untuk menyimpan berbagai tulisan dari kertas menjadi format digital.

6. CamScanner


 

Dengan rating 4,7 dari play store maka rasanya sudah sangat jelas sekali kalau aplikasi ini bagus untuk anda pakai. CamScanner telah memiliki banyak pengguna setia, setidaknya sudah lebih dari 100 juta pengguna yang aktif mengandalkan aplikasi ini.

Segala tulisan yang anda lihat di dinding, papan tulis, buku atau media lainnya bisa anda foto lalu ubah menjadi format tulisan melalui camScanner.

Aplikasi bagus ini juga memiliki beberapa pilihan untuk format tulisannya yaitu pdf dan txt. Sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing penggunanya.

Melalui CamScanner maka anda tidak perlu lagi menyalin manual segala tulisan yang ada dibuku. Cukup gunakan aplikasi ini saja maka dalam sekejap sudah jadi format PDF atau TXT.

Penutup

Nah, itu tadi pembahasan mengenai cara ubah foto jadi tulisan teks pakai aplikasi. Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi yang telah kita bahas tadi bisa mempermudah anda untuk menyalin tulisan secara cepat tanpa perlu repot mengetik ulang.

Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya sudah support format txt dan PDF yang paling umum digunakan saat ini, sehingga bisa lebih kompatibel.