Pendaftaran Vaksin COVID Online

Pendaftaran vaksin covid online dengan menggunakan aplikasi pedulilindungi. Untuk anda yang sampai sekarang belum vaksin dan ingin segera

 

Pendaftaran vaksin covid online dengan menggunakan aplikasi pedulilindungi. Untuk anda yang sampai sekarang belum vaksin dan ingin segera mendapatkan vaksin, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Kini tidak perlu repot-repot lagi datang ke lokasi vaksin terlebih dahulu karena sekarang sudah bisa langsung daftar online. Pemerintah telah mempermudah bagi semua warga negara Indonesia yang ingin daftar vaksin bisa gunakan aplikasi yang bernama pedulilindungi.

Perlu anda ketahui bahwa PeduliLindungi adalah nama aplikasi resmi buatan pemerintah yang bekerja sama dengan sejumlah BUMN. Jadi jika saat awal pandemi setiap daerah punya prosedur daftar vaksin yang berbeda-beda maka semenjak hadir aplikasi pedulilindungi maka prosedurnya sudah menjadi sama.

Pendaftaran vaksin covid online

Pendaftaran vaksin covid online

 

Daftar vaksin covid online yang resmi saat ini hanya ada satu cara, yaitu menggunakan aplikasi pedulilindungi. Para pengguna HP android bisa mendapatkan aplikasi pedulilindungi dengan membuka google play store terlebih dahulu.

Begitu juga para pengguna iPhone iOS yang merupakan produk dari Apple bisa mendapatkan aplikasi pedulilindungi melalui app store.

Adapun aplikasi buatan pemerintah ini hanya bisa berjalan baik pada Android minimal versi 5.0 atau iOS minimal versi 10. Jadi pastikan terlebih dahulu sistem operasi ponsel yang anda gunakan sudah memenuhi syarat minimal tersebut.

Cara Download Aplikasi Pedulilindungi

Supaya bisa daftar vaksin secara online maka sudah tentu aplikasi pedulilindungi harus anda dapatkan terlebih dahulu dengan cara download dan install ke HP yang anda gunakan saat ini.

Bagi anda pengguna HP android bisa langsung download melalui play store, atau bisa juga menggunakan link berikut ini.

- Download Aplikasi Pedulilindungi untuk daftar vaksin online HP Android

Untuk anda pengguna iPhone iOS bisa download dan install dari app store, atau bisa juga menggunakan url berikut ini.

- Download Aplikasi Pedulilindungi untuk pengguna iOS

Begitu juga untuk pengguna ponsel Huawei yang kini telah menggunakan sistem operasi buatannya sendiri.

- Download Aplikasi Pedulilindungi untuk pengguna Huawei

Silahkan download dan install dahulu dengan menggunakan link tersebut, atau bisa juga langsung dari masing-masing store yang ada di HP anda.

Cara melakukan pendaftaran vaksin covid online

Pertama silahkan buka aplikasi pedulilindungi yang barusan anda download dan install tadi melalui ponsel yang anda gunakan. Saat baru pertama kali membuka aplikasi ini, pastikan semua izin yang diminta oleh aplikasi disetujui oleh anda.

Selanjutnya anda perlu buat akun dahulu untuk kepentingan data diri dan login. Proses pendaftarannya sangat mudah dan cepat, silahkan ikuti saja tiap prosedurnya sesuai panduan yang tertera pada layar HP anda.

Daftarkan alamat email dan nomor HP yang valid atau masih aktif yang nantinya digunakan untuk keperluan verifikasi. Isikan juga semua data yang diminta oleh aplikasi secara lengkap dan valid.

Nama lengkap harus sama dengan yang ada di KTP serta NIK juga setiap nomornya harus benar. Jika sudah klik tombol selanjutnya untuk menampilkan konfirmasi data pribadi yang baru saja anda isi tadi.

Setelah yakin semuanya benar dan tidak ada yang terlewat atau salah ketik satupun maka barulah anda tekan tombol selanjutnya dan ya.

Tunggu hingga pihak server mengirimkan kode OTP yang harus anda kirimkan kembali sebagai prosedur keamanan verifikasi. Jika semua hal itu telah anda lakukan dengan benar maka selamat !

Anda baru saja berhasil melakukan pendaftaran vaksin secara online !

Selain melalui aplikasi sebenarnya anda juga bisa mengakses langsung situs resminya yang menggunakan url https://www.pedulilindungi.id.

Perlu anda ketahui bahwa situs tersebut merupakan situs resmi milik pemerintah yang bisa juga melakukan pendaftaran vaksin online.

Akan tetapi setelah berhasil melakukan pendaftaran online dari situs tersebut, tetap saja pada akhirnya anda harus menginstall aplikasi pedulilindungi di HP.

Sebab aplikasi ini nanti nya akan diperlukan saat anda sedang bepergian ke tempat umum yang dimana di setiap pintu masuk dan keluar gedung harus melakukan scan qr code.

Aplikasi pedulilindungi bikin boros baterai HP ? Ini dia cara menghematnya !

Setelah berhasil melakukan pendaftaran vaksin maka sudah tentu aplikasi pedulilindungi jangan langsung anda hapus karena masih bisa anda pakai untuk fungsi lainnya.

Pemerintah RI sendiri telah memiliki rencana panjang untuk penggunaan aplikasi pedulilindungi yang bisa menjadi serba guna kedepannya nanti.

Jadi fungsinya tidak hanya untuk daftar vaksin online saja karena pihak developer juga akan terus melakukan update untuk memberikan fitur baru dan kinerja yang lebih baik lagi.

Melalui aplikasi pedulilindungi anda juga bisa mengetahui kondisi lingkungan sekitar anda melalui map yang tertera pada aplikasi ini.

Apakah tingkat penularan covid-19 sedang tinggi, sedang atau rendah. Dan juga jika ada penularan sedang terjadi dan berhasil terdeteksi maka anda pastinya juga akan langsung mendapatkan notifikasi berita terkini.

Namun karena fitur GPS pada pemetaan map inilah yang ternyata bisa membuat baterai ponsel menjadi cepat terkuras habis. Buat anda yang punya aktivitas padat seharian tanpa sempat mengecas baterai maka hal ini bisa menjadi masalah besar.

Sebab pihak developer aplikasi pedulilindungi ternyata sengaja membiarkan GPS terus dalam kondisi menyala sekalipun aplikasi ini sudah tidak digunakan oleh penggunanya.

Untuk itu anda bisa mengakalinya dengan cara mematikan fitur GPS secara manual agar bisa lebih hemat baterai.

Cara matikan GPS manual aplikasi pedulilindungi untuk hemat baterai

Untuk mematikan GPS yang menyala terus akibat telah menginstall aplikasi pedulilindungi maka anda perlu masuk ke menu settings terlebih dahulu.

Buka HP anda lalu masuk menu settings -> Installed apps -> Download -> aplikasi pedulilindungi -> app permissions. Geser atau matikan location menjadi posisi off.

Dengan demikian GPS HP anda sudah mati dan tidak menjadi boros baterai lagi.

Cara ini merupakan cara jitu agar baterai dapat bertahan menjadi lama. Akan tetapi hingga saat ini tampaknya pihak developer aplikasi pedulilindungi sedikit memaksa para pengguna nya untuk mengaktifkan GPS atau location dalam kondisi on.

Apabila GPS dalam kondisi mati maka aplikasi tidak bisa dibuka. Oleh karena itu nyalakan saja GPS jika mau membuka aplikasi pedulilindungi seperti saat mau cek status pendaftaran, melihat map, atau scan QR code saat berada di tempat umum.

Setelah selesai memakai aplikasi silahkan kembalikan lagi melalui menu settings untuk mematikan GPS agar baterai tidak menjadi boros.

Penutup

Pihak pemerintah dan badan kesehatan dunia memang sedang gencar menghimbau kepada seluruh orang saat ini untuk melakukan vaksin guna meningkatkan sistem imun tubuh.

Dengan adanya aplikasi pedulilindungi maka masyarakat Indonesia kini juga bisa melakukan vaksin dengan mudah tanpa perlu antri panjang karena sudah bisa daftar online.

Demikian pembahasan mengenai cara daftar vaksin online melalui aplikasi pedulilindungi. Semoga untuk anda yang mau vaksin bisa segera terlaksana.