8 Cara Cek iPhone Ori Sebelum Memutuskan Membeli Ponsel Baru

Hadirnya ponsel versi KW yang sekilas hampir mirip dengan aslinya. Untuk itu, customer perlu mengetahui cara cek iPhone Ori.

IPhone akhir-akhir ini memang populer di kalangan masyarakat, sebab HP ini hadir dengan berbagai keunggulan. Mulai dari fitur-fitur yang terdapat di dalamnya hingga kualitas kamera. Tetapi, maraknya permintaan iPhone di pasar membuat hadirnya ponsel versi KW yang sekilas hampir mirip dengan aslinya. Untuk itu, customer perlu mengetahui cara cek iPhone ori sebagaimana pembahasan berikut:

Tentang iPhone KW yang Perlu Diketahui

Saat membeli smartphone, costumer tidak bisa langsung memilih dari aspek harga yang murah saja. Sebab, ada kemungkinan besar nantinya justru memperoleh iPhone KW. Sebagaimana yang diketahui, iPhone KW tentunya memiliki banyak kekurangan yang justru merugikan pengguna. Diantaranya dibentuk dari sistem iOs abal-abal dan material yang tidak berkualitas, sehingga performanya kurang baik.

Berbicara soal harga, tentunya pembaca sudah sangat memahami bahwa iPhone ori dibanderol dengan harga yang fantastis. Bahkan mungkin sebagian orang akan membutuhkan waktu menabung yang tidak sebentar agar bisa membelinya. Kebanyakan orang awam mungkin akan tertarik saat mendapati iPhone dengan harga yang lebih murah.

Padahal bila ditelusuri lebih jauh lagi, pembelian iPhone dengan harga murah justru berpeluang besar terjadinya penipuan. Termasuk iPhone versi KW yang banyak dijual pada masyarakat. Sehingga, calon costumer sebaiknya membandingkan harga iPhone terlebih dahulu pada harga di toko lain maupun di internet. Sehingga bisa menghindari produk non ori saat membeli ponsel.

Panduan Cara Cek Keaslian iPhone

Sekilas, iPhone tiruan memang terlihat sama seperti versi ori. Hanya saja dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan versi aslinya, sehingga wajar apabila banyak orang tertarik untuk membelinya. Sebelum tergiur dengan iPhone harga murah yang ditawarkan melalui situs online maupun counter. Sebaiknya simak beberapa cara mudah mengecek keaslian iPhone seperti penjelasan berikut ini:

1. Cek Material yang Digunakan

Ketika mendapati produk, pengguna bisa menerapkan cara cek iPhone ori dengan melihat material yang digunakan pada ponsel. Sebagaimana yang diketahui, ponsel kelas atas ini memang memiliki harga yang fantastis. Sehingga, material yang digunakan tentunya tidak sembarangan. Termasuk penggunaan kaca dan logam berkualitas sebagai bodi ponsel.

Pengguna bisa merasakan logam yang kokoh saat sedang menggenggam iPhone. Tentunya hal ini jauh terasa berbeda apabila dibandingkan dengan iPhone versi ori. Kebanyakan untuk produk replika menggunakan material yang lebih ringan. Apabila diteliti, maka pengguna akan merasakan perbedaan saat merasakan material dari iPhone ori dibandingkan versi replika.

2. Deteksi Lewat iTunes

Saat membeli produk, terapkan cara cek iPhone ori dengan melakukan deteksi lewat iTunes. Sebagaimana yang telah dipahami, iTunes merupakan aplikasi yang berguna untuk menginput video, file lagu, dan berkas lainnya pada iPhone. Cobalah untuk menghubungkan perangkat ponsel yang dimiliki pada laptop atau komputer yang tersambung pada iTunes.

Apabila iTunes dapat mendeteksi iPhone yang dihubungkan, maka sudah pasti perangkat tersebut ori. Namun, apabila iTunes tidak mampu mendeteksi perangkat tersebut maka pengguna perlu mengecek kembali keaslian dari iPhone. Dengan penerapan tersebut, maka costumer akan terhindar dari perangkat yang KW.

3. Memiliki App Store

Mendeteksi originalitas dari iPhone bisa dilakukan dengan cara membuka pilihan aplikasi yang terdapat di dalamnya. Pada perangkat iPhone yang ori, maka pengguna akan menemukan App Store. Sebaliknya, layanan ini justru tidak bisa diakses pada perangkat iPhone versi KW. Sehingga, pengguna perlu mencurigai keaslian dari iPhone yang dimiliki.

Karena App Store merupakan layanan dari Apple, maka bisa dipastikan bila setiap iPhone memiliki aplikasi tersebut. Pada kondisi yang lain, pengguna perlu mengetahui bahwa pada iPhone ori tidak akan ditemukan Play Store. Sebab, layanan ini lebih diperuntukkan untuk Android. Sehingga, apabila pengguna menemukan Play Store maka perangkat tersebut bukanlah iPhone ori.

4. Deteksi Cara Pengambilan Screenshot

Menerapkan cara cek iPhone ori sebetulnya bisa dilakukan melalui teknik sederhana, salah satunya melalui pengambilan screenshot. Pada iPhone yang ori, pengguna bisa mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Lock dan Home bersamaan. Tentu saja cara ini tidak bisa dilakukan pada iPhone versi KW, yang mana pengguna hanya bisa mengambil screenshot menggunakan cara khusus.

5. Lihat Garansi iPhone

Apabila customer ragu-ragu dalam menerima produk iPhone yang baru dibeli, maka cara cek iPhone ori sangatlah mudah. Pengguna bisa melihat kartu garansi yang tertera pada kemasan. Untuk iPhone ori, maka garansi dari produk tersebut bisa dilihat melalui situs resmi Apple. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir lagi tentang orisinalitas dari perangkat iPhone yang dimiliki.

Berbeda ketika customer membeli iPhone melalui situs resmi, untuk pembelian iPhone di tempat lain perlu dilakukan dengan teliti. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada seller mengenai garansi yang akan diterima apabila membeli produk tersebut. Sebab, selain garansi yang diterima dari situs resmi Apple biasanya juga disertai dengan garansi dari toko.

Apabila seller berani menjamin keaslian dari garansi yang akan diterima, maka customer bisa memastikannya langsung. Untuk mengecek garansi bisa dilakukan dengan membuka menu setting pada iPhone. Klik menu 'General', lalu pilih 'About'. Setelah itu, ponsel akan menampilkan serial number khusus. Pengguna bisa mengecek serial number tersebut pada situs resmi Apple untuk melihat garansi.

6. Ketersediaan Slot Memori Eksternal

Pengguna Android tentunya sudah sangat paham bahwa sebagian besar ponsel menyediakan slot memori eksternal. Akan tetapi, Apple tampaknya tidak menyertakan fasilitas ini pada iPhone. Meskipun demikian, pengguna tidak akan pernah dirugikan dengan spesifikasi tersebut. Sebab, iPhone sendiri telah dibekali dengan memori internal berkapasitas besar. Sehingga perangkat tersebut tidak memerlukan tambahan penyimpanan lagi.

Hal tersebut tentunya bisa menjadi satu cara cek iPhone ori bagi pengguna yang masih belum memahaminya. Silakan melihat pada perangkat yang dimiliki, cobalah untuk menemukan slot memori eksternal. Apabila pada perangkat iPhone tersebut mempunyai tambahan untuk micro SD, maka pengguna bisa mencurigai bahwa iPhone yang dimiliki tidak ori.

7. Periksa IMEI

Setiap smartphone tentunya memiliki kode IMEI yang berbeda-beda untuk setiap perangkat yang diproduksi oleh produsen HP. Nomor IMEI ini selain berguna sebagai identitas juga mempunyai fungsi lain untuk mengecek garansi. Hal tersebut juga berlaku pada iPhone, yang mana bisa digunakan untuk mengecek keaslian dari perangkat yang dibeli.

Kode IMEI yang ada pada ada smartphone umumnya terdiri dari 15-16 angka acak. Menelusuri nomor IMEI sangatlah penting dilakukan terutama bagi customer yang membeli produk iPhone secara online. Kode berisi angka ini kerap kali digunakan untuk mendeteksi keberadaan iPhone yang hilang. Sehingga, keberadaannya sangat penting bagi sebuah perangkat HP.

Ciri-ciri produk yang original tentunya bisa diteliti dari kesamaan kode IMEI yang terdapat pada tiga bagian, yaitu sistem, perangkat, dan box. Silakan meneliti kode IMEI yang tertulis pada masing-masing bagian. Apabila semua kodenya tertulis sama persis, maka dapat dipastikan iPhone yang dibeli adalah ori. Sebaliknya, bila kode IMEI berbeda-beda segera tanyakan hal tersebut pada seller.

Itulah penjelasan dari 8 cara cek iPhone ori agar tidak salah menerima ponsel KW atau replika ketika membeli baru. Meski iPhone replika memiliki tampilan yang hampir mirip dengan versi aslinya. Tetapi fitur dan keunggulan yang terdapat di dalamnya tentu tidaklah sama, bahkan jauh di bawah versi yang ori. Teliti saat membeli merupakan antisipasi yang dapat dilakukan supaya tidak menerima barang yang palsu.