Inilah 7 Aplikasi Menjawab Soal Bahasa Inggris yang Wajib Dimiliki Pelajar 

Tetapi, teknologi mempermudah aktivitas belajar tersebut dengan menghadirkan aplikasi menjawab soal bahasa Inggris secara instan hanya melalui ponsel.

Kunci utama lancar mengerjakan tugas bahasa Inggris yaitu dengan memahami terjemahannya, sehingga bisa mengetahui maksud dari soal. Dahulu aktivitas seperti ini hanya bisa dilakukan dengan membuka lembaran kamus yang tebal. Tetapi, teknologi mempermudah aktivitas belajar tersebut dengan menghadirkan aplikasi menjawab soal bahasa Inggris secara instan hanya melalui ponsel.

Rekomendasi Aplikasi Menjawab Soal Bahasa Inggris 

Keberadaan ponsel memang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari, bahkan sebagian orang tua telah mengenalkan anak pada gadget. Hanya melalui smartphone, pengguna bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Termasuk ketika sedang mengerjakan soal bahasa Inggris, aplikasi penerjemah akan sangat membantu. Berikut beberapa aplikasi yang bisa dioptimalkan ketika mengerjakan soal berbahasa Inggris: 

1. Duolingo 

Ketika hendak mengerjakan tugas bahasa Inggris, pelajar tentunya perlu menambah kosakata yang lebih luas. Sehingga, akan lebih mudah bagi pelajar untuk memahami maksud dari soal yang diujikan. Hadirnya aplikasi Duolingo membantu mengasah pemahaman terhadap kosakata bahasa asing melalui gambar. Dengan demikian pelajar akan lebih cepat menguasai bahasa Inggris. 

Duolingo sudah banyak mendapatkan penilaian positif dari para pengguna berdasarkan data pada Play Store. Aplikasi ini bersifat gratis dan bisa diakses oleh semua tipe smartphone tanpa perlu melakukan registrasi. Duolingo merupakan salah satu diantara aplikasi pilihan editor untuk bidang akademik. Penggunaan aplikasi tersebut tentunya akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. 

2. AI Grammar Checker 

Tidak jarang pelajar menemukan tugas sekolah berkaitan dengan grammar pada mata pelajaran bahasa Inggris. Bagi pelajar yang sudah menguasai materi ini tentu tidak akan kesulitan dalam mengerjakan tugas. Berbeda dengan pelajar yang masih kurang memahami materi grammar, sudah pasti tugas sekolah akan menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan. 

Penggunaan AI Grammar Checker sebagai aplikasi menjawab soal bahasa Inggris sangat direkomendasikan bagi pelajar. Terutama ketika mendapatkan tugas untuk mengecek kebenaran dari grammar yang digunakan. Sebab, AI Grammar Checker memudahkan dalam melakukan pengecekan tata bahasa dan membantu memilih grammar yang tepat untuk dipakai dalam sebuah kalimat. 

Saat grammar yang tertulis salah, maka aplikasi secara otomatis akan memberikan opsi kosakata yang tepat. Tidak perlu terlalu susah untuk menuliskan satu per satu, sebab fitur pengecekan dapat dilakukan dengan memanfaatkan bantuan kamera smartphone. Pengguna tinggal menyiapkan tulisan yang ingin dikoreksi, kemudian arahkan kamera HP pada ada tugas bahasa Inggris tersebut. 

3. CAM Kamus Inggris 

Diantara aplikasi menjawab soal bahasa Inggris yang direkomendasikan yaitu CAM kamus Inggris. Cara kerja dari aplikasi ini memang tidak mampu memberikan jawaban langsung dari soal yang diberikan. Tetapi, aplikasi ini lebih mengarah pada terjemahan yang bisa dilakukan hanya dengan scan atau memfoto kalimat berbahasa Inggris pada soal. 

Pelajar tidak memerlukan waktu yang lama, aplikasi CAM Kamus Inggris akan segera menampilkan terjemahan dari soal tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, pelajar bisa memahami makna dari soal yang dimaksud. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi pelajar untuk menjawab pertanyaan tersebut setelah mengerti apa yang diminta dalam soal bahasa Inggris. 

4. Google Terjemah 

Meskipun Google Terjemah tidak mampu memberikan jawaban dari soal secara pasti, tetapi aplikasi ini akan sangat membantu pelajar. Sebab, umumnya pelajar akan mudah dalam menjawab soal apabila mengerti maksud dari kalimat pertanyaan tersebut. Adapun aplikasi ini membantu memudahkan proses terjemah agar menjadi lebih singkat dan akurat. 

Sebetulnya Google Terjemah juga bisa diakses langsung melalui situs resminya. Akan tetapi, proses melakukan browsing tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Sehingga, hadirnya aplikasi tersebut akan sangat membantu proses terjemah agar menjadi lebih praktis. Terlebih aplikasi ini bukan hanya ditujukan untuk bahasa Inggris saja, tetapi pengguna bisa menerjemahkan berbagai bahasa dari negara lain. 

5. U-Dictionary 

Membawa kamus yang terlalu tebal dan berat kini bisa digantikan dengan aplikasi yang ringkas dengan ukuran berkas ringan. U-Dictionary menjadi pilihan aplikasi menjawab soal bahasa Inggris yang lebih praktis dan cepat. Sebab, U-Dictionary mempunyai fitur terjemah yang lengkap. Bahkan aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan ketika pengguna berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri. 

Adapun fitur bawaan pada aplikasi ini antara lain kamus Oxford dengan 12 bahasa. U-Dictionary juga mempunyai fitur terjemahan Magic yang mampu mengartikan kata-kata bahasa Inggris dalam sekejap. Bukan hanya yang tertulis, tetapi U-Dictionary memfasilitasi pengguna untuk melakukan terjemah pada percakapan. Aplikasi ini juga mendukung kamus offline sekitar 58 bahasa. 

Selain membantu menerjemahkan soal bahasa Inggris, U-Dictionary menjadi pilihan tepat untuk mengasah pemahaman bahasa asing. Melalui permainan kata seperti sinonim dan grammar yang seru untuk dipelajari. Di samping itu, aplikasi ini juga menawarkan kumpulan video seru yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris. 

6. Answered 

Memiliki PR dalam jumlah yang banyak Bukanlah masalah bagi pelajar yang memiliki aplikasi ini. Sebab, Answered memang diperuntukkan untuk membantu memudahkan pengerjaan soal-soal. Termasuk soal berbahasa Inggris yang sulit dipahami bagi pemula. Agar lebih mudah dalam memahami pertanyaan, pelajar bisa langsung memotret soal yang dimiliki. 

Answered segera menampilkan terjemahan dari kalimat yang sudah di scan. Pelajar bisa langsung menyalin terjemahan yang diperoleh atau memahaminya agar lebih mudah saat menjawab pertanyaan. Bukan hanya diperuntukkan untuk bahasa Inggris saja, tetapi Answered juga dapat digunakan untuk menjawab soal-soal seperti matematika dan mata pelajaran lain. 

Answered tidak hanya memberikan jawaban yang asal-asalan, sebab jawaban tersebut didasarkan dari referensi pada situs web tertentu. Pelajar bisa mengecek kembali hasil pengerjaan soal tersebut untuk memastikan kebenarannya. Sebagai aplikasi menjawab soal bahasa Inggris dan Sains, jawaban yang diberikan oleh Answered bisa langsung dibagikan ke teman-teman. 

7. Penerjemah Inggris Indonesia 

Aplikasi ini memang tidak seperti Brainly yang mampu menyediakan jawaban dari beberapa pertanyaan yang terdapat pada mata pelajaran. Tetapi, melalui bantuan penerjemah bahasa setidaknya pelajar akan lebih mudah dalam memahami bahasa asing. Terutama untuk mengetahui isi dari pertanyaan yang diajukan, sehingga akhirnya mampu menuliskan jawaban yang diminta dalam soal. 

Melalui aplikasi penerjemah ini, pelajar akan memperoleh fasilitas kamus bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Pelajar bisa mengetikkan soal atau menyalinnya langsung pada papan yang sudah disediakan. Sama halnya seperti fitur yang tersedia pada Google Translate, dimana aplikasi akan segera menampilkan hasil terjemah dalam waktu yang singkat. 

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu menawarkan cara terjemah yang lebih praktis. Melalui fitur rekam suara, pelajar bisa langsung menerjemahkan kalimat yang panjang hanya dengan membacanya saja. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi pelajar yang ingin memperdalam wawasan tentang bahasa Inggris. Dengan demikian, tugas sekolah akan lebih mudah diselesaikan. 

Itulah rekomendasi aplikasi menjawab soal bahasa Inggris yang bisa dioptimalkan untuk mendukung pembelajaran selama berada di rumah. Bukan hanya itu, berbagai aplikasi di atas juga bisa digunakan bila sewaktu-waktu pelajar ingin menambah kosakata. Karena beberapa aplikasi membutuhkan koneksi internet, maka pastikan smartphone menggunakan data seluler yang lancar.