Begini Cara Agar Video Tiktok Muncul di Beranda dan Jadi Viral

TikTokers harus tahu cara agar video Tiktok muncul di beranda, sehingga banyak ditonton. Dengan demikian, video akan segera viral.

Bermedia sosial lewat TikTok memungkinkan pengguna membagikan video pendek dan viral. Namun demikian, ternyata tak mudah untuk menjadikan sebuah unggahan menjadi viral, karena belum tentu muncul di beranda. TikTokers harus tahu cara agar video Tiktok muncul di beranda, sehingga banyak ditonton. Dengan demikian, video akan segera viral.

Beranda atau halaman awal TikTok dikenal dengan sebutan FYP atau For Your Page. Video-video yang mendarat di FYP ini hanyalah yang sesuai dengan rekomendasi untuk para pengguna TikTok. Artinya, ketika video masuk ke FYP, sudah pasti akan mendapat viewers dan followers yang lebih banyak.

1. Ikuti Tren

Jika ingin mengetahui cara agar video Tiktok muncul di beranda, maka pengguna TikTok harus tahu tren yang sedang banyak dibahasa di media tersebut. Misalnya, bulan ini ada seorang selebriti yang sedang mengeluarkan Challenge, maka hal tersebut pasti menjadi tren.

Lalu perhatikan, pasti banyak TikTokers yang menirukan Challenge tersebut dan videonya mampir di beranda. Meskipun hal ini terkesan meniru ide orang lain, akan tetapi bisa menjadi cara agar video Tiktok muncul di beranda yang paling mudah untuk dilakukan.

Jika masih pemula menggunakan media ini, tentu akan sulit menemukan dan menjadi trend setter. Namun demikian bukan tidak mungkin untuk membuat video kreatif sendiri, sepanjang sesuai dengan hal terkini yang sedang dibahas atau dibuat videonya di TikTok. Hal ini berpotensi menjadikan video muncul di FYP.

2. Cantumkan Hashtag

Banyak pengguna media sosial ini yang lupa, bahkan enggan mencantumkan tanda pagar atau hastag. Padahal, hastag menjadi salah satu pengait agar video ikut muncul di beranda, mengikuti video-video lain dengan hastag yang sama.

Mencantumkan hashtag pada dasarnya sama dengan cara mengikuti tren. Namun cara agar Tiktok video muncul di beranda dengan mencantumkan hastag tentu lebih spesifik, karena dengan mengetikkan tagar yang sedang viral atau tren di TikTok ketika mengunggah video.

Hastag yang ditambahkan tidak juga terbatas pada isi video atau tagar viral. TickTockers bisa juga menambahkan hastag FYP stay hastag Four Your Page, agar videonya ikut ditemukan ketika ada pengguna yang mencari video FYP menggunakan tagar tersebut.

3. Ikuti Challenge

Salah satu yang membuat sebuah video berada di FYP adalah karena berisi challenge yang sedang viral. Maka, bagi pengguna pemula, mengikuti challenge bisa jadi salah satu cara agar video masuk ke beranda. Biasanya, challenge yang menjadi viral adalah hasil tantangan dari para selebriti.

Pengguna bahkan bisa membuat akun TIkTok khusus challenge, sehingga hanya berisi konten tantangan-tantangan yang sedang tren di beranda TikTok. Dengan begini potensi video dan akun untuk bertengger di beranda akan terbuka lebar.

4. Pilih Timing Unggahan

Ternyata, mengunggah video di media sosial dipengaruhi juga oleh waktu yang tepat. Gambarannya seperti peak season untuk menyebut penuhnya hotel dan penerbangan ketika liburan tiba. Maka ada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan sebuah video akan muncul di beranda atau bahkan langsung viral.

Umumnya, orang akan memilih waktu istirahat kantor di siang hari untuk mengunggah video. Hal ini karena potensi orang mengakses TikTok dan menonton unggahan video semakin besar. Selain itu, waktu yang juga tepat adalah pada saat jam pulang kerja, dan saat istirahat di rumah di atas jam 7 malam.

Itulah sebabnya seorang pegiat media sosial yang ingin sukses memviralkan konten harus memiliki manajemen waktu mengunggah konten. Selain itu, content creator juga harus siap dengan berbagai konten yang akan disebarkan pada jam-jam penuh tersebut.

5. Fokus dengan Konten

Salah satu yang menjadi cara agar video Tiktok muncul di beranda adalah konten yang dibuat. Kualitas sebuah konten ternyata mempengaruhi apakah video tersebut akan dipilih algoritma sebagai yang akan muncul di FYP atau tidak.

Aplikasi video pendek ini harus membuat TikTokers memutar otak agar bisa membuat konten yang menarik, sehingga penonton menyelesaikan melihat videonya sampai habis. Jika video ditonton sampai selesai, tentu view-nya akan meningkat. Maka dibutuhkan kreativitas dari creator, agar mampu membuat penonton penasaran dengan akhir videonya.

6. Gunakan Caption

Sama halnya seperti penggunaan hastag, caption juga menjadi hal yang kadang dilupakan oleh pengguna TikTok. Kebanyakan hanya fokus pada video saja, tanpa mengindahkan kata-kata pemanis yang tercantum sebagai caption.

Meskipun berbeda dengan media sosial lainnya seperti Instagram atau Facebook yang fokus ke caption, TikTok tetap membutuhkan sedikit pengantar untuk videonya. Maka cara agar video Tiktok muncul di beranda yang bisa dicoba oleh TikTokers pemula adalah dengan memberikan caption pengantar yang simpel sebagai deskripsi video.

7. Cari Lagu Populer

Unggahan video TikTok kerap diisi dengan backsound berupa lagu-lagu populer. Hal ini juga bisa dicoba sebagai cara agar video Tiktok muncul di beranda. Pengguna dapat memilih lagu yang ada di aplikasi tersebut, dan tinggal menyematkan ke video yang diunggah tanpa ribet.

Pemilihan lagu populer bisa juga dengan mencermati lagu yang sedang hits di tangga lagu TikTok. Hal ini tentu berpengaruh pada tren video yang diunggah, serta lagu yang digunakan oleh video-video yang viral. Namun demikian, pengguna juga harus memperhatikan kesesuaian antara lagu dengan video yang dibuat.

Hal ini memang sedikit menjebak. Alih-alih memberikan efek positif dengan menyematkan lagu populer, tetapi video justru tidak serasi dengan pilihan lagunya. Alhasil, TikTokers justru menuai komentar netizen karena lagu yang tidak pas.

8. Perhatikan Durasi Video

TikTok adalah media sosial untuk video berdurasi pendek. Maka pengguna juga harus konsisten membuat video dengan durasi yang wajar, yaitu kurang dari 60 detik. Dalam waktu singkat tersebut, harus sudah tercover pesan yang ingin disampaikan lewat video.

Maka seorang creator harus memikirkan kepadatan isi dari video, agar dapat dipahami langsung oleh viewers. Selain itu, jika video terlalu panjang, tentu penonton akan bosan. Apalagi, jika sudah lewat setengah pemutaran tidak tertangkap maksud dari unggahan tersebut.

Risiko dari video yang melebihi durasi, adalah pesan yang tidak sampai dan kesan membosankan dari video tersebut. Selain itu, video akan ditinggalkan dan tidak ditonton sampai selesai. Alhasil, tidak akan menambah viewers atau followers.

9. Aktif Berinteraksi dengan Followers

Bagi para TikTokers yang sudah memiliki followers, jangan lupa untuk berinteraksi dengan para pengikut akunnya. Hal ini juga dicermati menjadi salah satu cara meningkatkan followers dan insight akun TikTok. Tentu saja, peningkatan tersebut akan menambah potensi masuknya video yang diunggah ke beranda.

Followers terkadang meninggalkan jejak di kolom komentar. Maka pemilik akun bisa membalas komentar, atau setidaknya memberikan respons tanda terima kasih atas komentar yang diberikan. Dengan begitu, posisi akun di algoritma TikTok akan terjaga dan inilah cara agar video Tiktok muncul di beranda.

Ternyata banyak sekali cara agar video Tiktok muncul di beranda yang bisa dilakukan TikTokers. Namun demikian, pastikan setiap langkah tersebut tidak digunakan untuk mengunggah konten yang tidak bermanfaat, amoral, atau asusila. Pergunakan media sosial dengan bijak agar menjadi tempat menyenangkan untuk bersosialisasi dan juga belajar.