Praktis! Cara Hapus Akun IG Permanen Lewat Hp dan Perangkat Lain

Banyak pemilik akun yang masih kebingungan dengan cara hapus akun ig permanen lewat hp.

Memiliki media sosial seperti Instagram, banyak dilakukan oleh kawula muda dan pebisnis untuk mempromosikan diri dan produknya. Namun ada kalanya akun ig juga harus dihapus karena berbagai alasan. Banyak pemilik akun yang masih kebingungan dengan cara hapus akun ig permanen lewat hp. Padahal, menghapus akun ig tidak harus dilakukan lewat perangkat komputer saja.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Penghapusan akun ig bisa dilakukan baik secara permanen maupun sementara. Jika ingin mengetahui cara hapus akun ig permanen lewat hp, maka ikuti langkah mudah berikut ini:

1. Masuk Instagram

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakses terlebih dahulu Instagram melalui browser menggunakan hp. Masuk ke profil Instagram yang akan dihapus, lalu akses menu pengaturan di bagian atas pada tiga garis horizontal.

2. Masuk Help Centre

Setelah itu, pada halaman pengaturan Instagram akan terlihat pilihan “help centre”. Ketuk pilihan tersebut dan pengguna akan diarahkan ke situs help centre Instagram untuk melanjutkan proses penghapusan akun.

Pada cara hapus akun ig permanen lewat hp ini pemilik akun akan kembali diarahkan pada tautan informasi untuk menghapus akun, yang ada di halaman help centre. Pemilik akun hanya tinggal mengetuk pilihan pada pertanyaan “bagaimana menghapus akun” agar proses bisa dipandu dan dilanjutkan.

3. Kelola Akun

Pada situs tersebut, lakukan pengelolaan akun lalu lanjutkan dengan mengetuk “hapus akun”. Jika sampai pada tahapan ini, akan ada pertanyaan yang diajukan oleh Instagram terkait alasan penghapusan akun. Pilih alasan yang sesuai, lalu langkah berikutnya adalah memasukkan password Instagram yang tersimpan.

4. Akun Terhapus

Setelah melalui proses tersebut, maka akun akan terhapus secara permanen. Perhatikan, tidak ada lagi akun Instagram jika dicek menggunakan aplikasi maupun browser. Namun, data akun ini akan tetap tersimpan sampai 30 hari setelah tanggal penghapusan.

Artinya, meskipun cara hapus akun ig permanen lewat hp ini sudah dilakukan, masih ada kesempatan jika pengguna berubah pikiran dan hendak memulihkan akunnya. Tapi pastikan pemulihan akun dilakukan sebelum batas waktu 30 hari yang diberikan oleh Instagram.

Menghapus Instagram Melalui Website

Selain melalui aplikasi di smartphone, cara hapus akun ig permanen juga bisa dilakukan dengan menggunakan website. Langkah ini tetap tergolong cara hapus akun ig permanen lewat hp, karena website dapat juga diakses menggunakan hp.

1. Masuk Situs Instagram

Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke situs Instagram melalui browser di perangkat hp. Situs yang dituju adalah halaman help centre Instagram, yaitu help.instagram.com, sehingga pemilik akun bisa langsung melanjutkan proses penghapusan akunnya.

2. Pengelolaan Akun

Langkah berikutnya adalah dengan mengetuk pengelolaan akun di halaman tersebut. Di dalamnya akan ada pilihan hapus akun, dan pemilik akun tinggal mengetuk pilihan tersebut. Seperti halnya cara hapus akun ig permanen lewat hp yang dilakukan dengan aplikasi, pada cara ini pemilik juga harus memberikan alasan penghapusan akun.

Pilih alasan yang tepat, dan ikuti dengan memasukkan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya. Ketikkan password-nya, dan akun akan terhapus secara permanen.

Cara Unduh Data Instagram

Pemilik akun tak perlu khawatir saat akan menjalankan cara hapus akun ig permanen lewat hp tersebut. Selain mudah, data-data yang ada di Instagram seperti foto atau video, masih dapat diunduh agar tidak ikut terhapus. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk Instagram

Jika ingin mengunduh foto atau video yang ada di Instagram, masuk dulu ke aplikasi ini baik melalui hp maupun browser. Setelah itu, ketuk menu pengaturan yang berlambang roda, dengan mengetuk tiga garis horizontal di bagian atas.

2. Privacy & Security

Pada bagian pengaturan tersebut, pemilik akun akan dihadapkan pada berbagai menu, salah satunya adalah privacy & security. Ketuk menu tersebut dan lanjutkan dengan memilih menu unduh data dan request untuk mengunduh.

3. Masukkan Email

Selanjutnya, Instagram akan meminta pemilik akun untuk memasukkan alamat email. Hal ini karena Instagram akan mengirimkan tautan melalui email untuk mengunduh data Instagram yang ada di akun. Masukkan kata kunci sesuai dengan yang terdaftar.

Email dari Instagram akan masuk dalam waktu 48 jam setelah request download. Silakan cek email yang digunakan, dan akan terlihat pada inbox dengan subject email “your Instagram data”. Klik email tersebut dan ikuti petunjuknya.

4. Unduh Data

Langkah mudah berikutnya adalah mengunduh data-data foto dan video yang ada di Instagram dengan menggunakan tautan yang di-share. Pemilik bisa menyimpan data tersebut di ruang manapun yang diinginkan.

Alasan Penghapusan Akun Instagram

Beberapa cara hapus akun ig permanen lewat hp yang dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Selain ingin hiatus dari keriuhan media sosial, ada beberapa alasan logis lainnya yang membuat pemilik akun memutuskan berhenti.

1. Akun Diretas

Tak sedikit aksi pencurian data yang membuat pemilik akun yang asli menjadi geram. Peretasan akun tersebut kemudian menjadi salah satu alasan ditutupnya akun ig secara permanen. Pemilik lebih memilih menutup akun alih-alih memperbaiki akun lamanya, karena hal tersebut memakan waktu dan energi.

Peretasan akun memang kerap terjadi di dunia maya. Bukan hanya website, akun media sosial juga tak jarang menjadi sasaran hacker yang memanfaatkannya untuk berbuat jahat. Dengan menggunakan akun retasan, hacker bisa melakukan berbagai tindak penipuan menggunakan kontak yang ada.

2. Berganti Platform

Berbagai media sosial muncul dan bersaing satu sama lain, menawarkan kesenangan berbincang di dunia maya. Hal tersebut perlahan mengalihkan perhatian seseorang untuk mencoba media baru. Akhirnya, media yang lama pun ditinggalkan.

Barangkali dulu pernah terdengar media sosial yang populer di kalangan remaja seperti Friendster. Namun popularitasnya menurun seiring munculnya media sosial lainnya. Hal ini pun bisa saja terjadi pada pemilik akun Instagram, yang mulai bosan bermain di platform ini dan beralih ke media yang lain.

3. Beralih Fokus

Adakalanya seseorang hanyut dalam kesibukan di dunia nyata. Hal ini membuat sebuah fase di mana tidak akan ada lagi kesenangan ketika membuka media sosial seperti Instagram. Alasan ini cukup masuk akal bagi seseorang yang menutup akunnya secara permanen.

Ketika Instagram dibanjiri dengan foto-foto liburan dan jepretan makanan, maka tidak ada lagi kesenangan yang bisa dinikmati selain melihat gambar. Oleh karena aktivitas tersebut sudah tidak lagi membuat bahagia, maka tidak ada pilihan selain meninggalkannya.

4. Alasan Kesehatan Mental

Bukan suatu hal yang aneh ketika kesehatan mental ternyata bisa terganggu hanya karena aktivitas di dunia maya. Media sosial dan hiburan online memang bisa menjadi candu bagi para netizen. Jika tidak dikendalikan, akan ada perilaku negatif yang terbawa hingga ke dunia nyata.

Misalnya kebiasaan berkomentar tanpa membaca, menikmati suguhan kemewahan dari unggahan foto, dan sebagainya. Jika benar-benar telah mempengaruhi otak, kebiasaan tersebut akan mengubah perilaku seseorang ketika berinteraksi di masyarakat.

Dengan beberapa alasan penghapusan tersebut, maka relevan jika cara hapus akun ig permanen lewat hp dilakukan dengan cepat. Pemilik akun bisa segera menyehatkan diri secara fisik dan mental, serta kembali fokus ke pekerjaan utamanya.