Cara Mematikan Sensor Proximity HP Oppo dengan Menggunakan Aplikasi

Apabila pengguna terganggu dengan adanya sensor tersebut, maka bisa menginstal aplikasi dan mempelajari cara mematikan sensor proximity HP Oppo.

Pengguna Android tentunya pernah melihat layar ponsel yang mati ketika sedang menerima panggilan. Momen seperti ini seringkali terjadi pada HP Android yang memiliki sensor proximity, termasuk HP Oppo. Apabila pengguna terganggu dengan adanya sensor tersebut, maka bisa menginstal aplikasi dan mempelajari cara mematikan sensor proximity HP Oppo sebagaimana pembahasan berikut:

Kegunaan Sensor Proximity

Sebelum beranjak jauh pada pembahasan cara mematikan sensor proximity HP Oppo, pembaca perlu memahami kegunaannya terlebih dahulu pada smartphone. Sehingga, pengguna dapat mempertimbangkan untuk mematikan sensor tersebut atau membiarkannya menyala. Setiap smartphone umumnya dilengkapi dengan sensor jarak yang dikenal dengan sensor proximity.

Kegunaan sensor ini adalah untuk mendeteksi keberadaan objek yang posisinya dekat dengan HP. Selebihnya sensor proximity bekerja dengan cara mematikan layar sentuh saat HP berada di objek tertentu. Itulah sebabnya, layar ponsel akan mati ketika HP diletakkan dekat telinga saat sedang menelpon. Sebaliknya, layar akan hidup lagi saat HP menjauh dari telinga.

Cara Mematikan Sensor Proximity di HP Oppo Menggunakan Aplikasi

Sebetulnya cara mematikan sensor proximity HP Oppo tidaklah terlalu sulit, sebab smartphone ini memiliki setelan yang bisa diatur dengan leluasa. Tetapi untuk HP Oppo versi terbaru, layanan tersebut tidak bisa ditemukan. Sehingga, pengguna bisa mengatur sensor proximity melalui bantuan aplikasi. Berikut rekomendasi 7 aplikasi beserta cara mematikan sensor proximity yang bisa dipelajari:

1. Proximity Sensor Screen On Off

Aplikasi ini dikembangkan oleh Argon Dev dan mulai diluncurkan pada Oktober 2021. Proximity Sensor Screen On Off diperuntukkan guna mengatur sensor yang terdapat pada HP Android, termasuk HP Oppo. Layanan yang tersedia pada aplikasi tersebut sangat membantu terutama untuk HP Oppo yang tidak menyediakan pengaturan sensor.

Apabila pengguna membuka halaman pertama dari Proximity Sensor Screen On Off, di sana akan terlihat bagian Service Enabled. Opsi ini bisa diatur sedemikian rupa agar sensor mati atau menyala. Apabila tombol berada di sebelah kanan, berarti sensor sedang aktif. Cara mematikan sensor proximity HP Oppo melalui aplikasi yaitu dengan menggulirkan tombol ke sisi kiri.

2. Proximity Screen Off Lite

Aplikasi ini dikembangkan oleh Shailesh Soliwal dan rilis pada Desember 2010. Proximity Screen Off Lite memberikan kemudahan untuk mengatur waktu nyala dan mati dari layar ponsel. Aplikasi ini juga bisa diterapkan untuk mengatur sensor layar pada HP Android. Sehingga pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan layar ketika sedang menelpon.

Proximity Screen Off Lite sangat mudah dioperasikan, pengguna bisa menginstalnya terlebih dahulu pada HP Oppo. Adapun cara mematikan sensor proximity HP Oppo bisa dilakukan dengan cara membuka fitur Screen Off. Aktifkan fitur tersebut agar sensor proximity yang terdapat pada HP tidak menyala lagi. Kemudian, cobalah menelpon untuk memastikan bahwa sensor sudah mati.

3. KinScreen

Apabila pengguna HP Oppo menemukan permasalahan berkaitan dengan layar yang mudah mati. Baik saat digunakan untuk menelpon, charging, maupun penggunaan aplikasi tertentu. Maka alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menginstal KinScreen dan memasangnya pada ponsel. Aplikasi ini dikembangkan oleh TESTIC dan rilis di bulan April 2014.

Cara mengoperasikan aplikasi sangatlah sederhana, silahkan buka KinScreen untuk pertama kalinya setelah mengunduh. Pada tampilan awal, pengguna akan menemukan pilihan sensor proximity. Klik bagian checklist tersebut untuk menonaktifkan sensor tersebut. Sekarang pengguna tidak perlu khawatir lagi layar akan mati ketika ponsel sedang dioperasikan.

4. Proximity Sensor Open App

Fitur mematikan layar ponsel pada HP Oppo saat digunakan untuk telepon sebenarnya memiliki tujuan yang baik. Tidak lain agar dapat menghemat daya baterai, ataupun menghindari gesekan yang menyebabkan berpindahnya menu. Akan tetapi, untuk pengguna yang menelepon sambil menggunakan aplikasi lain maka sensor proximity tentunya akan sedikit mengganggu.

Proximity Sensor Open App bisa diinstal terlebih dahulu pada perangkat HP Oppo yang dimiliki. Pada tampilan pertama kali, pengguna akan menemukan Service Enable dengan tombol yang menyala (ditandai dengan warna biru). Tombol ini sebetulnya berarti bahwa sensor proximity yang terdapat pada smartphone dalam kondisi baik dan sedang aktif.

Adapun cara mematikan sensor approximity HP Oppo bisa dilihat pada bagian Serviced Enable. Hampir serupa dengan aplikasi lainnya, sensor tersebut tentunya bisa dinonaktifkan dengan cara menggulirkan tombol tersebut ke arah kiri hingga warna birunya menghilang. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur notifikasi sebagai pengingat apabila akan menyelesaikan pekerjaan menggunakan HP.

5. Proximity Service

Bila pengguna memiliki permasalahan terkait sensor proximity yang membuat layar mudah mati saat menerima panggilan, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Proximity Service dikembangkan oleh ssaqua yang kemudian diluncurkan pada bulan Juli 2016. Layanan ini berfokus untuk mengatur sensor layar ketika sedang digunakan untuk berbagai aktivitas.

Pengguna bisa memasang Proximity Service dan pastikan muncul ikon pada beranda HP Oppo. Cara menonaktifkan sensor dilakukan dengan klik satu kali pada ikon tersebut, kemudian pilih Settings. Selanjutnya layar ponsel akan menampilkan informasi bahwa sensor proximity sedang aktif. Klik Turn Off agar sensor non aktif, sekarang layar akan terus menyala sampai pengguna mengunci ponsel.

6. [XPOSED] Sensor Disabler

Memodifikasi sensor bawaan yang terdapat pada HP Android akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan Xposed. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mematikan sensor jarak maupun jenis sensor lainnya yang terdapat pada ponsel. Terutama ketika layar mati ketika sedang menerima panggilan dan tidak menyala sampai telepon tersebut dimatikan. Tentu hal tersebut sangatlah kurang nyaman bagi pengguna.

Xposed dikembangkan oleh Wardell Bagby, yang kemudian dirilis pada November 2015. Setelah memasangnya pada HP Oppo, silahkan membuka fitur menu yang terdapat didalamnya. Untuk menonaktifkan sensor, klik opsi Proximity dan pilih Remove Sensor. Selanjutnya sensor tersebut akan dinonaktifkan guna menghindari layar ponsel yang menghitam ketika menerima panggilan telepon.

7. Proximity Screen Off

Rekomendasi terakhir yang bisa diinstal untuk membantu mengatur sensor proximity pada HP Oppo yaitu Proximity Screen Off. Aplikasi ini membantu pengguna untuk menghidupkan layar yang mati ketika sedang diperlukan. Proximity Screen Off dikembangkan oleh Slash-/ dan diluncurkan pada April 2018, fitur ini membantu mengatasi masalah pengaturan sensor yang tidak tersedia di beberapa Android.

Karena aplikasi ini tidak memiliki ukuran berkas yang besar, maka berbagai tipe HP akan kompatibel termasuk Oppo. Cara mematikan sensor proximity bisa dilakukan dengan klik satu kali pada ikon aplikasi. Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk mematikan sensor proximity pada bagian atas layar. Tab notifikasi tersebut agar sensor pada HP Oppo dimatikan, sehingga layar akan terus menyala meski sedang menelpon.

Itulah penjelasan tentang aplikasi beserta cara mematikan sensor proximity HP Oppo yang bisa diterapkan dengan mudah. Terlepas dari berguna atau tidaknya fitur ini untuk pengguna, sensor proximity perlu diperlakukan dengan baik agar tidak mengalami kerusakan. Pengguna bisa membersihkan sensor proximity dengan tisu dan cairan pembersih lensa agar terbebas dari debu.