7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Smartphone

Namun salah satu masalah yang kerap muncul adalah, memori yang penuh dan pengguna smartphone tidak mengetahui cara mengatasi ruang penyimpanan penuh

Memiliki ponsel pintar untuk menunjang berbagai kegiatan, menjadi kebutuhan penting hampir bagi semua orang. Namun salah satu masalah yang kerap muncul adalah, memori yang penuh dan pengguna smartphone tidak mengetahui cara mengatasi ruang penyimpanan penuh. Alhasil, kinerja beberapa aplikasi tidak bisa optimal bahkan macet.

Bagaimana Jika Ruang Penyimpanan Penuh?

Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik tidak perlu repot dan terburu-buru menyerahkan smartphone-nya kepada jasa service. Hal itu karena solusi dari masalah ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan sendiri oleh pengguna. Beberapa cara di bawah ini bisa menjadi solusinya:

1. Memindahkan File ke Eksternal Memori

Ada cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang cukup praktis yaitu dengan memindahkan file ke ruang penyimpanan eksternal. Bukan hanya file berupa dokumen, file besar lainnya seperti foto, video, musik, dan juga aplikasi memang sebaiknya disimpan di external memory.

  • Bagi pengguna smartphone yang ingin menggunakan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh ini, bisa mengikuti langkah berikut untuk memindahkan file aplikasi dari memori internal.
  • Masuk menu Pengaturan. Langkah pertama adalah masuk ke menu setting atau pengaturan.
  • Manajemen aplikasi. Berikutnya, pada halaman pengaturan pilih setelan tambahan dan temukan menu manajemen aplikasi. Ikuti dengan mengakses menu “diinstall”.
  • Pindahkan. Pada menu tersebut pilih aplikasi yang diinginkan atau akan dipindahkan, lalu ketuk “pindahkan ke SD Card”.
  • Sementara itu, untuk memindahkan file foto, musik, atau video, pengguna tidak perlu mengakses menu pengaturan. Pengguna smartphone hanya perlu membuka file manager dan mencari folder tempat menyimpan file-file tersebut. Selanjutnya, ketuk  opsi pindahkan ke folder memori eksternal.

2. Menghapus cache File

Penyebab penuhnya memori internal yang penuh adalah cache file atau file sampah yang menumpuk. File sampah tersebut pasti muncul ketika pengguna mengakses aplikasi di smartphone-nya. Data sampah tersebut semuanya akan terpasang dan tersimpan di memori ponsel.

Dengan demikian, semakin sering digunakan, aplikasi akan semakin sering menyumbang tumpukan cache. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan penghapusan file ini melalui menu pengaturan. Berikutnya, akses “apps” dan “manage apps”. Pilih aplikasi yang paling aktif lalu hapus file cache.

Di samping cara sederhana di atas, pembersihan semua cache sekaligus juga dapat dilakukan oleh pengguna smartphone. Langkahnya adalah, masuk ke menu setting dan akses “aplikasi”. Setelahnya, lanjutkan dengan mencari aplikasi apa yang rakus memori. Buka aplikasinya, lalu ketuk “hapus cache”. Lakukan pada setiap aplikasi yang terlihat boros memori.

3. Menghapus Data Aplikasi Offline Youtube

Selain menghapus cache, pengguna juga bisa menghapus data aplikasi. Namun hal ini membutuhkan login menggunakan email yang terdaftar. Jika melakukan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang satu ini, maka pastikan tidak ada data yang penting karena semua akan hilang dan tidak bisa di restore.

  • Di antara semua aplikasi yang akan dihapus data, ada salah satu aplikasi offline yang boros memori yaitu youtube. Aplikasi offline ini, ketika digunakan, tentu akan tersedia berbagai konten mulai dari gambar, video, musik, bahkan artikel deskripsi yang bisa dilihat secara offline.
  • Pengguna bisa melakukan langkah berikut untuk menghapus data di youtube:
  • Masuk ke youtube. Hal pertama tentu pengguna harus masuk ke aplikasi youtube yang terpasang di smartphone.
  • Buka profil. Berikutnya, buka profil yang ada di bagian kanan atas.
  • Menu pengaturan. Lanjutkan dengan mengakses menu pengaturan, berikutnya tap unduhan dan hapus file yang sudah diunduh.
  • Selain menggunakan cara tersebut, pengguna dapat pula memakai menu library yang ada di bagian bawah tampilan youtube. Akses menu unduhan atau “download” dan terlihat video yang pernah diunduh dan ditonton offline. Ketuk ikon titik tiga dan tap “hapus”. Lakukan satu persatu pada setiap video yang diunduh.

4. Menghapus Aplikasi yang Paling Boros Memori

Salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan penuh adalah dengan mendeteksi aplikasi yang paling boros memori. Aplikasi yang diinstall tentu akan menempati ruang penyimpanan di smartphone. Semakin besar file aplikasi, akan semakin banyak ruang simpan terpakai.

Mencari aplikasi yang rakus memori pun sangat mudah. Pertama, masuk ke menu setting dan akses “about phone”. Lanjutkan dengan memilih opsi penyimpanan atau memori. Beberapa model smartphone mungkin akan muncul dengan nama yang berbeda.

Ada ponsel yang langsung menampilkan aplikasi beserta memori yang tergunakan, sehingga memudahkan pengguna untuk membersihkan cache atau file datanya. Setelah menemukannya, pengguna bisa menentukan pilihan, mulai dari memindahkan ke eksternal memori, menghapus cache, membersihkan data, atau bahkan menghapus aplikasi tersebut.

Ada juga smartphone yang memiliki aplikasi bawaan sejak dari format pabrik. Aplikasi tersebut, meskipun tidak digunakan, tetap menyumbang file sampah dan data yang semakin lama akan semakin menumpuk. Oleh karenanya, pengecekan berkala juga dibutuhkan untuk membersihkan ponsel secara optimal.

5. Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Beberapa cara di atas memberikan banyak cara mengatasi ruang penyimpanan penuh dengan terlebih dahulu mendeteksi aplikasi yang memakan memori. Pada dasarnya, memori penuh karena penyimpanan file yang jarang atau tidak pernah lagi dipakai, tetapi masih bertengger di memori.

Dengan demikian, pengguna harus benar-benar mencermati penggunaan memori agar tidak terisi dengan file yang tidak perlu. Adakalanya aplikasi hanya dipakai sebentar saja, namun belum dihapus sehingga tetap memakan ruang penyimpanan cukup lama.

Aplikasi bawaan yang terpasang sejak awal pembelian, terkadang tidak bisa dihapus begitu saja. Namun, pengguna bisa melakukan opsi “force stop” agar aplikasi tersebut tidak lagi menyumbang cache atau file data yang memenuhi ruang simpan.

6. Memilih Layanan Streaming

Beberapa pengguna menggunakan smartphone untuk menikmati film di Netflix atau Disney. Padahal, menonton film ini lebih disarankan melalui streaming. Hal ini karena pada film yang diunduh ke ponsel, tentu akan mengurangi kapasitas penyimpanan hingga ratusan megabyte.

Memilih layanan streaming tidak akan membuat penuh memori smartphone. Tentu saja, karena tidak ada file yang harus diunduh dan disimpan di smartphone. Dengan demikian, ruang penyimpanan tidak akan penuh dengan file movie.

Layanan streaming terkadang dihindari karena pengguna tidak ingin terganggu ketika sedang menikmati tontonan karena keterbatasan kuota atau gangguan sinyal. Akan tetapi, cara ini tetap lebih dianjurkan ketimbang memenuhi ruang penyimpanan. Pengguna bisa memperhitungkan dengan mengecek kuota dan memastikan jaringan aman ketika streaming.

7. Menghindari Penggunaan Aplikasi Pembersih

Beberapa pengguna terkadang menggunakan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh melalui aplikasi pembersih yang diunduh di Play Store atau App Store. Banyak rekomendasi yang diberikan dan memberikan deskripsi sebagai pembersih ruang simpan terbaik.

Padahal, tidak semua aplikasi bekerja dengan optimal. Bahkan, aplikasi yang diunduh justru semakin membuat penuh ruang penyimpanan di smartphone, tanpa memberikan efek apapun pada RAM ponsel. Maka, alih-alih semakin membuat penuh storage, lebih baik bersihkan dengan cara mudah melalui menu pengaturan.

Beberapa cara mengatasi ruang penyimpanan penuh tersebut bisa dicoba lakukan di smartphone untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Hal termudahnya, pastikan menggunakan juga memori eksternal untuk mengurangi kapasitas storage.