Ketahui Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Smartphone Android

Ada kalanya aplikasi tertutup sendiri dan pengguna tidak mengetahui cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.

Menggunakan smartphone menjadi salah satu kebutuhan dalam setiap aktivitas. Bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk menggunakan berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaan. Akan tetapi, ada kalanya aplikasi tertutup sendiri dan pengguna tidak mengetahui cara mengatasi aplikasi keluar sendiri. Padahal, caranya sangat mudah asal mengetahui penyebabnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tertutup Sendiri

Sebuah masalah yang mengganggu ketika sedang menggunakan aplikasi namun force closed. Bukan tanpa sebab, karena tentu saja semua terkait dengan aktivitas dan spesifikasi yang ada di dalam smartphone yang digunakan. Lakukan langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Bersihkan Cache

Penyebab forced close aplikasi di hp adalah file cache yang menumpuk. Maka cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang pertama tentu saja harus membersihkan cache yang menumpuk tersebut.

Cache file akan membuat hp tidak optimal bekerja. Apalagi, jika RAM yang dimiliki kecil sehingga beban kerja hp semakin tinggi. Maka secara otomatis, aplikasi akan tertutup sendiri untuk membantu hp bekerja kembali. Agar bisa membersihkan cache, pemilik harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk menu pengaturan. Pada masing-masing hp yang digunakan, masuk ke menu pengaturan atau setting.
  • Akses application manager. Masuk ke menu manager aplikasi, lalu pilih aplikasi yang tertutup sendiri.
  • Tekan menu clear cache. Pada setiap aplikasi yang dipilih, ketuk opsi clear cache. Beberapa aplikasi akan meminta pengguna untuk login agar bisa menghapus cache.

2. Menghapus Data Aplikasi

Di samping cache yang menumpuk, file data yang mulai penuh juga akan membuat aplikasi tertutup otomatis. Pengguna dapat juga melakukan penghapusan data pada aplikasi tersebut, dengan demikian, aplikasi akan semakin ringan kerjanya. Ikuti langkah berikut untuk menghapus data aplikasi:

  • Masuk menu pengaturan. Pertama, akses menu setting atau pengaturan pada smartphone.
  • Akses manager aplikasi. Pada menu tersebut, pengguna dapat mengakses manager aplikasi, lalu masuk ke menu Kelola aplikasi.
  • Pilih aplikasinya. Langkah berikutnya, pilih aplikasi yang akan dihapus datanya. Langkah ini sama dengan ketika akan menghapus cache, namun yang diakses adalah menu data aplikasi.
  • Hapus data. Ketuk clear data, maka data aplikasi akan terhapus dan kinerja hp otomatis akan semakin ringan.

3. Melakukan Update Tiap Aplikasi

Ada juga cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang kerap dilakukan yaitu dengan melakukan update versi aplikasi. Setiap aplikasi dikembangkan sendiri oleh application developer masing-masing, terlepas dari produksi tiap-tiap smartphone.

Hal tersebut menyebabkan pemutakhiran hp tidak secara otomatis akan memperbarui versi aplikasi yang diunduh di hp tersebut. Alhasil, aplikasi yang sudah outdated tidak akan lagi kompatibel pada hp yang sudah terbarui sistemnya. Singkatnya, kinerja hp sudah meningkat namun aplikasinya masih tertinggal, sehingga harus bekerja keras mengikuti kinerja hp.

Hal inilah yang menyebabkan aplikasi tersebut tertinggal dan harus forced close. Maka solusi untuk masalah ini adalah, pengguna harus melakukan perbaikan fitur dengan cara melakukan update versi tiap aplikasi. Pemutakhiran versi aplikasi ini bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Pengguna dapat melakukan pengaturan otomatis update ketika tersambung dengan jaringan wifi.

4. Memasang Ulang Aplikasi

Beberapa pengguna terkadang enggan mengambil pusing dengan masalah ini, sehingga cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang dilakukan adalah dengan menghapus pemasangan dan meng-install ulang aplikasi tersebut.

Hal ini tentu sangat mudah dilakukan, karena aplikasi yang ter-install lagi pasti sudah dalam versi paling update. Dengan demikian, otomatis terpasang yang sesuai dengan kinerja smartphone tersebut. Pengguna Android dapat melakukan install ulang melalui Play Store, dan pengguna iPhone dapat melakukannya lewat iStore.

5. Restart Smartphone Android

Beberapa versi smartphone memang mungkin mengalami masalah ini secara serius. Salah satunya hp berbasis Android yang sering mengalami aplikasi yang keluar tiba-tiba. Cara lama yang sering digunakan dan terbukti efektif sebagai cara mengatasi aplikasi keluar sendiri adalah me-restart Android.

Matikan hp selama beberapa menit, kurang lebih hingga 10 menit, lalu hidupkan kembali. Menggunakan cara ini, smartphone biasanya akan normal kembali, termasuk beberapa aplikasi yang sebelumnya tertutup secara paksa. Cara ini bisa dicoba bagi pengguna ponsel Android.

6. Melakukan Upgrade OS

Bukan hanya dilihat dari versi aplikasi, tetapi juga versi OS yang digunakan. Pada beberapa smartphone, sering tampil notifikasi untuk melakukan versi OS. Tentu saja, hal ini untuk mengoptimalkan kinerja hp agar tidak mudah panas dan lemot. Jika ingin melakukannya secara manual, lakukan langkah berikut:

  • Masuk ke pengaturan. Langkah pertama, akses menu setting atau pengaturan di smartphone.
  • Akses about phone. Perhatikan menu about phone atau tentang ponsel, yang merupakan sajian data-data ponsel termasuk versi yang digunakan saat ini.
  • Check system upgrade. Pada menu tersebut terdapat menu untuk melakukan pengecekan pembaruan sistem OS yang sedang digunakan.
  • Upgrade. Ketuk menu upgrade dan download atau lakukan pengunduhan. Maka otomatis smartphone akan melakukan pengunduhan dan pemasangan versi terbarunya.
  • Restart. Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, restart smartphone agar proses maksimal.

7. Factory Reset

Cara ini merupakan opsi paling akhir untuk membuat hp berjalan normal kembali. Pengguna bisa melakukan reset ke menu bawaan pabrik untuk membuat hp bekerja dengan menu dan aplikasi seperti pada awal pembelian.

Jika ingin melakukan cara ini, pengguna sebaiknya melakukan back up data, agar tidak kehilangan lebih banyak data. Layaknya ponsel baru, data yang ada di hp pasti sangat sedikit dan disesuaikan dengan kapasitas standar.

Penyebab Aplikasi Sering Forced Close

Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi aplikasi keluar sendiri. Namun demikian, akan lebih baik jika pengguna juga mengetahui apa penyebabnya. Dengan demikian, masalah ini tidak akan berulang dan juga tidak terlalu membuat panik pengguna ketika sedang memakai aplikasi.

1. Aplikasi Terlalu Banyak

Ponsel pintar sering dimanfaatkan secara berlebihan oleh penggunanya, dengan membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya kembali. Meskipun hal ini dapat dilakukan, namun bisa juga menjadi pemicu tertutupnya aplikasi secara tiba-tiba.

Banyaknya aplikasi yang dibuka otomatis berpengaruh pada kinerja hp yang semakin berat. Maka, pastikan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Gunakan 2 atau 3 aplikasi saja, karena tidak akan mungkin menggunakan semua aplikasi bersamaan dalam waktu yang sama.

2. Kapasitas RAM Penuh

Perbedaan RAM setiap hp tentu berpengaruh kepada kinerja, utamanya pada penggunaan aplikasi yang dipasang. Pengguna harus cermat dengan hp yang dimiliki, dengan memperhatikan install-an aplikasi terhadap RAM yang dimiliki. Apalagi, membuka aplikasi juga turut menyumbang data aplikasi dan cache yang akan menumpuk di RAM.

Jika RAM terlalu penuh, hp otomatis akan tersendat, bahkan aplikasi berhenti beroperasi. Maka lakukan pengecekan kondisi dan kapasitas RAM. Jika sudah ada notifikasi memori penuh, sebaiknya segera bersihkan dari data-data yang tidak perlu.

3. Spesifikasi HP

Bukan hanya karena aplikasi, namun spesifikasi standar yang dibawa oleh hp juga akan berpengaruh pada kinerjanya. Jika hp memiliki spesifikasi standar, maka sebaiknya tidak dilakukan pemasangan aplikasi yang terlalu berat seperti game atau aplikasi edit video.

Beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri digunakan untuk membantu hp bekerja lebih optimal. Namun dibalik itu, pengguna juga harus tahu bagaimana cara menggunakan hp dan memasang aplikasi di hp tersebut. Jika dipaksakan, bukan hanya aplikasi yang akan berhenti mendadak, tetapi hp juga akan semakin lemot.