Cara Mengatasi Layar Komputer No Display Secara Tiba-Tiba

Cara mengatasi layar komputer no display secara tiba-tiba padahal kipas CPU masih nyala. Tidak jarang kejadian ini dialami oleh pengguna PC

 

Cara mengatasi layar komputer no display secara tiba-tiba padahal kipas CPU masih nyala. Tidak jarang kejadian ini dialami oleh pengguna PC desktop maupun laptop.

Dan mungkin juga memiliki sedikit variasi masalah yang berbeda, karena spesifikasi dan cara penggunaan tiap orang berbeda-beda juga.

Kejadian seperti ini sudah sering dikeluhkan oleh banyak pengguna komputer. Jadi jika anda sedang mengalami hal serupa maka tidak perlu buru-buru langsung di bawa ke tempat service.

Anda bisa coba untuk melakukan beberapa hal yang akan kita bahas lebih dalam berikut ini. Sebab bisa jadi hanya masalah ringan saja yang sebenarnya bisa langsung anda benarkan sendiri, namun bisa juga tidak.

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencoba mengetahui penyebab dan cara mengatasinya agar komputer bisa normal kembali.

Cara mengatasi layar komputer no display secara tiba-tiba

Cara mengatasi layar komputer no display

 

1. Cek Monitor

Sedang main game tiba-tiba terjadi no display pada layar ? Atau bisa juga sedang nonton film dari komputer kemudian layar blank menjadi hitam ?

Jika hal seperti ini terjadi maka anda bisa coba mengecek bagian monitornya terlebih dahulu. Periksa apakah sambungan kabel sudah terpasang dengan benar ? Coba copot dan pasang kembali kabel power dan kabel vga/hdmi yang bisa jadi memang kurang pas memasangnya.

Apabila anda mempunyai lebih dari satu monitor maka akan sangat membantu sekali untuk membandingkan antara monitor satu dengan lainnya.

Coba anda ganti dengan monitor yang no display itu dengan monitor lain. Jika berhasil menyala maka ketahuan sudah kalau memang bagian monitor nya yang bermasalah.

Namun jika sudah ganti monitor ternyata pada bagian layarnya masih blank hitam saja maka silahkan gunakan cara kedua berikut ini.

2. Periksa slot dan kepingan Ram

Kecurigaan paling kuat setelah mengecek monitor yang bisa anda periksa yaitu bagian RAM pada sebuah komputer entah itu desktop atau laptop.

Umumnya komputer saat ini sudah menggunakan dual channel yang berarti ada dua keping ram yang harus anda periksa. Kondisi kepingan RAM yang kotor bisa menjadi penyebab terjadinya no display pada layar.

Cara mengatasi yang efektif dan praktis yaitu dengan membersihkan debu dari kepingan ram yang kotor. Jangan lupa bersihkan juga bagian kuningan RAM atau pin ram yang sangat sensitif dengan adanya debu.

Anda bisa coba bersihkan dengan menggunakan setip atau penghapus pensil ke bagian pin kuningan supaya mengkilap kembali.

Tiup juga bagian slot ram agar jika ada debu yang menempel bisa segera bersih kembali. Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan maka pasang kembali ram nya dan kemudian coba nyalakan kembali komputer anda.

Khusus untuk pengguna laptop, sayangnya cara ini hanya bisa anda lakukan jika tipe RAM nya bukan tipe onboard (sudah menyatu dengan motherboard).

Namun jika yang satu keping lagi bisa anda lepas maka coba ganti dengan RAM yang baru dan kemudian nyalakan kembali laptop anda.

80 Persen cara ini bisa berhasil mengembalikan komputer menjadi normal kembali. Sebab RAM adalah komponen yang sangat sensitif dengan debu serta menjadi mudah panas apabila berjalan pada frekuensi tinggi.

Beruntung jika kepingan RAM yang bermasalah tersebut masih garansi maka bisa langsung anda coba klaim. Sebab biasanya pihak toko atau distributor akan langsung menggantinya baru ! (Setidaknya untuk produsen ternama)

Ganti Power Supply atau PSU

Untuk kalian pengguna PC desktop, apalagi jika PC tersebut memang dirakit untuk kebutuhan gaming maka sangat wajib sekali untuk menggunakan PSU yang bagus.

Jangan sekali-kali menggunakan merk PSU yang tidak jelas kualitasnya karena bisa sangat merugikan sekali untuk pemakaian jangka panjang.

Prosesor merupakan otak dari komputer itu sendiri, namun PSU atau power supplay juga tidak kalah pentingnya karena merupakan jantung dari komputer itu sendiri.

Gunakan PSU yang sudah memiliki sertifikat 80 plus minimal level bronze, atau jika ada budget lebih bisa langsung yang Gold.

PSU dengan sertifikasi 80 plus memiliki efisiensi yang sangat baik untuk menyuplai power ke komponen PC seperti motherboard, VGA, dan lainnya.

Terjadinya gangguan pada PSU dapat menyebabkan banyak masalah yang salah satu diantaranya yaitu no display pada layar.

Gejala khas apabila PSU sudah usang atau memang abal-abal dari awal yang sering muncul yaitu komputer sering restart sendiri.

Dan tentu saja layar monitor jadi blank hitam tetapi kipas CPU masih menyala normal. Untuk kasus seperti ini solusinya sudah pasti dengan mengganti PSU baru yang lebih berkualitas.

Jangan sekali-kali untuk membongkar bagian dalam PSU karena dapat menyebabkan setrum kejut jika anda memang sama sekali awam dengan bagian kelistrikan.

Ganti thermal paste graphic card dengan yang baru

Sudah berapa tahun anda memakai komputer desktop atau laptop tanpa mengganti thermal paste ? Perlu anda ketahui bahwa selain rutin mengganti thermal paste CPU atau prosesor, bagian GPU juga perlu anda perhatikan thermal paste nya.

Jika laptop atau PC desktop anda sudah bertahun-tahun tidak pernah menggantinya maka thermal paste tersebut akan menjadi seperti kerak yang keras.

Thermal paste yang sudah kering dan mengeras tersebut tentu saja tidak akan bisa menghantarkan panas dengan baik lagi seperti masih baru.

Alhasil GPU pada vga card menjadi overheat atau menimbulkan panas yang sangat berlebihan. Jika sudah begini maka tentu saja berbagai masalah akan muncul yang dapat membuat pusing para penggunanya.

Kasus layar menjadi blank hitam ketika sedang main game berat atau aplikasi lainnya adalah salah satu yang bisa terjadi akibat overheat.

Solusinya sudah pasti yaitu ganti dengan thermal paste yang baru agar panas dari GPU bisa terbuang dengan sempurna kebagian HSF vga card.

Jangan lupa juga sebelum memberi thermal paste yang berkualitas, pastikan anda sudah membersihkan semua kerak atau thermal pasta sebelumnya yang telah mengeras itu.

Pada intinya, jika suhu normal maka vga card juga akan beroperasi normal. Dan sebaliknya jika suhu terlalu tinggi atau overheat maka vga card pasti akan muncul banyak masalah yang sangat bervariasi sekali, sehingga bisa bikin bingung para penggunanya.

Wajib Gunakan UPS ! minimal Stabilizer

Untuk bisa mencegah berbagai masalah yang muncul di kemudian hari, wajib gunakan UPS minimal stabilizer. Sangat sayang sekali jika hingga sekarang ini kualitas PLN masih sangat buruk dalam menyuplai listrik.

Tegangan yang tidak stabil hingga sering terjadi pemadaman sudah tentu dapat menimbulkan kerusakan pada komputer itu sendiri.

Komputer merupakan perangkat yang sangat sensitif sekali dengan listrik. Ada banyak transistor, chip dan komponen lainnya yang jika salah satunya rusak maka tentu akan sangat sulit sekali untuk melacaknya.

Bisa pada bagian motherboard atau bisa juga dari bagian vga card nya.