Simak 7 Cara Mengecek Kecepatan WiFi IndiHome dengan Hasil Akurat

Pembaca perlu mempelajari cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome baik melalui aplikasi maupun tidak.

Pengecekan kecepatan WiFi menjadi aktivitas yang cukup penting untuk dilakukan bagi pengguna. Hal ini bertujuan untuk memastikan apabila sewaktu-waktu terjadi kendala saat mengakses internet. Itulah sebabnya, pembaca perlu mempelajari cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome baik melalui aplikasi maupun tidak. Sehingga, bisa memperoleh hasil kecepatan internet dengan nilai yang akurat.

IndiHome termasuk penyedia layanan internet yang paling populer di kalangan masyarakat, mengingat ISP ini kerap menawarkan paket menarik. Namun, kondisi cuaca yang kurang baik terkadang menghambat koneksi internet di rumah. Dengan penggunaan fitur Speed Test, pengguna IndiHome bisa mengetahui berapa kecepatan WiFi. Penjelasan berikut akan memudahkan pembaca dalam memahami fitur Speed test:

Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Fitur Speed Test

Layanan pengecekan kecepatan internet tidak hanya berasal dari website resmi IndiHome saja, melainkan banyak situs lain yang bisa dioptimalkan. Bahkan saat ini banyak aplikasi khusus yang memfasilitasi pengguna smartphone untuk mengecek koneksi internet dengan cepat. Berikut beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memilih tools untuk mengecek kecepatan WiFi IndiHome:

1. Operasional yang Mudah

Aspek paling dasar yang perlu ditekankan dalam memilih fitur Speed Test yaitu mengenai kemudahan dalam pengoperasiannya. Misalnya saat menggunakan situs resmi IndiHome, pengguna tidak akan diminta untuk memasukkan data apa pun. Sehingga, keamanan dari data WiFi pengguna tetap terjaga. Pengguna hanya perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan saat itu sedang terhubung ke WiFi yang akan diperiksa.

2. Kecepatan Pengecekan

Proses pengecekan kecepatan WiFi IndiHome seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Terhitung dari pengguna pertama kali melakukan pengecekan, hingga halaman menampilkan hasilnya hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Layanan terbaik tidak akan membuat pengguna menunggu lama untuk mengetahui kecepatan internet yang digunakan pada perangkat.

3. Hasil yang Lengkap

Tidak semua fitur Speed Test mampu menampilkan hasil yang detail, sehingga pengguna perlu memilah-milah layanan yang dirasa lengkap. Pastikan layanan Speed Test yang dipilih mampu menampilkan hasil seperti kecepatan upload, kecepatan unduh, dan sinyal ping. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui kecepatan WiFi IndiHome yang dimiliki dengan akurat.

Cara Mengecek Kecepatan WiFi Indihome yang Dapat Dilakukan

Persoalan yang sering muncul dari pengguna IndiHome yaitu bagaimana cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome dengan cepat. Sebab, pengetahuan ini sangat dibutuhkan terutama untuk mendeteksi adanya masalah yang mungkin terjadi pada jaringan. Berikut ini beberapa cara mendeteksi kecepatan WiFi IndiHome baik menggunakan website maupun aplikasi khusus untuk dipelajari:

1. Mengakses Website Resmi IndiHome

Pengguna WiFi IndiHome sebetulnya tidak perlu repot untuk melihat berapa kecepatan internet yang sedang berjalan. Sebab, ISP ini mendukung fitur untuk menjalankan Speed Test yang akurat. Sehingga pengguna bisa lebih tenang ketika mendapati sinyal internet yang bermasalah, sebab pengecekan bila dilakukan dengan sangat mudah.

Adapun cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan mengakses website resminya. Pengguna bisa memilih menu Speed Test yang tersedia di bagian paling atas. Pilih opsi tersebut dan klik 'Mulai' agar halaman memproses data yang diminta. Selanjutnya, website akan menampilkan data berupa sinyal ping, kecepatan unduhan dan upload dari jaringan.

2. Menggunakan Aplikasi Speed Test

Pengukuran kecepatan WiFi IndiHome akan lebih baik bila dilakukan secara real time, sehingga pengguna bisa mendeteksi apabila terjadi gangguan. Adapun aplikasi yang direkomendasikan yaitu Speed Test. Bukan hanya untuk mendeteksi koneksi WiFi saja, melainkan aplikasi ini mampu bekerja pada semua jenis jaringan internet yang tersambung pada perangkat.

Adapun cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan klik 'Test' yang terdapat pada tampilan beranda. Aplikasi akan menampilkan diagnosa berupa tes sinyal, tes ping, kecepatan unduhan dan upload. Hasil tes tersebut otomatis tersimpan pada perangkat, sehingga sewaktu-waktu bisa dilihat kembali bila dibutuhkan.

3. Mengakses Situs Fast.com

Alternatif lain bagi pengguna IndiHome yang tidak ingin menginstal aplikasi Speed Test khusus bisa mengunjungi situs Fast.com. Begitu halaman utama muncul, pengguna tidak akan diminta untuk menginputkan data apa pun. Sebab, layanan ini mampu bekerja hanya dengan mengoneksikan perangkat pada WiFi IndiHome yang akan dicek kecepatannya.

Pengguna bisa memilih opsi 'Start' untuk mengecek kecepatan internet yang saat ini sedang aktif pada perangkat. Beberapa detik kemudian, situs akan menampilkan berapa Mbps dari kecepatan WiFi. Apabila kurang yakin dengan hasil tersebut, silahkan lakukan recheck untuk memastikan keakuratan data kecepatan koneksi internet.

4. Menggunakan Aplikasi FAST Speed Test

Aplikasi ini menyajikan tampilan yang mudah dipahami, terutama bagi pengguna yang ingin mengetahui kecepatan internet di rumah. Adapun cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome bisa dilakukan hanya menggunakan satu klik saja. Setelah aplikasi terpasang, pengguna dapat klik 'Start' dan menunggu hingga aplikasi menampilkan berapa kecepatan jaringan WiFi yang diakses.

5. Mengakses Situs Project Stream Google

Jika pengguna merasa repot apabila harus mendownload aplikasi cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome terlebih dahulu. Maka salah satu usaha yang bisa dijalankan yaitu dengan memanfaatkan Google. Web Browser ini memiliki layanan bernama Projectstream yang berguna untuk mengidentifikasi kecepatan koneksi internet hanya dalam beberapa detik.

Pastikan perangkat sedang terhubung pada WiFi IndiHome yang ingin dicek kecepatannya. Ketiklah Projectstream pada Google dan klik situs pengecekan yang muncul. Klik opsi 'Check Now' untuk memulai identifikasi. Setelah beberapa saat kemudian, halaman situs ini akan menampilkan informasi yang pengguna butuhkan.

6. Menggunakan Aplikasi Opensignal

Mendeteksi masalah kecepatan jaringan internet bisa dilakukan dengan akurat menggunakan aplikasi Opensignal. Begitu masuk pada bagian beranda, pengguna bisa memilih opsi 'Test' dan menunggu beberapa menit. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan hasil analisis statistik koneksi jaringan internet yang sedang aktif. Sehingga pengguna bisa mengetahui seberapa cepat data yang digunakan.

7. Menggunakan Aplikasi SPEEDCHECK

Menerapkan cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome sebetulnya tidaklah rumit, apalagi bagi pengguna yang perlu setiap saat memantau koneksi internet. Sebab, SPEEDCHECK hadir dengan ukuran ringan dan layanan yang lengkap. Data yang ditampilkan akan sangat berguna untuk mengecek apakah paket internet yang ditawarkan oleh ISP sesuai dengan layanan yang diberikan.

Melalui satu kali klik 'Check' pengguna bisa memantau kecepatan WiFi IndiHome yang saat ini sedang dipakai. Aplikasi ini menampilkan informasi penting seputar koneksi internet yang meliputi kecepatan download, upload, dan sinyal ping. Di samping itu, pengguna juga akan mendapat informasi mengenai kemampuan jaringan untuk digunakan bermain game, browsing, streaming, dam chatting.

Itulah informasi seputar cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome yang dapat dipahami agar bisa digunakan saat butuh. Dengan fitur Speed Test tersebut, pengguna bisa memastikan apabila sinyal internet yang digunakan cukup stabil. Sebaiknya pilihlah paket WiFi IndiHome terbaik agar koneksi internet di rumah tidak mudah mengalami masalah. Dengan demikian, rutinitas pekerjaan bisa berjalan dengan lancar.