Cara Mengubah Format Video Secara Online dan Offline

Itulah sebabnya diperlukan cara mengubah format video, agar berbagai video dapat diubah format dan dibaca ketika menggunakan perangkat komputer.

Mengabadikan momen dalam bentuk video bisa lebih menyenangkan ketimbang hanya foto saja. Namun video memiliki banyak format, yang membuat file-nya tidak terbaca di perangkat yang berbeda. Itulah sebabnya diperlukan cara mengubah format video, agar berbagai video dapat diubah format dan dibaca ketika menggunakan perangkat komputer atau hp lain.

Sebagai contoh, format yang umum dibuat menggunakan smartphone adalah format MP4. Namun tiba-tiba, file video tidak bisa terbaca ketika dipindahkan ke laptop, karena format yang dibaca adalah 3gp. Maka file tersebut harus diubah dulu supaya bisa kembali ditonton di laptop.

Cara Mengubah Format Video Tanpa Aplikasi

Salah satu cara mengubah format yang bisa dipakai dengan mudah dan tanpa aplikasi adalah dengan bantuan beberapa situs. Pemilik file bisa berselancar melalui browser apapun untuk mendapatkan situs pengubah format video secara online. Beberapa di bawah ini rekomendasinya:

1. Menggunakan Situs Online-Convert.com

Salah satu situs yang kerap dipakai untuk mengubah format video menjadi berbagai jenis adalah online-convert. Website ini mudah dan cepat prosesnya. Dengan demikian video akan bisa segera ditonton ulang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, masuk melalui browser dan Kunjungi situs online-convert.com, cukup dengan mengetikkan kata kunci tersebut di kolom pencarian. Ketuk dan masuk ke halamannya.
  • Pilih format perubahan. Pada tampilan halaman mukanya, akan terlihat berbagai pilihan yang diinginkan untuk mengubah video. Silakan pilih sesuai keinginan, dan setiap video yang diproses nantinya akan berubah menjadi format tersebut.
  • Klik “Go”. Lihat menu “Go” dan klik untuk melanjutkan pemformatan video menjadi bentuk yang baru.
  • Pilih video. Setelah menentukan formatnya, pengguna akan diminta untuk mengunggah video yang akan diubah. Silakan browsing videonya dan unggah ke halaman tersebut.
  • Convert. Lanjutkan dengan mengetuk “convert file” dan proses akan segera dimulai.
  • Unduh. Langkah terakhir adalah mengunduh video yang telah berubah format, dan menyimpannya di tempat yang diinginkan.
  • Situs ini bukan hanya memberikan kemudahan untuk mengubah format video, tetapi juga bisa mengatur ukuran video. Ada juga fitur untuk mengatur dan mengubah frame rate, menghilangkan audio track, dan juga melakukan flipping video.

2. Menggunakan Zamzar

Ada situs lain yang juga sering digunakan yaitu zamzardotcom. Secara online, video dapat diubah dengan sangat mudah menjadi berbagai format. Mulai dari 3gp, MKV, AVI, dan sebagainya. Menggunakan converter ini pun sangat mudah, sepanjang ada koneksi internet yang stabil.

  • Masuk ke situs zamzar. Langkah pertama, akses situs zamzar melalui browser apapun. Mengaksesnya pun bisa menggunakan hp atau perangkat komputer.
  • Tambahkan video. Tahap berikutnya adalah mengunggah video yang akan diubah format, pada halaman situs tersebut. Sekali lagi, pastikan koneksi internet stabil agar video terunggah sempurna dan proses convert berjalan lancar. Klik “open” supaya video masuk ke situs zamzar.
  • Tentukan format. Setelah mengunggah video, tentukan format baru untuk perubahannya dengan cara mengetuk combo box “choose format”. Misalnya, video yang diunggah adalah MP4 dan akan diubah menjadi MKV.
  • Proses format. Selanjutnya, klik “video format” dan lanjutkan dengan “convert now”, maka video akan diproses. Lalu tunggu proses yang ebrjalan dan lanjutkan dengan mengunduh file video tersebut.
  • Lama proses convert yang dibutuhkan akan tergantung dari size video yang diunggah. Semakin besar file tentu semakin lama prosesnya. Jika sudah selesai, segera unduh dan klik “simpan”, maka video akan tersimpan di perangkat.

Cara Mengubah Format Video Menggunakan Aplikasi

Selain cara online yang membutuhkan koneksi internet, ada juga cara lain dengan terlebih dahulu memasang aplikasi. Cara ini sering dilakukan terutama bagi yang ingin mengubah format video menggunakan smartphone. Beberapa rekomendasi aplikasi ini bisa menjadi pilihan:

1. Format Factory

Salah satu aplikasi yang terkenal dan memang digunkana untuk convert video adalah format factory. Penggunaannya sangat mudah, ukurannya tidak terlalu besar, dan juga compatible untuk perangkat apapun. Selain mengubah format, aplikasi ini juga sering dipakai untuk memotong atau menggabungkan video dan audio.

  • Unduh aplikasi. Langkah pertama, pengguna smartphone atau perangkat komputer bisa mengunduh aplikasi ini dan memasangnya dengan sempurna. Selanjutnya, akses aplikasi tersebut.
  • Pilih format. Langkah berikutnya adalah memilih format yang diinginkan. Misalnya format MKV, AVI, MP4, dan sebagainya.
  • Unggah video. Lanjutkan proses dengan mengunggah file video yang ingin diubah dengan mengetuk ikon “plus”. Berikutnya, klik “ok” agar video masuk ke aplikasi pengubah format ini.
  • Klik mulai. Langkah selanjutnya sebagai cara mengubah format video pada aplikasi ini adalah mengetuk “mulai” dan proses akan berjalan.
  • Tunggu sampai proses berjalan, dan format video akan berganti sesuai dengan yang diinginkan. Lanjutkan dengan mengunduh dan menyimpan file tersebut ke perangkat, dan video siap ditonton kembali

2. Freemake Video Converter

Aplikasi lainnya yang memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan adalah Freemake Video Converter. Siapapun pasti bisa memakainya, meskipun baru pertama kali menggunakan converter ini.

Seperti halnya aplikasi converter yang lain, Freemake Video ini bisa dipakai untuk mengubah berbagai format menjadi AVI, MPEG, MP4, dan lain-lain. Bahkan, format DVD juga diakomodasi oleh aplikasi ini. Dengan demikian, menggunakan aplikasi ini bisa dengan mudah melakukan burning DVD dan Blue-Ray.

  • Unduh aplikasi. Seperti halnya penggunaan aplikasi pada umumnya, menggunakan Freemaker juga harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini dan memasangnya pada perangkat. Dengan demikian, pengguna bisa menggunakannya kapan pun dibutuhkan.
  • Akses aplikasi. Berikutnya, masuk ke aplikasi tersebut jika ingin menggunakan video converter ini.
  • Unggah video. Pada halaman muka aplikasinya, akan terlihat menu video dengan tanda tambah di bagian kirinya. Klik combobox tersebut untuk mengunggah video yang akan diubah formatnya. Cari video di perangkat lalu double klik atau klik “ok” untuk mengunggahnya ke aplikasi.
  • Pilih format. Jika video sudah terunggah, maka tampilan aplikasi akan kembali ke menu awal. Lanjutkan dengan memilih format baru yang diinginkan. Pengguna bisa memilih berbagai format, bahkan jika ingin mengubah video menjadi audio dengan format MP3.
  • Pilih folder. Cara mengubah format video menggunakan aplikasi ini sangat mudah, dan sejauh ini sudah hampir selesai. Lanjutkan dengan memilih tempat penyimpanan file yang diinginkan supaya tidak sulit mencari hasil unduhannya.
  • Unduh video. Langkah terakhir adalah melakukan pengunduhan, dan video akan ditemukan pada folder file yang ditunjuk dengan format yang baru.
  • Menggunakan aplikasi ini, pengguna bahkan bisa mengatur besar file dan resolusi dalam ukuran kbps. Dengan demikian, hasilnya akan sesuai dengan pengaturan yang dilakukan sendiri oleh pengguna.

Berbagai cara mengubah format video baik online maupun offline menggunakan aplikasi, bisa diterapkan dengan sangat mudah dan cepat. Dengan demikian, tidak akan ada lagi kendala jika ingin menonton ulang dokumentasi video di perangkat yang berbeda format.