Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis yang Bisa Dimanfaatkan

Sudah banyak aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa dimanfaatkan. Setiap aplikasi ini tentunya memiliki karakteristik pembeda dengan ragam.

Absensi merupakan komponen penting dalam penilaian siswa di sekolah. Seiring berkembangnya teknologi, pembuatan absen ini juga bisa dibuat dalam bentuk aplikasi. Sudah banyak aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa dimanfaatkan. Setiap aplikasi ini tentunya memiliki karakteristik pembeda dengan ragam fiturnya.

Lalu kenapa harus memakai aplikasi untuk kebutuhan absensi siswa? Menggunakan aplikasi untuk mengumpulkan absensi siswa tentu suatu hal yang memudahkan. Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan poin manfaat dalam penggunaannya. Semua penjabaran mengenai daftar aplikasi serta manfaat menggunakannya akan dijabarkan di bawah ini:

Daftar Aplikasi Absensi yang Bisa Dimanfaatkan

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi absensi siswa online gratis yang layak untuk dimanfaatkan. Setiap aplikasi tentu menawarkan kemudahan yang berbeda-beda sesuai dengan ketersediaan fiturnya. Untuk mencari aplikasi yang paling pas dengan kebutuhan, maka harus melihat daftar aplikasi yang ada di bawah ini. inilah daftarnya:

1. Absenku

Aplikasi pertama yang bisa dimanfaatkan adalah Absenku. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan absensi sesuai dengan jadwal yang sudah diinput. Untuk memakainya, pihak sekolah harus membuat akun terlebih dahulu. data siswa juga harus dimasukkan agar setiap siswa siap melakukan absensi.

DESNET App adalah developer yang mengembangkan aplikasi ini. untuk bisa memilikinya, ukuran pengunduhan hanya sekitar 30 MB. Dengan besaran ini, maka tidak akan terlalu membebani penyimpanan yang ada di perangkat. Melalui aplikasi ini, proses absensi juga bisa dilakukan dengan simpel dan praktis.

2. Talenta

Rekomendasi aplikasi absensi siswa online gratis yang kedua adalah talenta. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mekari sebagai developer aplikasinya. Dibandingkan dengan aplikasi pertama, Talenta ini memiliki ukuran yang lebih minim yaitu sekitar 20 MB. Dengan demikian, maka ukurannya tidak akan terlalu memenuhi perangkat.

Sama seperti aplikasi pertama, aplikasi ini dibuat untuk manajemen absensi siswa secara online dengan lebih terstruktur. Karena kemudahannya, sudah banyak pihak yang puas memakai aplikasi ini. Hal ini dibuktikan dengan rating aplikasinya yang tinggi. Bahkan, aplikasi ini sering dipakai perusahaan yang artinya sudah mendapat kepercayaan lebih dalam penggunaannya.

3. Hadirr

Aplikasi ketiga yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi bernama Hadir dengan Fast-8 sebagai pengembangnya. Jika berbicara mengenai ukurannya, maka aplikasi ini hanya memiliki 17 MB. Dibanding yang lainnya, tentu ini jauh lebih kecil lagi. meski demikian, kualitas aplikasinya masih sangat baik untuk dipakai.

Memang sudah banyak perusahaan yang memakai aplikasi ini sebagai alat bantu mengumpulkan absensi. Tapi jika dimanfaatkan untuk absensi siswa, maka tidak ada yang salah dan justru akan semakin baik. Aplikasi ini memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga pas untuk dimanfaatkan di lingkungan sekolah.

4. Je Clock

DoranDev sebagai salah satu developer aplikasi juga tidak mau kalah meluncurkan aplikasi absensi untuk siswa. Uniknya, aplikasi ini hanya memiliki ukuran sekitar 11 MB saja. Jika memakai aplikasi ini, maka ruang penyimpanan di ponsel tidak akan terkuras habis. Lalu bagaimana dengan fitur pendukungnya?

Apabila memakai aplikasi ini, maka fitur deteksi wajah juga bisa dipakai untuk absensi. Dengan demikian, proses pendeteksian absensi akan semakin akurat dan tepat. Selain fitur absensi, pengguna aplikasi ini juga bisa memanfaatkan fitur tugas yang bisa dipakai. Melalui fitur ini, maka pemberian tugas akan lebih mudah.

5. Skul.id

Selanjutnya ada aplikasi Skul.id yang juga memiliki rating tinggi. Aplikasi ini khusus untuk memanajemen kebutuhan sekolah. Mulai dari absensi, pemberian tugas, dan poin penting lainnya. Untuk ukurannya sendiri, pengguna bisa memilikinya dengan ukuran 16 MB saja. Ukuran ini bisa dibilang tidak terlalu besar untuk ukuran aplikasi absensi.

Selain fitur yang diperuntukkan untuk siswa dan guru, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk orang tua. Jika orang tua ingin ikut memantau siswa, maka aplikasi ini bisa dijadikan acuan yang tepat. Aplikasi ini juga bisa dibuka di berbagai perangkat berbeda. Hal ini tentunya akan memudahkan segala proses yang akan dilakukan.

6. Onklas

Untuk selanjutnya, ada aplikasi bernama Onklas. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan absensi sekolah dengan menyeluruh. Bukan hanya absensi saja, pemberian tugas dan ujian juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Berbagai modul yang guru input akan muncul di aplikasi ini dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa yang terkait.

Lalu untuk ukuran aplikasinya sendiri, pengguna harus menyiapkan 18 MB di perangkat. Aplikasi ini juga memiliki rating yang baik. tampilannya juga simpel dan sederhana. Sehingga pengguna baru pun tidak akan merasa kesulitan dengan penggunaannya. Aplikasi ini memang memudahkan pengguna dari berbagai aspeknya.

7. EZCloud

EZCloud adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Fingerspot. Aplikasi ini dirancang untuk terkoneksi dengan GPS. Melalui koneksi ini, maka proses absensi akan semakin mudah. apabila GPS mendeteksi sudah berada di lingkungan sekolah, maka proses absensi bisa dilakukan. Fitur ini tentu saja jarang ditemui di banyak aplikasi.

Berbagai komponen absensi bisa dimasukkan dalam aplikasi ini. Baik hadir, tidak hadir, maupun izin semua memiliki kolom tersendiri. Dengan banyaknya kemudahan ini, pengguna hanya perlu meluangkan tempat 11 MB untuk memakai aplikasi ini. Sangat tidak salah jika ingin memanfaatkan aplikasi ini untuk segala kemudahannya.

Manfaat Memakai Aplikasi Absensi

Dalam penggunaan aplikasi absensi siswa online gratis, tentu ada beberapa manfaat yang mengikutinya. Setiap manfaat ini tentunya bisa dirasakan oleh setiap penggunanya. Baik itu pihak guru, siswa, maupun pihak sekolah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan selama pemakaian aplikasi absensi:

  • Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan hemat. Hal ini dikarenakan pihak sekolah tidak perlu lagi menyiapkan kertas untuk mengumpulkan absensi di setiap kelas.
  • Kecurangannya sangat minim. Dengan memakai aplikasi absensi, maka metode kecurangan yang akan dilakukan sangat minim dan sulit. Tidak seperti penggunaan kertas dan metode konvensional lainnya.
  • Bisa dipantau secara real time. Tentu hal ini sangat memungkinkan. Karena setiap ada yang absensi yang di-input, maka akan masuk ke server secara langsung.
  • Perhitungan jam akan pas. Dengan memakai aplikasi absensi, maka akan diketahui jam berapa siswa masuk dan melakukan absensi.
  • Rekapitulasi sangat mudah. Saat menjelang rekapitulasi absen, maka guru hanya perlu mengunduh hasil absensi untuk dimanfaatkan. Hal ini tidak akan menyulitkan.

Daftar manfaat yang ada di atas tentunya akan sangat menarik untuk didapat. Semua manfaat ini juga akan didapat di berbagai aplikasi yang sudah direkomendasikan di atas. Ragam manfaat ini tentunya bisa dipakai sebagai dasar pemilihan aplikasinya. Jadi tidak perlu memakai metode konvensional lagi untuk mengumpulkan absensi.

Itulah daftar aplikasi absensi siswa online gratis beserta dengan manfaat penggunaannya. Jika ingin memilih aplikasi yang paling pas, maka bisa mencoba satu per satu. Dengan adanya uraian manfaat di atas, tentunya keyakinan untuk memakai aplikasi absensi akan semakin besar. Semua aplikasi akan memudahkan dan memberi nilai praktis kepada pengguna.