Rekomendasi Aplikasi Cek Plagiasi Terbaik dengan Tingkat Keakuratan Tinggi

Karena sudah dapat dilakukan online maupun menggunakan aplikasi cek plagiasi. Tentunya aplikasi ini mudah untuk diakses dan memberikan hasil.

Mengecek plagiasi saat pembuatan konten sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan keaslian dari konten tersebut. untungnya saat ini untuk mengecek aplikasi bukanlah perkara yang sulit. Karena sudah dapat dilakukan online maupun menggunakan aplikasi cek plagiasi. Tentunya aplikasi ini mudah untuk diakses dan memberikan hasil yang dapat dipercaya.

Rekomendasi Aplikasi Cek Plagiasi

Seperti yang dikatakan tadi, kalau tidak semua aplikasi cek plagiasi dapat dipercaya. Lantas aplikasi apa saja yang dapat dipercaya? Berikut ini akan diberikan daftarnya, dan tentu semua yang ada di daftar ini dapat dipercaya dengan segala keunggulan yang dimilikinya. Jadi tidak akan merugikan pengguna sama sekali, dan cocok untuk berbagai kalangan.

1. Turnitin

Pertama adalah aplikasi cek plagiasi yang tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, yaitu turnitin. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengecekan jurnal, essay, dan beberapa jenis tulisan lainnya. Keakuratan yang dimiliki oleh aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah terbukti, dan sudah banyak yang menggunakannya.

Tidak hanya untuk mengecek plagiasi, tapi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat kutipan dan referensi. Dapat dikatakan kalau ini merupakan paket lengkap yang dapat ditawarkan dalam satu aplikasi. Karena itu tidak heran jika banyak yang menggunakan aplikasi ini, apalagi aplikasi ini juga tidak sulit untuk digunakan. Bahkan bagi orang yang baru pertama kali mencoba.

2. Plagiarisma

Aplikasi cek plagiasi yang selanjutnya dapat pengguna coba adalah plagiarism. Sudah banyak praktisi yang menggunakan aplikasi ini. Karena keakuratan hasil yang diberikan. Apalagi aplikasi ini sudah didukung dengan pengenalan lebih dari 190 bahasa. Ditunjang lagi dengan kemudahan yang ditawarkan, dimana pengguna dapat mengecek dengan menyalin link, mengunggah langsung, ataupun menyalin teks.

Dengan kemudahan seperti itu tentu akan sangat membantu pengguna dalam mengecek plagiasi di konten yang dimilikinya. Apalagi aplikasi ini mendukung banyak sekali jenis file. Dari mulai HTML, TXT, DOC sampai DOCX dan masih banyak lagi. Jadi pengguna dapat langsung melakukan pengecekan, tanpa perlu repot melakukan perubahan terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan plagiat.

3. Plagiarism Checker

Siapa yang tidak ingin menggunakan aplikasi gratis? Rasanya tidak ada. Kabar baik bagi yang mungkin sedang mencari aplikasi untuk mengecek plagiat gratis, karena sekarang sudah ada plagiarism checker. Penggunaan yang mudah dipahami dan keakuratannya yang tinggi, membuat aplikasi ini menjadi primadona. Apalagi fiturnya yang lengkap meskipun aplikasi ini tidak berbayar.

Bagi yang ingin mengecek plagiasi di aplikasi ini juga dapat melakukannya dengan mudah. Karena pengguna dapat memilih menyalin link, mengunggah filenya, ataupun dengan cara menyalin dari dokumen. Tenang saja, meskipun menggunakan cara yang berbeda tapi hasilnya tetap akan akurat. Cocok digunakan untuk pelajar yang sering membuat tugas tentang penulisan, untuk memastikan keaslian karyanya.

4. Grammarly

Mungkin banyak yang menyangka kalau aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengecek grammar saja, sesuai namanya. Namun ternyata itu salah. Karena aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek plagiasi. Jadi sambil mengecek plagiat, pengguna juga dapat sekalian melakukan pengecekan tata bahasa yang digunakan. Sehingga nanti hasil tulisannya akan lebih baik.

Tingkat keakuratan yang dimiliki oleh aplikasi ini lumayan tinggi. Karena grammarly mampu melakukan perbandingan dengan lebih dari 8000 website yang kiranya memiliki penulisan serupa. Dengan perbandingan sebanyak itu, tentu hasil yang diberikan sangatlah akurat. Hal ini semakin menyenangkan, karena grammarly sangat mudah digunakan. Tidak akan membuat penggunanya bingung sama sekali.

5. Copyleaks

Dapat dikatakan kalau copyleaks memberikan fitur yang sangat jarang ditemukan di aplikasi cek plagiasi pada umumnya. Karena di aplikasi pengguna mampu membandingkan dua hasil tulisannya secara sekaligus. Tentunya dengan hasil penilaian khususnya masing-masing, dan dengan tingkat keakuratan yang sama-sama baik. Tanpa harus khawatir penilaiannya tidak menjadi maksimal, dan mengurangi kualitas konten.

Di aplikasi ini juga ada penilaian otomatis yang dapat diberikan oleh aplikasinya secara langsung. Setelahnya penilaian ini akan langsung terintegrasi dengan google doc, dan juga ms word. Jadi hasil penilaian akan langsung disimpan dengan otomatis. Aplikasi ini juga sudah mendukung 100 bahasa, sehingga pengguna dapat melakukan pengecekan dengan bahasa yang berbeda-beda.

6. Plagscan

Rekomendasi selanjutnya tepat untuk digunakan apabila ingin mengecek konten ilmiah, seperti jurnal, dsb. Karena keakuratan yang dimiliki, dan aplikasi ini juga mampu melakukan perbandingan dengan beberapa jurnal yang ada di internet. Jadi pengguna dapat mendapatkan hasil yang lebih real. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak penggunanya berasal dari akademis.

Namun bukan berarti penulis di luar akademis tidak boleh menggunakan aplikasi ini. karena untuk mengecek dokumen biasa, aplikasi ini juga masih dapat diandalkan. Oleh sebab itu pengguna tidak perlu khawatir. Tampilan yang diberikan oleh aplikasi ini juga sangat mewah, dan meyakinkan. Tidak kalah dengan aplikasi pengecekan plagiasi lainnya yang ada di masyarakat.

7. Unicheck

Keunggulan aplikasi cek plagiasi ini adalah fiturnya yang sangat menarik. Bahkan di aplikasi pengguna dapat langsung melakukan pengecekan terhadap dokumen yang sedang dikerjakannya dig doc. Caranya pengguna hanya tinggal mengaktifkan fitur add-on di aplikasi ini. Untuk kemudian aplikasi ini akan secara otomatis mengecek plagiat dan struktur bahasanya langsung selama proses pengetikan.

Fitur itu tidak hanya berlaku di google saja, tapi ada juga di Microsoft 365, dan google workspace. Tentu merupakan fitur yang sangat menguntungkan bagi penggunanya. Karena pengguna tidak perlu repot dalam melakukan pengecekan. Semuanya dapat dilakukan langsung, dan secara otomatis. Tidak akan memakan waktu lama sama sekali, sehingga cocok bagi yang sibuk.

8. Duplichecker

Terakhir ada Duplichecker yang dapat digunakan untuk mendeteksi plagiasi secara langsung, dan tanpa dipungut biaya sama sekali. Jumlah kata yang dapat dicek di aplikasi cek plagiasi dalam sekali proses juga sangat lumayan yakni 1000 kata. Nantinya pengguna akan melihat perbandingan hasil, dengan teks yang ditulisnya. Jadi pengguna dapat langsung segera membetulkan.

Aplikasi ini mendukung banyak bahasa, dan juga berbagai format dokumen. Dari mulai txt, doc, dock, odt, pdf, rtf, dsb. Semua dokumen tersebut dapat dicek plagiasinya dan tentunya aplikasi ini akan menampilkan hasil yang sangat akurat. Hebatnya, aplikasi ini tidak hanya dapat mengecek plagiasi saja tapi juga mengecek penulisan yang mungkin saja salah.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Tentunya dalam memilih aplikasi ini pengguna tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dari mulai keakuratan, biaya, dan juga cara penggunaanya. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut sesuai dengan keinginan pengguna, dan dapat dioperasikan dengan optimal.

Biaya atau harga ini sangat penting untuk diperhatikan, karena pengguna harus dapat menyesuaikan dengan budget.

  • Cari yang fiturnya benar-benar lengkap dan dibutuhkan.
  • Cara penggunaan. Sesuaikan apakah aplikasi tersebut dapat digunakan.
  • Kebutuhan, pastikan untuk memilihnya sesuai kebutuhan.

Jadi, itulah tadi rekomendasi aplikasi cek plagiasi yang dapat pengguna pilih dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Jangan sampai salah dalam memilih, dan pastikan untuk mencari yang terbaik untuk mendapatkan hasil optimal.