Rekomendasi 9 Aplikasi Edit Suara PC Terbaik

Bagi siapa pun yang sedang mencari aplikasi edit suara PC kini tidak perlu bingung lagi. Karena sudah tersedia banyak aplikasi edit suara di PC.

Bagi siapa pun yang sedang mencari aplikasi edit suara PC kini tidak perlu bingung lagi. Karena sudah tersedia banyak aplikasi edit suara di PC dari yang gratis hingga berbayar. Tentunya aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur yang menarik dan mampu membuat hasil editing menjadi sempurna.

Bagi siapapun yang sedang belajar di bidang edit suara, cobalah untuk menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu. Selanjutnya jika sudah mulai mahir menggunakan versi berbayar yang harus berlangganan tiap bulan. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit suara di PC yang paling recommended:

Aplikasi Edit Suara PC Gratis

Saat ini sudah banyak aplikasi edit suara PC yang bisa dipilih, baik gratis maupun berbayar. Tentunya semua aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi siapapun yang sedang melakukan editing musik, podcast dan lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi gratis bagi siapapun yang ingin mengedit audio menjadi lebih baik:

1. Studio One Prime

Salah satu aplikasi edit suara gratis bagi pengguna PC adalah Studio One Prime. Aplikasi besutan PreSonus ini dapat digunakan untuk merekam FX channel, virtual instrumen maupun multi track. Studio One Prime sangat kompatibel dengan sistem operasi Windows maupun Mac.

Aplikasi ini sangat cocok bagi siapapun yang sedang belajar edit suara di PC. Walaupun fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini tidak selengkap pada versi berbayar, namun sensasi editing yang ditawarkan cukup menarik. Pengguna tetap dapat menikmati kemudahan dari semua fitur yang ada.

2. Audacity

Aplikasi terbaik dalam hal edit suara di PC adalah Audacity. Bahkan Audacity tidak kalah dengan aplikasi berbayar. Dikarenakan fitur yang disediakan sangat lengkap dan sering update sehingga kinerjanya semakin maksimal. Menariknya, Audacity tersedia untuk Linux, Windows maupun macOS.

Audacity menawarkan berbagai fitur mulai dari penambahan efek, menjernihkan suara dan lainnya. Pengguna juga dapat membuat podcast dan langsung di posting ke platform tertentu. Tidak hanya itu, Audacity juga menyediakan banyak suara serta plugin yang keren untuk memudahkan edit suara.

3. Hya-Wae

Aplikasi edit suara PC online ini menawarkan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Hya-Wae menawarkan tampilan yang sangat sederhana karena tidak banyak tombol seperti pada aplikasi edit suara lainnya. Beberapa fitur yang ada dalam Hya-wae antara lain merekam suara dari mikrofon, drag & drop berkas audio serta kontrol keyboard.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali berbagai macam efek seperti amplify, feedback delay dan lainnya. Pengguna juga dapat mengirim hasil rekaman yang sudah dibuat ke media sosial lain. Mulai dari Facebook, Twitter dan lainnya.

4. Ocenaudio

Berikutnya adalah Ocenaudio yang merupakan aplikasi edit suara PC gratis terbaik. Aplikasi ini memiliki user interface atau UI yang jauh lebih asyik jika dibandingkan Audacity. Bahkan tampilan dari Ocenaudio juga lebih bersih dan segar dengan UI yang penuh warna. Ocenaudio dapat digunakan di Windows, Linux serta macOS.

Tidak hanya itu, Ocenaudio juga memiliki kemampuan untuk melihat efek secara langsung. Sehingga pengguna tidak perlu melakukan modifikasi file audio asli secara destruktif. Di samping itu, pengguna juga dapat edit file suara yang tersimpan di cloud maupun PC.

5. Audiotool

Aplikasi Audiotool merupakan platform online gratis yang bisa digunakan untuk membuat trek audio. Dengan adanya Audiotool, pengguna sudah tidak perlu download software installation lagi. Cukup daftar di website secara gratis maka aplikasi sudah dapat digunakan. Sayangnya untuk saat ini Audiotool hanya bisa diakses melalui Chrome saja.

Salah satu fitur yang menarik dari Audiotool adalah pengguna dapat merekam suara selama 30 detik. Kemudian rekaman tersebut dapat diedit dan diberikan efek instrumen yang sudah disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat edit trek audio dengan menambahkan filter maupun efek.

6. Podium

Salah satu aplikasi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk edit suara adalah Podium. Aplikasi ini sebenarnya hadir dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Walaupun pada versi gratis fiturnya tidak selengkap versi berbayar, namun edit suara yang dihasilkan tidak kalah dengan versi gratis lainnya.

Di dalam aplikasi ini tersedia beberapa fitur yang canggih. Mulai dari multi processing plugin, moxer 64 bit dan masih banyak lagi. Daripada itu, Podium dapat digunakan di Windows.

Aplikasi Edit Suara PC Berbayar

Selain tersedia dalam versi gratis, aplikasi edit suara PC juga tersedia dalam versi berbayar. Tentunya dengan berlangganan tiap bulan pengguna akan merasakan berbagai fitur yang jauh lebih lengkap. Berikut ini beberapa aplikasi berbayar untuk edit suara di PC:

1. Adobe Audition

Aplikasi edit suara Adobe Audition menawarkan berbagai fitur canggih yang akan membuat penggunanya seperti seorang pro. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus berlangganan terlebih dahulu. Walaupun demikian, hal ini sangat sebanding dengan kualitas aplikasi yang ditawarkan. Apalagi setiap tahun aplikasi pasti mengalami update untuk memperbarui fiturnya.

Salah satu keunggulan dari Adobe Audition adalah pengguna dapat terhubung langsung dengan Creative Cloud. Sehingga memungkinkan pengguna untuk edit video juga menggunakan Adobe Premiere Pro. Bagi siapapun yang sedang belajar bisa menggunakan versi trial selama 7 hari di aplikasi ini. Adobe Audition ini kompatibel dengan Windows dan macOS.

2. Fruity Loop

Salah satu aplikasi edit suara di PC yang sering digunakan oleh para musisi elektronik adalah Fruity Loop atau FL Studio. Di dalam aplikasi ini tersedia banyak plugin yang akan memudahkan penggunanya dalam membuat musik. Apabila pengguna ingin berlatih edit suara menggunakan aplikasi ini, maka bisa mencoba versi trial.

Menariknya, aplikasi Fruity Loop ini tidak hanya tersedia untuk PC saja. Melainkan juga versi mobile yaitu Android dan iOS. Sehingga sangat cocok bagi pemula yang sedang mencoba edit suara agar lebih bagus.

3. Reaper

Berikutnya aplikasi berbayar Reaper yang bisa didapatkan dengan harga $225 untuk commercial license. Sedangkan untuk discounted license harus membayarkan sejumlah $60. Harga yang sangat murah untuk aplikasi editing suara. Bahkan Reaper menawarkan harga yang lebih murah daripada Adobe. Tentu saja harga yang ditawarkan sangat sebanding dengan hasil edit suara yang dilakukan.

Reaper menawarkan berbagai macam fitur seperti edit secara multi-track. Tidak hanya itu, Reaper juga menyediakan fitur perekaman suara serta MIDI. Menariknya, pada aplikasi ini juga tersedia perangkat untuk mixing, processing serta mastering audio. Daripada itu, Reaper mendukung berbagai macam format, hardware dan plugin OS 32 bit serta 64 bit.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit suara PC yang gratis maupun berbayar. Aplikasi edit suara ini sangat bermanfaat bagi siapapun yang sedang menekuni audio engineering. Pengguna bisa mengakses berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi. Mulai dari memberi efek, edit MP3, merekam musik dan lainnya. Hasil edit suara akan jauh lebih mengagumkan!