Rekomendasi Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Sekarang ini, semakin banyak yang tertarik untuk mencoba aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang tambahan.

Menyalurkan hobi dan kesenangan menulis melalui sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh orang banyak memang bisa memberikan keuntungan yang menarik. Tidak heran pula pada masa sekarang ini, semakin banyak yang tertarik untuk mencoba aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang tambahan. Belum lagi jika nantinya proses menulis bisa dilakukan  sesuka hati.

Secara garis besar, sudah ada beberapa jenis aplikasi sejenis yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh setiap orang terutama para pemula. Namun terkadang pengetahuan yang kurang akan jenis-jenis aplikasi tersebut memiliki dampak yang besar pada kesulitan dalam menentukan pilihan yang tepat. Setidaknya simak beberapa rekomendasi di bawah ini untuk memudahkan pilihan:

Aplikasi Menulis Penghasil Uang yang Populer

Kali ini, ada beberapa jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang yang dijelaskan dalam beberapa daftar yang tentu saja jangan dilewatkan. Berikut ini beberapa daftar aplikasi yang bisa segera dicoba nantinya terutama jika ingin menambah pendapatan melalui menulis:

1. Dreame

Pertama, ada sebuah aplikasi yang mungkin sudah cukup populer di kalangan anak muda Indonesia yang seringkali diakses ketika bersantai. Walaupun memang biasanya digunakan untuk membaca cerita, sebenarnya para pengguna juga bisa memulai untuk menulis dan membagikannya kepada yang lainnya.

Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dengan cukup mudah asalkan memang bisa menulis cerita secara rutin. Bahkan setiap orang juga bisa memanfaatkan jenis aplikasi ini untuk menyampaikan berbagai jenis cerita dengan genre fantasi sampai romansa.

2. Storial

Untuk jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang yang kedua ini juga jangan sampai ketinggalan untuk dijadikan sebagai pilihan utama. Melalui bantuan dari jenis aplikasi ini, setiap orang bisa mengutarakan perasaannya yang dimiliki yang nantinya bisa membantu untuk menghasilkan uang. Bahkan ada fitur yang bisa membantu dalam mengatur jadwal masing-masing.

3. Noveltoon

Secara sederhana, jenis aplikasi yang ketiga ini memang disediakan dan ditawarkan kepada masyarakat Indonesia yang ingin mencoba untuk menghasilkan uang tambahan. Awalnya akan ada beberapa jenis novel yang menarik untuk dinikmati dan dibaca ketika waktu luang namun potensi untuk menulis juga ada. Silakan manfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk menulis di sana.

4. WeRead

Sama seperti yang sebelumnya, jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang yang keempat ini biasanya dipilih karena kemudahan dalam aksesnya. Sejak awal jenis aplikasi ini memang bisa dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat jika ingin mencoba menulis cerita pendek saja.

Namun sebaiknya tetap sesuaikan dengan jadwal rutin agar lebih mudah dan tulisan dapat dinikmati oleh pembaca dengan lebih sering. Selain itu, proses pembuatan akun menggunakan jenis aplikasi dapat dilakukan dengan sederhana sehingga tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.

5. Innovel

Kemudian ada sebuah aplikasi yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk langsung dicoba terutama jika ingin menulis untuk pertama kalinya. Apalagi jenis aplikasi ini sangat direkomendasikan secara khusus kepada kalangan anak muda yang tentu saja ingin mengisi waktu yang luang.

Nanti gene yang ditawarkan pun berupa young adult yang menarik sehingga sasaran pembacanya pun perlu disesuaikan. Sementara itu, untuk genrenya sebenarnya tidak hanya berfokus pada romansa namun juga dipadukan dengan komedi dan fantasi.

6. Joylada

Jika memiliki keinginan dan ketertarikan untuk mencoba jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, maka sebaiknya pahami dahulu tipe ceritanya. Pasalnya jenis aplikasi ini memang lebih dikenal sebagai aplikasi yang menawarkan berbagai cerita romansa yang dilengkapi dengan kesan seperti thriller. Namun bukan berarti beberapa genre yang lainnya tidak bisa dicoba.

7. Web Novel

Seperti nama yang digunakan, jenis aplikasi yang ketujuh ini memang lebih berfokus untuk menyajikan beberapa novel dengan genre yang bervariasi. Walaupun begitu, setiap orang yang ingin mencoba untuk membuat cerita dalam kategori yang pendek juga tidak dipermasalahkan dan mudah melakukannya. Namun jika ingin mencoba membaca komik, juga ada beberapa pilihan.

8. NovelMe

Tips yang bisa digunakan oleh setiap orang yang baru mencoba jenis aplikasi ini adalah dengan memulai untuk membaca cerita dahulu. Nantinya setiap pengguna bisa menentukan seperti apa tipe cerita yang memang ingin ditulis dan menyesuaikan pula pada sasaran pembaca masing-masing. Selain itu, jangan lupa pula untuk menulis ceritanya secara rutin.

9. Wattpad

Hampir sebagian besar kalangan anak muda pada masa sekarang tentu saja sudah mengenal jenis aplikasi yang sudah cukup populer ini. Namun untuk menulis melalui jenis aplikasi ini, setiap pengguna perlu menentukan dahulu seperti apa genre yang memang diinginkan oleh penulis. Nantinya uang yang didapatkan akan dipengaruhi besar oleh ketertarikan pembaca.

10. Cabaca.id

Selain bisa digunakan untuk membaca berbagai jenis cerita, aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita. Setiap pengguna bisa segera membuat akun yang baru kemudian dimanfaatkan untuk berbagi cerita yang sudah ditulisnya dan dibaca pengguna yang lainnya. Aplikasi ini juga bisa diakses melalui situs jika ada kendala.

11. KBM Apps

Untuk kategori aplikasi yang berikutnya ini disediakan dan ditawarkan dengan tampilan sederhana yang menggunakan hijau sebagai warna utama dalam aplikasinya. Selain itu, jenis aplikasi ini juga biasanya lebih dijadikan sebagai pilihan bagi kalangan generasi tua yang sudah memiliki rumah tangga. Namun untuk jenis cerita yang ditulis bisa dikatakan lebih bervariasi.

12. Goodnovel

Jika menginginkan sebuah aplikasi menulis yang dilengkapi dengan fitur yang lengkap namun lebih mengikat, maka silakan coba bantuan aplikasi ini. Ditambah lagi, jenis aplikasi ini sejak awal ditawarkan untuk memudahkan para pengguna dalam menulis dengan jadwal yang lebih rutin nantinya. 

Selain itu, bakal ada beberapa kontrak khusus yang perlu dipenuhi sehingga sebaiknya sejak awal dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang matang. Ditambah lagi, setiap pengguna tentu saja akan diberikan sebuah aturan terkait minimal kata yang harus diserahkan kepada aplikasi setiap bulan.

13. Finovel

Kemudian ada jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang yang lainnya yang bisa segera dimasukkan ke dalam daftar terbaik nantinya. Kali ini, setiap pengguna bahkan bisa mendapatkan poin tambahan dengan mudah jika berniat juga untuk membaca cerita menarik yang lainnya. Nantinya poin yang sudah dikumpulkan tersebut dapat ditukarkan dengan uang.

14. Novelah

Jenis aplikasi yang terakhir ini sebenarnya sudah disediakan dengan berbagai pilihan yang bisa dipakai untuk membantu dalam menghasilkan uang tambahan. Setiap pengguna bahkan tidak hanya bisa menulis sebuah cerita namun juga bisa membantu dalam mengoreksi berbagai cerita yang disediakan aplikasi. Proses pembuatan akun pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa ribet.

Uraian mengenai beberapa jenis aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang secara lengkap di atas dapat dimanfaatkan secara tepat sesuai keinginan. Namun sebaiknya sejak awal coba untuk mengetahui dan memahami dahulu apa saja karakteristik yang dimiliki oleh setiap aplikasi sebelum memilih. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan.