Cara Hapus Cache di Hp Samsung dan Informasi Lainnya

Bagaimana cara hapus cache di hp Samsung yang mudah? Tidak menghapus cache berakibat RAM menjadi lebih penuh dan running task jadi terganggu.

Memiliki ponsel yang lamban memang cukup menyiksa dan menghambat segala pekerjaan. Bahkan terkadang hal ini menjadi masalah karena banyaknya file cache menumpuk di dalam memori. Apalagi bagi pengguna hp Samsung, tentunya berakibat RAM menjadi lebih penuh dan running task jadi terganggu. Lantas bagaimana cara hapus cache di hp Samsung yang mudah?

Permasalahan ini pastinya akan terjadi berulang karena bisa didapatkan ketika menjalankan aplikasi di hp setiap hari. Maka file cache pun semakin banyak dan membuat perangkat mengalami permasalahan atau jadi melambat. Nah jika penasaran bagaimana cara mengatasinya secara mudah, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Mengenal Apa itu Cache

Data cache adalah data sementara yang biasanya didapatkan karena menjalankan aplikasi di ponsel. Pada umumnya, data ini bersifat sementara dan bisa dihapus apabila pengguna membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Cache ini biasanya muncul karena konten gambar atau video yang diakses selama browsing. Sehingga apabila pengguna ingin memuatnya kembali, tentu saja pengaksesan jadi lebih mudah.

Fungsi lainnya yaitu untuk membantu aplikasi lebih mudah dalam memuat konten. Hal ini juga seringkali digunakan oleh pemilik website untuk meningkatkan trafik maupun pengalaman user. Lantas apakah cache perlu dihapus? Tentu saja hal ini cukup dipertanyakan. Pasalnya pengguna harus memulai ulang sistem aplikasi apabila cache dihapus.

Namun apabila tidak dihapus, data cache lama kelamaan jadi semakin menumpuk dan membuatnya bekerja lebih lambat. Pengguna sangat disarankan untuk menghapusnya secara berkala dan tidak perlu khawatir semua data penting terhapus. Pasalnya, cache tidak memiliki hubungan dengan data yang dimiliki di ponsel. Sehingga pastikan mengetahui bagaimana cara menghapusnya secara tepat agar tida menimbulkan permasalahan lainnya.

Cara Hapus Cache di Hp Samsung

Menghapus data cache di hp Samsung bisa dilakukan dengan berbagai cara secara mudah. Hal ini dilakukan agar kinerja ponsel tidak melambat atau mengganggu pekerjaan. Berikut inilah cara yang bisa dilakukan, yaitu antara lain:

1. Melalui Pengaturan Aplikasi

Cara hapus cache di hp Samsung yang pertama bisa dilakukan adalah dengan melalui menu pengaturan aplikasi terlebih dahulu. Pilihlah aplikasi maupun game terinstal yang terindikasi memiliki banya file cache tersimpan. Apabila sudah, klik aplikasi dan pilih opsi penyimpanan. Setelah itu, pilih opsi hapus memori. File cache yang menumpuk pun bisa terhapus dan membuat hp jadi tidak lemot lagi.

Namun yang perlu diperhatikan adalah cara ini hanya dapat dipergunakan untuk satu aplikasi maupun game saja. Jika ingin menghapus semuanya, maka pengguna harus melakukannya secara manual dan menghapusnya satu persatu.

2. Menggunakan Tools Device Care

Tidak hanya melalui pengaturan aplikasi saja, namun pengguna juga bisa memanfaatkan Tools Device Care satu ini. Tool utilitas ini memungkinkan pengguna agar bisa memonitor kinerja perangkat mulai dari baterai hingga penyimpanan. Sehingga bisa pula menghapus cache pada bagian memori agar hp tidak melambat.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan membuka menu pengaturan dan cari menu device care. Setelah itu pilihlah memori dan tap “Clean Now”. Dalam proses ini yaitu sistem akan membersihkan semua file cache yang ada secara menyeluruh dengan baik. Sangat mudah, bukan?

3. Memanfaatkan CCleaner 

Langkah cara hapus cache di hp Samsung ini juga dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi pendukung seperti CCleaner. Aplikasi satu ini bisa dibilang sangat familiar dan memiliki kredibilitas baik untuk membersihkan berbagai file cache yang ada pada hp Samsung pengguna.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan fitur analisis memori yang dimiliki oleh CCleaner. Fitur tersebut akan membantu pengguna dalam mengetahui penggunaan memori pada semua file aplikasi. Sehingga nantinya pengguna bisa sekaligus menghapus file-file cache aplikasi yang tidak digunakan. Cara ini terbilang cukup mudah dan bisa diikuti oleh siapapun tanpa bantuan profesional.

4. Memanfaatkan Phone Cleaner

Phone Cleaner adalah aplikasi lain sebagai cara hapus cache di hp Samsung yang mudah dan bisa diandalkan. Aplikasi satu ini bisa membersihkan data cache secara cepat dan menyeluruh hanya dalam waktu singkat saja. Fitur yang dimilikinya pun cukup lengkap, mulai dari memory booster, speed booster hingga junk cleaner yang akan mempermudah proses penghapusan cache.

Tidak hanya itu, terdapat pula fitur CPU cooler yang mampu mendinginkan mesin hp Samsung pengguna pada saat dilakukan pembersihan cache dalam waktu lama. Dijamin hp tidak akan lemot lagi dan bisa digunakan dalam waktu lama lebih nyaman.

5. Menghapus Cache dengan Files by Google

Aplikasi lain yang bisa menghapus cache di smartphone kesayangan yaitu Files by Google. Tentunya kemampuan menghapus cache aplikasi satu ini bisa didapatkan secara instan dan merupakan pilihan tepat. Pengguna hanya perlu sekali menekan, maka semua cache yang ada di hp akan terhapus secara mudah.

Namun meskipun begitu, Files by Google ini memiliki fitur backup terbaik di bidangnya. Fitur backup ke cloud sangat berguna untuk menyimpan berbagai dokumen atau file penting lainnya apabila memiliki memori penyimpanan terbatas. Dengan menguploadnya di Cloud, maka banyak memori di hp pun jadi lebih terbebas dan membuatnya tidak lemot lagi.

6. Menggunakan AVAST Cleanup 

Nama aplikasi AVAST Cleanup memang sudah tidak asing lagi di telinga. Aplikasi ini merupakan produk cleaner yang bisa membersihkan data cache di hp semaksimal mungkin. Misalnya saja seperti fitur Quick Clean and Booster yang sekaligus dapat mempercepat kinerja ponsel hanya dalam sekali sentuh saja.

Bahkan fiturnya begitu lengkap dengan adanya anti-virus yang berguna agar hp selalu dalam keadaan aman. Tidak hanya itu, user interface yang dimilikinya pun begitu simpel namun sangat modern. Sehingga detailnya terlihat sangat rapi dan stylish, serta memudahkan pengguna dalam menemukan fitur detailnya.

7. Menghapus Cache Melalui AVG Cleaner

Untuk pengalaman lain dalam menghapus cache aplikasi di hp, pengguna bisa menggunakan AVG Cleaner. Aplikasi ini di desain mampu membersihkan file cache yang menumpuk secara menyeluruh hanya dengan sekali tap saja. Hal ini dikarenakan tampilannya yang begitu simpel dan juga mudah digunakan.

Fitur lainnya yang perlu diketahui adalah mengenai “Pembersih Cepat”, dimana akan melegakan penyimpanan memori yang ada. Fitur ini akan memberikan ringkasan cepat dalam satu halaman tentang apa saja yang sekiranya ingin dihapus. Misalnya saja seperti aplikasi tidak terpakai, foto screenshot, file sampah, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara hapus cache di hp Samsung yang mudah dan simpel dilakukan sendiri. Tanpa perlu membawanya ke jasa profesional, dijamin permasalahan bisa teratasi dengan baik. Namun pastikan memilih langkah yang tepat agar sesuai ekspektasi. Sehingga penyimpanan ponsel pun jadi lebih melegakan dan berguna untuk menyimpan musik maupun foto favorit dalam jumlah banyak. Semoga bermanfaat.