Pelajari Cara Bikin Thumbnail YouTube Termudah, Sekarang Juga!

Cara bikin thumbnail YouTube sendiri sangat penting supaya video yang dihasilkan mendapatkan sejumlah atensi atau perhatian dari pengguna YouTube.

Gambaran kecil seputar video YouTube yang ditayangkan pada channel pengguna, dinamakan dengan thumbnail. Cara bikin thumbnail YouTube sendiri sangat penting supaya video yang dihasilkan mendapatkan sejumlah atensi atau perhatian dari pengguna YouTube lainnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat thumbnail yang keren dan juga menarik, berikut penjelasannya:

Cara Bikin Thumbnail YouTube

Terdapat beberapa yang bisa pengguna lakukan untuk dapat membuat thumbnail yang bisa memberikan ketertarikan pada sebuah channel. Sebelumnya hal tersebut menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemula. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengguna diantaranya yaitu:

1. Menambahkan Tulisan dan Background Menarik

Cara bikin thumbnail YouTube yang pertama yaitu dengan menambahkan tulisan dan background menarik. Pengguna bisa memilih dan menentukan jenis font yang akan digunakan. Contohnya gambar atau foto yang terdapat dalam thumbnail bisa diberi warna yang terlihat mencolok atau dominan.

Tidak hanya itu saja, pengguna dapat mengaplikasikan warna terang pada bagian teks. Hal yang perlu untuk diperhatikan ketika membuat teks, usahakan jangan terlalu panjang, sebab akan terlihat penuh nantinya. Jika tidak memakai gambar sebagai background pada thumbnail, maka pengguna bisa menambahkan warna yang dirasa menarik.

2. Memastikan Teks Mudah untuk Dibaca

Berikutnya, cara bikin thumbnail YouTube agar terlihat menarik yaitu dengan memastikan penggunaan teks mudah untuk dibaca. Hal ini sangat penting dan perlu untuk diperhatikan oleh para pemula maupun YouTuber profesional, mengapa? Kehadiran teks yang mudah dibaca tersebut dapat membuat siapa pun paham dan mengerti dengan tayangan video yang dibagikan.

Jangan menggunakan gaya font yang terlalu berlebihan sehingga sulit untuk dibaca, lebih baik menggunakan font yang normal. Pastikan juga di awal pembuatan channel sudah menetapkan gaya font, sehingga terlihat konsisten dan juga rapi. Membuat para pengguna lainnya bisa melihat keseriusan pengguna dalam membuat konten yang terstruktur pastinya.

Susunan dari teks yang ditampilkan pada thumbnail bisa menjadi perhatian seseorang ketika mengunjungi channel. Rasa penasaran untuk mengklik video tersebut juga semakin besar peluangnya. Jadi sebuah thumbnail yang menarik bisa mendatangkan jumlah subscriber hingga like tentunya.

3. Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Penggunaan gambar wajah yang ekspresif juga menjadi salah satu cara bikin thumbnail YouTube agar terlihat unik serta menarik. Pada umumnya para penonton YouTube lebih menyukai gambar wajah yang ditampilkan pada ponsel atau PC. Terlebih lagi, jika menampilkan wajah dengan sangat ekspresif, tentu akan menarik perhatian.

Tidak hanya sekedar menarik perhatian, tetapi juga menimbulkan rasa penasaran bagi yang melihatnya sehingga tergerak untuk menonton video tersebut. Biasanya cara ini juga kerap dipakai oleh para YouTuber terkenal supaya mendapatkan sejumlah like dari penontonnya. Tidak harus gambar wajah close up, pengguna bisa menampilkan gambar apapun yang dianggap ekspresif.

4. Memanfaatkan Sticker

Kehadiran sticker tidak hanya bisa digunakan untuk bertukar pesan saja, tetapi sudah banyak digunakan dalam berbagai keperluan. Contohnya saat ini dalam memberikan tampilan yang lucu atau menarik pada sebuah thumbnail yang dibuat. Memungkinkan beberapa konten yang dibuat menjadi lebih menonjol dengan adanya thumbnail tersebut.

Sticker dapat menghasilkan desain yang lebih menonjol untuk sebuah konten yang dibagikan, bagaimana caranya? Pengguna bisa mengubah background asli dengan gambar yang ingin digunakan. Berikutnya gunakan Automatic Background Removal Tool yang ditawarkan oleh Pickmaker.

Jika sudah menetapkan sticker yang akan digunakan, maka saatnya untuk menambahkan border garis pada bagian luar yang berwarna putih. Banyak dari sebagian besar YouTuber menggunakan cara tersebut agar terlihat pop up. Namun pastikan juga pemilihan sticker yang dipasang sinkron dengan video yang diunggah.

5. Menerapkan Teknik Kontras

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa menggunakan teks sebagai judul dalam sebuah video itu sangat penting, tetapi bagaimana jika tidak terbaca? Sia-sia sudah teks tulisan yang terdapat pada thumbnail tersebut, hal tersebut bisa diatasi dengan menerapkan teknik kontras.

Inilah yang membuat kontras penting dalam pembuatan thumbnail, mengapa? Banyaknya pilihan kontras yang beragam bisa menjadi sebuah pertimbangan, terutama pemilihan warna. Contohnya warna merah dan kuning yang mempunyai perbedaan warna yang jauh. Kondisi ini bisa menjadi teknik dasar yang dapat bekerja dengan efektif dan banyak diterapkan oleh para kreator YouTube.

Kehadiran kontras membuat tampilan thumbnail khas dan sesuai dengan isi dari konten video yang diunggah. Jika konten yang dibagikan berisi tentang hal-hal yang menyenangkan kontras dengan warna terang akan sangat cocok. Namun untuk thumbnail dari video yang berisi tentang hal menyeramkan atau horor bisa memakai kontras yang lebih gelap atau dark.

6. Memilih Dimensi yang Tepat

Beberapa cara bikin thumbnail YouTube yang bisa dicoba salah satunya yaitu dengan memilih dimensi yang tepat. Penggunaan dimensi yang tepat merupakan salah satu kunci supaya channel YouTube terlihat profesional dan pastinya keren. Untuk bisa menghadirkan dimensi tersebut diperlukan ukuran serta resolusi yang sesuai.

Pengguna bisa menyesuaikannya dengan panduan pengelolaan thumbnail pada YouTube, yaitu dengan ukuran 1280x720 pixel dengan lebar sekurang-kurangnya 640 pixel. Rasio paling ideal ari sebuah thumbnail YouTube adalah 16:9, namun apabila kurang maka gambar yang dihasilkan blur dan tidak jelas. Hal tersebut tetap terjadi meskipun fitur autoplay sudah diaktifkan sebelumnya.

Adanya pertimbangan terhadap fitur yang disematkan pada YouTube bisa menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Hal tersebut karena video pengguna tersematkan, sehingga yang tampil bukanlah pratinjau namun thumbnail. Oleh sebab itu pemilihan gambar dan foto yang DH sangat penting.

7. Memakai Elemen Mencolok dari Thumbnail

Penerapan cara bikin thumbnail YouTube pun bisa dilakukan dengan memilih elemen mencolok dari thumbnail yang dibuat. Hal tersebut bisa dilakukan mulai dari teks sampai gambar yang dapat dikreasikan sesuai kreativitas para kreator. Contohnya dengan menggunakan gambar png yang mempunyai background transparan dengan kreasi berbagai efek.

Pemberian shadow hingga tulisan kreatif pun bisa dituangkan pada thumbnail tersebut, membuatnya menjadi semakin terlihat mencolok. Namun pengguna juga harus mengingat batasan dalam penambahan elemen, sehingga tidak berlebih. Pastikan juga untuk menggunakan font referensi dan bukan default, sehingga tidak terlihat monoton.

8. Menerapkan Komposisi yang Pas

Terakhir cara bikin thumbnail YouTube agar menarik yaitu menerapkan komposisi yang pas pada sebuah thumbnail. Hal tersebut bisa pengguna lakukan dengan mengatur dan membuat rancangan komposisi yang dirasa sesuai. Mengubah tampilan background pun tidak perlu terlalu berlebihan, bahkan kalau bisa seperlunya saja.

Sementara itu pembesaran pada gambar bisa dilakukan dengan menambahkan warna yang menonjol dengan mengaplikasikan penggunaan teks. Perhatikan kembali keseimbangan elemen yang diberikan, sehingga menghasilkan komposisi yang pas. Oleh sebab itu pemilihan elemen tidak boleh terlalu over.

Nah, itulah penjelasan terkait cara bikin thumbnail YouTube yang menarik dan juga keren pastinya. Beberapa cara yang telah dijelaskan terbukti berhasil, banyak dari para YouTuber menggunakan cara tersebut untuk mendapatkan sejumlah perhatian. Selain itu juga dampak dari thumbnail yang menarik bisa menghadirkan jumlah penonton pada video yang diunggah.