Cara cek lokasi HP Hilang ini Mudah Dilakukan

Jadi saat benda tersebutHP hilang, penggunanya cukup tertekan dan tidak tenang. Untuk bisa menemukannya ada beberapa cara cek lokasi HP hilang.

Smartphone atau yang biasa disebut HP merupakan sebuah benda yang sangat penting bagi sebagian besar orang yang hidup di zaman ini. Bagaimana tidak, setiap hal yang berkaitan dengan kehidupan kini bisa diselesaikan dengan menggunakan HP. Jadi saat benda tersebut hilang, penggunanya cukup tertekan dan tidak tenang. Untuk bisa menemukannya ada beberapa cara cek lokasi HP hilang.

Cara Cek Lokasi HP yang Sudah Hilang

HP yang hilang memiliki beberapa kemungkinan yang terjadi, seperti lupa dibawa atau diambil orang lain. Setiap HP keluaran masa kini memiliki sistem GPS yang aktif guna menentukan lokasi yang akurat. Ini bisa sangat membantu pemilik HP untuk menemukan kembali HP miliknya. Tentu saja ada juga cara lain yang bisa digunakan seperti berikut:

1. Cek Lokasi HP dengan Google

Untuk menemukan hp yang hilang, cara cek lokasi hp hilang ini bisa dijadikan pilihan utama karena caranya yang mudah dilakukan. Salah satu mesin pencari terkenal di dunia yaitu Google mengembangkan suatu sistem yang bisa membuat pengguna ponsel android untuk menemukan HP nya.

Selain dari kemampuannya melacak lokasi smartphone yang hilang, fitur ini juga bisa melacak perangkat lain yang menggunakan software google seperti wear OS. Bukan hanya menemukan lokasi, software ini bisa memutuskan untuk mengunci atau menghapus data pada perangkat yang hilang. Dengan ini data milik pengguna yang kehilangan HP nya bisa dengan aman terselamatkan.

Untuk detail caranya, bisa diikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka halaman android.com/find di browser manapun, lebih baik lagi di google chrome.
  • Login menggunakan akun google yang sama dengan smartphone yang hilang.
  • Selanjutnya jika sudah terhubung akan muncul detail lokasi dari HP yang paling terakhir, kemungkinan besar HP masih dalam lokasi tersebut.

2. Find My Device

Aplikasi find my device merupakan aplikasi buatan google yang dikhususkan untuk bisa menemukan perangkat yang hilang. Aplikasi ini tersedia di play store secara resmi dari Google, sehingga jangan ragu akan keamanannya. Namun syaratnya, pengguna harus memiliki 2 gadget yang berbeda. Untuk langkah-langkah menemukannya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Buka HP lain yang sudah terdapat aplikasi Find My device sebelumnya.
  • Untuk mencari HP sendiri, pengguna tinggal masuk ke akun pribadi dan klik Continue.
  • Jika Hp yang dicari adalah milik orang lain, silahkan login sebagai tamu dengan akun yang dimiliki, biarkan mereka masuk.
  • Saat sudah masuk, pengguna akan diarahkan dengan sendirinya dan tinggal mengikuti instruksi yang ada.

3. Cek Lokasi HP dengan Email

Banyak yang belum mengetahui ternyata email juga bisa digunakan untuk membantu cara cek lokasi HP. Namun cara ini lebih efektif jika dilakukan untuk HP ANdroid yang hilang, belum dibuktikan seberapa efektif mencari HP berjenis iPhone. Supaya lebih cepat, berikut adalah cara melacak HP android menggunakan email:

  • Masuk ke laman gmail.
  • Login menggunakan email yang aktif dan terkait dengan smartphone yang hilang.
  • Masuk ke bagian akun google dan pilih jenis HP yang hilang.
  • Pilih opsi temukan perangkat dan masukan kembali kata sandi dari akun google
  • Selanjutnya pengguna akan diarahkan menuju Maps 
  • Refresh terus hingga menemukan lokasi yang cukup akurat.

4. Cek Lokasi HP Menggunakan IMEI

Setiap smartphone yang sudah diproduksi secara resmi, pastinya memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor tersebut dibuat unik untuk membedakan smartphone yang satu dengan yang lainnya. Bayangkan saja ada milyaran smartphone di muka bumi ini dengan nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor ini tidak bisa diubah bahkan diganti oleh siapapun.

Melalui IMEI ini, pemilik ponsel bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa menemukan smartphonenya yang hilang.

Untuk bisa menemukan nomor IMEI, biasanya nomor ini akan ditemukan di bagian belakang HP dalam bentuk stiker. Namun jika tidak ada, cari saja di bagian box HP, di sana akan ditemukan rangkaian kode batang dan angka. Itulah IMEI resmi dari smartphone pengguna. Apabila masih belum ditemukan, ada juga cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengetikan nomor dial *#06#. 

IMEI ini berguna untuk melacak HP dengan mengandalkan pihak kepolisian. Bisa juga menghubungi pihak call center provider yang digunakan dengan memberi tahu nomor HP dan nomor IMEI. Secara cepat provider akan membantu melacak HP yang hilang.

Hal Ini Harus Dilakukan Saat HP Hilang

Kenyataan tidak akan selamanya indah, itulah yang terjadi jika smartphone sulit ditemukan meskipun sudah melakukan banyak cara cek lokasi HP hilang. Perjuangan tidak sampai disitu saja, ada hal lain yang perlu dilakukan yaitu mengamankan data yang ada di dalam Hp. Dalam sebuah HP banyak data HP yang harus diselamatkan menggunakan cara-cara berikut:

1. Amankan Perangkat

Smartphone android yang hilang dan masih terhubung dengan koneksi internet, bisa dengan mudah diakses oleh pemilik meskipun tidak tahu dimana letaknya. Caranya adalah dengan menggunakan fitur temukan perangkat melalui google. Dengan itu pengguna bisa mengamankan perangkatnya dari jarak jauh.

Ada opsi yang bisa dipilih oleh pengguna untuk mengamankan perangkatnya, Caranya adalah mengunci perangkat menggunakan PIN, Pola, atau password. Cara ini bisa mencegah pencuri untuk mengakses smartphone lebih dalam bahkan tidak bisa terbuka sama sekali. Mau tidak mau HP tersebut harus di reset ulang oleh pencuri dan data tidak bisa diakses sama sekali.

2. Hapus Data Perangkat

Pilihan lain yang bisa dicoba untuk membuat data pemilik HP aman adalah dengan menghapus data perangkat, Data -data penting yang ada dalam smartphone akan sangat berbahaya apabila berada di tangan orang yang salah apalagi pencuri. Bisa saja pencuri menggunakan data yang ada dalam smartphone untuk kejahatannya.

Sehingga menghapus data smartphone yang hilang sangatlah penting demi keamanan pengguna. Melalui fitur temukan perangkat, pemilik bisa menghapus semua data yang ada secara permanen. Namun kelemahannya adalah saat tidak bisa ikut menghapus kartu yang ada pada kartu SD. Selain itu, jika memutuskan menghapus data perangkat, maka koneksi dengan perangkat terhubung akan hilang juga.

3. Amankan Akun Terkait

Secara fungsi, hp masa kini sangat bergantung pada akun untuk bisa membuka suatu aplikasi. Akun-akun tersebut akan terkait pada smartphone yang digunakan secara permanen, namun tetap bisa dihapus oleh pemiliknya. Hal ini akan sangat berbahaya jika akun masih terkait pada Hp yang hilang apalagi dicuri.

Sehingga untuk mengatasi hal ini, pengguna sebaiknya segera memutuskan tautan akun dengan HP yang hilang. Alternatif lainnya adalah merubah semua password dari akun yang pernah terhubung dengan HP tersebut.

Dari sekian cara cek lokasi HP hilang, cara terbaiknya adalah menggunakan fitur yang telah disediakan Google. Namun tidak ada salahnya mencoba semua cara untuk mendapatkan kepastian. Jika sudah tidak bisa ditolong barulah lakukan langkah-langkah pengamanan data dari smartphone yang hilang agar pemilik merasa tenang. Akan sangat berbahaya jika melepaskan smartphone begitu saja tanpa ada tindakan apa-apa.