Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome Penyebab Lambatnya Internet

Cara melihat pengguna wifi Indihome, serta membalasnya agar lebih stabil? Berikut ulasan selengkapnya:

Wifi merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan orang terhubung dengan internet yang stabil. Namun, tidak jarang juga wifi mengalami kendala kecepatan yang lambat akibat pengguna terhubung yang terlalu banyak. Lalu bagaimana cara melihat pengguna wifi Indihome, serta membalasnya agar lebih stabil? Berikut ulasan selengkapnya:

Ukuran Kecepatan Internet

Internet memiliki kecepatan akses yang tidak merata di semua daerah, khususnya daerah Indonesia. Ini menyebabkan akses internet yang tidak stabil akibat dari beberapa faktor tambahan selain dari ketidakmerataan akses internet. Kecepatan internet bisa sangat cepat, bisa juga sangat lambat sampai pengguna kesal dibuatnya.

Wifi dikenal sebagai jaringan tanpa kabel yang merupakan pengembangan dari jaringan sebelumnya yang menggunakan kabel seperti ethernet. Adanya akses wifi yang bisa digunakan dengan cepat ini bisa mempermudah individu maupun perusahaan dalam mengatasi semua kegiatan yang berhubungan dengan internet.

Wifi sendiri merupakan jaringan nirkabel yang berada dalam spektrum 2.4 GHz, namun ada juga yang dalam spektrum 5 GHz untuk jangkauan lebih luas. Semakin besar jangkauannya, maka kestabilannya juga akan menurun, sehingga orang lebih memilih 2.4 GHz saja.

Akses internet bisa dipengaruhi oleh jumlah pengguna yang terhubung dalam satu waktu. Saat internet diakses bersamaan menggunakan wifi yang sama, maka kecepatannya akan menurun. Ini biasa terjadi saat orang berada dalam jam sibuk sehingga akan mengganggu kenyamanan. Biasanya ISP seperti Indihome akan menuliskan berapa jumlah perangkat yang bisa terhubung bersamaan agar internet tetap stabil.

Cara Melihat Pengguna yang Terhubung

Untuk para pengguna wifi indihome yang risau akan kestabilan internet di rumahnya akibat banyak pengguna, ini akan menjadi sumber ketenangan. Dengan memperhatikan cara ini, pengguna bisa tau siapa saja yang terhubung dengan wifi pribadi. Berikut adalah cara melihat pengguna wifi Indihome untuk berbagai device karena Indihome juga memiliki berbagai tipe:

1. Melihat Pengguna di Indihome Fiberhome

Jenis Wifi fiberhome ini umumnya digunakan oleh para pelanggan yang baru berlangganan wifi Indihome akhir-akhir ini. Fiberhome ini merupakan nama modem yang digunakan oleh indihome untuk menjadi media penyalur jaringan wifi di tempat pelanggan. Untuk melihat siapa saja daftar pengguna yang terhubung caranya adalah seperti berikut:

Buka browser dan menuju ke alamat 192.168.11 pada kolom pencarian. Nanti secara otomatis akan ada pengalihan halaman ke alamat yang dituju.

  • Login pada kolom yang disediakan dengan nama pengguna admin serta pasword “%0|F?H@f!berhO3e” tanpa tanda kutip.
  • Jika sudah selesai, pengguna akan diarahkan ke menu utama yang berisikan sub menu yang bisa dipilih.
  • Disana akan dipilih menu status dan pergi ke Wifi Client List.
  • Jika dibuka terlihat berapa banyak dan siapa saja pengguna yang terhubung kedalam wifi.

2. Melihat Pengguna di Indihome ZTE

Cara selanjutnya ini berlaku bagi para pengguna modem ZTE yang berlangganan Indihome juga. Melalui cara melihat pengguna wifi Indihome yang mudah ini, dijamin jumlah pengguna akan terlihat dengan jelas. Dari sisi langkah-langkahnya, cara ini akan mirip dengan cara sebelumnya karena alamat yang digunakan adalah alamat yang sama. Berikut adalah cara selengkapnya:

  • Masukkan alamat 192.168.1.1 pada kolom pencarian browser komputer.
  • Pengguna akan diarahkan menuju halaman selanjutnya yang berisikan formulir login untuk masuk
  • Setelah username dan password cocok, pengguna akan diarahkan ke menu utama untuk lanjut ke bagian network
  • Disana akan terlihat akses menuju device yang terhubung dengan nama menu associated devices
  • Pilih menu tersebut dan akan terlihat berapa jumlah pengguna wifi yang aktif pada saat itu.

3. Melihat Pengguna di Indihome Huawei

Para pengguna Indihome dari sejak lama, pasti mengetahui jika router yang digunakan pada saat itu masih menggunakan Huawei. Sehingga cara yang digunakan kedua router sebelumnya tidak akan bekerja disini karena device nya sudah berbeda. Untuk bisa mengetahui pengguna yang terhubung dalam wifi, bisa digunakan cara berikut ini:

  • Buka browser, bebas dari browser apa saja dan ketikan alamat 192.168.100.1 di kolom pencarian.
  • Halaman login akan terbuka setelah pengguna memasukkan alamat pada langkah sebelumnya.
  • Masukan username telecomadmin dan password admintelecom untuk bisa masuk ke menu utama.
  • Jika sudah berhasil login, pergilah ke menu status dan device information yang memuat semua daftar pengguna terhubung
  • Disana juga terlihat device yang terhubung ini apakah sedang online apakah offline.

Faktor Melambatnya Kecepatan Internet

Jika dengan membatasi pengguna masih belum cukup untuk mengatasi masalah tersebut, maka pastinya ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Sehingga cara melihat pengguna Wifi Indihome saja tidaklah cukup. Berikut ini adalah faktor yang bisa memperlambat jaringan wifi:

1. Modem

Modem merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan akses. Setiap modem mempunyai spesifikasi yang bervariasi. Biasanya modem yang banyak digunakan mempunyai kecepatan 56 kbps. Sehingga kecepatan akses pada internet masih standar atau stabil. Jika kecepatan modem semakin besar maka kecepatan akses pun akan semakin cepat.

2. Bandwidth

Besarnya bandwidth juga dapat mempengaruhi kecepatan akses. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses pada internet.

Bandwidth juga berperan terhadap banyaknya jumlah pengguna yang bisa terhubung dalam satu waktu. Sehingga apabila bandwith kecil, ISP akan memberikan sejumlah pembatasan penggunaan dalam satu waktu pada informasi paket yang disediakan.

3. Jaringan

Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Setiap jaringan tersebut memberikan kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan jaringan internet paling rendah adalah line telephone. Sehingga Anda dapat menggunakan jaringan yang lebih tinggi seperti GSM agar kecepatan download dan upload lebih cepat.

Selain itu jaringan juga kini sudah lebih cepat di beberapa tempat terpencil di seluruh Indonesia akibat majunya pembangunan. Jadi apabila mengalami kendala jaringan selain kendala lain, alangkah baiknya hubungi pihak ISP dari Indihome agar masalah dapat segera diperbaiki.

4. Device yang digunakan

Perangkat keras atau komputer bisa menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses. Karena komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang mempunyai peran penting dalam sistem kerja komputer tersebut. Jika salah satu perangkat tersebut mempunyai kecepatan rendah, dapat mempengaruhi kecepatan akses internet yang menjadi lambat.

Untuk mengantisipasi hal ini, alangkah baiknya untuk melihat keadaan dari kompter atau perangkat yang digunakan. Tes juga menggunakan jaringan lain untuk melihat perbedaannya. Apabila terdapat perbedaan barulah pengguna bisa mengajukan komplain atas masalah yang dihadapinya keapda pihak ISP.

Nah itulah cara melihat pengguna wifi Indihome untuk mengatasi masalah lambatnya internet. Banyaknya pengguna merupakan salah satu faktor penentu dalam kecepatan internet. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada faktor lain yang berpengaruh dalam hal tersebut.