Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Simak Langkah Mudahnya

Banyak pengguna mencari cara mencari teman di Telegram untuk memperluas koneksi.

Seiring zaman yang terus mengalami kemajuan, jejaring sosial juga terus mengembangkan sayapnya. Baru-baru ini, yang sedang meningkat popularitasnya adalah Telegram. Banyak pengguna mencari cara mencari teman di Telegram untuk memperluas koneksi. Aplikasi dengan logo kertas berbentuk pesawat ini termasuk jajaran atas aplikasi chat yang banyak digunakan.

Apa Itu Telegram?

Telegram merupakan aplikasi untuk berkirim pesan yang dibuat oleh dua bersaudara asal Rusia yakni Nikolai Durov dan Pavel Durov. Sebelum menjadi Telegram, keduanya membuat jejaring sosial bernama Vkontakte yang kemudian diambil alih pada 2014 oleh sekutu dari Presiden Putin.

Setelah itu, Nikolai kembali membuat protokol untuk platform digital untuk pengiriman pesan. Saudaranya, Pavel, menjadi penyedia dana serta mendukung infrastruktur hingga akhirnya Telegram diluncurkan. Aplikasi ini memiliki ukuran yang berbeda tergantung perangkat yang digunakan. Telegram mendukung sembilan bahasa termasuk Indonesia.

Untuk pengguna Android, bisa mengunduh Telegram dengan ukuran 23 MB. Di iOS, ukurannya lebih besar yakni 180.3 MB sedangkan untuk Windows Phone sebesar 49.3 MB. Telegram sifatnya gratis dan berbasis cloud, dengan fitur memadai dan penggunaan yang relatif mudah. Per Januari 2021 lalu, Telegram menyatakan bahwa pengguna aktifnya telah melampaui 500 juta orang.

Cara Mencari Teman di Telegram Dengan Fitur Pengguna Sekitar

Setelah berhasil mengunduh Telegram, pengguna perlu mulai mencari teman sehingga aplikasinya bisa dimanfaatkan dengan baik. Opsi pertama yaitu menemukan teman di Telegram dengan memanfaatkan fitur “Pengguna Sekitar” atau “People Nearby”. Pengguna bisa menemukan teman dengan menunjukkan pengguna lain yang ada di lokasi sekitar dengan cara seperti berikut:

1. Mengunduh dan Menjalankan Aplikasi

Buka aplikasi Telegram di perangkat. Apabila belum memilikinya, bisa mengunduh melalui toko aplikasi misalnya Play Store. Setelah berhasil didownload, lakukan registrasi seperti di media sosial lainnya seperti memasukkan nama, nomor ponsel, email aktif, dan informasi penting lainnya.

2. Membuka Menu

Buka menu yang tersedia di Telegram untuk mulai mencari teman. Perhatikan di bagian atas kiri, ada ikon dengan bentuk tiga garis. Klik pada ikon tersebut, sehingga nantinya akan muncul beberapa pilihan seperti grup, kontak, panggilan, pengaturan, dan lain-lain.

Cara mencari teman di Telegram berikutnya yaitu cari fitur bernama “Pengguna sekitar” yang ada di bawah opsi “Panggilan”. Tujuan fitur ini yaitu menemukan teman baru tanpa harus memiliki nomor teleponnya terlebih dahulu.

3. Mencari Teman

Mulailah mencari teman baru yang ada di sekitar lokasi. Pengguna bisa langsung melihat daftar nama siapa saja yang berada di daerah yang dekat dengannya. Jumlahnya bisa berbeda tergantung dengan dimana lokasi pengguna berada.

4. Mencari Lebih Banyak Teman

Tekan pada menu “Tampilkan lebih” apabila ingin menemukan lebih banyak teman. Semakin ke bawah daftarnya, maka jaraknya semakin jauh. Pengguna bisa melihat seberapa jauh jarak teman tersebut karena sudah tertera di bawah namanya.

5. Buka Profil Teman

Pilih kontak yang ingin diajak berkenalan. Caranya dengan membuka profil milik pengguna tersebut untuk melihat informasi lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa dengan fitur ini, nama pemilik akun juga bisa muncul di daftar milik orang lain. Apabila tidak ingin muncul di daftar tersebut, bisa klik opsi “Stop tampilkan saya”.

6. Mengirimkan Pesan

Kirim pesan untuk memulai pembicaraan dengan teman yang sudah dipilih sebelumnya. Cara mencari teman di Telegram ini akan berfungsi jika ada percakapan yang dilakukan sehingga bisa mengenal lebih lanjut. Untuk mengirimkan pesan, klik di ikon berbentuk pesan yang ada dekat foto profil teman.

7. Menambahkan Teman ke Kontak

Tambahkan teman yang diajak berbicara tersebut ke daftar kontak sehingga mudah untuk mencarinya jika ingin mengobrol di lain waktu. Caranya dengan klik “Tambah teman ke kontak” di bagian atas chat. Pada kolom yang tersedia, isikan nama teman tersebut lalu simpan. Selesai, sekarang teman tersebut sudah masuk ke daftar kontak.

Cara Mencari Teman di Telegram Dengan Fitur Anonim

Selain memakai fitur pencarian di lokasi terdekat, Telegram juga menyediakan fitur lain yang memudahkan penggunanya dalam menemukan teman yang baru, misalnya anonim. Pengguna bisa mencari teman dengan mengandalkan bot bernama “Anonymous chat” yang sering digunakan di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Telegram

Jalankan aplikasi Telegram yang ada di perangkat, lalu di menu utamanya cari tanda kaca pembesar di pojok kanan. Klik logo tersebut untuk mulai melakukan pencarian. Pada kolom yang tersedia, ketikkan “Chatbot” sehingga muncul akun dengan logo topeng yang bernama “Anonymous chat”.

2. Memulai Chat

Tekan “Start” sehingga chat bisa dimulai. Fungsi dari bot ini yaitu mempertemukan pengguna dengan orang lain secara random (acak) sehingga bisa berasal dari mana saja dengan mengetikkan /search. Pengguna bisa melakukan chat dengan orang tersebut secara anonim.

3. Chat dengan Partner

Perhatikan apabila muncul tulisan “Partner found”, artinya sudah berhasil tersambung dengan pengguna yang lain. Pengguna bisa mulai menyapa, berkenalan, dan memulai obrolan sehingga bisa lebih dekat. Namun, jika tidak kunjung bertemu dengan partner chat maka pengguna bisa mengetik /next. Untuk mencari teman lain juga bisa ketik /next.

4. Mengakhiri Percakapan

Ketikkan /stop apabila ingin mengakhiri percakapan. Jika lawan bicara yang terlebih dahulu mengakhiri percakapannya, bisa ketuk “Find a partner” apabila masih ingin mencari teman ngobrol lain. Pengguna dapat mencari bot lain dengan mengetikkan “bot anon” kemudian mencoba satu per satu hingga menemukan mana yang cocok.

Cara Mencari Teman di Telegram Secara Manual

Ada cara lain yang lebih sederhana dalam menemukan teman dengan menambahkan langsung kontaknya. Caranya dengan bergabung di sebuah grup atau mengikuti channel. Tentunya di sini banyak sekali pengguna lain yang turut serta, sehingga berpeluang untuk bertemu orang baru.

1. Bergabung di Grup

Dengan bergabung ke grup, pengguna bisa mencari teman baru melalui daftar anggota yang mengikuti grup tersebut. Berikut tahapnya:

  • Klik menu “Pencarian”.
  • Ketikkan nama grup yang dicari.
  • Pilih kemudian buka grupnya, tekan “Bergabung”.
  • Buka grupnya, klik di profil grup tersebut. Di sini terdapat daftar nama seluruh anggota yang tergabung.
  • Klik profil pengguna yang ingin diajak berteman, lalu klik “Tambah ke kontak” sehingga bisa memulai percakapan dengan teman baru tersebut.

2. Mengikuti Channel

Di Telegram cukup banyak channel yang berfokus membahas hal tertentu sesuai minat dan preferensi. Berikut cara mencari teman di Telegram melalui channel:

  • Ketuk pada menu “Pencarian”.
  • Ketikkan nama channel yang dicari di Telegram.
  • Pilih, kemudian buka channelnya lalu klik “Bergabung”.
  • Buka halaman obrolan di channel, kemudian klik di kolom komentar yang terdapat di saluran Telegramnya.
  • Pilih, kemudian buka profil milik pengguna lain yang akan diajak berteman.
  • Simpan kontak pengguna yang dipilih dengan ketuk “Tambah ke kontak” sehingga teman sudah bisa mulai diajak chat.

Demikian pembahasan mengenai Telegram, aplikasi gratis berbasis chat yang mendunia. Mulai dari sejarah singkat, cara mencari teman di Telegram, hingga fitur yang ditawarkan. Aplikasi yang diluncurkan oleh Telegram FZ-LLC ini berfokus pada kecepatan serta keamanan, sehingga pengguna bisa memakainya dengan cekatan dan privasinya lebih terjamin.