Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Ada cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk. Tidak harus mendatangi kantor Indosat, pengguna dapat melakukannya sendiri.

Indosat unggul dengan voucher dengan harga terjangkau dan koneksi cepat. Namun, bukan berarti tak pernah mengalami hambatan seperti pengisian yang gagal. Untuk itu perlu melakukan cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk. Tidak harus mendatangi kantor Indosat, pengguna dapat melakukannya sendiri dari rumah.

Dengan masifnya penggunaan internet di era modern seperti sekarang, paket internet menjadi salah satu kebutuhan utama. Banyak provider berlomba menyediakan paket dengan harga bersahabat, namun tentu juga perlu memperhatikan kualitas jaringannya.

Indosat termasuk satu yang keberadaannya paling lama dan menyediakan berbagai paket menarik. Sayang jika tidak berfungsi, bukan? Untuk itu pembahasan kali ini akan merangkum berbagai hal yang berkaitan dengan pengisian voucher. Mulai dari penyebab kegagalan, mengatasi masalah voucher tidak masuk, hingga panduan pengisian yang benar.

Apa yang Menyebabkan Voucher Indosat Gagal Masuk?

Mengisi voucher dengan cara yang benar namun tidak berhasil masuk bisa menimbulkan perasaan panik. Namun hal ini bisa diatasi apabila mengetahui langkah yang benar. Sebelum mengetahui cara mengatasi voucher indosat tidak masuk, terlebih dahulu perlu tahu faktor penyebab sehingga bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan voucher Indosat tidak dapat masuk:

1. Masa Aktif Kartu

Penyebab yang utama biasanya berkaitan dengan masa aktif. Banyak pengguna tidak menyadari bahwa masa aktif dari kartu Indosatnya telah habis, sehingga ketika memasukkan voucher tentu tidak dapat masuk. Jadi, sebelum melakukan pengisian voucher pengguna perlu memastikan bahwa kartunya masih dalam masa aktif.

2. Masa Berlaku Voucher

Selain memastikan kartu masih aktif, pengguna juga perlu memeriksa masa berlaku dari voucher Indosat yang baru saja dibeli sebelum membawanya pulang dari counter. Sebab, apabila masa berlakunya telah lewat dari tanggal yang tertera, artinya voucher tersebut tidak dapat digunakan lagi. Saat mengisi kodenya pun, nominal voucher tidak akan masuk.

3. Keliru Memasukkan Kode

Faktor berikutnya yang menyebabkan voucher tidak masuk dikarenakan human error, yaitu kekeliruan ketika memasukkan kode. Meski sepele, namun akibatnya cukup fatal karena kekeliruan satu angka pun dapat mengakibatkan voucher gagal masuk. Jangan terburu-buru dan pastikan untuk teliti ketika input kode vouchernya.

4. Jaringan yang Buruk

Kadangkala, penyebab voucher tidak bisa masuk bukanlah hal yang muluk-muluk. Terkadang masalahnya terletak pada jaringan yang sedang bermasalah. Bisa jaringan lambat, gangguan teknis, hingga masalah yang datang dari operatornya sendiri. Jelas voucher akan gagal masuk apabila masalahnya seperti ini. Solusinya yakni menunggu beberapa saat hingga jaringan membaik dan memasukkan kembali kode vouchernya.

5. Ada Kesalahan di Kode MMI

Penyebab ini sering dialami oleh banyak orang, yakni status “tidak valid” yang terjadi pada kode MMI. Apabila masalahnya seperti ini, pengguna bisa menunggu sesaat dan mencobanya lagi hingga vouchernya dapat masuk. Hal ini bukan masalah serius dan umum terjadi, sehingga tidak memerlukan cara mengatasi voucher indosat tidak masuk secara khusus selain mengulanginya kembali.

6. Tidak Memenuhi Syarat

Jika tidak ada masalah jaringan, kode MMI maupun masa aktif, maka permasalahannya bisa saja terjadi karena syarat yang tidak dipenuhi dalam pengisian voucher. Faktor ini cukup sering terjadi pada pengguna operator di Indonesia sehingga vouchernya tidak terinput sebagai kuota internet. Berikut beberapa syarat yang perlu diketahui sebelum memasukkan voucher menuju kartu Indosat:

  • Nomor Indosat telah diregistrasikan dengan identitas seperti NIK serta KTP.
  • Kartu Indosat berada pada keadaan aktif.
  • Nomor kartu tidak dalam kondisi masa tenggang.
  • Tidak terdapat sisa paket yang serupa dengan voucher yang dibeli.
  • Menyisakan pulsa paling sedikit 1.000 rupiah.
  • Unreg semua paket yang masih tersisa.

Bagaimana Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk?

Dari enam faktor yang menyebabkan pengisian voucher gagal, pengguna bisa menerapkannya sebelum mengisi. Namun jika sudah mengikuti semuanya dan masih gagal, perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasi kegagalan ini. Cara ini berlaku untuk seluruh paket Indosat Ooredoo, yakni seperti berikut:

  • Buka opsi pengaturan yang terdapat pada perangkat.
  • Cari menu “Jaringan”, kemudian dilanjutkan dengan memilih “Pengaturan jaringan”. Di sini terdapat beberapa menu yang berfungsi untuk mengontrol jaringan pada perangkat.
  • Carilah opsi jaringannya. Jika masih berstatus 4G atau 3G, bisa diganti menjadi jaringan 2G atau yang disebut juga dengan GSM only. Tujuannya untuk mengatasi jaringan yang terkuras sehingga bisa lebih lancar saat mengisi.
  • Setelah melakukan cara mengatasi voucher indosat tidak masuk dengan mengganti jaringannya, ulangi transaksi pengisian kuota dengan voucher Indosat yang tadinya gagal.
  • Jika voucher sudah berhasil masuk, pengguna bisa mengembalikan jaringannya agar kembali lagi menjadi 3G maupun 4G.

Cara untuk Memasukkan Kode Sehingga Tidak Gagal

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk. Meski sudah mengetahui caranya, masalah seperti ini bukannya tidak mungkin terjadi lagi di masa mendatang. Oleh sebab itu, berikut akan dipaparkan beberapa cara singkat untuk memasukkan kode yang tepat sehingga terhindar dari kegagalan:

1. Memakai Kode Dial

Cara yang pertama ini dapat dicoba sehingga voucher Indosat tidak gagal, yakni memanfaatkan kode dial. Metode ini paling mudah karena semua ponsel tentu sudah dibekali dengan menu dial untuk melakukan panggilan. Berikut langkah mudahnya:

  • Pastikan sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan sebelum memasukkan voucher.
  • Siapkan vouchernya, lalu gosok di bagian berwarna abu. Di sini terdapat 16 angka yang merupakan kode untuk memasukkan voucher.
  • Buka menu “Panggilan”. Tekan kode *556*input kode voucher# lalu klik tombol untuk melakukan panggilan seperti biasa.
  • Tunggu beberapa saat hingga notifikasi muncul, maka kode voucher telah berhasil dimasukkan.

2. Memakai Aplikasi myIm3

Indosat menyediakan aplikasi khusus yang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Mengisi kuota, memeriksa masa berlaku, mendapatkan promo terbaru, dan keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh Indosat bisa didapatkan secara praktis melalui satu aplikasi. Termasuk juga pengisian kode voucher yang aman dengan cara berikut:

  • Unduh aplikasi myIm3 melalui toko aplikasi misalnya Play Store dan App Store. Ukuran aplikasinya 53 MB, untuk itu pastikan memori ponsel masih mencukupi.
  • Buka aplikasi, kemudian daftarkan nomor yang aktif di myIm3.
  • Cari ikon yang berfungsi untuk input nomor voucher, lalu klik.
  • Ketikkan kode voucher dengan teliti. Tunggu sesaat, kemudian akan muncul pemberitahuan jika paket internetnya telah diaktifkan.

3. Meminta Bantuan dari Customer Service

Ada cara yang lebih aman untuk mengatasi kegagalan ketika memasukkan kode pengisian voucher, yaitu meminta bantuan dari CS Indosat. Customer service tentu dengan senang hati membantu, maka jangan ragu untuk menanyakan kembali apabila ada hal yang masih bingung atau meragukan. Untuk menghubunginya, lakukan cara berikut:

  • Sediakan kartu fisik berupa voucher Indosat.
  • Buka menu panggilan telepon, kemudian doal nomor 815 yang merupakan nomor dari customer service.
  • Utarakan apa permasalahan yang sedang dialami pada call center sesuai kondisi sebenarnya. Jangan ragu untuk menanyakan berbagai informasi yang diperlukan untuk mengantisipasi berbagai hal.
  • Periksa apakah kuotanya sudah terisi sebelum menutup panggilan dengan customer service.

Itulah cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk beserta hal-hal yang menyebabkannya. Mulai dari masalah sederhana seperti jaringan hingga yang lebih kompleks seperti data yang tidak lengkap. Dengan mengikuti cara yang dijelaskan, voucher Indosat dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Cara memasukkan kode dengan benar bisa diterapkan agar kesalahan bisa diminimalisir.