7 Cara Mengecek IMEI Vivo Terlengkap!

Yuk klik dan simak cara mengecek IMEI Vivo terlengkap. ada 7 cara untuk membantu Kamu mengecek apakah VIVO kamu kamu di blokir atau tidak.

Berbagai rumor terkait pemblokiran ponsel ilegal menjadi salah satu perbincangan banyak pengguna smartphone saat ini, terlebih lagi merek dagang Vivo. Hal tersebut membuat penjelasan tentang cara mengecek Imei Vivo pun menjadi populer dan banyak dicari. Supaya bisa mengetahui bagaimana keterangan serta penjelasan lanjutnya, perhatikan ulasannya berikut ini:

Cara Mengecek IMEI Vivo

Bagi para pengguna smartphone Vivo yang ingin melakukan pengecekan IMEI bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pengecekan Imei sangat penting dilakukan supaya bisa mengetahui apakah ponsel yang digunakan legal atau tidaknya. Simak berbagai ulasan berikut ini yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan, diantaranya yaitu:

1. Memeriksa Situs Resmi Vivo

Cara Mengecek IMEI Vivo pertama yang bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone tersebut yaitu dengan memeriksa situs resmi Vivo. Hadirnya situs laman resmi yang diberikan oleh pihak Vivo bisa diakses dengan mudah asal terhubung ke dalam jaringan. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui status IMEI pada smartphone tersebut yaitu dengan cara:

  • Langkah pertama, pengguna perlu mencari nomor IMEI ponsel dengan melakukan panggilan pada nomor *#06#.
  • Berikutnya simpan atau catat Nomor IMEI tersebut.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa mengunjungi situs resmi dari Vivo melalui yang tersedia.
  • Setelah laman situs terbuka, masukan nomor IMEI yang sudah disimpan sebelumnya. Lanjutkan dengan mencentang kalimat persetujuan dan klik tombol kirim.
  • Terakhir akan tampil keterangan berupa jenis smartphone, jika detail tersebut muncul, maka bisa dipastikan termasuk produk legal.

Sangat mudah dan cepat bukan pemeriksaan IMEI Vivo melalui situs resmi? Para pengguna merek tersebut bisa melakukan pemeriksaan kapan pun tanpa ada batas waktu. Hal yang perlu untuk diperhatikan hanya jaringan yang dipakai untuk mengakses situs tersebut.

2. Menggunakan Factory Test

Berikutnya cara mengecek IMEI Vivo yang bisa dilakukan oleh para penggunanya yaitu dengan menggunakan factory test. Pengertian dari factory test sendiri merupakan sebuah uji pabrik yang memuat berbagai keterangan terkait produk. Berikut tahapan yang bisa dilakukan oleh para pengguna yaitu:

  • Tahap awal pengguna bisa membuka menu panggilan.
  • Berikutnya masukan kode *#558#.
  • Tunggu beberapa saat hingga keterangan dari menu factory test ditampilkan.
  • Selanjutnya pengguna dapat memilih penggunaan Engineering Test.
  • Periksa dan coba fungsi pada hardware yang tersedia pada Vivo.

Menggunakan cara tersebut amatlah praktis dan simpel untuk dilakukan oleh para pengguna. Jadi tidak perlu lagi pusing dan bingung untuk memeriksa status legal atau ilegal yang terdapat pada smartphone. Coba untuk menggunakan cara ini supaya bisa mendapatkan informasi IMEI dengan cepat.

3. Memanfaatkan Pengaturan Vivo

Sebuah pengaturan yang terdapat dalam smartphone, bisa juga pengguna gunakan untuk memeriksa IMEI Vivo. Pengaturan atau setting yang terdapat dalam smartphone bisa dilihat pada menu yang ditampilkan. Terdapat beberapa langkah yang bisa pengguna lakukan untuk memeriksanya yaitu:

  • Buka terlebih dahulu menu pengaturan yang terdapat di dalam perangkat smartphone.
  • Kemudian pilih pengaturan lain dan klik about ponsel.
  • Jika sudah, maka geser bagian layah hingga ke bawah dan temukan informasi nomor IMEI.
  • Terakhir pengguna bisa menyalin nomor IMEI yang tertera dan menceknya pada situs IMEI info.

Cara yang dijelaskan diatas merupakan langkah awal yang dapat pengguna Vivo lakukan supaya bisa memeriksa keaslian dari merek dagang tersebut. Terdapat langkah lanjutan yang bisa pengguna lakukan hanya dengan membuka laman situs berdasarkan salinan nomor IMEI. Pada tahap itulah keaslian nomor dapat diketahui dengan melihat informasinya pada situs resmi.

4. Melihat Kardus Smartphone

Bagi pengguna yang ingin mengetahui cara mengecek IMEI Vivo bisa dilakukan dengan melihat kardus smartphone. Pada umumnya produsen yang memperjualbelikan smartphone akan menampilkan nomor atau kode IMEI pada kotak smartphone. Pengguna bisa melihat nomor tersebut bersama keterangan lain ponsel seperti Model dan asal pembuatnya.

Jadi ketika pengguna membeli sebuah ponsel baru ada baiknya untuk tidak langsung membuang kotak yang menjadi bungkus ponsel tersebut. Pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa seluruh bagian kotak tersebut untuk bisa menemukan nomor IMEI. Jika sudah menemukannya pengguna bisa melakukan pemeriksaan lanjutan dengan membuka situs resmi Vivo.

Cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan bukan? Pengguna hanya perlu teliti dan juga cermat ketika melihat kotak ponsel, maka nomor IMEI pun akan didapatkan. Berbeda dengan cara lainnya yang memerlukan akses internet untuk mengetahui nomor IMEI, cara ini lebih praktis dan singkat.

5. Memeriksa Fisik Ponsel Vivo

Perangkat fisik sebuah ponsel biasanya akan terdapat beberapa keterangan atau rincian detail informasi terkait ponsel tersebut. Termasuk nomor IMEI pada ponsel Vivo yang bisa dengan mudah pengguna temukan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara menemukan nomor IMEI Vivo yaitu:

  • Langkah pertama yang bisa pengguna lakukan yaitu dengan membuka casing dari ponsel Vivo yang dimiliki.
  • Selanjutnya pengguna bisa memeriksanya pada bagian baterai, apabila baterai yang terpasang adalah unibody.
  • Namun, jika baterai yang terdapat di dalamnya bukan unibody, pengguna bisa mencabutnya terlebih dahulu dan melihat nomor IMEI di bagian belakangnya.

Bagaimana masuk ke dalam daftar cara yang mudah untuk dilakukan bukan? Untuk sebagian besar pengguna yang belum mengetahui dimana letak nomor IMEI biasanya akan otomatis diterapkan. Terlebih lagi jika ponsel yang digunakan mudah untuk dibongkar pasang.

6. Mengecek Situs Kemenperin

Supaya bisa memeriksa nomor IMEI yang terdaftar pada ponsel Vivo para pengguna bisa melakukannya dengan mengecek situs kemenperin. Kemenperin merupakan kepanjangan dari kementerian perindustrian yang mempunyai wewenang terkait informasi barang yang beredar di Indonesia. Jadi setiap produk yang diproduksi atau dipasarkan jika memang terbukti ilegal bisa dicek menggunakan situs tersebut.

Pengguna hanya perlu untuk meluangkan waktu untuk mengakses situs dari laman resmi Kemenperin tersebut. Berikutnya masukan nomor IMEI yang terdapat dalam ponsel, jika produk terbukti legal aka nada sejumlah keterangan yang muncul. Hal sebaliknya juga berlaku, jika produk tersebut ilegal.

7. Memanfaatkan Aplikasi Antutu Benchmark

Terakhir cara mengecek IMEI Vivo yang bisa dilakukan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan Antutu Benchmark. Saat ini sudah banyak berbagai pengembang yang menciptakan aplikasi cek IMEI yang bisa diunduh pada Play Store. Berikut beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menjalankannya menggunakannya yaitu:

  • Sebelumnya pengguna harus memastikan terlebih dahulu kestabilan jaringan internet.
  • Selanjutnya buka menu Play Store dan aplikasi Antutu Benchmark, lalu download.
  • Jika pemasangan aplikasi tersebut sudah berhasil, pengguna bisa membuka dan mulai mengoperasikannya.

Ternyata sangat praktis dan anti ribet bukan penggunaan aplikasi tersebut? Para pengguna Vivo bisa dengan cepat mengetahui nomor IMEI yang pada produk yang digunakannya. Namun, sejumlah keterangan tersebut hanya bisa didapatkan jika berada dalam jaringan yang stabil.

Itulah ulasan beberapa cara mengecek IMEI Vivo yang bisa dilakukan oleh sebagian besar pengguna Vivo di Indonesia sekarang ini. Pilihlah salah satu cara yang dirasa paling mudah dilakukan. Jika terdapat kendala ketika menerapkannya, pengguna bisa mencoba cara selanjutnya yang sudah dijelaskan.