Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang karena di Reset Pabrik, Mudah!

Ada cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik, sekarang bisa diselesaikan dengan mudah.

Kesalahan atau error yang mengakibatkan kehilangan kontak memang sangat menyebalkan bagi siapa pun. Namun ada cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik sekarang bisa diselesaikan dengan mudah. Supaya bisa mendapatkan pemahaman lebih terkait permasalahan tersebut, simak berikut ini penjelasannya:

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang karena di Reset Pabrik

Bingung bagaimana cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik dan bingung harus bagaimana? Tenang, kini sudah banyak cara serta solusi yang bisa dimanfaatkan untuk memulihkannya. Berikut beberapa cara yang dapat pengguna pakai diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Google Contact

Google Contact bisa dipakai sebagai salah satu cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik. Pemanfaatan cara ini telah terbukti bekerja dan bisa diterapkan dengan mudah oleh siapa pun. Berikut cara kerja atau langkah-langkah yang bisa dilakukan pada Google Contact, yaitu:

  • Pertama pengguna diharuskan untuk melakukan pengunduhan Google Contact yang bisa diperoleh pada Play Store.
  • Jika aplikasi sudah berhasil terpasang, selanjutnya ketuk ikon tiga garis yang terdapat pada pojok kanan.
  • Selanjutnya pengguna bisa mengklik menu pengaturan dan memilih kembalikan perubahan.
  • Nah, berikutnya akan hadir tampilan berbagai pilihan waktu, mulai dari 10 menit hingga 1 minggu lalu.
  • Pengguna bisa memilih salah satu pilihan waktu tersebut dan mengonfirmasinya.

Cara yang pertama ini termasuk paling mudah untuk dilakukan, meski memerlukan aplikasi tambahan. Hadirnya aplikasi tersebut bisa memudahkan pengguna untuk memulihkan kontak dengan sangat cepat. Pemilihan waktu pemulihan pun bisa dipilih berdasarkan waktu yang diinginkan.

2. Memakai Gmail

Berikutnya solusi yang bisa dilakukan untuk memulihkan kontak yang tidak sengaja ter reset pabrik yaitu dengan memakai Gmail. Cara ini bisa dengan mudah diterapkan jika pengguna sudah otomatis tersinkronkan dengan Gmail. Rajin melakukan back up juga menjadi salah satu keuntungan dalam pemulihan tersebut, berikut tahapannya yaitu:

  • Kunjungi akun Gmail yang dapat diakses melalui perangkat komputer, laptop atau smartphone.
  • Berikutnya masuk dengan login pada akun Gmail sebelumnya.
  • Setelah itu klik pada bagian sisi kiri, lalu klik ikon Gmail dan pilih kontak.
  • Nah, berikutnya akan hadir tampilan menu dropdown yang terdapat pada kotak pencarian bertuliskan More.
  • Terakhir, klik Menu More tersebut dan pilih pilihan pulihkan kontak.

Jika cara yang telah dijelaskan tersebut dapat pengguna pahami dengan baik, maka kontak pun akan kembali pulih. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cara ini bahkan dianggap tidaklah sulit. Jadi proses dari pemulihan pasca reset bisa dilakukan dengan sangat cepat pastinya.

3. Memanfaatkan Aplikasi Chatting

Pemilihan aplikasi chatting serupa WhatsApp bisa digunakan sebagai salah satu cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik terkini. Tahap pengerjaan yang dibuat oleh sistem chatting dalam melakukan pemulihan yaitu dengan memakai nomor ponsel. Pengguna bisa melakukan login dengan memakai akun WhatsApp nya dan membuka grup yang tergabung di dalamnya.

Jika hal tersebut sudah berhasil dilakukan, maka simpan kembali nomor hilang yang tertera dalam grup WhatsApp tersebut. Selain WhatsApp beberapa aplikasi lainnya seperti Line juga sudah menghadirkan fitur add secara otomatis. Jadi memungkinkan pemulihan kontak yang telah ter reset pabrik bisa segera dilakukan.

Pengguna bisa masuk atau login sebelumnya pada aplikasi Gmail dengan menggunakan nomor seluler lama. Jika sudah periksa siapa saja yang teman yang terdapat dalam akun Line milik pengguna. Selanjutnya simpan ulang semua kontak tersebut lewat daftar teman di Line.

4. Menggunakan Wondershare Dr. Fone For Android

Cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik selanjutnya bisa dilakukan menggunakan Wondershare Dr. Fone For Android. Supaya bisa menggunakannya pengguna wajib mendownload aplikasi tersebut pada perangkat yang digunakan. Namun sebelumnya pengguna perlu memeriksa perangkat yang akan dipulihkan terhubung USB Debugging.

Hal tersebut dilakukan supaya bagi pengguna yang mengaksesnya lewat komputer atau laptop bisa menjalankannya. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memindai sejumlah kontak hilang yang ingin dipulihkan. Hal tersebut bisa terwujud pada perangkat setelah terhubung dengan memilih ikon start.

5. Memilih Aplikasi PhoneRescue For Android

Hadirnya aplikasi tambahan yang bisa digunakan, merupakan cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik sangat membantu para pengguna. Sebenarnya setiap aplikasi tambahan yang bisa memulihkan kontak memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun hal tersebut balik lagi pada para pengguna yang memakainya, berikut tahapannya yaitu:

Melakukan pengunduhan aplikasi PhoneRescue for Android yang bisa diakses oleh perangkat komputer.

  • Berikutnya masuk ke laman aplikasi, lalu pilih Contact Box.
  • Jika sudah, maka lanjutkan dengan membuka menu Scan Your Device.
  • Tunggu hingga proses scanning selesai, maka semua kontak yang hilang akan ditampilkan.
  • Akhiri dengan memilih tempat penyimpanan, pengguna bisa memindahkannya pada PC atau smartphone dengang memilih To Computer or To Device.

Mudah bukan cara menerapkan pemakaian aplikasi yang satu ini? Adanya proses scanning yang membantu pemulihan kontak hilang menjadi salah satu fitur unggul dari aplikasi tersebut. Hanya dengan sekali scanning saja, maka sejumlah nomor pun akan ditampilkan.

6. Mencoba Google Drive untuk Pemulihan Kontak

Kehadiran Google Drive menjadi salah satu aplikasi yang banyak dipergunakan dalam mencadangkan berbagai file dokumen yang terdapat dalam perangkat smartphone. Sebenarnya tidak hanya bekerja pada smartphone pencadangannya, tetapi juga komputer. Penggunaan aplikasi tersebut bisa diakses lewat berbagai perangkat yang terhubung internet, tahapan pemulihannya yaitu:

  • Di awal pengguna bisa melakukan login dengan menggunakan akun Google Drive.
  • Berikutnya carilah folder yang dipakai untuk menyimpan keterangan informasi kontak.
  • Jika sudah, klik simpan kontak supaya bisa kembali tersimpan dalam perangkat.
  • Terakhir periksa kontak yang terdapat dalam smartphone, apakah benar sudah terpulihkan atau belumnya.

Cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik terbilang mudah dengan memakai Google Drive bukan? Tanpa perlu aplikasi tambahan pengguna sudah bisa menyimpan ulang kontak penting yang dibutuhkan. Kelebihan lainnya, jika sewaktu-waktu kontak hilang kembali pun tetap bisa dilakukan dengan cara yang sama.

7. Memanfaatkan Restore ICloud

Terakhir, cara yang bisa pengguna lakukan untuk mendapatkan kembali nomor kontak yang sebelumnya tereset yaitu dengan memanfaatkan Restore ICloud. Cara ini hanya dapat bekerja untuk pengguna Iphone yang mengalami masalah hilang kontak akibat reset pabrik. Simak berikut ini penjelasannya yaitu:

  • Langkah pertama pengguna bisa melakukan login ke ICloud dengan menyertakan ID serta password.
  • Berikutnya pilih pengaturan dan salin ke Advanced.
  • Jika sudah klik Restore Contact, maka tidak lama akan muncul tampilan kontak yang sebelumnya hilang.

Cukup mudah bukan cara restore ICloud yang berlaku pada smartphone dengan merek dagang Iphone tersebut? Hanya dengan melakukan beberapa tahapannya dengan benar, maka pemulihan bisa cepat selesai. Pastikan bahwa tahapan yang telah dijelaskan bisa diterapkan dengan benar.

Demikianlah penjelasan terkait cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik yang dapat dicoba. Kini sudah tidak ada alasan lagi, pengguna kesusahan atau bingung untuk mendapatkan kembali sejumlah kontak penting. Berbagai cara serta solusi sudah bisa dipraktekan dan diterapkan jika pengguna mengalami permasalahan serupa.