Cara Meningkatkan Penonton Live Facebook Paling Efektif

Jika memakai fitur Facebook Live dan ingin penontonnya banyak, maka ada cara meningkatkan penonton Live Facebook yang bisa diimplementasikan.

Saat ini, media sosial merupakan media utama banyak pihak untuk menyalurkan berbagai informasi. Salah satu media yang memiliki banyak pengguna adalah Facebook. Fitur Facebook juga sangat beragam, salah satunya adalah Live Facebook. Jika memakai fitur ini dan ingin penontonnya banyak, maka ada cara meningkatkan penonton Live Facebook yang bisa diimplementasikan.

Jika penontonnya banyak, maka fitur ini akan sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi yang dimiliki. Namun sebelum memutuskan untuk memakainya, harus tahu dulu apa itu fitur Live Facebook, kegunaannya, dan tips meningkatkan jumlah penontonnya. Berikut ini adalah seluruh rangkuman uraiannya yang bisa dipahami secara mendetail:

Apa Itu Fitur Live Facebook?

Live Facebook adalah salah satu fitur yang dirancang oleh Facebook yang mengusung tema siaran langsung. Jika memakai fitur ini, maka penggunanya akan berbicara secara langsung dan ditonton oleh penonton yang ada. Saat ini, fitur ini mulai menarik banyak pengguna untuk berbagai keperluan yang berbeda.

Fitur ini sering dimanfaatkan untuk penjual yang ingin mempromosikan produknya di Facebook. Cara ini tergolong cara yang efektif karena calon pembeli bisa melihat barangnya dalam siaran langsung. Selain untuk mempromosikan barang, fitur ini juga sering dimanfaatkan untuk membagikan kegiatan sehari-hari.

Para pecinta game juga tidak luput dari pemanfaatan fitur ini. Biasanya permainan game online akan disiarkan dalam Live Facebook juga. Dengan banyaknya kegunaan ini, maka fitur ini tergolong fitur yang sangat berguna. Untuk pemanfaatannya sendiri juga sangat mudah meskipun dipakai oleh orang awal sekalipun.

Cara Menambah Penonton Live Facebook

Dengan banyaknya kegunaan fitur Live Facebook, tentunya penonton yang banyak merupakan suatu keharusan. Untuk menambahnya, tentu ada cara meningkatkan penonton Live Facebook yang bisa diaplikasikan. Dengan adanya metode ini, tentu jumlah penontonnya akan terus bertambah secara berkala.

Untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak, maka setiap tips yang ada di bawah ini harus dimanfaatkan dan dikombinasikan. Memang penambahan jumlah penonton tidak bisa secara instan. Perlu waktu untuk penambahannya dari waktu ke waktu. Inilah beberapa cara yang bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah penontonnya:

1. Memilih Tema Menarik untuk Penonton

Cara meningkatkan penonton Live Facebook yang pertama adalah dengan mengusung tema yang menarik. Jika tujuannya adalah untuk membagikan kegiatan sehari-hari, maka pastikan untuk memilih tema yang bisa membuat penonton tertarik. Atau jika ingin lebih terkonsep, maka bisa memilih tema-tema tertentu yang sedang ramai diperbincangkan.

Lalu bagaimana jika tujuannya untuk mempromosikan produk? Maka bisa memilih tema yang tidak jauh dari produk yang dijual. Kemudian selipkan bagian-bagian promosi di sela-sela Live Facebook. Hal ini tentunya bisa menambah jumlah penonton secara signifikan dan secara berkala untuk waktu yang lebih cepat.

2. Memberi Hadiah Kepada Penonton

Memberi hadiah kepada penonton juga bisa dimanfaatkan sebagai metode yang menarik. Konsep pemberian hadiah atau yang biasa disebut dengan giveaway sudah sering dilakukan oleh konten creator. Metode ini sudah terbukti bisa menarik banyak sekali penonton karena ingin mendapatkan hadiahnya.

Maka dari itu, agar jumlah penonton Live Facebook bertambah maka bisa memulai metode ini secara perlahan. Agar penonton merasa tertantang, maka pemberian hadiah bisa dilakukan dengan cara-cara yang unik. Jadwal pemberian hadiah juga harus ditentukan sedemikian rupa agar terkesan lebih terstruktur dan sistematis.

3. Promosi di Facebook ADS

Cara meningkatkan penonton Live Facebook selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Facebook ADS. Jika memakai metode ini, maka harus mengeluarkan biaya yang sudah ditentukan. Namun metode ini tergolong metode yang paling efektif untuk diaplikasikan. Semakin sering memanfaatkan bantuan Facebook ADS maka jumlah penonton juga bisa meningkat.

Dengan memanfaatkan cara ini, maka jumlah penonton akan meningkat secara cepat dan signifikan. Memang ada banyak sekali manfaat jika memakai metode satu ini. Mulai dari kecepatannya hingga kemudahannya. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan konten yang bisa dipromosikan dan biaya yang dibutuhkan untuk prosesnya.

4. Promosikan di Media Sosial Lain

Mempromosikan Live Facebook dengan memanfaatkan media lain juga bisa dilakukan. Saat ini, media sosial sudah banyak jenis dan ragamnya. Tidak ada salahnya memakai media sosial lain untuk mempromosikan Live Facebook yang akan dilakukan. Dengan cara ini, maka akan semakin banyak penonton yang datang dari kanal yang berbeda.

Misal memanfaatkan Twitter, WhatsApp, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya. Semua ini tentu bisa dimanfaatkan secara berkala untuk menarik penonton yang lebih banyak. Hal ini juga tergolong efektif dan terbukti bisa menggaet banyak orang untuk melihat Live Facebook. Pastikan untuk memakai cara ini secara berkala agar jumlahnya terus meningkat.

5. Cari Waktu yang Pas untuk Memulai

Pemilihan waktu yang pas untuk Live Facebook juga sangat penting. Pilihan waktu yang pas adalah saat malam dan saat jam pulang kerja. karena di jam-jam tersebut banyak orang yang sedang istirahat dan menganggur. Hal ini tentunya sangat penting untuk menambah jumlah penonton Live Facebook.

Hindari untuk melakukan siaran langsung saat jam bekerja. Misal antara jam delapan pagi hingga jam sebelas siang atau jam satu siang hingga jam lima sore. Waktu paling pas adalah di hari Rabu, Sabtu, atau Minggu di jam tujuh malam. Pada hari dan jam inilah banyak orang yang sedang bersantai atau beristirahat.

6. Beri Respon Baik Kepada penonton

Saat melakukan Live Facebook, pastikan untuk memberi respon yang baik kepada penonton. Dengan begitu, akan banyak orang yang suka menonton lagi karena merasa dihargai. Unsur ramah ini memang salah satu poin penting untuk meningkatkan jumlah penonton dari waktu ke waktu secara berkala dan perlahan.

Kalau perlu, buat sesi tanya jawab yang relevan dengan tema yang diberikan. Dengan demikian, orang akan semakin tertarik untuk menonton dengan mengutarakan berbagai pertanyaan. Konsep ini memang terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah penonton. Jadi bisa segera diaplikasikan untuk meningkatkan jumlah penonton.

7. Pakai Peralatan yang Memadai

Cara atau tips terakhir yang bisa dimanfaatkan adalah memakai peralatan yang memadai. Jika peralatan yang dipakai sudah sesuai dengan standar, maka hasil Live Facebook juga akan berkualitas. Semakin berkualitas video yang dihasilkan, maka penonton juga semakin nyaman untuk melihat tayangan hingga selesai.

Peralatan yang dimaksud adalah mikrofon, kamera, lampu untuk pencahayaan, dan berbagai aspek pendukung lainnya. Jika semua aspek ini bisa dimiliki, maka hasil tayangannya juga akan menarik dan berkualitas. Untuk memiliki semua peralatan yang memadai, maka bisa dikumpulkan secara perlahan karena semua peralatan ini juga memerlukan biaya.

Kumpulan cara meningkatkan penonton Live Facebook di atas tentunya bisa diimplementasikan secara langsung pada konten yang dimiliki. Jika semua dilakukan secara bersamaan atau dikombinasikan, maka hasilnya juga akan baik dan memuaskan. Jumlah penonton juga akan terus meningkat seiring bertambahnya waktu secara perlahan.