Cara Merubah Email Facebook dengan Benar, Anti Gagal

Tidak semua orang tahu cara merubah email Facebook yang benar sehingga tidak gagal.

Email merupakan bagian terpenting dari akun Facebook. Ketika lupa dengan password akun, pengguna bisa merubah email terlebih dahulu. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara merubah email Facebook yang benar sehingga tidak gagal.

Untuk Apa Mengganti Email Facebook?

Email Facebook berfungsi mengirimkan notifikasi dan kode verifikasi jika pengguna ingin mengganti password. Cara merubah email Facebook perlu diketahui agar permintaan untuk mengganti dengan email baru disetujui oleh Facebook.

Lalu, untuk apa mengganti email Facebook? Simak penjelasan berikut:

1. Memperbarui Akun Agar Tidak Mudah Diretas

Selain password, email juga menjadi akses untuk bisa masuk ke akun Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna merahasiakan email yang digunakan untuk mengakses Facebook. Ketika email tersebut sudah diketahui oleh orang lain, bisa saja orang yang berniat jahat mencoba untuk meretas akun Facebook.

Pihak Facebook sendiri memperingatkan kepada pengguna agar rutin mengganti password dan email secara berkala. Sebab, hal ini dapat mencegah terjadinya peretasan akun Facebook.

2. Lupa Kata Sandi Email Lama

Alasan lainnya yang membuat banyak pengguna ingin mengganti email Facebook yaitu karena lupa dengan kata sandinya. Ketika pengguna sama sekali tidak ingat dengan kata sandi email tersebut, maka pengguna tidak bisa mengaksesnya lagi.

Namun, pengguna masih bisa mengakses Facebook dengan email tersebut. Sebetulnya tidak masalah jika pengguna tidak bisa mengakses email, tetapi email tersebut masih bisa digunakan untuk membuka Facebook.

Hanya saja, pengguna kemungkinan besar tidak akan mengetahui notifikasi yang masuk ke email Facebook. Sebab, terkadang Facebook memberitahukan informasi melalui email pengguna tanpa memberikan notifikasi di akun Facebook.

3. Email Lama Sudah Tidak Aktif

Cara merubah email Facebook juga perlu diketahui bagi pengguna yang akun emailnya sudah tidak aktif lagi. Akun email bisa saja dinonaktifkan oleh pihak provider jika email tersebut sudah lama tidak diakses oleh pengguna.

Ketika email yang digunakan untuk mengakses Facebook sudah tidak aktif lagi, maka pengguna perlu menggantinya dengan yang baru. Pengguna juga harus selalu mengecek apakah email Facebook masih aktif atau sudah diblokir oleh provider. Selain berfungsi mengirimkan notifikasi yang masuk, email juga dapat menjadi akses untuk mengganti kata sandi Facebook.

Pengguna bisa mengganti kata sandi Facebook dengan yang baru melalui email. Setelah itu, Facebook akan memberikan kode verifikasi melalui email untuk memastikan bahwa perubahan kata sandi dilakukan oleh pemilik akun.

4. Ingin Beralih ke Email Berbayar

Banyak orang menggunakan Facebook untuk keperluan profesional. Misalnya seorang influencer yang memanfaatkan Facebook sebagai media untuk menyediakan layanan iklan. Nah, agar akun Facebook yang digunakan untuk endorse terlihat lebih profesional maka tak jarang para influencer lebih memilih untuk beralih ke email berbayar.

Oleh karena itu, penting mengetahui cara merubah email Facebook. Email berbayar sendiri menawarkan sejumlah fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan email gratis. Ada sejumlah keunggulan yang hanya bisa didapatkan oleh pengguna jika menggunakan email berbayar.

Selain terkesan lebih profesional, email berbayar juga menyediakan kapasitas memori penyimpanan pesan yang jauh lebih besar. Sistem keamanan email berbayar juga lebih unggul.

5. Mengganti email baru dengan nama asli

Banyak pengguna juga yang berupa email dengan tujuan ingin mengganti email baru dengan nama asli. Tak jarang pengguna Facebook menggunakan email dengan nama yang asal saat mendaftar akun baru.

Setelah lama menggunakan Facebook, barulah tersadar bahwa alamat email termasuk identitas pengguna. Jadi, jika ingin menggunakan Facebook untuk keperluan bisnis dan pekerjaan sebaiknya gantilah dengan email baru yang lebih profesional.

Cara Merubah Email Facebook

Apakah email Facebook bisa diganti? Tentu saja bisa selama mengetahui cara merubah email Facebook dengan benar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Facebook dengan email dan kata sandi terdaftar.
  • Klik menu 'Setting'.
  • Pada menu 'Setting', pilih pengaturan email lalu klik 'Edit'.
  • Masukan alamat email yang baru, lalu klik 'Add'.
  • Masukan kata sandi akun Facebook untuk memverifikasi permintaan perubahan email.
  • Buka akun email, kemudian cari pesan masuk dari Facebook yang berisi kode verifikasi.
  • Ikuti instruksi dari pesan tersebut dan masukan kode verifikasi.
  • Masuk ke akun Facebook menggunakan email baru.

Sebelum berubah email Facebook pastikan bahwa Imam pengganti masih aktif. Seperti yang sudah diulas di atas pengguna harus melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan membuka akun email. Jadi, sebaiknya cek lagi apakah email baru yang akan dijadikan sebagai email Facebook masih aktif.

3 Hal yang Menyebabkan Email Facebook Tidak Bisa Diganti

Pada dasarnya email Facebook bisa diganti sesuai dengan alamat email yang diinginkan oleh pengguna. Biasanya pengguna yang sudah beralih menggunakan email baru juga mengganti email Facebook supaya tetap bisa terhubung dan mendapatkan notifikasi terbaru.

Meskipun demikian terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan permintaan untuk mengganti ditolak oleh Facebook. Berikut penjelasannya:

1. Tidak Ada Email Pengganti

Facebook membutuhkan 2 alamat email Facebook yang lama dan email pengganti yang baru. Penggunaan nantinya akan diminta untuk memasukkan alamat email yang baru tanpa menghapus terlebih dahulu jika Facebook yang lama.

Setelah email pengganti telah diverifikasi, maka email Facebook yang lama bisa dihapus. Jadi, sistemnya yaitu membiarkan akun terhubung dengan mengubah alamat email sekaligus kemudian menghapus salah satu alamat email.

Sebelum benar-benar mengganti email Facebook dengan yang baru pastikan bahwa sudah ada email pengganti yang siap digunakan. Pengguna tidak akan pernah bisa mengganti dan menghapus email Facebook yang lama sebelum email baru ditambahkan.

2. Email Facebook yang Baru Belum Diverifikasi

Hal lainnya yang bisa menyebabkan pergantian email Facebook yang baru ditolak yaitu karena pengguna belum melakukan verifikasi. Sebelum email Facebook yang baru diaktifkan pengguna harus mengecek email terlebih dahulu dengan kode verifikasi yang sudah dikirimkan oleh Facebook.

Pastikan untuk melakukan verifikasi dengan memasukan nomor tersebut dan mengikuti instruksi dengan benar. Meskipun terkesan sepele tetapi banyak pengguna yang tidak melakukan verifikasi sehingga email baru tidak bisa terhubung ke akun Facebook.

Oleh karena itu bagi pengguna yang merasa tidak menambahkan email baru tetapi hal tersebut masih belum bisa terhubung ke Facebook, sebaiknya segera lakukan verifikasi. Cek lagi email yang masuk dari Facebook dan ikuti petunjuknya.

3. Email Facebook yang Lama Sudah Diatur Menjadi Kontak Utama

Alamat email dan nomor telepon yang sudah diatur menjadi kontak utama tidak bisa diganti. Jadi, pengguna tidak akan bisa mengganti alamat email yang lama dan menghapusnya. Meskipun demikian, pengguna masih bisa menambahkan alamat email baru sehingga nantinya akan ada 2 email yang terhubung dengan 1 akun Facebook.

Itulah cara merubah email Facebook dengan benar. Sebelum merubah email Facebook pastikan lagi apakah email pengganti masih bisa diakses atau justru sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pengguna Facebook yang ingin mengganti alamat email dengan yang baru.