Inilah Cara Tag YouTube Agar Banyak Viewers Paling Manjur!

Ada beberapa cara tag YouTube agar banyak viewers yang bisa dicoba oleh setiap YouTubers. Semakin tertarget tag yang dipakai semakin rame view nya.

Pernyataan bahwa seorang yang bekerja sebagai YouTuber pasti memiliki banyak uang. Sebenarnya, pernyataan tersebut tidaklah salah. Karena ada banyak jalan dari YouTube yang bisa menghasilkan uang. Mulai dari adsense, hingga hasil kontennya sendiri. Ada beberapa cara tag YouTube agar banyak viewers yang bisa dicoba oleh setiap YouTubers.

Adapun cara-cara tersebut juga telah banyak digunakan oleh setiap YouTubers. Bahkan cara ini telah menjadi salah satu trik untuk mendapatkan viewers banyak dan adsense yang lebih banyak lagi. Sehingga, bagi YouTuber pemula juga dapat mencoba car aini, agar viewers dari kontennya juga semakin meningkat. Berikut ini informasi lebih lanjut mengenai cara membuat tag YouTube agar memperoleh banyak viewers.

Apa Itu Tag YouTube?

Sebelumnya, mungkin ada beberapa dari YouTuber pemula ataupun orang awam yang tidak mengetahui makna dari tag YouTube ini. Perlu diketahui bahwa secara sederhana tag ini diartikan sebagai kata kunci kedua. Dengan adanya kata kunci kedua ini, bisa memudahkan penonton untuk mencari referensi video di YouTube yang sesuai.

Dengan adanya tag YouTube ini, sistem dari YouTube akan lebih mudah melakukan sortir video yang sesuai dengan keinginan penonton. Setiap penonton hanya perlu mengetik beberapa kata kunci di menu search engine. Yang kemudian pihak YouTube akan melakukan sortir dan menyesuaikan antara kata kunci yang dicari dengan tag/judul dari video.

Sehingga, baik dari sang konten kreator, penonton, maupun pihak YouTube akan mendapatkan keuntungannya sendiri-sendiri. Dari konten kreator akan mendapatkan keuntungan dengan memperoleh banyak penonton. Sedangkan dari segi penonton, mereka akan lebih mudah mencari video sesuai dengan keinginannya. Bagi pihak YouTube juga akan diuntungkan dengan banyaknya orang yang memanfaatkan aplikasi ini.

Fungsi Dari Tag YouTube

Mengenai fungsi dari adanya tag YouTube ini mungkin pembaca sudah mendapatkan gambaran umum mengenai fungsi ini. Sudah tahu apa fungsi dari Tag YouTube ini? Benar, tag pada konten video di YouTube ini mempermudah bagi penonton untuk mencari video yang sesuai. Tujuan utama dari tag YouTube dari segi penonton adalah untuk mempermudah menemukan video yang sesuai.

Sedangkan fungsi dari Tag YouTube dari sudut pandang pembuat video atau konten kreator adalah untuk mendapatkan banyak viewers. Karena kemudahan bagi penonton untuk menemukan video, maka konten kreator tersebut akan memperoleh banyak penonton. Dengan adanya banyak penonton ini, tentu akan membuat konten kreator akan lebih banyak pemasukan nantinya.

Cara Menambahkan Tag YouTube Agar Banyak Viewers Secara Manual

Setelah mengetahui definisi serta fungsi dari YouTube ini, tentu sudah banyak konten kreator yang ingin mengetahui caranya. Untuk cara menambahkan tag YouTube agar banyak viewers ini dibedakan dengan 2 cara. Cara tag YouTube agar banyak viewers ini bisa dilakukan dengan manual atau tanpa bantuan aplikasi maupun website. Adapun penjelasan mengenai cara manual pembuatan tag ini diantaranya:

1. Gunakan SEO YouTube

Banyak dari konten kreator yang menggunakan tag pada YouTubenya dengan SEO ini. Prinsip yang digunakan oleh SEO YouTube ini hampir mirip dengan SEO Google. Sehingga, untuk membuat tag YouTube dengan SEO ini, setiap konten kreator harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini dapat dilakukan dengan melakukan pencarian pada kata kunci tertentu.

Setelah hasil pencarian muncul, cek kembali apakah video yang muncul sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Ketika hasil video yang muncul sudah sesuai, maka konten kreator dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk tag. Cara ini memang sedikit rumit, namun sudah terbukti manfaatnya. Sehingga, cukup banyak juga dari konten kreator yang menggunakan cara tersebut untuk meningkatkan viewersnya.

2. Ambil Tag Dari Video Kompetitor

Bagi konten kreator yang tidak mau repot mengecek tah SEO YouTube, bisa mencoba cara ini. Salah satu cara tag YouTube agar banyak viewers adalah dengan mengambil tag dari video pesaing yang sama. Cara ini tentu saja mudah dilakukan oleh setiap konten kreator. Pasalnya, konten kreator tak perlu repot memikirkan ataupun melakukan riset untuk menentukan tag ini.

Langkah yang perlu dilakukan konten kreator saat memakai car aini yakni cukup mencari video pesaing yang sama dengan kontennya. Kemudian, copy paste tag ada dari video competitor tersebut untuk digunakan di konten miliknya. Sungguh car aini sangat mudah dilakukan oleh setiap YouTubers pemula maupun senior.

4. Pakai Tag Yang Mudah Diingat

Jika konten kreator tidak ingin melakukan cara diatas, bisa mencoba cara berikut ini. Dimana setiap konten kreator harus membuat tag sendiri dengan kalimat yang mudah diingat. Atau gunakan kalimat yang familiar bukan kata kiasan. Jika konten tersebut berisi tentang cover lagu, maka ada baiknya gunakan tag cuplikan dari reff lagu.

Hal ini dilakukan karena biasanya penonton tidak mengetahui tentang judulnya, tetapi hafal pada lirik lagunya. Sehingga, dengan menggunakan tag reff lagu ini, video konten kreator tersebut akan lebih ditemukan oleh penonton. Hal ini tentu akan membuat video konten kreator tersebut memperoleh banyak penonton lagi.

5. Buat Kata Kunci Turunan Dari Judul

Cara tag YouTube agar banyak viewers lainnya yakni dengan menggunakan kata kunci turunan dari judul. Maksud dari kata kunci turunan ini bisa dicontohkan ketika konten kreator membuat video tutorial cara belajar materi SKD. Sedangkan tag yang bisa digunakan dengan kata kunci turunan ini yakni seperti #SKDCPNS, #TWKCPNS, serta lainnya.

Dengan penggunaan kata kunci turunan ini, tentu sistem YouTube akan lebih mudah memfilter konten releven dengan kata kunci yang diinginkan penonton. Sehingga, jumlah penonton yang diperoleh oleh konten kreator juga semakin banyak.

Cara Menambahkan Tag YouTube Dengan Bantuan Aplikasi/Website

Selain dengan cara manual, juga terdapat cara tag YouTube agar banyak viewers dengan menggunakan bantuan aplikasi/website. Cara ini sedikit perlu effort lebih yang harus dilakukan oleh setiap konten kreator. Namun, dengan menggunakan bantuan aplikasi/website ini, konten kreator akan sedikit dipermudah dalam pembuatan tag ini. Berikut cara yang bisa dilakukan dengan aplikasi/website tersebut diantaranya;

1. TubeBuddy

Banyak dari konten kreator yang mempercayakan pemilihan tag dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi TubeBuddy ini bisa diunduh melalui Play Store secara mudah. Penggunaannya pun juga cukup mudah. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh konten kreator dengan menggunakan aplikasi ini, antara lain:

  • Buka aplikasi TubeBuddy. Jika belum punya bisa mengunduh di Play Store.
  • Masuk atau Log In pada aplikasi ini dengan menggunakan email pengguna yang terdaftar pada konten YouTube.
  • Kemudian pilih menu 3 garis di bagian pojok atas.
  • Klik menu “Tag Explorer”. Di menu ini akan menghasilkan beberapa referensi tag YouTube yang bisa digunakan oleh setiap konten kreator secara gratis.

2. YouTube Studio

Untuk aplikasi ini biasanya sudah ada di HP masing-masing pengguna. Sehingga konten kreator tidak perlu mengunduh aplikasi ini lagi, melainkan tinggal menggunakannya saja. Berikut cara yang harus dilakukan oleh konten kreator yakni:

  • Buka aplikasi YouTube Studio.
  • Klik garis 3 bersusun di pojok atas.
  • Pilih dan klik menu “Analytics”.
  • Pergi ke menu Penemuan.
  • Tarik ke bawah, hingga muncul menu “Istilah Penelusuran YouTube Teratas”. Pada hasil menu ini akan muncul beberapa referensi tag yang bisa digunakan oleh setiap konten kreator.

Ulasan diatas mengenai cara tag YouTube agar banyak viewers ini bisa dilakukan secara mudah oleh setiap konten kreator. Dengan menggunakan cara ini, diharapkan jumlah penonton video konten kreator lebih meningkat lagi.