Rekomendasi HP Android Murah Mulai Satu Jutaan

Rekomendasi HP Android murah mulai satu jutaan terbaru yang cocok dipakai untuk tahun 2022.


Rekomendasi HP Android murah mulai satu jutaan terbaru yang cocok dipakai untuk tahun 2022. Bicara soal smartphone memang seolah tidak akan habisnya karena sekarang ada banyak sekali pilihan yang bisa membuat orang menjadi bingung.

Tiap HP Android memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda-beda karena setiap orang juga memiliki kebutuhan yang berbeda.

Ada yang harganya murah dan ada juga HP yang harganya mahal mencapai belasan juta rupiah. Nah, khusus untuk pembahasan kali ini kita akan mengulas rekomendasi HP android murah harga terjangkau rentang harga mulai 1 jutaan saja.

Ponsel-ponsel berikut ini sangat cocok anda beli bagi yang punya budget minim dan kebutuhannya memang masih terbilang ringan.

Rekomendasi HP Android murah mulai satu jutaan

1. Realme Narzo 20

HP Android yang satu ini memang sangat layak sekali untuk anda beli terutama untuk pemakaian tahun baru 2022. Kapasitas RAM 4 GB pada suatu ponsel adalah syarat minimal saat ini dan Realme Narzo 20 telah memilikinya.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar 1,8 jutaan rupiah saja anda sudah bisa mendapatkan satu unit HP Realme Narzo 20. Adapun keunggulan utama dari HP realme ini yaitu memiliki baterai dengan kapasitas 6000 mAh.

Untuk dapur pacu dari HP Realme Narzo 20 menggunakan chipset MediaTek Helio G85. CPU nya tentu sudah delapan core yang menggunakan dua core Cortex A75 dan enam core Cortex A55.

HP kelas entry level ini juga masih sanggup untuk anda pakai menjalankan berbagai aplikasi game ringan hingga menengah.

Sebagai HP android dengan harga satu jutaan, Realme telah membekali ponsel buatannya ini dengan tiga buah kamera belakang dan satu kamera selfie.

Triple kamera belakangnya menggunakan resolusi 48 MP (Wide), 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro). Sedangkan pada sisi depan terdapat satu kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP.

Tersedia dalam dua varian warna yang bisa anda pilih yaitu Glory Silver dan Victory Blue. Masing-masing mempunyai keunikan dan daya tarik sendiri bagi orang yang memiliki selera berbeda.

Dan sebagai HP entry level tentunya anda harus sudah puas dengan layarnya yang hanya 720p saja dan tidak adanya dukungan hardware Gyro.

Namun jika anda tidak mempermasalahkan kedua hal tersebut maka Realme Narzo 20 bisa menjadi pilihan HP yang pas untuk anda beli sekarang.

2. Xiaomi Redmi 9T

Pilihan kedua ada HP Xiaomi Redmi 9T yang kisaran harganya juga masih 1,8 jutaan rupiah. Ponsel Xiaomi Redmi 9T menawarkan spesifikasi yang sudah terbilang bagus untuk kebutuhan modern saat ini.

Dari sisi layar Redmi 9T sudah menggunakan panel IPS 6,53 inch yang sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Ponsel dari Xiaomi ini mengandalkan tenaga dari Snapdragon 662 11 nm.

Chipset Snapdragon 662 memiliki prosesor 8 core dengan masing-masing core sebagai berikut. 4 Core Kryo 260 Gold dan 4 Core lagi Kryo 260 Silver.

Lalu untuk urusan aplikasi game akan di handle oleh GPU Adreno 610. Dan karena ponsel ini belum lama ini rilis yang tepatnya pada januari 2021 lalu, tentunya ponsel android Xiaomi ini sudah menggunakan MIUI 12.

Untuk sesi kamera depan belakangnya juga tidak kalah menariknya kita bahas. Hanya dengan seharga 1,8 jutaan rupiah saja anda sudah bisa menikmati quad kamera yang masing-masing menggunakan resolusi 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP.

Lalu ada juga kamera depan yang siap anda pakai selfie dengan resolusi 8 MP nya. Kapasitas RAM HP ini adalah 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Daya tarik lainnya juga terlihat pada baterai 6000 mAh yang siap anda pakai seharian penuh tanpa perlu repot bolak-balik cas lagi.

3. Poco M3

Dengan desain yang stylish dan super keren, Poco M3 juga bisa anda pertimbangkan jika ingin mempunyai HP dengan harga satu jutaan rupiah saja.

Ponsel Poco M3 ini selain memiliki desain yang keren juga memiliki spesifikasi yang sudah cukup bertenaga, setidaknya untuk tahun 2022.

Chipsetnya memakai Snapdragon 662 dari Qualcomm yang sudah satu set dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sangat menarik tentunya hanya dengan membayar kurang dari 2 jutaan rupiah saja anda sudah bisa dapatkan kapasitas RAM yang cukup leluasa untuk kelas entry level.

Pada bagian sisi belakangnya, Poco M3 memiliki triple kamera yang masing-masing memiliki resolusi 48 MP, 2 MP, dan 2 MP.

Kapasitasnya sudah 6000 mAh yang tentunya lebih dari sekedar cukup untuk penggunaan aplikasi ringan hingga seharian penuh.

Jika anda perhatikan dalam hal spesifikasi memang terlihat sangat mirip dengan redmi 9T. Namun pada ponsel Poco M3 menawarkan keunikan terutama dari sisi desain yang menarik.

Jadi anda bisa pertimbangkan ponsel ini apabila membutuhkan spesifikasi yang serupa dengan redmi 9T tetapi ingin desain yang berbeda.

4. Samsung Galaxy M12

Dari ponsel Xiaomi kita pindah ke ponsel Samsung yang juga hadir dengan rentang harga 1 jutaan rupiah saja. Samsung Galaxy M12 sejatinya termasuk ponsel baru yang belum lama ini rilis pada april 2021 lalu.

Ponsel seharga satu jutaan rupiah dari Samsung ini menawarkan spesifikasi yang sudah siap untuk anda pakai. Seperti kita ketahui bahwa ponsel dari Samsung biasanya menggunakan chipset milik sendiri yang kali ini menggunakan Exynos 850.

CPU tentu sudah 8 core dan menggunakan GPU Mali-G52. Memang bukan yang terkencang untuk ponsel saat ini. Namun jika kita lihat rentang harga yang sangat terjangkau maka sangat layak sekali untuk anda pertimbangkan dengan membelinya.

Sistem operasi ponsel Samsung ini menggunakan Android 11, One UI Core 3.1. Tidak heran jika sudah langsung ke versi baru karena memang ponsel ini masih terbilang baru.

Nah, untuk urusan foto-foto anda bisa gunakan quad camera pada bagian sisi belakangnya. Masing-masing lensa menggunakan 48 MP wide, 5 MP ultrawide, 2 MP macro, dan 2 MP depth.

Untuk kamera depan terdapat satu lensa yang memakai 8 MP. Baik kamera depan dan kamera belakang sudah sama-sama mendukung teknologi HDR.

Ponsel dari Samsung ini tentu memiliki kapasitas RAM 4 GB yang menjadi standar kebutuhan ponsel android saat ini. Lalu ada juga baterai 5000 mAh yang pastinya sanggup memiliki daya tahan super lama untuk menemani aktivitas harian anda.

5. Infinix Hot 10s

Infinix Hot 10s juga bisa menjadi pertimbangan karena ponsel ini menawarkan spesifikasi cukup tinggi dengan harga yang terjangkau.

Layarnya menggunakan tipe panel IPS dengan dukungan refresh rate 90 Hz. Tampilan layarnya tentu sudah menggunakan bezel super tipis yang memiliki ukuran 6,82 inch.

Smartphone Infinix Hot 10s menggunakan Helio G85 sebagai chipset andalannya. Adapun kapasitas RAM 4 GB dengan memori 64 GB sangat siap untuk anda pakai berbagai keperluan.

Untuk sesi foto-foto, terdapat kamera utama 48 MP pada bagian belakangnya. Sedangkan bagian depan terdapat satu lensa 8 MP.

Ponsel Infinix Hot 10s juga sudah dibekali baterai berkapasitas jumbo 6000 mAh yang siap anda pakai hingga seharian penuh.

Namun belum mendukung fitur fast charging sehingga membutuhkan waktu lebih lama yang bisa anda siasati dengan mengecas pada malam hari sebelum tidur.

6. Infinix Hot 11S NFC

Pengguna smartphone yang ingin berhemat bujet juga bisa melirik produk Infinix Hot 11S NFC. Produk smartphone ini cukup canggih meskipun dibanderol dengan harga Rp1 jutaan saja. 

Salah satu fitur canggihnya sudah ada di nama tipe smartphone ini yaitu NFC. Ya, tipe smartphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi NFC yang memungkinkan penggunanya untuk memeriksa sekaligus mengisi saldo e-Money.

HP ini memiliki layar yang cukup luas yaitu 6,87 inci dengan resolusi FHD+. Refresh rate yang ditawarkan adalah 90Hz dengan resolusi layar 1080 x 2460 piksel. 

Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Helio G88 sebagai sumber tenaganya. Kapasitas RAM disediakan sebesar 4 GB dan ROM 64 GB. Daya baterainya cukup besar yaitu 5.000 mAh dan sudah dilengkapi dengan fitur 18W Super Charger.

7. Samsung Galaxy A03S

Pilihan lainnya adalah Samsung Galaxy A03S yang juga memiliki spesifikasi memuaskan meskipun ada di rentang harga Rp1 jutaan. HP ini memiliki ukuran layar sebesar 6,5 inci dan resolusinya sudah HD+ dengan aspek rasio layar sebesar 20:9. 

Perangkat ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Menariknya lagi kamera depan smartphone ini sudah dilengkapi fitur smart beauty.

Smartphone Samsung Galaxy A03S ini menggunakan chipset Helio P35 Octa dan memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh. 

Selain itu, perangkat ini juga memiliki kapasitas RAM yang lumayan besar yakni 4 GB dan ROM sebesar 64 GB. Pengguna yang hobi bermain game dan menonton video bisa memperbesar kapasitas memori internal sampai 1 TB.

8. Xiaomi Redmi 9A

Tak sulit memang menemukan ponsel seharga Rp1 jutaan yang spesifikasinya bagus di zaman sekarang ini. Salah satunya datang dari brand Xiaomi yakni tipe Redmi 9A. 

Ponsel ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G25 dan memiliki layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel.  Untuk sistem operasinya, perangkat satu ini menggunakan Android 10.

Kapasitas baterai Xiaomi Redmi 9A juga cukup besar yakni 5000 mAh. Sementara itu RAM-nya memiliki kapasitas 2 dan 3 GB serta memori internal sebesar 32 GB. Urusan kamera, Xiaomi Redmi 9A dibekali kamera belakang dengan resolusi 13 MP serta kamera depan 5 MP. 

Smartphone ini cukup memadai untuk digunakan sehari-hari dan desain fisiknya juga sangat mendukung dengan gaya smartphone masa kini.

9. Oppo A16

Brand Oppo telah banyak mengeluarkan tipe smartphone dengan berbagai spesifikasi dan kategori. Di rentang harga Rp1 jutaan ada Oppo A16 yang juga ramai diunggulkan. Smartphone ini memiliki layar seluas 6,52 inci dan sudah memiliki resolusi HD+. 

Selain itu layarnya juga sudah dilengkapi dengan Eye Care Display. Fitur tersebut bisa meningkatkan kenyamanan pengguna dan melindungi dari efek sinar biru smartphone.

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G35 dan memiliki kapasitas RAM 3GB serta 32GB untuk ROM. Oppo A16 juga sangat direkomendasikan karena memiliki fitur kamera yang memuaskan. 

Ada tiga kamera belakang dengan resolusi 13 MP, 2 MP, dan 2 MP. Kemudian ada juga kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP.

10. Realme C21

Memiliki tampilan fisik yang sangat modern dan memukau, Realme C21 ternyata hanya dibanderol dengan harga Rp1 jutaan. Ukuran layarnya cukup besar yaitu 6,5 inci dan resolusinya juga sudah sangat bagus yaitu HD+ 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9. 

Ponsel ini bisa bekerja dengan optimal berkat adanya prosesor MediaTek Helio G35 yang disematkan di dalamnya.

Perangkat Realme C21 memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera swafoto beresolusi 5 MP. Ponsel ini juga sangat direkomendasikan karena memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar. 

Daya baterainya mencapai 5000 mAh dan menariknya lagi sudah ada fitur reverse charging dimana perangkat ini bisa juga digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lainnya.

11. Infinix Hot 11 Play

Popularitas brand Infinix juga begitu tinggi di Indonesia. Brand ini sudah merilis begitu banyak tipe smartphone dan salah satunya adalah Infinix Hot 11 Play. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1 jutaan tetapi spesifikasinya sangat memuaskan. 

Smartphone Infinix Hot 11 Play memiliki layar berukuran 6,82 inci dan rasio bodi ke layarnya mencapai 90,66%. Artinya, visual layar perangkat ini sangat luas dan nyaman digunakan.

Ponsel ini juga awet untuk digunakan karena kapasitas baterainya mencapai 6000 mAh. Selain itu ada fitur Power Marathon Tech yang memiliki mode Power Boost untuk mengoptimalkan pemakaian baterai perangkat smartphone. 

Gamer juga sangat direkomendasikan untuk memakai ponsel ini karena ditenagai oleh MediaTek Helio G35 yang mendukung MediaTek HyperEngine Game Technology.

12. Vivo Y20

Selanjutnya ada tipe smartphone keluaran Vivo yang juga dibanderol dengan harga terjangkau namun spesifikasinya cukup memuaskan. Vivo Y20 ini memiliki layar berukuran 6,51 inci dan desain visualnya terlihat sangat mewah juga elegan. 

Dari segi performa, ponsel ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P35 yang sangat bagus dan memuaskan.

Daya tahan pemakaian smartphone ini juga terbilang lama karena kapasitas baterainya terbilang besar yaitu 5000 mAh. Dari segi kamera juga tidak mengecewakan dengan kamera depan dan belakang yang masing-masing memiliki resolusi 8 MP serta 13 MP. 

Ponsel ini memiliki kapasitas RAM 4 GB dan memori internalnya mencapai 64 GB. Terbilang cukup besar untuk jenis smartphone yang berada di rentang harga Rp1 jutaan.

13. Realme C25

Ponsel dengan harga Rp1 jutaan yang direkomendasikan berikutnya adalah Realme C25. Tipe smartphone ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dan resolusi 720 x 1600 piksel. 

Salah satu keunggulan dari smartphone ini adalah fitur kameranya yang memuaskan dengan resolusi 48 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera depan. Sementara itu dari segi performa juga tidak mengecewakan karena ditenagai MediaTek Helio G70. 

Dilihat dari tampilan fisik, ponsel ini punya desain modern yang terlihat simple namun tetap stylish. Sangat sesuai dengan gaya smartphone masa kini yang memiliki model kamera water drop.

14. Samsung Galaxy A01

Smartphone keluaran brand Samsung jelas tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tipe smartphone ini dibanderol dengan harga terjangkau namun cukup bisa dijadikan andalan untuk pemakaian normal sehari-hari. 

Mengusung desain yang simple dan modern, perangkat ini memiliki layar berukuran 5,7 inci dan rasio 19:9. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 10 dan chipset-nya memakai Qualcomm SDM439 Snapdragon 439.

Tipe perangkat ini juga memiliki kamera yang cukup memuaskan. Resolusi kamera belakangnya adalah 13 MP dan kamera depan 5 MP. Hanya saja untuk kapasitas memori internalnya sedikit kecil yaitu 16GB saja. Selain itu daya baterai untuk perangkat ini juga terbilang kecil yakni hanya 3000 mAh.

Bisa ditebak bahwa produk Samsung dengan harga yang terbilang murah pasti memiliki spesifikasi yang terbilang standar. Hanya saja kualitas dari brand Samsung itu sendiri memang tak bisa dibohongi. Meskipun dari segi spesifikasi terbilang kurang dari tipe  lain yang disebutkan sebelumnya, namun smartphone Samsung Galaxy A01 ini tetap cocok untuk diandalkan dalam pemakaian sehari-hari.