8 Aplikasi Olahraga di Rumah Terbaik untuk Tubuh Bugar

Dengan aplikasi olahraga di rumah ini pengguna tidak perlu lagi berlangganan ke gym. Ini rekomendasi terbaiknya!


Aplikasi olahraga menjadi salah satu alternatif bagi siapapun yang ingin berolahraga di rumah dengan cara yang benar. Sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dan semakin bugar. Dengan aplikasi olahraga di rumah ini pengguna tidak perlu lagi berlangganan ke gym. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan aplikasi olahraga yang disediakan oleh developer.

Mulai dari workout for beginner, workout for professional, yoga, fitness hingga challenge olahraga menantang lainnya. Pengguna bisa menentukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Di bawah sudah dijelaskan beberapa rekomendasi aplikasi olahraga di rumah yang bisa diunduh. Namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari olahraga di rumah.

Manfaat Olahraga di Rumah

Banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga di gym adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi, faktanya manfaat yang didapat dari olahraga di gym juga bisa diperoleh dengan melakukan olahraga sendiri di rumah. Selain menghemat waktu, biaya maupun akses, olahraga di rumah juga memberikan manfaat kepada penderita obesitas dengan risiko penyakit jantung.

Ada banyak
jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Tentunya setiap aktivitas memiliki peranan penting dalam memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini manfaat berolahraga di rumah yang bisa dirasakan, di antaranya;

  • Membantu merasa lebih bahagia;
  • Menurunkan berat badan;
  • Berperan penting untuk kesehatan otak dan hormon;
  • Melancarkan peredaran darah;
  • Berpengaruh terhadap hippocampus karena dapat meningkatkan daya ingat; dan
  • Membantu distribusi oksigen dan nutrisi dalam tubuh.

Aplikasi Olahraga di Rumah

Setelah mengetahui manfaat dari olahraga di rumah, tidak ada salahnya untuk mengunduh berbagai aplikasi yang bisa mendukung aktivitas ini. Khususnya bagi siapapun yang merasa ingin berolahraga namun takut jika gerakan yang dilakukan salah. Berikut beberapa aplikasi olahraga yang direkomendasikan:

1. 7 Minutes Workout

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat mendukung aktivitas olahraga di rumah adalah 7 Minutes Workout. Sesuai dengan namanya, olahraga dengan menggunakan aplikasi ini hanya dilakukan selama 7 menit saja setiap harinya. Sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan tanpa harus keluar rumah.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat memperkuat otot-otot tubuh. Apalagi di dalam aplikasi ini sudah dilengkapi dengan video panduan mengenai gerakan olahraga. Pengguna hanya perlu mengikuti gerakan sesuai dengan video tersebut. Biasanya berolahraga di 7 Minutes Workout akan membutuhkan tembok atau kursi sebagai alat bantu.

2. Asana Rebel

Selanjutnya adalah aplikasi Asana Rebel yang dapat menemani kegiatan olahraga di rumah. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Apalagi di dalam Asana Rebel sudah tersedia berbagai tips olahraga mulai dari yoga hingga fitness. Di aplikasi ini juga tersedia latihan khusus dari ahli fitness maupun yoga.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih koleksi musik untuk menemani meditasi sehingga kualitas batin lebih terjaga. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai fitur menarik. Beberapa fitur dapat diakses secara gratis, namun jika ingin mendapatkan fitur tambahan maka pengguna perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu.

3. 30 Days Fitness Challenge

Apabila menyukai tantangan sekaligus ingin menurunkan berat badan maka cobalah untuk menggunakan aplikasi 30 Days Fitness Challenge ini. Aplikasi olahraga di rumah ini akan memberikan tantangan berolahraga selama 30 hari secara rutin. Ada beberapa metode latihan yang ditawarkan. Yaitu fokus di bagian perut, badan, pinggul, lengan maupun seluruh tubuh.

Tampilan dari aplikasi ini cukup simpel sehingga mudah untuk digunakan. Daripada itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan panduan berolahraga. Seperti ilustrasi maupun deskripsi olahraga yang akan membantu penggunanya untuk latihan setiap hari.

4. Runtastic

Salah satu aplikasi olahraga yang sangat populer bahkan sudah mendapatkan rating 4.5 di Playstore yaitu Runtastic. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang terbilang sangat lengkap. Terlebih adanya dukungan terhadap Android Wear yang sangat menguntungkan bagi penggunanya.

Aplikasi Runtastic ini dapat terhubung ke perangkat Bluetooth serta peta GPS. Di dalam aplikasi ini juga dapat melakukan pelacakan kebugaran serta statistik. Sehingga pengguna dapat mengetahui tingkat kebugaran saat itu juga. Walaupun aplikasi ini terbilang sedikit rumit di awal penggunaan, namun semakin lama pengguna akan mulai terbiasa.

5. Calm

Salah satu jenis olahraga ringan yang sangat bermanfaat adalah meditasi. Aplikasi Calm menawarkan olahraga jenis meditasi yang dapat menenangkan pikiran. Meditasi dengan menggunakan aplikasi Calm akan membantu penggunanya melatih kualitas tidur menjadi lebih baik. Terlebih di dalamnya sudah disediakan berbagai pilihan musik yang akan menenangkan pikiran.

Aplikasi Calm menawarkan berbagai fitur yang menarik. Mulai dari Sleep Stories, musik santai hingga program latihan pernapasan. Musik yang tersedia di Calm dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Adapun biaya musik tertentu tergantung dari masing-masing konten di setiap kategori.

6. Home Workout – No Equipment

Rekomendasi terbaik untuk aplikasi olahraga di rumah yang tidak membutuhkan alat bantu apapun yaitu Home Workout – No Equipment. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mencoba berbagai olahraga yang sudah disediakan. Mulai dari latihan dada, perut, lengan, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Semua gerakan latihan yang disediakan oleh aplikasi ini dirancang oleh para ahli, sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika mencobanya. Selain itu, setiap gerakan juga sangat mudah untuk diikuti. Aplikasi ini sudah dibekali beberapa fitur seperti video latihan pemanasan, panduan workout yang terperinci dan lainnya.

7. Freeletics

Rekomendasi aplikasi olahraga yang jangan sampai terlewatkan untuk dicoba adalah Freeletics. Menggunakan Freeletics akan membantu penggunanya olahraga sesuai dengan program pelatihan yang ada di jadwal. Pengguna juga bisa menentukan tujuan akhir dari olahraga yang dilakukan, seperti menurunkan berat badan, tingkat kebugaran maupun mengencangkan tubuh.

Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi berlangganan di gym yang sangat mahal. Karena pengguna bisa olahraga di rumah dengan sangat mudah. Apabila ingin mendapatkan pelatih yang bisa memantau perkembangan olahraga, pengguna bisa berlangganan ke versi premium. Adapun biaya yang harus dikeluarkan hanya 17 ribu hingga 25 ribu per minggu.

8. Nike Training Club

Bagi pengguna iPhone yang ingin berolahraga di rumah maka bisa memanfaatkan aplikasi Nike Training Club. Aplikasi ini sudah kompatibel dengan Apple dan menawarkan berbagai latihan singkat dengan instruksi latihan mandiri.

Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa melakukan yoga, latihan berat badan dan lainnya. Nike Training Club juga memberikan tips untuk mengangkat maupun cara mengencangkan perut. Salah satu fitur unggulan yang ada dalam aplikasi adalah fitur pelacakan yang sudah didesain dengan sangat cerdas.

Itulah beberapa aplikasi olahraga di rumah yang bisa membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Dengan olahraga, akan meningkatkan kualitas kesehatan secara fisik maupun psikis. Metabolisme tubuh juga dapat menjadi lebih baik sehingga seseorang tidak mudah terkena penyakit. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan salah satu aplikasi olahraga tersebut.